Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemodelan Proses Bisnis
Kode Mata Kuliah : ISL6308
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Kelas : 02
Dosen : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 36 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemodelan Proses Bisnis
KODE MATA KULIAH : ISL6308
KELAS : SI-02
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMODELAN PROSES BISNIS
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISL6308
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mampu mengidentifikasi berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(CPMK 1)
P.1 P1.CPMK-2 Mampu menggunakan sebuah tool BPM untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai model proses bisnis.(CPMK 4)
P.1 P1.CPMK-3 Mampu menginvestigasi berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(CPMK 3)
P.1 P1.CPMK-4 Mampu mengevaluasi berbagai teknik dan tool yang mendukung perencanaan, perancangan, analisis, pengoperasian, dan pengawasan untuk berbagai proses bisnis.(CPMK 5)
P.1 P1.CPMK-5 Mampu mengidentifikasi dan memvalidasi sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(CPMK 2)
KK.2 KK2.CPMK-6 Mampu merancang basis data berdasarkan hasil analisa kebutuhan pengembangan sistem untuk suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi.(CPMK 6)
KK.6 KK6.CPMK-7 Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(CPMK 7)
KK.6 KK6.CPMK-8 Mampu memilih teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(CPMK 8)
KK.6 KK6.CPMK-9 Mampu mendesain sebuah Arsitektur Proses.(CPMK 9)
KK.9 KK9.CPMK-10 Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim.(CPMK 12)
KK.9 KK9.CPMK-11 Mampu menggunakan berbagai metode untuk peningkatan dan mengimplementasikan proses TO_BE dengan mengeliminasi bottleneck, memperbaiki, dan menginovasi proses AS-IS.(CPMK 11)
KK.9 KK9.CPMK-12 Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(CPMK 10)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mampu menjelaskan berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(Sub-CPMK 1.1)
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mampu menggunakan sebuah tool BPM untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai model proses bisnis.(Sub-CPMK 4.1)
P.1 P1.CPMK-3
P1.CPMK-3.1 Mampu menjelaskan berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(Sub-CPMK 3.1)
P.1 P1.CPMK-4
P1.CPMK-4.1 Mampu mengevaluasi berbagai teknik dan tool yang mendukung perencanaan, perancangan, analisis, pengoperasian, dan pengawasan untuk berbagai proses bisnis.(Sub-CPMK 5.1)
P.1 P1.CPMK-5
P1.CPMK-5.1 Mampu menjelaskan sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.1)
P1.CPMK-5.2 Mampu memvalidasi sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.2)
KK.2 KK2.CPMK-6
KK2.CPMK-6.1 Mampu membuat rancangan basis data secara sederhana berdasarkan hasil analisa kebutuhan pengembangan sistem untuk suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi.(Sub-CPMK 6.1)
KK.6 KK6.CPMK-7
KK6.CPMK-7.1 Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
KK.6 KK6.CPMK-8
KK6.CPMK-8.1 Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
KK6.CPMK-8.2 Mampu memilih teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.2)
KK.6 KK6.CPMK-9
KK6.CPMK-9.1 Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
KK6.CPMK-9.2 Mampu mendesain sebuah Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.2)
KK.9 KK9.CPMK-10
KK9.CPMK-10.1 Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok.(Sub-CPMK 12.1)
KK.9 KK9.CPMK-11
KK9.CPMK-11.1 Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
KK9.CPMK-11.2 Mampu menggunakan berbagai metode untuk peningkatan dan mengimplementasikan proses TO_BE dengan mengeliminasi bottleneck, memperbaiki, dan menginovasi proses AS-IS.(Sub-CPMK 11.2)
KK.9 KK9.CPMK-12
