PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Praktikum Algoritma dan Pemrograman |
Kode Mata Kuliah | : | MPU6112 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 10 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Praktikum Algoritma dan Pemrograman |
KODE MATA KULIAH | : MPU6112 |
KELAS | : TP-B |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
||
Kode: MPU6112 |
Bobot (sks): 1.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional. |
S.2 | Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian. |
P.1 | Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi. |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi |
KU.2 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan. |
KK.1 | Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. |
KK.2 | Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan. |
KK.3 | Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi. |
KK.4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.3 | Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KK.3 | KK3.CPMK-1 | Mampu memahami bahasa pemrograman yang digunakan di industri perminyakan |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | Mampu melakukan desain Bahasa pemrograman menggunakan aplikasi pemrograman |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | Mampu membuat model aplikasi sederhana program perminyakan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
KK.3 | KK3.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MPU6112 |
Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MPU6112 SKS : 1.00 | ||||||
Mata Kuliah : Praktikum Algoritma dan Pemrograman | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
150.00 | mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
|
2 |
|
Penjelasan Aplikasi yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
150.00 | Mengenal Aplikasi yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
|
3 |
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman |
|
150.00 | mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman |
|
|
4 |
|
menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman |
|
|
5 |
|
pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
150.00 | melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
|
6 |
|
pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
150.00 | melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
|
7 |
|
menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman |
|
|
8 |
|
program subroutine pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | Menerapkan dan mengaplikasikan program subroutine pada Bahasa pemrograman |
|
|
9 |
|
Program real function pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman |
|
|
10 |
|
program combo pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman |
|
|
11 |
|
Metode numerik pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan Metode numerik pada Bahasa pemrograman |
|
|
12 |
|
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
150.00 | membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. |
|
|
13 |
|
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
150.00 | membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
|
14 |
|
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
150.00 | membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. | ; Tuesday 07:30:00-10:20:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. Ketua |
3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas 1 (7.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (7.50%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (12.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas 5 (12.50%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | 20.00% | 20% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | 12.50% | 12.5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 12.50% | 12.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | 7.50% | 7.5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | 7.50% | 10.00% | 17.5% | ||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | 12.50% | 12.5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 12.50% | 12.5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||
M2 | M4 | M5 | M6 | M7 | M9 | M10 | M12 | M13 | ||||
Komponen | UTS | TG1 | TG2 | TG3 | UTS | TG4 | UAS | TG5 | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | Bobot |
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | 7.50% | 7.5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | 7.50% | 10.00% | 17.5% | |||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | 20.00% | 20% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | 12.50% | 12.5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | 12.50% | 12.5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 12.50% | 12.50% | 25% | |||||||
TOTAL | 5 | 7.5 | 7.5 | 10 | 20 | 12.5 | 12.5 | 12.5 | 12.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | TG1 |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | TG2 TG3 |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | TG4 |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | TG5 UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman Performance Indicator: understand programming applications used in applying programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to implement and apply array programs in programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to implement and apply combo programs in programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to implement and apply combo programs in programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to make simple petroleum software models using all programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 2 | 20.00 |
A- | 1 | 10.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 5 | 50.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 1 | 10.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KK3.CPMK-1.2 Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
2 | 0 | 7 | 1 | 90.00 |
KK3.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman |
6 | 2 | 1 | 1 | 90.00 |
KK3.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
0 | 9 | 0 | 1 | 90.00 |
KK3.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman |
2 | 0 | 7 | 1 | 90.00 |
KK3.CPMK-2.6 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman |
4 | 5 | 0 | 1 | 90.00 |
KK3.CPMK-2.7 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman |
3 | 4 | 2 | 1 | 90.00 |
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. |
4 | 3 | 2 | 1 | 90.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman | |||||
UTS | 2 (22.22 %) | 0 | 7 (77.78 %) | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman | |||||
TG1 | 6 (66.67 %) | 2 (22.22 %) | 1 (11.11 %) | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman | |||||
TG2 | 1 (11.11 %) | 7 (77.78 %) | 1 (11.11 %) | 0 | 100 (1,111.11 %) |
TG3 | 4 (44.44 %) | 5 (55.56 %) | 0 | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman | |||||
UTS | 2 (22.22 %) | 0 | 7 (77.78 %) | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman | |||||
TG4 | 4 (44.44 %) | 5 (55.56 %) | 0 | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman | |||||
UAS | 3 (33.33 %) | 4 (44.44 %) | 2 (22.22 %) | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. | |||||
TG5 | 4 (44.44 %) | 3 (33.33 %) | 2 (22.22 %) | 0 | 100 (1,111.11 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||
KK3.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.6 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.7 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 071002100035 | NAJWA ISNA NURHALIZA | 91.00 | 80.00 | 79.14 | 91.00 | 80.00 | 70.00 | 80.00 |
2 | 071002100044 | RIVA NARURITTA PUTRI | 88.00 | 80.00 | 79.14 | 88.00 | 76.00 | 80.00 | 80.00 |
3 | 071002100043 | RIFKY SAPUTRA | 60.00 | 80.00 | 79.43 | 60.00 | 80.00 | 95.00 | 75.00 |
4 | 071002100029 | MUHAMAD RIFKI PRATAMA | 67.00 | 73.00 | 78.57 | 67.00 | 78.00 | 70.00 | 60.00 |
5 | 071002100032 | MUHAMMAD REFLI KASHAH | 56.00 | 80.00 | 75.29 | 56.00 | 80.00 | 82.00 | 72.00 |
6 | 071002100010 | DELVI ANDELLA | 56.00 | 79.00 | 78.14 | 56.00 | 72.00 | 78.00 | 60.00 |
7 | 071002100036 | NANDITA EKA PUTRI DESITA SARI RIRIHENA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
8 | 071002100017 | FIORELLA NATASYA GRATIA TONGA | 58.00 | 80.00 | 76.86 | 58.00 | 80.00 | 77.00 | 80.00 |
9 | 071002100067 | MARTIN KOKO PARULIAN | 56.00 | 80.00 | 78.71 | 56.00 | 77.00 | 66.00 | 80.00 |
10 | 071002100055 | ZUL FAUZI ILHAM | 56.00 | 65.00 | 71.29 | 56.00 | 70.00 | 56.00 | 70.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.)