PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Kalkulus dan Aljabar Linear |
Kode Mata Kuliah | : | IUM6318 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 03 |
Dosen | : | 2128 Dr. Dedy Sugiarto |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 7 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Kalkulus dan Aljabar Linear |
KODE MATA KULIAH | : IUM6318 |
KELAS | : TIF-03 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 2128 Dr. Dedy Sugiarto |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2128 Dr. Dedy Sugiarto |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH KALKULUS DAN ALJABAR LINEAR Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IUM6318 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2128 Dr. Dedy Sugiarto | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil. |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, bidang, transformasi linier dan nilai eigen |
P.2 | P2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks dan sistem persamaan linier |
P.2 | P2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan tugas kasus matematika tepat waktu |
P.2 | P2.CPMK-5 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan diferensial |
P.2 | P2.CPMK-6 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan fungsi |
P.2 | P2.CPMK-7 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem bilangan dan operasinya |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-3 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-4 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-5 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-6 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-7 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUM6318 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUM6318 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Kalkulus dan Aljabar Linear | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Sistem bilangan Real dan Nilai Mutlak: -Interval bilangan real -Interval bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional dan bilangan irsional -Pertidaksamaan fungsi dan penyelesaian -Pertidaksamaan nilai mutlak dan penyelesaiannya |
|
150.00 | Mahasiswa menyelesaikan beberapa latihan soal. Tanya jawab. |
|
|
2 |
|
Sistem koordinat, Grafik & Fungsi: -Persamaan jarak -Persamaan lingkaran -Rumus titik tengah -Persamaan garis -Cara menggambar & perpotongan grafik -Domain dan range fungsi -Menggambar grafik fungsi |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan soal sistem koordinat , grafik dan fungsi. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
3 |
|
Operasi fungsi komposisi, trigonometri dan konvolosi -Penjumlahan, selisih, perkalian, pembagian dan pangkat dari fungsi -Domain dan range dari fungsi -Komposisi dua atau tiga fungsi -Domain dan range fungsi komposisi -Fungsi trigonometri -Arti dan konsep konvolusi -Fungsi konvolusi dan contohnya |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan Operasi fungsi komposisi, trigonometri dan konvolusi . Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
4 |
|
Limit -Definisi dan sifat limit -Limit fungsi aljabar & trigonometri -Limit di ketakhinggaan -Limit tak terhingga -Asimtot -Kekontinuan fungsi dan turunan |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan soal limit dan asymtot. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
5 |
|
Turunan : -Aturan pencarian turunan -Turunan fungsi trigonometri -Aturan rantai |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan turunan fungsi trigonometri dan aturan rantai. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
6 |
|
Turunan : -Turunan tingkat tinggi -Turunan implisit -Laju berkaitan -Turunan dan aproksimasi |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan turunan tingkat tinggi, turunan implisit dan laju berkaitan. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
7 |
|
Aplikasi turunan -Maksimum dan minimum -Kemonotonan dan kecekungan -Masalah praktis -Penerapan turunan di bidang teknik -Menggambar grafik -Teorema nilai tengah -Penyelesaian persamaan numerik |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan aplikasi maksimum dan minimum, masalah praktis . Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
8 |
|
Sistem Persamaan Linier (SPL) & Matriks: -Metode Operasi Baris Elementer -Metode Eliminasi Gauss dan Gauss Yordan - Operasi Matriks - Sifat Aljabar Matriks - Invers Matriks 2x2 - Matriks Elementer - Metode mencari invers matriks Tugas 1: Sistem Persamaan Linier Tugas 2: Invers Matriks |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
9 |
|
-Lebih lanjut tentang Sistem Persamaan Linier dan Invers Matriks. -Matriks diagonal, triagonal dan simetri.-Transformasi matriks - Aplikasi sistem persamaan linier Tugas 4: SPL metode invers, transformasi linier |
|
150.00 | Mahasiswa menyelesaikan beberapa latihan soal. Tanya jawab. |
|
|
10 |
|
Determinan -Metode ekspansi kofaktor -Metode reduksi baris -Sifat determinan -Aturan crammerRuang vektor Euclid -Vektor di R2, R3 dan Rn -Norm, perkalian titik dan jarak di Rn -Ortogonalitas Tugas 6:Determinan, aturan Crammer, Perkalian titik vektor & ortogonalitas |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
11 |
|
Ruang vektor Euclid & Ruang vektor umum. -Geometri sistem linier. -Perkalian silang. -Ruang vektor, -Sub ruang vektor, -Kebebasan linier, -Koordinat dan basis, Tugas 7: Perkalian silang,Kebebasan linier, koordinat dan basis. |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
12 |
|
Ruang vektor umum -Dimensi; -Perubahan Basis; -Ruang Baris, Ruang Kolom, dan Ruang Kosong; -Peringkat, Nullity, dan Ruang Matriks Fundamental -Transformasi Matriks Dasar pada R2 dan R3; -Sifat-sifat Transformasi Matriks; -Geometri Operator Matriks pada R2. Tugas 9: Dimensi, perubahan basis, ruang baris & Transformasi linier |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
13 |
|
