PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Kalkulus dan Aljabar Linear |
Kode Mata Kuliah | : | IUM6318 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 2 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Kalkulus dan Aljabar Linear |
KODE MATA KULIAH | : IUM6318 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH KALKULUS DAN ALJABAR LINEAR Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IUM6318 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil. |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, bidang, transformasi linier dan nilai eigen |
P.2 | P2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks dan sistem persamaan linier |
P.2 | P2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan tugas kasus matematika tepat waktu |
P.2 | P2.CPMK-5 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan diferensial |
P.2 | P2.CPMK-6 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan fungsi |
P.2 | P2.CPMK-7 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem bilangan dan operasinya |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-3 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-4 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-5 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-6 |
|
||||||
P.2 | P2.CPMK-7 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUM6318 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUM6318 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Kalkulus dan Aljabar Linear | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Sistem bilangan Real dan Nilai Mutlak: -Interval bilangan real -Interval bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional dan bilangan irsional -Pertidaksamaan fungsi dan penyelesaian -Pertidaksamaan nilai mutlak dan penyelesaiannya |
|
150.00 | Mahasiswa menyelesaikan beberapa latihan soal. Tanya jawab. |
|
|
2 |
|
Sistem koordinat, Grafik & Fungsi: -Persamaan jarak -Persamaan lingkaran -Rumus titik tengah -Persamaan garis -Cara menggambar & perpotongan grafik -Domain dan range fungsi -Menggambar grafik fungsi |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
3 |
|
Operasi fungsi komposisi, trigonometri dan konvolosi -Penjumlahan, selisih, perkalian, pembagian dan pangkat dari fungsi -Domain dan range dari fungsi -Komposisi dua atau tiga fungsi -Domain dan range fungsi komposisi -Fungsi trigonometri -Arti dan konsep konvolusi -Fungsi konvolusi dan contohnya |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
4 |
|
Limit -Definisi dan sifat limit -Limit fungsi aljabar & trigonometri -Limit di ketakhinggaan -Limit tak terhingga -Asimtot -Kekontinuan fungsi dan turunan |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
5 |
|
Turunan : -Aturan pencarian turunan -Turunan fungsi trigonometri -Aturan rantai |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
6 |
|
Turunan : -Turunan tingkat tinggi -Turunan implisit -Laju berkaitan -Turunan dan aproksimasi |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
7 |
|
Aplikasi turunan -Maksimum dan minimum -Kemonotonan dan kecekungan -Masalah praktis -Penerapan turunan di bidang teknik -Menggambar grafik -Teorema nilai tengah -Penyelesaian persamaan numerik |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
8 |
|
Sistem Persamaan Linier (SPL) & Matriks: -Metode Operasi Baris Elementer -Metode Eliminasi Gauss dan Gauss Yordan - Operasi Matriks - Sifat Aljabar Matriks - Invers Matriks 2x2 - Matriks Elementer - Metode mencari invers matriks Tugas 1: Sistem Persamaan Linier Tugas 2: Invers Matriks |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
9 |
|
-Lebih lanjut tentang Sistem Persamaan Linier dan Invers Matriks. -Matriks diagonal, triagonal dan simetri.-Transformasi matriks - Aplikasi sistem persamaan linier Tugas 4: SPL metode invers, transformasi linier |
|
150.00 | Mahasiswa menyelesaikan beberapa latihan soal. Tanya jawab. |
|
|
10 |
|
Determinan -Metode ekspansi kofaktor -Metode reduksi baris -Sifat determinan -Aturan crammerRuang vektor Euclid -Vektor di R2, R3 dan Rn -Norm, perkalian titik dan jarak di Rn -Ortogonalitas Tugas 6:Determinan, aturan Crammer, Perkalian titik vektor & ortogonalitas |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
11 |
|
Ruang vektor Euclid & Ruang vektor umum. -Geometri sistem linier. -Perkalian silang. -Ruang vektor, -Sub ruang vektor, -Kebebasan linier, -Koordinat dan basis, Tugas 7: Perkalian silang,Kebebasan linier, koordinat dan basis. |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
12 |
|
Ruang vektor umum -Dimensi; -Perubahan Basis; -Ruang Baris, Ruang Kolom, dan Ruang Kosong; -Peringkat, Nullity, dan Ruang Matriks Fundamental -Transformasi Matriks Dasar pada R2 dan R3; -Sifat-sifat Transformasi Matriks; -Geometri Operator Matriks pada R2. Tugas 9: Dimensi, perubahan basis, ruang baris & Transformasi linier |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
13 |
|
Nilai eigen & Ruang hasil Kali dalam:-Nilai eigen dan vektor eigen; -Diagonalisasi. Tugas 11: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi -Hasil kali dalam; -Sudut dan Ortogonalitas dalam Ruang Hasil Kali Dalam; -Proses Gram-Schmidt; -QR Dekomposisi; Tugas 12: Nilai eigen, Gram Schmidt dan dekomposisi. |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
14 |
|
Metode Numerik: -LU-Dekomposisi; -Metode Daya; -Perbandingan Prosedur untuk Menyelesaikan Sistem Linier -Dekomposisi Nilai Singular; -Kompresi Data Menggunakan Dekomposisi Nilai Singular; Tugas 14: SPL dengan metode dekomposisi.Dekomposisi nilai singular |
|
150.00 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Kalkulus dan Aljabar Linear | 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. | ; Thursday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | Minggu ke-7 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.50%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 8% | ||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 3.00% | 4.00% | 7% | ||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 3.00% | 4.00% | 7% | ||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||
