PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pendidikan Agama |
Kode Mata Kuliah | : | UAG5200 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 0046 |
Dosen | : | 240114 Drs. NURUDIN |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 24 mahasiswa |
Program Studi PERPAJAKAN
Fakultas EKONOMI DAN BISNIS
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pendidikan Agama |
KODE MATA KULIAH | : UAG5200 |
KELAS | : 0046 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 240114 Drs. NURUDIN |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 240114 Drs. NURUDIN |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi PERPAJAKAN Fakultas EKONOMI DAN BISNIS |
||
Kode: UAG5200 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 240114 Drs. NURUDIN | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1) |
S.2 | Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2) |
S.3 | Menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang dan kewirausahaan (S3) |
P.1 | Mampu memahami konsep teoritis secara umum proses penyusunan dan pemeriksaan laporan keuangan dari informasi keuangan dan non keuangan sebuah entitas serta pemeriksaan laporan keuangan (P1) |
P.2 | Mampu memahami konsep teoritis secara umum tentang peraturan perpajakan nasional dan internasional (P2) |
P.3 | Mampu memahami konsep teoritis secara umum ekonomi dan manajemen bisnis (P3) |
KU.1 | Mampu menyelesaikan pekerjaan dan memecahkan masalah bidang akuntansi dan perpajakan berdasarkan pemikiran logis, inovatif dan beretika dengan menggunakan teknologi informasi terkini, sesuai persyaratan kerja dan standar mutu, menyusun kertas kerja dan mengomunikasikannya serta mampu merespon perubahan masa depan serta tetap memperhatikan kebutuhan sosial dan lingkungan (KU1) |
KU.2 | Mampu menunjukan kinerja mandiri maupun kelompok dan bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja (KU2) |
KK.1 | Mampu menghitung, menyusun, menyajikan laporan akuntansi berdasarkan informasi keuangan dan non keuangan manajerial serta memeriksa laporan keuangan sebuah entitas sesuai dengan standar yang berlaku, baik secara manual atau dengan memanfaatkan teknologi informasi (KK1) |
KK.2 | Mampu menghitung memperhitungkan, menyetor serta melapor pajak untuk wajib pajak orang pribadi dan badan yang sesuai dengan peraturan perpajakan, baik secara manual atau dengan memanfaatkan teknologi informasi.(KK2) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1) |
S.2 | Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Memiliki Pengetahuan dan PemahamanTentang: Konsep Manusia di Alam Semesta; Tugas Pokok dan Fungsi Manusia dari Allah swt dengan Merujuk Al-Qur’an dan Sunnah Rasul saw.(CPMK1) |
S.1 | S1.CPMK-2 | Mimiliki sikap Religius (Takwa) sebagai Pribadi Muslim dalam seluruh aspek kehidupan.(CPMK5) |
S.1 | S1.CPMK-3 | Memiliki Ketrampilan Umum sebagai seorang Muslim untuk mengamalkan Keimanan (Aqidah), Syari’ah dan Akhlak terpuji.(CPMK2) |
S.2 | S2.CPMK-4 | Memiliki sikap terpuji dalam: Pemeliharaan Kesehatan, Perlindungan HAM dan demokrasi; pemikiran filosofi dan terpuji dalam pengamalan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;(CPMK4) |
S.2 | S2.CPMK-5 | Memiliki ketrampilan khusus untuk Tanggung Jawab seorang muslim pada saat membangun Keluarga Sakinah; Membangun Masyarakat Madani dan Membangun Etos Kerja.(CPMK3) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||
S.1 | S1.CPMK-2 |
|
||||||
S.1 | S1.CPMK-3 |
|
||||||
S.2 | S2.CPMK-4 |
|
||||||
S.2 | S2.CPMK-5 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PROGRAM STUDI PERPAJAKAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UAG5200 |
Program Studi : PERPAJAKAN | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UAG5200 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pendidikan Agama | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
