PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Algoritma dan Pemrograman |
Kode Mata Kuliah | : | IKL6309 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 3 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Algoritma dan Pemrograman |
KODE MATA KULIAH | : IKL6309 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IKL6309 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja perangkat lunak. |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa memahami konsep berorientasi objek dalam mengorganisasikan struktur program yang lebih kompleks. |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | Menerapkan berpikir algoritma dalam studi kasus masalah komputasional. |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file. |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | Membuat modularisasi algoritma menggunakan fungsi dan subrutin. |
KK.2 | KK2.CPMK-6 | Membuat algoritma untuk memecahkan masalah menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, dan perulangan. |
KK.2 | KK2.CPMK-7 | Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai. |
KK.2 | KK2.CPMK-8 | Mahasiswa menerapkan transformasi data menggunakan operasi-operasi aritmatika, penugasan, dan transposisi. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-7 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6309 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKL6309 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Algortime dan Pemrograman; Bahasa pemrograman; Kompilator dan Interpreter; Lingkungan pemrograman Python; Informasi Perkuliahan: RPS, sistem penilaian dan tata tertib. |
|
150.00 | Mahasiswa menerima ceramah, tutorial, diskusi menjalankan IDE Spyder, install Miniconda Python. |
|
|
2 |
|
Menerjemahkan problem komputasi ke dalam algoritma Input-Proses-Output (IPO); Pseudocode dan Flowchart; Tipe data primitiv; Perintah I/O di Python. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan analisa IPO, merancang algoritme, coding dan evaluasi untuk problem sederhana. |
|
|
3 |
|
Perintah assignment; Variabel; Tipe data dan konversi antar tipe; Ekspresi Aritmetik; Import modul math. |
|
150.00 | Mahasiswa menuliskan formula matematik ke dalam instruksi program. |
|
|
4 |
|
Tipe data string; Representasi string; Operasi-operasi string; Akses substring menggunakan operator indeks([]); Membandingkan string (==, !=, < , >, in); Menggabungkan string dengan operator + dan *. |
|
150.00 | Mahasiswa menulis program untuk mengolah data string. |
|
|
5 |
|
Kondisi dan ekspresi boolean; Struktur percabangan; Struktur if, if-else, if-elif, dan if-elif-else. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program menggunakan struktur percabangan. |
|
|
6 |
|
Struktur perulangan; Struktur while dan for; Flowchart struktur perulangan. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur instruksi dalam struktur percabangan. |
|
|
7 |
|
Struktur perulangan for-in-range, for-in-collections, for-in- string; Flowchart struktur for. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur logika perulangan for. |
|
|
8 |
|
Fungsi built-in; Fungsi dalam sebuah modul; Pendefinisian fungsi; Parameter dan argumen fungsi; Pemanggilan fungsi; Return-value; Lingkup variabel; Parameter default. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri secara manual alur logika program saat pemanggailan fungsi dan mengamati scope variabel. |
|
|
9 |
|
Metode Iteratif, Metode rekursif, Contoh fungsi rekursif, Menghitung faktorial, Konversi bilangan desimal ke biner. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur program rekursif. |
|
|
10 |
|
Sifat-sifat list; Operasi-operasi pada List: Menambah, Mengakses, Menghapus; Operasi indexing dan negative indexing; Operasi slicing; konversi list ke string (atau sebaliknya); List bersarang. |
|
150.00 | Mahasiswa menggunakan list dan operasi-operasinya untuk suatu problem. |
|
|
11 |
|
Sifat-sifat dictionary; Operasi-operasi pada dictionary: Menambah, Mengakses, Menghapus; Menelusuri elemen-elemen dictionary. |
|
150.00 | Mahasiswa menggunakan dictionary dan operasi-operasinya untuk masalah yang diberikan. |
|
|
12 |
|
File Input/Output; Membuka File: open, Membaca File: read, readline, readlines, menulis ke File: write, writelines, Menutup file: close. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program yang melakukan operasi untuk membaca dan menuiis file. |
|
|
13 |
|
Pendefinisian class; Pendefinisian objek; Constructor; method setter dan getter. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program sederhana menggunakan pendekatan berorientasi objek. |
|
|
14 |
|
Dictionary of list; Membuat DataFrame; Mengakses elemen DataFrame: Indeks: index Baris/Kolom: loc, iloc, boolean indeks. |
|
150.00 | Mahasiswa mendeklarasikan operasi pembuatan DataFrame untuk sebuah data tabular sederhana. |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Algoritma dan Pemrograman | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 12% | ||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 1.00% | 2.00% | 3% | ||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 3% | |||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M13 | M2 | M3 | M12 | M8 | M9 | M10 | M11 | M14 | M5 | M6 | M7 | M4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | Q | UTS | TG | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UAS | Q | TG | PRK | Q | UAS | TG | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | A39 | A40 | A41 | A42 | A43 | A44 | A45 | A46 | A47 | A48 | A49 | A50 | A51 | A52 | A53 | A54 | A55 | A56 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 5.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 0.50% | 3.00% | 1.00% | 1.00% | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 3.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 13.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 3.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 1.00% | 4.00% | 2.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 19.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 6.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 0.5 | 3 | 1 | 1 | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 3 | 2 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 2 | 1 | 4 | 2 | 2 | 4 | 2 | 1 | 2 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS TG Q PRK |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS TG Q PRK |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Q UTS TG PRK UTS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | UAS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | UAS TG Q PRK UAS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | UAS Q TG PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Q UAS TG PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | UAS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | UTS TG Q PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python. Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menggunakan struktur percabangan berdasarkan data yang diberikan oleh user. Performance Indicator: Students are able to use branching structure based on user input. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DataFrame dari sebuah data tabular sederhana. Performance Indicator: Students are able to define DataFrame from a simple tabular data. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 1 | 33.33 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 2 | 66.67 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KU1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-4.1 Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.1 Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.4 Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-6.1 Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-8.2 Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.4 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-8.2 Std Mark: 0.00 |
|||
1 | 065002300010 | SYIFA KURNIA SARI | 73.38 | 75.68 | 73.38 | 75.68 | 75.68 | 77.27 | 75.68 | 75.68 | 71.78 | 71.78 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)