Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pendidikan Agama
Kode Mata Kuliah : UAG5200
Tim Dosen :
  1. 240114 Drs. NURUDIN
Kelas : 0046
Dosen : 240114 Drs. NURUDIN
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 24 mahasiswa

Program Studi PERPAJAKAN

Fakultas EKONOMI DAN BISNIS

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pendidikan Agama
KODE MATA KULIAH : UAG5200
KELAS : 0046
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 240114 Drs. NURUDIN
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 240114 Drs. NURUDIN
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 240114 Drs. NURUDIN

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PENDIDIKAN AGAMA
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi PERPAJAKAN
Fakultas EKONOMI DAN BISNIS
Kode:
UAG5200
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 240114 Drs. NURUDIN
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1)
S.2 Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2)
S.3 Menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang dan kewirausahaan (S3)
P.1 Mampu memahami konsep teoritis secara umum proses penyusunan dan pemeriksaan laporan keuangan dari informasi keuangan dan non keuangan sebuah entitas serta pemeriksaan laporan keuangan (P1)
P.2 Mampu memahami konsep teoritis secara umum tentang peraturan perpajakan nasional dan internasional (P2)
P.3 Mampu memahami konsep teoritis secara umum ekonomi dan manajemen bisnis (P3)
KU.1 Mampu menyelesaikan pekerjaan dan memecahkan masalah bidang akuntansi dan perpajakan berdasarkan pemikiran logis, inovatif dan beretika dengan menggunakan teknologi informasi terkini, sesuai persyaratan kerja dan standar mutu, menyusun kertas kerja dan mengomunikasikannya serta mampu merespon perubahan masa depan serta tetap memperhatikan kebutuhan sosial dan lingkungan (KU1)
KU.2 Mampu menunjukan kinerja mandiri maupun kelompok dan bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja (KU2)
KK.1 Mampu menghitung, menyusun, menyajikan laporan akuntansi berdasarkan informasi keuangan dan non keuangan manajerial serta memeriksa laporan keuangan sebuah entitas sesuai dengan standar yang berlaku, baik secara manual atau dengan memanfaatkan teknologi informasi (KK1)
KK.2 Mampu menghitung memperhitungkan, menyetor serta melapor pajak untuk wajib pajak orang pribadi dan badan yang sesuai dengan peraturan perpajakan, baik secara manual atau dengan memanfaatkan teknologi informasi.(KK2)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1)
S.2 Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Memiliki Pengetahuan dan PemahamanTentang: Konsep Manusia di Alam Semesta; Tugas Pokok dan Fungsi Manusia dari Allah swt dengan Merujuk Al-Qur’an dan Sunnah Rasul saw.(CPMK1)
S.1 S1.CPMK-2 Mimiliki sikap Religius (Takwa) sebagai Pribadi Muslim dalam seluruh aspek kehidupan.(CPMK5)
S.1 S1.CPMK-3 Memiliki Ketrampilan Umum sebagai seorang Muslim untuk mengamalkan Keimanan (Aqidah), Syari’ah dan Akhlak terpuji.(CPMK2)
S.2 S2.CPMK-4 Memiliki sikap terpuji dalam: Pemeliharaan Kesehatan, Perlindungan HAM dan demokrasi; pemikiran filosofi dan terpuji dalam pengamalan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;(CPMK4)
S.2 S2.CPMK-5 Memiliki ketrampilan khusus untuk Tanggung Jawab seorang muslim pada saat membangun Keluarga Sakinah; Membangun Masyarakat Madani dan Membangun Etos Kerja.(CPMK3)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a)
S1.CPMK-1.2 Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b)
S1.CPMK-1.3 Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c)
S.1 S1.CPMK-2
S1.CPMK-2.1 Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5a)
S1.CPMK-2.2 Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b)
S.1 S1.CPMK-3
S1.CPMK-3.1 Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a)
S1.CPMK-3.2 Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b)
S1.CPMK-3.3 Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c)
S.2 S2.CPMK-4
S2.CPMK-4.1 Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a)
S2.CPMK-4.2 Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b)
S2.CPMK-4.3 Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c)
S.2 S2.CPMK-5
S2.CPMK-5.1 Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a)
S2.CPMK-5.2 Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b)
S2.CPMK-5.3 Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c)

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI PERPAJAKAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UAG5200

