Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pendidikan Pancasila
Kode Mata Kuliah : UPA5200
Tim Dosen :
  1. 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.
Kelas : 0045
Dosen : 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 32 mahasiswa

Program Studi PERPAJAKAN

Fakultas EKONOMI DAN BISNIS

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pendidikan Pancasila
KODE MATA KULIAH : UPA5200
KELAS : 0045
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PENDIDIKAN PANCASILA
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi PERPAJAKAN
Fakultas EKONOMI DAN BISNIS
Kode:
UPA5200
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1)
S.2 Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pendidikan pancasila dalam bernegara.(CPMK1)
S.2 S2.CPMK-2 Mahasiswa dapat memaksimalkan perkembangan dari pendidikan pancasila.(CPMK4)
S.2 S2.CPMK-3 Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan pancasila dan bernegara dalam mencapai tujuan bernegara.(CPMK3)
S.2 S2.CPMK-4 Mahasiswa mampu menerapkan pendidikan pancaslla dalam tujuan bernegara.(CPMK2)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1)
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2)
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3)
S.2 S2.CPMK-2
S2.CPMK-2.1 Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1)
S2.CPMK-2.2 Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2)
S2.CPMK-2.3 Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3)
S.2 S2.CPMK-3
S2.CPMK-3.1 Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2)
S2.CPMK-3.2 Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3)
S2.CPMK-3.3 Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4)
S2.CPMK-3.4 Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1)
S.2 S2.CPMK-4
S2.CPMK-4.1 Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1)
S2.CPMK-4.2 Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1)

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI PERPAJAKAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UPA5200

Program Studi : PERPAJAKAN Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UPA5200     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Pendidikan Pancasila Dosen :
  1. 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1)
1. Penjelasan keseluruhan materi secara garis besar.
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi
2
  1. Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1)
1. Landasan Yuridis, Historis, dan Filosofis 2. Tujuan dan cita – cita Nasional 3. Tujuan Pendidikan Nasional 4. Tujuan Pendidikan Pancasila
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 1) - 6.00 %
3
  1. Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2)
1. Pembahasan Pancasila 2. Pengertian Pancasila secara Etimologis 3. Pengertian Pancasila secara Historis 4. Pengertian Pancasila secara Terminologis
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Mendiskusikan materi yang telah lalu
  • Ujian Tengah Semester (Soal 2) - 6.00 %
4
  1. Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3)
1. Jaman kedaulatan Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. 2. Runtuhnya Kerajaan Majapahit dan masuknya pengaruh Islam di Indonesia
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Quiz 1 - 5.00 %
5
  1. Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1)
Jaman Penjajahan a. Perjuangan melawan penjajah b. Penjajahan Belanda - Kebangkitan Nasional - Sumpah Pemuda c. Penjajahan Jepang - Proses terbentuknya BPUPKI dan PPKI. - Proses pembahasan dan perumusan serta penetapan dasar falsafah negara oleh BPUPKI dan PPKI
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 3) - 6.00 %
  • Tugas 1 - 10.00 %
6
  1. Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1)
Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 4) - 6.00 %
7
  1. Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1)
1. Pengertian Nilai Luhur 2. Asal usul Pancasila secara langsung dan tidak langsung. 3. Pancasila sebagai Ideologi Negara : a. Makna Ideologi Negara b. Perbandingan Pancasila dengan Ideologi yang lain. c. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka 4. Pancasila sebagai Dasar Negara
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 5) - 6.00 %
8
  1. Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2)
1. Pengertian Fislsafat secara Etimologis ditinjau dari segi pola pikir dan dari segi ilmu 2. Pengertian Pancasial sebagai sistem filsafat 3. Kesatuan sila – sila Pancasila sebagai sistem filsafat
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 1) - 4.50 %
9
  1. Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3)
1. Jenis – jenis implementasi 2. Implementasi Pancasila pada masa Orde Lama 3. Implementasi Pancasila pada masa Orde Baru 4. Gerakan Reformasi
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
10
  1. Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3)
1. Pancasila sebagai paradigrma reformasi hukum. 2. Pancasila sebagai paradigrma reformasi politik. 3. Pancasila sebagai paradigrma reformasi ekonomi.
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 2) - 4.50 %
11
  1. Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4)
1. Pengertian Konstitusi 2. UUD dan Konvensi 3. Kedudukan dan Fungsi UUD 1945 4. Sifat UUD 1945 dan makna setiap Alinea
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 3) - 7.50 %
12
  1. Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1)
1. Pembukaan UUD 1945 2. Pokok – pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 3. Hubungan Pokok Pikiran dengan Batang Tubuh UUD 1945 4. Tata Urutan Peraturan Perundangan - Tujuh sub sistem Pemerintahan
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 4) - 7.50 %
13
  1. Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2)
1. Hubungan antara negara dan warga negara 2. Hak Azasi Manusia berdasarkan UUD 1945
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 5) - 6.00 %
14
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3)
1. Masa berlakunya UUD 1945 2. Konstitusi RIS 1949 3. UUDS 1950 4. Dekrit Presiden 5 Juli 1959 1. Dimungkinkannya adanya perubahan UUD 1945. 2. Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah adanya perubahan
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab
  • KONDITE SIKAP - 10.00 %
  • Quiz 2 - 5.00 %
  • Tugas 2 - 10.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI PERPAJAKAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pendidikan Pancasila 1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H. ; Saturday 13:30:00-15:10:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP

Ketua
1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (5.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.2 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.3 Minggu ke-14 Assessment: Tugas 2 (10.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz 2 (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: KONDITE SIKAP (10.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.2 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.3 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.4 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 Minggu ke-5 Assessment: Tugas 1 (10.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 6.00%
6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.4 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 6.00%
6%
TOTAL 30%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.1 7.50%
7.5%
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.2 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.1 4.50%
4.5%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.2 4.50%
4.5%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.3 7.50%
7.5%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.3 10.00%
10%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 10.00%
10%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M2 M3 M4 M12 M13 M14 M8 M10 M11 M7 M5 M6
Komponen UTS UTS Q1 UAS UAS TG2 Q2 KS UAS UAS UAS UTS TG1 UTS UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 6.00% 6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 6.00% 6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 5.00% 5%
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.1 7.50% 7.5%
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.2 6.00% 6%
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.3 10.00%5.00%10.00% 25%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.1 4.50% 4.5%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.2 4.50% 4.5%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.3 7.50% 7.5%
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.4 6.00% 6%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 10.00%6.00% 16%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 6.00% 6%
TOTAL 6 6 5 7.5 6 10 5 10 4.5 4.5 7.5 6 10 6 6 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 Q1
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.1 UAS
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.2 UAS
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.3 TG2 Q2 KS
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.1 UAS
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.2 UAS
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.3 UAS
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.4 UTS
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 TG1 UTS
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1)
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS
Performance Indicator: Problem No.1 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2)
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS
Performance Indicator: Problem No.1 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UTS
Performance Indicator: Problem No.2 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.4Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1)
Indikator Kinerja: Soal NO.5 UTS
Performance Indicator: Problem No.5 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.1Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2.2Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.1Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS
Performance Indicator: Problem No.1 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.2Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS
Performance Indicator: Problem No.1 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS
Performance Indicator: Problem No.2 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-3.3Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4)
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS
Performance Indicator: Problem No.1 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS
Performance Indicator: Problem No.2 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.3 UAS
Performance Indicator: Problem No.3 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 7 21.88
A- 10 31.25
B+ 8 25.00
B 3 9.38
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1)
0 25 4 3 90.63
S1.CPMK-1.2
Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2)
0 25 4 3 90.63
S1.CPMK-1.3
Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3)
26 0 2 4 87.50
S2.CPMK-2.1
Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1)
6 20 2 4 87.50
S2.CPMK-2.2
Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2)
6 20 2 4 87.50
S2.CPMK-2.3
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3)
26 2 0 4 87.50
S2.CPMK-3.1
Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2)
6 20 2 4 87.50
S2.CPMK-3.2
Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3)
6 20 2 4 87.50
S2.CPMK-3.3
Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4)
6 20 2 4 87.50
S2.CPMK-3.4
Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1)
0 25 4 3 90.63
S2.CPMK-4.1
Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1)
0 27 2 3 90.63
S2.CPMK-4.2
Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1)
0 25 4 3 90.63
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1)
UTS025
(86.21 %)
4
(13.79 %)
0100
(344.83 %)
Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2)
UTS025
(86.21 %)
4
(13.79 %)
0100
(344.83 %)
Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3)
Q126
(92.86 %)
02
(7.14 %)
0100
(357.14 %)
Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1)
UAS6
(20.69 %)
20
(68.97 %)
2
(6.90 %)
1
(3.45 %)
96.55
(332.93 %)
Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2)
UAS6
(20.69 %)
20
(68.97 %)
2
(6.90 %)
1
(3.45 %)
96.55
(332.93 %)
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3)
KS28
(96.55 %)
001
(3.45 %)
96.55
(332.93 %)
Q226
(92.86 %)
02
(7.14 %)
0100
(357.14 %)
TG226
(92.86 %)
02
(7.14 %)
0100
(357.14 %)
Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2)
UAS6
(20.69 %)
20
(68.97 %)
2
(6.90 %)
1
(3.45 %)
96.55
(332.93 %)
Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3)
UAS6
(20.69 %)
20
(68.97 %)
2
(6.90 %)
1
(3.45 %)
96.55
(332.93 %)
Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4)
UAS6
(20.69 %)
20
(68.97 %)
2
(6.90 %)
1
(3.45 %)
96.55
(332.93 %)
Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1)
UTS025
(86.21 %)
4
(13.79 %)
0100
(344.83 %)
Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1)
UTS025
(86.21 %)
4
(13.79 %)
0100
(344.83 %)
TG126
(92.86 %)
02
(7.14 %)
0100
(357.14 %)
Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1)
UTS025
(86.21 %)
4
(13.79 %)
0100
(344.83 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
1 024032201135 FARHAN ZUHAYR RAMADHAN 67.0067.0060.0068.0068.0076.0068.0068.0068.0067.0062.6367.00
2 024032201123 DEA RETNO PUTRI 79.0079.0080.0085.0085.0088.0085.0085.0085.0079.0079.6379.00
3 024032101128 SYCILIA SALMA CLARITA 72.0072.0060.0071.0071.0076.0071.0071.0071.0072.0064.5072.00
4 024032301001 SAFINCHA NAZWA SHALSABILA 68.0068.0080.0070.0070.0088.0070.0070.0070.0068.0075.5068.00
5 024032301003 CHRIST YUDI DANNO L TOBING 67.0067.0080.0068.0068.0088.0068.0068.0068.0067.0075.1367.00
6 024032301005 AGNES ALYANITA 68.0068.0080.0070.0070.0088.0070.0070.0070.0068.0075.5068.00
7 024032301028 SAFIRA RIZKA HANIFAH ANSORI 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
8 024032300007 PUTRI ANASTASYA 68.0068.0080.0070.0070.0088.0070.0070.0070.0068.0075.5068.00
9 024032300008 ALMIRA PUSPITA SARI 70.0070.0080.0075.0075.0088.0075.0075.0075.0070.0076.2570.00
10 024032300009 FARA HANISAH 70.0070.0080.0073.0073.0088.0073.0073.0073.0070.0076.2570.00
11 024032300010 BINTANG PAMUNGKAS WINDI SAPUTRA 60.0060.0080.0067.0067.0088.0067.0067.0067.0060.0072.5060.00
12 024032301071 DEBI JESIKA 68.0068.000.000.000.0050.000.000.000.0068.0068.0068.00
13 024032300011 VALDO AUZAN PUTRA MENGGAR 70.0070.0080.0074.0074.0088.0074.0074.0074.0070.0076.2570.00
14 024032301095 NOVANA INDRIAN 70.0070.0080.0071.0071.0088.0071.0071.0071.0070.0076.2570.00
15 024032300013 KISHEN 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
16 024032300014 AMMAR RAUSHAN 67.0067.0080.0067.0067.0088.0067.0067.0067.0067.0075.1367.00
17 024032300015 FIKRY FAUZAND 72.0072.0080.0073.0073.0088.0073.0073.0073.0072.0077.0072.00
18 024032300016 AGHNIA IMANDA FIRDAUSY 78.0078.0080.0085.0085.0088.0085.0085.0085.0078.0079.2578.00
19 024032300017 AGUSTIANI SRI MAHARANI 75.0075.0080.0070.0070.0088.0070.0070.0070.0075.0078.1375.00
20 024032300018 RISTANTY FITRI 75.0075.0080.0080.0080.0088.0080.0080.0080.0075.0078.1375.00
21 024032300019 NUR AULIA 78.0078.0080.0080.0080.0088.0080.0080.0080.0078.0079.2578.00
22 024032300021 CHAIRUNNISA DWI SEPTIANA HAPSARI 73.0073.0080.0077.0077.0088.0077.0077.0077.0073.0077.3873.00
23 024032300022 ADE RIZKY RAMADHANI 74.0074.0080.0083.0083.0088.0083.0083.0083.0074.0077.7574.00
24 024032300023 SHABRINA ALYANI 76.0076.0080.0078.0078.0088.0078.0078.0078.0076.0078.5076.00
25 024032300024 AFIFFAUZI AZHARI PRASETYO 75.0075.0080.0083.0083.0088.0083.0083.0083.0075.0078.1375.00
26 024032300004 HELEN NOPYELLA SITUNGKIR 76.0076.0080.0075.0075.0088.0075.0075.0075.0076.0078.5076.00
27 024032300005 SHOLIHAH DWI ASTUTI 73.0073.0080.0075.0075.0088.0075.0075.0075.0073.0077.3873.00
28 024032300025 MEDELEINE ESTERLITA RITONGA 75.0075.0080.0075.0075.0088.0075.0075.0075.0075.0078.1375.00
29 024032300026 RUKIYAH MIRANDA SIHOMBING 75.0075.0080.0073.0073.0088.0073.0073.0073.0075.0078.1375.00
30 024032300032 MUHAMMAD NAUFAL PAMBUDI 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
31 024032300033 MIRNA LISA WULANDARI 75.0075.0080.0078.0078.0088.0078.0078.0078.0075.0078.1375.00
32 024032304523 BEMBY HAKIM 68.0068.0080.0070.0070.0088.0070.0070.0070.0068.0075.5068.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1529 Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H.)