- Manusia dan Alam Semesta; - Penyebutan Manusia dalam Al-Qur’an; - Kejadian Manusia Jasmani dan Rohaninya; - Tugas Pokok Manusia di Alam Semesta; - Manusia dan Agama (Kebutuhan akan Agama) |
|
100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
|
2 |
|
- Manusia dan Alam Semesta; - Penyebutan Manusia dalam Al-Qur’an; - Kejadian Manusia Jasmani dan Rohaninya; - Tugas Pokok Manusia di Alam Semesta; - Manusia dan Agama (Kebutuhan akan Agama) |
|
100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
|
3 |
|
a. Arti dan definisi kata Ad-Din dan kata Islam; b. Pola/Kerangka Dasar Ajaran Islam; c. Manusia mentaati Norma Sunnatullah; d. Manusia mentaati Norma Dinullah | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
4 |
|
a.Dalil tentang Sumber Ajaran Islam; b.Sumber Al-Qur’an; c.Sumber As-Sunnah; d.Sumber Ijma; e.Sumber Ijtihad | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
5 |
|
a.Arti dan Definisi Akidah; b.Unsur-unsur Akidah merujjuk QS 2:3-13, 132-133, 136; QS 2:255-257 dan 260; QS 4: 157-158 c.Norma-Norma Akidah; Perintah – Larangan (Kajian Kasus perilaku dan sikap) dalam “stimulus- respon” kehidupan; d.Contoh-contoh Pengamalan Akidah dalam Muqarrabah untuk menghasilkan “Muraqqabah”. e.Kajian esensi akidah dalam Pengamalan Ibadah dan Muamalah. | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
6 |
|
a.Arti dan Definisi Syari’ah; b.Ruang-lingkup Syari’ah; c.Tujuan Syari’ah; d.Dalil-dalil Syari’ah; e.Contoh Pengamalan Syari’ah dalam Hablun Minallah dan Dalilnya; f. Contoh Pengamalan Syari’ah dalam Hablun Minannas dan Dalilnya; g.Contoh Pengamalan Syari’ah dalam Kasus Aktua / Kontemporer. | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
7 |
|
a. Arti dan Definisi Akhlak & Tasawuf; b. Ruanglingkup Norma Akhlak & dalil- dalilnya c. Tujuan dan fungsi Pengamalan Akhlakul Karimah; d. Aplikasi Akhlakul- Karimah dalam Hablun Minallah; e. Aplikasi Akhlakul- Kariman dalam Hablun Minannas; | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
8 |
|
a. Arti dan Definisi: Sakinah, Mawaddah wa Rahmah; b. Membangun Kelu- arga Sakinah: 1) Pranikah: Syarat, meminang dan merencanakan Nikah merujuk QS 2: 221; QS 2: 235 2) Rukun Nikah dan Hikmah Nikah merujuk QS 24: 30-33; QS 3: 14; QS 4: 3; QS 30: 21 c. Mendidik Keluarga Islami, merujuk QS 31:14-19 dan QS 66: 6 d. Mentaati Hukum Rumah Tangga merujuk QS 2; 222- 237; | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
9 |
|
a. Tinjauan Al-Qur’an tentang Negeri Saba; b. Pengertian Negara dan Masyarakat Madani; c. Kontribusi Menurut Kemampuan / profesi untuk membangun Masyarakat Madani d. Kedaulatan Negara menurut Tinjauan Islam; e. Pluralisme menurut Islam | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
10 |
|
a. Pengertian Etos Kerja; b. Tinjauan AlQur’an/ Hadis tentang Etos Kerja; c. Latar belakang Motivasi terbentuk- nya Etos Kerja menurut Toto Tasmara; d. Kajian Kasus Aplikasi Etos Kerja yang berhasil Merefleksikan “kekhalifahan” di muka bumi (kajian kasus) e. Kriteria Etos Kerja Merujuk QS2: 30, QS 13: 11; QS 28:77, QS 17: 84 | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
11 |
|
a. Pengertian Sehat menurut Islam; b. Aplikasi Memelihara Kesehatan Menurut Kaidah Islam, tinjauan: Al-Qur’an, Hadits, Ijma dan Ijtihad c. Aplkasi Memelihara Kelestarian Lingkungan menurut Kaidah Islam, tinjauan: Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
12 |
|
a. Dasar Aqidah dan Syari’ah untuk aplikasi HAM dan Demokrasi b. Pesan Ajaran Islam untuk Sikap Perduli Melindungi HAM c. Pesan Ajaran Islam untuk Sikap Perduli Memelihara demokrasi d. Batasan Toleransi Umat beragama e. Hukum Pemeliha- raan Keutuhan Keluarga Islam terkait pluralisme keyakinan f. Ajaran Islam terha- dap Perbedaan Suku Bangsa dan budaya | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
13 |
|