Program Studi : PERPAJAKAN Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UAG5200     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Dosen :
  1. 240114 Drs. NURUDIN
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a)
- Manusia dan Alam Semesta; - Penyebutan Manusia dalam Al-Qur’an; - Kejadian Manusia Jasmani dan Rohaninya; - Tugas Pokok Manusia di Alam Semesta; - Manusia dan Agama (Kebutuhan akan Agama)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 1) - 6.00 %
2
  1. Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b)
- Manusia dan Alam Semesta; - Penyebutan Manusia dalam Al-Qur’an; - Kejadian Manusia Jasmani dan Rohaninya; - Tugas Pokok Manusia di Alam Semesta; - Manusia dan Agama (Kebutuhan akan Agama)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 2) - 6.00 %
3
  1. Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c)
a. Arti dan definisi kata Ad-Din dan kata Islam; b. Pola/Kerangka Dasar Ajaran Islam; c. Manusia mentaati Norma Sunnatullah; d. Manusia mentaati Norma Dinullah
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 3) - 6.00 %
4
  1. Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a)
a.Dalil tentang Sumber Ajaran Islam; b.Sumber Al-Qur’an; c.Sumber As-Sunnah; d.Sumber Ijma; e.Sumber Ijtihad
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadits • Meringkas secara lisan (random) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 4) - 4.50 %
5
  1. Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b)
a.Arti dan Definisi Akidah; b.Unsur-unsur Akidah merujjuk QS 2:3-13, 132-133, 136; QS 2:255-257 dan 260; QS 4: 157-158 c.Norma-Norma Akidah; Perintah – Larangan (Kajian Kasus perilaku dan sikap) dalam “stimulus- respon” kehidupan; d.Contoh-contoh Pengamalan Akidah dalam Muqarrabah untuk menghasilkan “Muraqqabah”. e.Kajian esensi akidah dalam Pengamalan Ibadah dan Muamalah.
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 6) - 3.00 %
  • Quiz 1 - 5.00 %
6
  1. Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c)
a.Arti dan Definisi Syari’ah; b.Ruang-lingkup Syari’ah; c.Tujuan Syari’ah; d.Dalil-dalil Syari’ah; e.Contoh Pengamalan Syari’ah dalam Hablun Minallah dan Dalilnya; f. Contoh Pengamalan Syari’ah dalam Hablun Minannas dan Dalilnya; g.Contoh Pengamalan Syari’ah dalam Kasus Aktua / Kontemporer.
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester (Soal 5) - 4.50 %
7
  1. Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a)
a. Arti dan Definisi Akhlak & Tasawuf; b. Ruanglingkup Norma Akhlak & dalil- dalilnya c. Tujuan dan fungsi Pengamalan Akhlakul Karimah; d. Aplikasi Akhlakul- Karimah dalam Hablun Minallah; e. Aplikasi Akhlakul- Kariman dalam Hablun Minannas;
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 1) - 3.00 %
8
  1. Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b)
a. Arti dan Definisi: Sakinah, Mawaddah wa Rahmah; b. Membangun Kelu- arga Sakinah: 1) Pranikah: Syarat, meminang dan merencanakan Nikah merujuk QS 2: 221; QS 2: 235 2) Rukun Nikah dan Hikmah Nikah merujuk QS 24: 30-33; QS 3: 14; QS 4: 3; QS 30: 21 c. Mendidik Keluarga Islami, merujuk QS 31:14-19 dan QS 66: 6 d. Mentaati Hukum Rumah Tangga merujuk QS 2; 222- 237;
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 2) - 4.50 %
9
  1. Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c)
a. Tinjauan Al-Qur’an tentang Negeri Saba; b. Pengertian Negara dan Masyarakat Madani; c. Kontribusi Menurut Kemampuan / profesi untuk membangun Masyarakat Madani d. Kedaulatan Negara menurut Tinjauan Islam; e. Pluralisme menurut Islam
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Tugas - 20.00 %
  • Ujian Akhir Semester (Soal 3) - 4.50 %
10
  1. Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a)
a. Pengertian Etos Kerja; b. Tinjauan AlQur’an/ Hadis tentang Etos Kerja; c. Latar belakang Motivasi terbentuk- nya Etos Kerja menurut Toto Tasmara; d. Kajian Kasus Aplikasi Etos Kerja yang berhasil Merefleksikan “kekhalifahan” di muka bumi (kajian kasus) e. Kriteria Etos Kerja Merujuk QS2: 30, QS 13: 11; QS 28:77, QS 17: 84
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 4) - 3.00 %
11
  1. Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b)
a. Pengertian Sehat menurut Islam; b. Aplikasi Memelihara Kesehatan Menurut Kaidah Islam, tinjauan: Al-Qur’an, Hadits, Ijma dan Ijtihad c. Aplkasi Memelihara Kelestarian Lingkungan menurut Kaidah Islam, tinjauan: Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Quiz 2 - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester (Soal 5) - 3.00 %
