PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Algoritma dan Pemrograman |
Kode Mata Kuliah | : | IKL6309 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 3 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Algoritma dan Pemrograman |
KODE MATA KULIAH | : IKL6309 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKL6309 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja perangkat lunak. |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa memahami konsep berorientasi objek dalam mengorganisasikan struktur program yang lebih kompleks. |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | Menerapkan berpikir algoritma dalam studi kasus masalah komputasional. |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file. |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | Membuat modularisasi algoritma menggunakan fungsi dan subrutin. |
KK.2 | KK2.CPMK-6 | Membuat algoritma untuk memecahkan masalah menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, dan perulangan. |
KK.2 | KK2.CPMK-7 | Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai. |
KK.2 | KK2.CPMK-8 | Mahasiswa menerapkan transformasi data menggunakan operasi-operasi aritmatika, penugasan, dan transposisi. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-7 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6309 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKL6309 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Algortime dan Pemrograman; Bahasa pemrograman; Kompilator dan Interpreter; Lingkungan pemrograman Python; Informasi Perkuliahan: RPS, sistem penilaian dan tata tertib. |
|
150.00 | Mahasiswa menerima ceramah, tutorial, diskusi menjalankan IDE Spyder, install Miniconda Python. |
|
|
2 |
|
Menerjemahkan problem komputasi ke dalam algoritma Input-Proses-Output (IPO); Pseudocode dan Flowchart; Tipe data primitiv; Perintah I/O di Python. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan analisa IPO, merancang algoritme, coding dan evaluasi untuk problem sederhana. |
|
|
3 |
|
Perintah assignment; Variabel; Tipe data dan konversi antar tipe; Ekspresi Aritmetik; Import modul math. |
|
150.00 | Mahasiswa menuliskan formula matematik ke dalam instruksi program. |
|
|
4 |
|
Tipe data string; Representasi string; Operasi-operasi string; Akses substring menggunakan operator indeks([]); Membandingkan string (==, !=, < , >, in); Menggabungkan string dengan operator + dan *. |
|
150.00 | Mahasiswa menulis program untuk mengolah data string. |
|
|
5 |
|
Kondisi dan ekspresi boolean; Struktur percabangan; Struktur if, if-else, if-elif, dan if-elif-else. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program menggunakan struktur percabangan. |
|
|
6 |
|
Struktur perulangan; Struktur while dan for; Flowchart struktur perulangan. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur instruksi dalam struktur percabangan. |
|
|
7 |
|
Struktur perulangan for-in-range, for-in-collections, for-in- string; Flowchart struktur for. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur logika perulangan for. |
|
|
8 |
|
Fungsi built-in; Fungsi dalam sebuah modul; Pendefinisian fungsi; Parameter dan argumen fungsi; Pemanggilan fungsi; Return-value; Lingkup variabel; Parameter default. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri secara manual alur logika program saat pemanggailan fungsi dan mengamati scope variabel. |
|
|
9 |
|
Metode Iteratif, Metode rekursif, Contoh fungsi rekursif, Menghitung faktorial, Konversi bilangan desimal ke biner. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur program rekursif. |
|
|
10 |
|
Sifat-sifat list; Operasi-operasi pada List: Menambah, Mengakses, Menghapus; Operasi indexing dan negative indexing; Operasi slicing; konversi list ke string (atau sebaliknya); List bersarang. |
|
150.00 | Mahasiswa menggunakan list dan operasi-operasinya untuk suatu problem. |
|
|
11 |
|
Sifat-sifat dictionary; Operasi-operasi pada dictionary: Menambah, Mengakses, Menghapus; Menelusuri elemen-elemen dictionary. |
|
150.00 | Mahasiswa menggunakan dictionary dan operasi-operasinya untuk masalah yang diberikan. |
|
|
12 |
|
File Input/Output; Membuka File: open, Membaca File: read, readline, readlines, menulis ke File: write, writelines, Menutup file: close. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program yang melakukan operasi untuk membaca dan menuiis file. |
|
|
13 |
|
Pendefinisian class; Pendefinisian objek; Constructor; method setter dan getter. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program sederhana menggunakan pendekatan berorientasi objek. |
|
|
14 |
|
Dictionary of list; Membuat DataFrame; Mengakses elemen DataFrame: Indeks: index Baris/Kolom: loc, iloc, boolean indeks. |
|
150.00 | Mahasiswa mendeklarasikan operasi pembuatan DataFrame untuk sebuah data tabular sederhana. |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Algoritma dan Pemrograman | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 12% | ||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 1.00% | 2.00% | 3% | ||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 3% | |||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M13 | M2 | M3 | M12 | M8 | M9 | M10 | M11 | M14 | M5 | M6 | M7 | M4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | Q | UTS | TG | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UAS | Q | TG | PRK | Q | UAS | TG | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | A39 | A40 | A41 | A42 | A43 | A44 | A45 | A46 | A47 | A48 | A49 | A50 | A51 | A52 | A53 | A54 | A55 | A56 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 5.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 0.50% | 3.00% | 1.00% | 1.00% | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 3.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 13.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 3.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 1.00% | 4.00% | 2.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 19.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 6.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 0.5 | 3 | 1 | 1 | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 3 | 2 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 2 | 1 | 4 | 2 | 2 | 4 | 2 | 1 | 2 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS TG Q PRK |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS TG Q PRK |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Q UTS TG PRK UTS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | UAS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | UAS TG Q PRK UAS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | UAS Q TG PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Q UAS TG PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | UAS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | UTS TG Q PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python. Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-6 | KK2.CPMK-6.1 | Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menggunakan struktur percabangan berdasarkan data yang diberikan oleh user. Performance Indicator: Students are able to use branching structure based on user input. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-8 | KK2.CPMK-8.2 | Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.4 | Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan. Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DataFrame dari sebuah data tabular sederhana. Performance Indicator: Students are able to define DataFrame from a simple tabular data. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 1 | 33.33 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 2 | 66.67 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KU1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-4.1 Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.1 Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-5.4 Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-6.1 Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-8.2 Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | |||||
PRK | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.4 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-8.2 Std Mark: 0.00 |
|||
1 | 065002300010 | SYIFA KURNIA SARI | 73.38 | 75.68 | 73.38 | 75.68 | 75.68 | 77.27 | 75.68 | 75.68 | 71.78 | 71.78 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)