PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Ekskursi Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) |
Kode Mata Kuliah | : | MFU6102 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 05 |
Dosen | : | 3552 Ridha Husla, S.T., M.T. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 10 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Ekskursi Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) |
KODE MATA KULIAH | : MFU6102 |
KELAS | : TP-E |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3552 Ridha Husla, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3552 Ridha Husla, S.T., M.T. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH EKSKURSI TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI (PTKE) Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
||
Kode: MFU6102 |
Bobot (sks): 1.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3552 Ridha Husla, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional. |
S.2 | Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian. |
P.1 | Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi. |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi |
KU.2 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan. |
KK.1 | Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. |
KK.2 | Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan. |
KK.3 | Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi. |
KK.4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.2 | Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian. |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 | Mahasiswa menerapkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | Mahasiswa menerapkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||
---|---|---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 |
|
||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MFU6102 |
Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MFU6102 SKS : 1.00 | ||||||
Mata Kuliah : Ekskursi Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Visi misi Fakultas dan Prodi, pembagian kelompok |
|
50.00 | Mahasiswa mendapat info mengenai visi misi fakultas dan prodi, serta mendapatkan kelompok untuk satu semester kedepan. | ||
2 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
3 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
4 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
5 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
6 |
|
Kunjungan ke museum Graha Widya Patra (Gawitra) Taman Mini Indonesi Indah |
|
50.00 | Melihat alat peraga tentang ilmu perminyakan yang terdapat dalam museum Gawitra | ||
7 |
|
Presentasi hasil kunjungan |
|
50.00 | Mahasiswa mempresentasikan apa yang mereka pelajari dari hasil kunjungan sebelumnya, dan dikaitkan dengan materi-materi PTKE. |
|
|
8 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
9 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
10 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
11 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
12 |
|
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi. | ||
13 |
|
Kunjungan ke Museum Geologi dan Citatah Stone Garden |
|
50.00 | Mahasiswa mempelajari materi yang berada Museum Geologi dan melihat langsung kondisi lapangan di Stone Garden Citatah |
|
|
14 |
|
Mengumpulkan karya tulis dan video hasil kunjungan Museum Geologi dan Stone Garden Citatah |
|
50.00 | Mahasiswa mengumpulkan karya tulis dan video (berupa vlog), hasil kunjungan dari Museum Geologi dan Stone Garden Citatah |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Ekskursi Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) | 3552 Ridha Husla, S.T., M.T. | ; Wednesday 15:00:00-15:50:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. Ketua |
3552 Ridha Husla, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (25.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (50.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (25.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 25.00% | 25% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 25.00% | 25% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 50.00% | 50% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||
M7 | M13 | M14 | ||||
Komponen | UTS | TG | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | Bobot |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 25.00% | 50.00% | 25.00% | 100% |
TOTAL | 25 | 50 | 25 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | UTS TG UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ujian Akhir Semester Performance Indicator: Final Exam |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ujian Akhir Semester Performance Indicator: Final Exam |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 10 | 100.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S2.CPMK-1.1 Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi |
10 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi | |||||
TG | 10 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (1,000.00 %) |
UAS | 0 | 10 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (1,000.00 %) |
UTS | 10 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (1,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian |
S2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 071002300042 | ANNISA PUTRI MAHARANI | 80.00 |
2 | 071002300043 | ARIK RIFKI HENDRAWAN HARAHAP | 80.00 |
3 | 071002300044 | FAJRIL AKBAR | 80.00 |
4 | 071002300045 | VALENTINO KEENAN SAERANG | 80.00 |
5 | 071002300046 | EZEKEL SYAHDEWA NABIL GUTAWAN | 80.00 |
6 | 071002300047 | MUHAMMAD TOFANO BAGUS HARYANTO | 80.00 |
7 | 071002300048 | SATRIO PRASETYA | 80.00 |
8 | 071002300049 | SECSIO KENSA BACHRUDDIN | 80.00 |
9 | 071002300050 | ALFI FARID SONDA PRATAMA | 80.00 |
10 | 071002300051 | ANDRE RENALDY BUDI SETIAWAN | 80.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3552 Ridha Husla, S.T., M.T.)