KK9.CPMK-12.1 Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(Sub-CPMK 10.1)
KK9.CPMK-12.2 Mampu menjelaskan konsep proses bisnis AS-IS dan teknik yang dapat digunakan.(Sub-CPMK 10.2)

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISL6308

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISL6308     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pemodelan Proses Bisnis Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu menjelaskan berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(Sub-CPMK 1.1)
Pengantar Manajemen Proses Bisnis
- Motivasi dan Definisi Proses Bisnis
- Karakteristik Proses Bisnis
- Siklus Hidup Proses Bisnis
- Klasifikasi Proses Bisnis
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • John Ward dan Joe Peppard(2022) (Halaman : 83-84, 95-99, 186, 237-275)
  • Mathias Weske(2007) (Halaman : 3-24 (Chapter 1))
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
2
  1. Mampu menjelaskan sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.1)
  2. Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
  3. Mampu menjelaskan konsep proses bisnis AS-IS dan teknik yang dapat digunakan.(Sub-CPMK 10.2)
  4. Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(Sub-CPMK 10.1)
Metodologi Proses Bisnis
- Pengantar
- Strategi dan Organisasi
- Survei
- Perancangan
- Pemilihan Platform
- Implementasi dan Pengujian
- Deployment
- Operasional dan Kontrol
- Summary
- Perubahan Proses Bisnis Akibat Strategi Organisasi (BPA, BPI, BPR)
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Allan Dennis, Barbara Haley Wixom, dan David Tegarden(2005) (Halaman : 130-136 (Chapter 5))
  • Mathias Weske(2007) (Halaman : 345-356 (Chapter 8))
  • Ujian Tengah Semester - 6.25 %
3
  1. Mampu menjelaskan berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(Sub-CPMK 1.1)
  2. Mampu menjelaskan berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(Sub-CPMK 3.1)
  3. Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
Business Process Management (BPM)
- Latar Belakang BPM
- Kinerja Bisnis BPM
- BPM
- 6 Elemen Utama BPM
- Kelebihan BPM
- KPI Dalam BPM
- Optimasi Kinerja Dengan BPM
- Siklus Peningkatan Kinerja Bisnis Secara Kontinu
- Faktor Peningkatan Kinerja Proses Bisnis
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Bruce Silver Associates(2006) (Halaman : 1-4)
  • ECAR(2005) (Halaman : 85 (Chapter 7))
  • Ivanka Menken(2009) (Halaman : 17-55)
  • Ujian Tengah Semester - 3.75 %
4
  1. Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
  2. Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
  3. Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
Dasar-dasar Business Process Modelling
- Model Konseptual dan Terminologi
- Konsep Abstraksi
- Dari Fungsi Bisnis Ke Proses Bisnis
- Activity Model dan Activity Instance
- Process Model dan Process Instance
- Interaksi Proses
- Pemodelan Data Proses
- Pemodelan Organisasi
- Pemodelan Operasional
- Fleksibelitas Proses Bisnis
- Arsitektur Lingkungan Eksekusi Proses
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • J. Vom Brocke dan M. Rosemann(2010) (Halaman : 461-496)
  • Mathias Weske(2007) (Halaman : 305-341 (Chapter 7))
  • Ujian Tengah Semester - 3.75 %
5
  1. Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
  2. Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
Arsitektur BPM dan Six Sigma Quality Programs
- Arsitektur Manajemen Workflow
- Manajemen Worflow Yang Fleksibel
- Web Service dan Komposisinya
- Komposisi Layanan Selanjutnya
- Data-Driven Process
- BPM dan SOA
- Definisi Six Sigma
- The Six Sigma Cost and Revenue Rationale
- Six Sigma in Product and Process Design
- Six Sigma Framework
- Key Reasons For The Success of Six Sigma
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz melalui LMS.