12
  1. Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c)
a. Dasar Aqidah dan Syari’ah untuk aplikasi HAM dan Demokrasi b. Pesan Ajaran Islam untuk Sikap Perduli Melindungi HAM c. Pesan Ajaran Islam untuk Sikap Perduli Memelihara demokrasi d. Batasan Toleransi Umat beragama e. Hukum Pemeliha- raan Keutuhan Keluarga Islam terkait pluralisme keyakinan f. Ajaran Islam terha- dap Perbedaan Suku Bangsa dan budaya
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester (Soal 6) - 6.00 %
13
  1. Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b)
a. Ajaran Islam dalam tinjauan Qur’an dan Sunnah (Hadits) untuk menunjukkan Sikap Bijaksana (Berpikir Filosofis); b. Aplikasi Sikap Filosofis dalam narasi/ungkapan dan tindakan c. Aplikasi Sikap Sinergis Pengguna- an IPTEK dalam Bekerja yang Profesional pada Domain: 1) Hablun Minallah 2) Hablun Minannas
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • KONDITE SIKAP - 10.00 %
  • Ujian Akhir Semester (Soal 7) - 6.00 %
14
  1. Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b)
a. Memahami Tolok Ukur Ketakwaan secara Kualitas dan Kuantitas; b. Maksimalitas Sikap Pribadi Muslim c. Aplikasi Sikap Pribadi Muslim dalam : 1) Hablun Minallah, 2) Hablun Minannas 3) Mensyukuri manfaat Alam Semesta
100.00 • Membaca Buku Wajib; Sumber Pustaka lainnya • Mencek dalil Qur’an/Hadis • Memberi Kesimpulan Diskusi • Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI PERPAJAKAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pendidikan Agama 240114 Drs. NURUDIN ; Monday 13:30:00-15:10:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP

Ketua
240114 Drs. NURUDIN ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%)
Minggu ke-13 Assessment: KONDITE SIKAP (10.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.3 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (5.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.3 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.1 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.3 Minggu ke-9 Assessment: Tugas (20.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 6.00%
6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 6.00%
6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 6.00%
6%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 4.50%
4.5%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 3.00%
3%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.3 4.50%
4.5%
TOTAL 30%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 3.00%
3%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 3.00%
3%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.3 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.1 0%
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.2 4.50%
4.5%
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.3 4.50%
4.5%
TOTAL 27%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.3 20.00%
20%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M3 M13 M4 M5 M6 M10 M11 M12 M7 M8 M9
Komponen UTS UTS UTS UAS KS UTS Q1 UTS UTS UAS UAS Q2 UAS UAS UAS TG UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 6.00% 6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 6.00% 6%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 6.00% 6%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 6.00%10.00% 16%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 4.50% 4.5%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 5.00%3.00% 8%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.3 4.50% 4.5%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 3.00% 3%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 3.00%5.00% 8%
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.3 6.00% 6%
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.1 3.00% 3%
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.2 4.50% 4.5%
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.3 20.00%4.50% 24.5%
TOTAL 6 6 6 6 10 4.5 5 3 4.5 3 3 5 6 3 4.5 20 4.5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 UTS
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 UAS KS
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 UTS
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 Q1 UTS
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.3 UTS
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1 UAS
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2 UAS Q2
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.3 UAS
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.1 UAS