a. Ajaran Islam dalam tinjauan Qur’an dan Sunnah (Hadits) untuk menunjukkan Sikap Bijaksana (Berpikir Filosofis); b. Aplikasi Sikap Filosofis dalam narasi/ungkapan dan tindakan c. Aplikasi Sikap Sinergis Pengguna- an IPTEK dalam Bekerja yang Profesional pada Domain: 1) Hablun Minallah 2) Hablun Minannas | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
||
14 |
|
a. Memahami Tolok Ukur Ketakwaan secara Kualitas dan Kuantitas; b. Maksimalitas Sikap Pribadi Muslim c. Aplikasi Sikap Pribadi Muslim dalam : 1) Hablun Minallah, 2) Hablun Minannas 3) Mensyukuri manfaat Alam Semesta | 100.00 | • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
![]() |
PROGRAM STUDI PERPAJAKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pendidikan Agama | 240114 Drs. NURUDIN | ; Monday 13:30:00-15:10:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP Ketua |
240114 Drs. NURUDIN | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.2 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%) Minggu ke-13 Assessment: KONDITE SIKAP (10.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.3 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (5.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.3 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.2 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.3 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (20.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 6.00% | 6% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 6.00% | 6% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 6.00% | 6% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | 4.50% | 4.5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | 3.00% | 3% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.3 | 4.50% | 4.5% | ||||||
TOTAL | 30% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.2 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.3 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.1 | 0% | |||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.2 | 4.50% | 4.5% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.3 | 4.50% | 4.5% | ||||||
TOTAL | 27% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.3 | 20.00% | 20% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||
M1 | M2 | M3 | M13 | M4 | M5 | M6 | M10 | M11 | M12 | M7 | M8 | M9 | ||||||||
Komponen | UTS | UTS | UTS | UAS | KS | UTS | Q1 | UTS | UTS | UAS | UAS | Q2 | UAS | UAS | UAS | TG | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.2 | 6.00% | 10.00% | 16% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | 4.50% | 4.5% | ||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | 5.00% | 3.00% | 8% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.3 | 4.50% | 4.5% | ||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | 3.00% | 5.00% | 8% | |||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.3 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.2 | 4.50% | 4.5% | ||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.3 | 20.00% | 4.50% | 24.5% | |||||||||||||||
TOTAL | 6 | 6 | 6 | 6 | 10 | 4.5 | 5 | 3 | 4.5 | 3 | 3 | 5 | 6 | 3 | 4.5 | 20 | 4.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.2 | UAS KS |
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | Q1 UTS |
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.3 | UTS |
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | UAS Q2 |
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.3 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.1 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.2 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.3 | TG UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS Performance Indicator: Problem No.1 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS Performance Indicator: Problem No.1 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UTS Performance Indicator: Problem No.2 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS Performance Indicator: Problem No.1 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UTS Performance Indicator: Problem No.2 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.6 UTS Performance Indicator: Problem No.6 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.3 | Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.6 UTS Performance Indicator: Problem No.6 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UTS Performance Indicator: Problem No.5 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.2 | Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.3 | Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS Performance Indicator: Problem No.6 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.1 | Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS Performance Indicator: Problem No.6 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS Performance Indicator: Problem No.1 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.2 | Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS Performance Indicator: Problem No.6 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS Performance Indicator: Problem No.1 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS Performance Indicator: Problem No.2 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-5 | S2.CPMK-5.3 | Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS Performance Indicator: Problem No.7 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS Performance Indicator: Problem No.6 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS Performance Indicator: Problem No.1 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS Performance Indicator: Problem No.2 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UAS Performance Indicator: Problem No.3 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 22 | 91.67 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S1.CPMK-1.2 Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S1.CPMK-1.3 Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S1.CPMK-2.2 Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b) |
23 | 0 | 0 | 1 | 95.83 |
S1.CPMK-3.1 Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S1.CPMK-3.2 Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b) |
23 | 0 | 0 | 1 | 95.83 |
S1.CPMK-3.3 Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S2.CPMK-4.1 Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a) |
21 | 1 | 0 | 2 | 91.67 |
S2.CPMK-4.2 Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b) |
23 | 0 | 0 | 1 | 95.83 |
S2.CPMK-4.3 Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S2.CPMK-5.1 Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S2.CPMK-5.2 Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b) |
22 | 0 | 0 | 2 | 91.67 |
S2.CPMK-5.3 Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c) |
23 | 0 | 0 | 1 | 95.83 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a) | |||||
UTS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b) | |||||
UTS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c) | |||||
UTS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b) | |||||
KS | 23 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a) | |||||
UTS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b) | |||||
Q1 | 23 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c) | |||||
UTS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a) | |||||
UAS | 21 (95.45 %) | 1 (4.55 %) | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b) | |||||
Q2 | 23 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c) | |||||
UAS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a) | |||||
UAS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b) | |||||
UAS | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c) | |||||
TG | 23 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 70.00 |
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 70.00 |
S1.CPMK-1.3 Std Mark: 70.00 |
S1.CPMK-2.2 Std Mark: 70.00 |
S1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-4.1 Std Mark: 70.00 |