  • J. Vom Brocke dan M. Rosemann(2010) (Halaman : 461-496)
  • Mathias Weske(2007) (Halaman : 305-341 (Chapter 7))
  • Manuel Laguna dan Johan Marklund(2019) (Halaman : 42-52)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
6
  1. Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
  2. Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
Basic Tools For Process Design
- Process Flow Analysis
- Workflow Design Principles and Tools
- Additional Diagramming Tools
- Diagram Proses Bisnis Saat Ini (As-Is)
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Manuel Laguna dan Johan Marklund(2019) (Halaman : 111-141)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
7
  1. Mampu menjelaskan berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(Sub-CPMK 3.1)
  2. Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
  3. Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
Managing Process Flow
- Business Processes and Flows
- Cycle Time and Capacity Analysis
- Managing Cycle Time and Capacity
- Diagram Proses Bisnis Mendatang (To-Be)
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Manuel Laguna dan Johan Marklund(2019) (Halaman : 151-171)
  • Ujian Tengah Semester - 3.75 %
8
  1. Mampu mendesain sebuah Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.2)
  2. Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
  3. Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
BPMN (Business Process Model and Notation)
- Pengantar
- Swimlanes
- Jenis Proses Dalam BPMN
- Ragam Notasi BPMN
- Penggunaan Pada Operasi Lain
- Business Use Case Diagram
- Contoh Business Use Case Diagram
- Workflow Diagram
- Contoh Workflow Diagram
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Howard Podeswa(2010) (Halaman : 46-48)
  • Ivanka Menken(2009) (Halaman : 185-189)
  • J. Garcia Molina, M. José Ortín, Begoña Moros, Joaquín Nicolás, dan Ambrosio Toval(2000) (Halaman : 1-12)
  • J. Vom Brocke dan M. Rosemann(2010) (Halaman : 213-236)
  • OMG(2011) (Halaman : 16-444)
  • Ujian Akhir Semester - 15.00 %
9
  1. Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Proses Bisnis Enterprise Pada Unit Sales, Marketing, dan Customer Service
- Workflow Diagram Proses Penerbitan Voucher Untuk Customer
- Workflow Diagram Proses Penjualan Barang Secara Direct Sales
- Workflow Diagram Proses Penjualan Barang Pada Store
- Workflow Diagram Proses Registrasi Member / Customer
- Workflow Diagram Proses Penanganan Keluhan Customer
- Workflow Diagram Proses Pengecekan Status Keluhan Customer
- Workflow Diagram Proses Analisa Perilaku Customer
- Workflow Diagram Proses Promosi Ke Customer
- Workflow Diagram Proses Registrasi Member Customer
- Workflow Diagram Proses Penanganan Keluhan Customer
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Michael Levy dan Barton A. Weitz(2009) (Halaman : 306-322 (Chapter 11))
  • Wawan Dhewanto dan Falahah(2007) (Halaman : 58-65 (Bab 3))
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
10
  1. Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Proses Bisnis Enterprise Pada Bagian Accounting dan Finance
- Workflow Diagram Proses Pembuatan Chart of Account (COA)
- Workflow Diagram Proses Pembuatan Anggaran Finansial
- Workflow Diagram Proses Pencatatan Jurnal Keuangan & Buku Besar
- Workflow Diagram Proses Pencetakan Laporan Keuangan
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Wawan Dhewanto dan Falahah(2007) (Bab 4 dan 5)
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
11
  1. Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Proses Bisnis Enterprise Pada Bagian Inventori/Gudang (Bagian 1)
- Workflow Diagram Proses Pencatatan/Registrasi Data Barang
- Workflow Diagram Proses Permintaan Barang - Pemesanan Ke Supplier
- Workflow Diagram Proses Pemesanan Barang / Bahan Baku Ke Supplier
- Workflow Diagram Proses Pencatatan Finansial-Account Payables (AP)
- Workflow Diagram Proses Penerimaan Barang Dari Supplier & Retur Pembelian Barang
- Workflow Diagram Proses Permintaan Barang Antar Gudang dan Store
- Workflow Diagram Proses Permintaan Pengeluaran Barang Direct Sales/Online Sales
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Wawan Dhewanto dan Falahah(2007) (Bab 5 dan 6)
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
12
  1. Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Proses Bisnis Enterprise Pada Bagian Inventori/Gudang (Bagian 2)
- Workflow Diagram Proses Pembuatan Bill of Material (BOM)
- Workflow Diagram Proses Penjadwalan Produksi
- Workflow Diagram Proses Proses Produksi Barang-Assembly
- Workflow Diagram Proses Proses Produksi Barang-Transformasi/Dis-Assembly
- Workflow Diagram Proses Penerimaan Barang Dari Transfer Antar Gudang
- Workflow Diagram Proses Penjualan Barang (Direct Sales dan Store)
- Workflow Diagram Proses Pengeluaran Barang
- Workflow Diagram Proses Pencatatan Finansial-Account Receivables (AR)
- Workflow Diagram Proses Stock Opname