Nilai eigen & Ruang hasil Kali dalam:-Nilai eigen dan vektor eigen; -Diagonalisasi. Tugas 11: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi -Hasil kali dalam; -Sudut dan Ortogonalitas dalam Ruang Hasil Kali Dalam; -Proses Gram-Schmidt; -QR Dekomposisi; Tugas 12: Nilai eigen, Gram Schmidt dan dekomposisi. |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
14 |
|
Metode Numerik: -LU-Dekomposisi; -Metode Daya; -Perbandingan Prosedur untuk Menyelesaikan Sistem Linier -Dekomposisi Nilai Singular; -Kompresi Data Menggunakan Dekomposisi Nilai Singular; Tugas 14: SPL dengan metode dekomposisi.Dekomposisi nilai singular |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Kalkulus dan Aljabar Linear | 2128 Dr. Dedy Sugiarto | ; Thursday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2128 Dr. Dedy Sugiarto | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | Minggu ke-7 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.50%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 8% | ||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 3.00% | 4.00% | 7% | ||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 3.00% | 4.00% | 7% | ||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||
M11 | M12 | M13 | M9 | M10 | M8 | M14 | M7 | M4 | M5 | M6 | M2 | M3 | M1 | ||||||||||||||
Komponen | UAS | TG | UAS | TG | TG | UAS | TG | TG | UAS | UAS | TG | TG | UTS | TG | TG | UTS | TG | TG | UTS | TG | UTS | TG | TG | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 5.00% | 4.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 4.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 4.00% | 5.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 13% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 5.00% | 3.00% | 4.00% | 12% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 3.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 3.00% | 4.00% | 5.00% | 12% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 2.50% | 1.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 2.50% | 1.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 1.50% | 2.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 1.50% | 2.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||||||||||||
TOTAL | 5 | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 3 | 4 | 5 | 4 | 3 | 5 | 3 | 4 | 5 | 3 | 5 | 3 | 3 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | UAS TG |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | UAS TG |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | TG TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | UAS TG TG |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | TG |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | TG TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | TG |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik dapat dijelaskan Performance Indicator: Applications of maximum, minimum derivatives and graph drawing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan dapat dijelaskan
Performance Indicator: limits, continuity of functions and definitions of derivatives can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan dapat dijelaskan
Performance Indicator: limits, continuity of functions and definitions of derivatives can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi.
Performance Indicator: Derivatives of trigonometry functions, chain rules, implicit and high level can be explained. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri dapat dijelaskan
Performance Indicator: The operations of composition functions and trigonometric functions can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Pass | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri dapat dijelaskan
Performance Indicator: The operations of composition functions and trigonometric functions can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Pass | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: operasi fungsi konvolusi dapat dijelaskan
Performance Indicator: convolution function operations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Tidak mengumpulkan/mengunggah Tugas atau < 25% Tugas benar dan lengkap.
Assignment is not finished/uploaded or < 25% Practical Report is correct or complete. |
Minimal 25% Tugas benar dan lengkap
Minimum 25% of Assignment is correct and complete |
Minimal 50% Tugas benar dan lengkap
Minimum 50% of Assignment is correct and complete |
Minimal 75% Tugas benar dan lengkap
Minimum 75% of Assignment is correct and complete |
100% Tugas benar dan lengkap
100% of Assignment is correct and complete |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3 | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Matriks, determinan dan invers dapat dijelaskan Performance Indicator: matrices, determinants and inverses can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Matriks, determinan dan invers dapat dijelaskan Performance Indicator: matrices, determinants and inverses can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Sistem persamaan linier dapat dijelaskan Performance Indicator: systems of linear equations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 1 | 14.29 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 6 | 85.71 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3 |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik |
0 | 0 | 0 | 1 | 0.00 |
P2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-6.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-6.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-7.1 Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-7.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-7.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3 | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300017 | MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 50.00 | 80.00 | 61.25 | 67.50 | 80.00 | 61.25 | 61.25 | 61.25 | 61.25 | 80.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2128 Dr. Dedy Sugiarto)