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.2 UAS
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.3 TG UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a)
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS
Performance Indicator: Problem No.1 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b)
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS
Performance Indicator: Problem No.1 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UTS
Performance Indicator: Problem No.2 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c)
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS
Performance Indicator: Problem No.1 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UTS
Performance Indicator: Problem No.2 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS
Performance Indicator: Problem No.3 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a)
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b)
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.6 UTS
Performance Indicator: Problem No.6 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.3Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c)
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS
Performance Indicator: Problem No.4 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.6 UTS
Performance Indicator: Problem No.6 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UTS
Performance Indicator: Problem No.5 UTS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.1Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.2Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-4 S2.CPMK-4.3Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS
Performance Indicator: Problem No.6 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.1Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS
Performance Indicator: Problem No.6 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS
Performance Indicator: Problem No.1 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.2Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS
Performance Indicator: Problem No.6 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS
Performance Indicator: Problem No.1 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS
Performance Indicator: Problem No.2 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-5 S2.CPMK-5.3Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c)
Indikator Kinerja: Soal No.7 UAS
Performance Indicator: Problem No.7 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS
Performance Indicator: Problem No.4 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS
Performance Indicator: Problem No.5 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.6 UAS
Performance Indicator: Problem No.6 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS
Performance Indicator: Problem No.1 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS
Performance Indicator: Problem No.2 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Soal No.3 UAS
Performance Indicator: Problem No.3 UAS
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 22 91.67
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a)
22 0 0 2 91.67
S1.CPMK-1.2
Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b)
22 0 0 2 91.67
S1.CPMK-1.3
Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c)
22 0 0 2 91.67
S1.CPMK-2.2
Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b)
23 0 0 1 95.83
S1.CPMK-3.1
Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a)
22 0 0 2 91.67
S1.CPMK-3.2
Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b)
23 0 0 1 95.83
S1.CPMK-3.3
Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c)
22 0 0 2 91.67
S2.CPMK-4.1
Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a)
21 1 0 2 91.67
S2.CPMK-4.2
Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b)
23 0 0 1 95.83
S2.CPMK-4.3
Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c)
22 0 0 2 91.67
S2.CPMK-5.1
Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a)
22 0 0 2 91.67
S2.CPMK-5.2
Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b)
22 0 0 2 91.67
S2.CPMK-5.3
Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c)
23 0 0 1 95.83
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Menjelaskan Konsep Manusia di Alam Semesta.(SubCPMK1a)
UTS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Mampu memahami dan menerapkan Pola Ajaran Islam untuk Tugas Pokok dan Fungsi manusia dari Allah SWT.(SubCPMK1b)