- Workflow Diagram Proses Stock Adjustment
- Workflow Diagram Proses Stock Disposal
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Damanhuri E, Tri Padmi(2016) (Bab 5 dan 6)
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
13
  1. Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Proses Bisnis Enterprise Pada Bagian Personalia (Human Resources) dan Penggajian
- Workflow Diagram Proses Input Data Pegawai
- Workflow Diagram Proses Pencatatan dan Rekapitulasi Absensi Karyawan
- Workflow Diagram Proses Input Komponen Gaji
- Workflow Diagram Proses Pencatatan Hutang-Piutang Pegawai
- Workflow Diagram Proses Perhitungan Gaji Bruto dan Netto
- Workflow Diagram Proses Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh21)
- Workflow Diagram Proses Pencetakan Slip Gaji Pegawai
- Workflow Diagram Proses Pembayaran Penggajian Karyawan
- Workflow Diagram Proses Pencatatan Pembayaran Gaji Ke Keuangan
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 '- Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan pre-test dan post-test secara daring melalui LMS.
  • Wawan Dhewanto dan Falahah(2007) (Bab 7)
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
14
  1. Mampu memvalidasi sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.2)
  2. Mampu menggunakan sebuah tool BPM untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai model proses bisnis.(Sub-CPMK 4.1)
  3. Mampu mengevaluasi berbagai teknik dan tool yang mendukung perencanaan, perancangan, analisis, pengoperasian, dan pengawasan untuk berbagai proses bisnis.(Sub-CPMK 5.1)
  4. Mampu membuat rancangan basis data secara sederhana berdasarkan hasil analisa kebutuhan pengembangan sistem untuk suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi.(Sub-CPMK 6.1)
  5. Mampu memilih teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.2)
  6. Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(Sub-CPMK 10.1)
  7. Mampu menggunakan berbagai metode untuk peningkatan dan mengimplementasikan proses TO_BE dengan mengeliminasi bottleneck, memperbaiki, dan menginovasi proses AS-IS.(Sub-CPMK 11.2)
  8. Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok.(Sub-CPMK 12.1)
Pengumpulan dan Presntasi Tugas
- Pengumpulan Tugas
- Presentasi Tugas
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS.
- Mempresentasikan Tugas.
  • Tugas - 50.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemodelan Proses Bisnis 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ; Friday 13:10:00-15:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (8.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-10 KK9.CPMK-10.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.25%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 2.50%
1.25%
3.75%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 1.25%
1.25%
2.5%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 1.25%
1.25%
KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1 1.25%
1.25%
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.1 1.25%
1.25%
1.25%
3.75%
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1 1.25%
1.25%
1.25%
1.25%
5%
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1 1.25%
1.25%
1.25%
3.75%
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.1 2.50%
2.5%
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.2 1.25%
1.25%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1 2.00%
2.00%
2.00%
2.00%
2.00%
10%
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1 2.00%
2%
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.2 10.00%
10%
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1 3.00%
3%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 10.00%
10%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 8.00%
8%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 4.00%
4%
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 4.00%
4%
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.2 4.00%
4%
KK.9 KK9.CPMK-10 KK9.CPMK-10.1 5.00%
5%
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.2 10.00%
10%
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.1 5.00%
5%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M3 M1 M14 M7 M2 M4 M9 M10 M11 M12 M13 M6 M5 M8
Komponen UTS UTS TG UTS UTS UTS UAS UAS UAS UAS UAS UTS UTS UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.25%2.50% 3.75%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 10.00% 10%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 1.25%1.25% 2.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 8.00% 8%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 1.25% 1.25%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 4.00% 4%
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 4.00% 4%
KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1 1.25%2.00%2.00%2.00%2.00%2.00% 11.25%
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.1 1.25%1.25%1.25% 3.75%
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.2 4.00% 4%