S2.CPMK-4.2 Std Mark: 70.00 |
S2.CPMK-4.3 Std Mark: 70.00 |
S2.CPMK-5.1 Std Mark: 70.00 |
S2.CPMK-5.2 Std Mark: 70.00 |
S2.CPMK-5.3 Std Mark: 70.00 |
|||
1 | 024032305001 | FIRA ADDIA SUWARDI | 90.00 | 88.00 | 89.00 | 90.00 | 87.00 | 90.00 | 88.00 | 85.00 | 85.00 | 88.00 | 90.00 | 85.00 | 88.00 |
2 | 024032301064 | NURALIFAH OCTAFIANI | 90.00 | 90.00 | 88.00 | 90.00 | 85.00 | 90.00 | 87.00 | 85.00 | 88.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 87.00 |
3 | 024032301065 | MUHAMMAD ANDIFA DWIMAS BAARI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
4 | 024032301066 | AHMAD RAFI AZHAR | 80.00 | 85.00 | 85.00 | 80.00 | 83.00 | 80.00 | 83.00 | 84.00 | 85.00 | 85.00 | 80.00 | 80.00 | 82.00 |
5 | 024032301067 | NADYA FATHINAH ZHAFIRAH | 88.00 | 85.00 | 85.00 | 82.00 | 87.00 | 84.00 | 87.00 | 82.00 | 85.00 | 85.00 | 82.00 | 85.00 | 85.00 |
6 | 024032301068 | FASYANDA DWI PUTRI | 85.00 | 86.00 | 85.00 | 87.00 | 83.00 | 90.00 | 88.00 | 84.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
7 | 024032301069 | RISZA AZZAHRA | 82.00 | 80.00 | 82.00 | 82.00 | 83.00 | 80.00 | 85.00 | 80.00 | 82.00 | 82.00 | 80.00 | 83.00 | 83.00 |
8 | 024032301070 | DINAR ESA PUTRA | 85.00 | 83.00 | 82.00 | 82.00 | 83.00 | 85.00 | 85.00 | 83.00 | 80.00 | 83.00 | 82.00 | 83.00 | 83.00 |
9 | 024032301072 | Dean Maulidi Yani | 90.00 | 84.00 | 85.00 | 90.00 | 83.00 | 88.00 | 85.00 | 86.00 | 85.00 | 88.00 | 89.00 | 85.00 | 85.00 |
10 | 024032301074 | VIDHITA NARENDRA REINAYU | 85.00 | 83.00 | 84.00 | 83.00 | 84.00 | 83.00 | 85.00 | 83.00 | 85.00 | 83.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
11 | 024032301075 | MAULANA AL HUSNEF | 88.00 | 87.00 | 88.00 | 83.00 | 88.00 | 82.00 | 89.00 | 85.00 | 84.00 | 83.00 | 83.00 | 84.00 | 85.00 |
12 | 024032301076 | ANGGI ZENITHA PUTRI | 89.00 | 88.00 | 89.00 | 85.00 | 88.00 | 82.00 | 89.00 | 82.00 | 82.00 | 83.00 | 85.00 | 80.00 | 84.00 |
13 | 024032301078 | SHELBY LUCITA SASKIA SANTOSO | 85.00 | 85.00 | 86.00 | 85.00 | 87.00 | 82.00 | 86.00 | 83.00 | 82.00 | 85.00 | 82.00 | 82.00 | 84.00 |
14 | 024032301079 | RADEN MUHAMMAD RIDHO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 85.00 | 0.00 | 82.00 | 0.00 | 0.00 | 80.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 80.00 |
15 | 024032301080 | VELICIA MIRANDA PUTRI | 85.00 | 85.00 | 86.00 | 80.00 | 87.00 | 85.00 | 87.00 | 82.00 | 85.00 | 85.00 | 83.00 | 80.00 | 82.00 |
16 | 024032301084 | INTAN NAMIRA SALSABILA | 85.00 | 86.00 | 85.00 | 83.00 | 86.00 | 82.00 | 85.00 | 82.00 | 80.00 | 85.00 | 82.00 | 85.00 | 83.00 |
17 | 024032301085 | SYIFANA LINGGA PUTRI | 88.00 | 89.00 | 88.00 | 85.00 | 90.00 | 83.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 84.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
18 | 024032301087 | PATTA RAJA ALIMUKTI | 83.00 | 85.00 | 85.00 | 80.00 | 82.00 | 85.00 | 82.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 83.00 | 85.00 |
19 | 024032301089 | TANTY OKTAFIA EFENDI | 89.00 | 87.00 | 88.00 | 89.00 | 89.00 | 85.00 | 87.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 84.00 | 85.00 |
20 | 024032301093 | VARENSHIRA PUTRI SETIAWAN | 86.00 | 85.00 | 87.00 | 85.00 | 87.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 87.00 | 85.00 | 84.00 | 85.00 |
21 | 024032301094 | FAYOLA WINNIE MAJALYN | 83.00 | 85.00 | 85.00 | 83.00 | 84.00 | 80.00 | 88.00 | 79.00 | 80.00 | 82.00 | 80.00 | 83.00 | 80.00 |
22 | 024032301096 | NABILA PUTRI RAHMADINA | 87.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 83.00 | 85.00 |
23 | 024032301098 | ADIS DZULKARNAIN | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 80.00 | 87.00 | 82.00 | 85.00 | 85.00 | 83.00 | 85.00 | 85.00 | 80.00 | 85.00 |
24 | 024032301101 | FITRI NOVIYANTI | 90.00 | 87.00 | 88.00 | 90.00 | 88.00 | 82.00 | 90.00 | 82.00 | 80.00 | 83.00 | 83.00 | 82.00 | 83.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(240114 Drs. NURUDIN)