UTS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Mampu memahami dan menerapkan Pedoman (Sumber Ajaran Islam) untuk Menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi.(SubCPMK1c)
UTS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Menunjukkan Sikap Pribadi Muslim dalam Berbagai aspek Kehidupan / Bertakwa.(SubCPMK5b)
KS23
(100.00 %)
000100
(434.78 %)
Dapat Mengamalkan Keimanan /Aqidah.(SubCPMK2a)
UTS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Dapat Mentaati Norma-Norma Syari’ah dalam Ibadah di Lingkup Hablun Minallah dan Hablun minannas.(SubCPMK2b)
Q123
(100.00 %)
000100
(434.78 %)
Dapat Mentaati Norma Estetika sikap dan Perilaku / Akhlakul Karimah.(SubCPMK2c)
UTS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Menunjukkan Tanggung Jawab secara Islami dalam Pemeliharaan Kesehatan.(SubCPMK4a)
UAS21
(95.45 %)
1
(4.55 %)
00100
(454.55 %)
Menunjukkan Keperdulian secara Islami terhadap Perlindungan HAM dan Demokrasi.(SubCPMK4b)
Q223
(100.00 %)
000100
(434.78 %)
Menunjukkan Sikap Bijaksana (berpikir filosofis) dalam Islam yang sinergis dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(SubCPMK4c)
UAS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Mampu Membangun Keluarga Sakinah, Mawaddah wa Rohmah.(SubCPMK3a)
UAS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Mampu Memberi Kontribusi Membangun Masyarakat Madani.(SubCPMK3b)
UAS22
(100.00 %)
000100
(454.55 %)
Mampu Menjalankan Profesi dalam Etos Kerja Islam untuk kesejahteraan.(SubCPMK3c)
TG23
(100.00 %)
000100
(434.78 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-5.3 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-5.3 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 70.00
S1.CPMK-1.2
Std Mark: 70.00
S1.CPMK-1.3
Std Mark: 70.00
S1.CPMK-2.2
Std Mark: 70.00
S1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
S2.CPMK-4.1
Std Mark: 70.00
S2.CPMK-4.2
Std Mark: 70.00
S2.CPMK-4.3
Std Mark: 70.00
S2.CPMK-5.1
Std Mark: 70.00
S2.CPMK-5.2
Std Mark: 70.00
S2.CPMK-5.3
Std Mark: 70.00
1 024032305001 FIRA ADDIA SUWARDI 90.0088.0089.0090.0087.0090.0088.0085.0085.0088.0090.0085.0088.00
2 024032301064 NURALIFAH OCTAFIANI 90.0090.0088.0090.0085.0090.0087.0085.0088.0085.0090.0085.0087.00
3 024032301065 MUHAMMAD ANDIFA DWIMAS BAARI 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
4 024032301066 AHMAD RAFI AZHAR 80.0085.0085.0080.0083.0080.0083.0084.0085.0085.0080.0080.0082.00
5 024032301067 NADYA FATHINAH ZHAFIRAH 88.0085.0085.0082.0087.0084.0087.0082.0085.0085.0082.0085.0085.00
6 024032301068 FASYANDA DWI PUTRI 85.0086.0085.0087.0083.0090.0088.0084.0085.0085.0085.0085.0085.00
7 024032301069 RISZA AZZAHRA 82.0080.0082.0082.0083.0080.0085.0080.0082.0082.0080.0083.0083.00
8 024032301070 DINAR ESA PUTRA 85.0083.0082.0082.0083.0085.0085.0083.0080.0083.0082.0083.0083.00
9 024032301072 Dean Maulidi Yani 90.0084.0085.0090.0083.0088.0085.0086.0085.0088.0089.0085.0085.00
10 024032301074 VIDHITA NARENDRA REINAYU 85.0083.0084.0083.0084.0083.0085.0083.0085.0083.0085.0085.0085.00
11 024032301075 MAULANA AL HUSNEF 88.0087.0088.0083.0088.0082.0089.0085.0084.0083.0083.0084.0085.00
12 024032301076 ANGGI ZENITHA PUTRI 89.0088.0089.0085.0088.0082.0089.0082.0082.0083.0085.0080.0084.00
13 024032301078 SHELBY LUCITA SASKIA SANTOSO 85.0085.0086.0085.0087.0082.0086.0083.0082.0085.0082.0082.0084.00
14 024032301079 RADEN MUHAMMAD RIDHO 0.000.000.0085.000.0082.000.000.0080.000.000.000.0080.00
15 024032301080 VELICIA MIRANDA PUTRI 85.0085.0086.0080.0087.0085.0087.0082.0085.0085.0083.0080.0082.00
16 024032301084 INTAN NAMIRA SALSABILA 85.0086.0085.0083.0086.0082.0085.0082.0080.0085.0082.0085.0083.00
17 024032301085 SYIFANA LINGGA PUTRI 88.0089.0088.0085.0090.0083.0090.0085.0085.0084.0085.0085.0085.00
18 024032301087 PATTA RAJA ALIMUKTI 83.0085.0085.0080.0082.0085.0082.0085.0085.0085.0085.0083.0085.00
19 024032301089 TANTY OKTAFIA EFENDI 89.0087.0088.0089.0089.0085.0087.0085.0085.0085.0085.0084.0085.00
20 024032301093 VARENSHIRA PUTRI SETIAWAN 86.0085.0087.0085.0087.0085.0090.0085.0085.0087.0085.0084.0085.00
21 024032301094 FAYOLA WINNIE MAJALYN 83.0085.0085.0083.0084.0080.0088.0079.0080.0082.0080.0083.0080.00
22 024032301096 NABILA PUTRI RAHMADINA 87.0085.0085.0085.0085.0085.0085.0085.0085.0085.0085.0083.0085.00
23 024032301098 ADIS DZULKARNAIN 85.0085.0085.0080.0087.0082.0085.0085.0083.0085.0085.0080.0085.00
24 024032301101 FITRI NOVIYANTI 90.0087.0088.0090.0088.0082.0090.0082.0080.0083.0083.0082.0083.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(240114 Drs. NURUDIN)