M11 | M12 | M13 | M9 | M10 | M8 | M14 | M7 | M4 | M5 | M6 | M2 | M3 | M1 | ||||||||||||||
Komponen | UAS | TG | UAS | TG | TG | UAS | TG | TG | UAS | UAS | TG | TG | UTS | TG | TG | UTS | TG | TG | UTS | TG | UTS | TG | TG | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 5.00% | 4.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 4.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 4.00% | 5.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 13% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 5.00% | 3.00% | 4.00% | 12% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 3.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 3.00% | 4.00% | 5.00% | 12% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 2.50% | 1.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 2.50% | 1.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 1.50% | 2.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 1.50% | 2.50% | 4% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||||||||||||
TOTAL | 5 | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 3 | 4 | 5 | 4 | 3 | 5 | 3 | 4 | 5 | 3 | 5 | 3 | 3 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | UAS TG |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | UAS TG |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | TG TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | UAS TG TG |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | TG |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | TG TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | TG |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.3 | TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik dapat dijelaskan Performance Indicator: Applications of maximum, minimum derivatives and graph drawing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan dapat dijelaskan
Performance Indicator: limits, continuity of functions and definitions of derivatives can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan dapat dijelaskan
Performance Indicator: limits, continuity of functions and definitions of derivatives can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi.
Performance Indicator: Derivatives of trigonometry functions, chain rules, implicit and high level can be explained. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri dapat dijelaskan
Performance Indicator: The operations of composition functions and trigonometric functions can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Pass | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri dapat dijelaskan
Performance Indicator: The operations of composition functions and trigonometric functions can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Pass | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: operasi fungsi konvolusi dapat dijelaskan
Performance Indicator: convolution function operations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Tidak mengumpulkan/mengunggah Tugas atau < 25% Tugas benar dan lengkap.
Assignment is not finished/uploaded or < 25% Practical Report is correct or complete. |
Minimal 25% Tugas benar dan lengkap
Minimum 25% of Assignment is correct and complete |
Minimal 50% Tugas benar dan lengkap
Minimum 50% of Assignment is correct and complete |
Minimal 75% Tugas benar dan lengkap
Minimum 75% of Assignment is correct and complete |
100% Tugas benar dan lengkap
100% of Assignment is correct and complete |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3 | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Matriks, determinan dan invers dapat dijelaskan Performance Indicator: matrices, determinants and inverses can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar 25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar. 50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar. 75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar. 100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan Performance Indicator: Absolute values can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.00/Fail | 0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 1.00/Pass | |||||||||||||
Jawaban Ujian salah. Incorrect answer for Examination Test. |
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct. |
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct. |
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct. |
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct. |
|||||||||||||
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan Performance Indicator: Linear transformations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Matriks, determinan dan invers dapat dijelaskan Performance Indicator: matrices, determinants and inverses can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Sistem persamaan linier dapat dijelaskan Performance Indicator: systems of linear equations can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 2 | 100.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3 |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-6.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-6.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-7.1 Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-7.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-7.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3 | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat | |||||
TG | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300046 | MUHAMMAD AKMAL YAZID | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 56.00 | 62.00 | 58.25 | 59.50 | 62.00 | 58.25 | 58.25 | 58.25 | 58.25 | 62.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.)