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1 1.25%1.25%1.25%1.25%2.00% 7%
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.2 10.00% 10%
KK.9 KK9.CPMK-10 KK9.CPMK-10.1 5.00% 5%
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1 1.25%1.25%1.25%3.00% 6.75%
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.2 10.00% 10%
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.1 5.00%2.50% 7.5%
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.2 1.25% 1.25%
TOTAL 3.75 2.5 50 3.75 6.25 3.75 2 2 2 2 2 2.5 2.5 15 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 TG
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 UTS UTS
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 TG
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 UTS
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 TG
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 TG
KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1 UTS UAS UAS UAS UAS UAS
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.1 UTS UTS UTS
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.2 TG
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1 UTS UTS UTS UTS UAS
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.2 UAS
KK.9 KK9.CPMK-10 KK9.CPMK-10.1 TG
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1 UTS UTS UTS UAS
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.2 TG
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.1 UTS TG
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.2 UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mampu menjelaskan berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(Sub-CPMK 1.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1Mampu menjelaskan berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(Sub-CPMK 3.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1Mampu menjelaskan sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.6 KK6.CPMK-8 KK6.CPMK-8.1Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.1Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(Sub-CPMK 10.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.9 KK9.CPMK-12 KK9.CPMK-12.2Mampu menjelaskan konsep proses bisnis AS-IS dan teknik yang dapat digunakan.(Sub-CPMK 10.2)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.6 KK6.CPMK-7 KK6.CPMK-7.1Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.1Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.6 KK6.CPMK-9 KK6.CPMK-9.2Mampu mendesain sebuah Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.2)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
KK.9 KK9.CPMK-11 KK9.CPMK-11.1Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal Ujian.
Performance Indicator: Correctness in answering question of Examination Test.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar.
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 7 19.44
A- 5 13.89
B+ 12 33.33
B 8 22.22
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mampu menjelaskan berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(Sub-CPMK 1.1)
24 8 0 4 88.89
P1.CPMK-2.1
Mampu menggunakan sebuah tool BPM untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai model proses bisnis.(Sub-CPMK 4.1)
3 29 0 4 88.89
P1.CPMK-3.1
Mampu menjelaskan berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(Sub-CPMK 3.1)
24 8 0 4 88.89
P1.CPMK-4.1
Mampu mengevaluasi berbagai teknik dan tool yang mendukung perencanaan, perancangan, analisis, pengoperasian, dan pengawasan untuk berbagai proses bisnis.(Sub-CPMK 5.1)
3 29 0 4 88.89
P1.CPMK-5.1
Mampu menjelaskan sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.1)
24 8 0 4 88.89
P1.CPMK-5.2
Mampu memvalidasi sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.2)
3 29 0 4 88.89
KK2.CPMK-6.1
Mampu membuat rancangan basis data secara sederhana berdasarkan hasil analisa kebutuhan pengembangan sistem untuk suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi.(Sub-CPMK 6.1)
3 29 0 4 88.89
KK6.CPMK-7.1
Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
11 14 7 4 88.89
KK6.CPMK-8.1
Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
24 8 0 4 88.89
KK6.CPMK-8.2
Mampu memilih teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.2)
3 29 0 4 88.89
KK6.CPMK-9.1
Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
14 15 3 4 88.89
KK6.CPMK-9.2
Mampu mendesain sebuah Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.2)
13 12 7 4 88.89
KK9.CPMK-10.1
Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok.(Sub-CPMK 12.1)
3 29 0 4 88.89
KK9.CPMK-11.1
Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
11 18 3 4 88.89
KK9.CPMK-11.2
Mampu menggunakan berbagai metode untuk peningkatan dan mengimplementasikan proses TO_BE dengan mengeliminasi bottleneck, memperbaiki, dan menginovasi proses AS-IS.(Sub-CPMK 11.2)
3 29 0 4 88.89
KK9.CPMK-12.1
Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(Sub-CPMK 10.1)
4 28 0 4 88.89
KK9.CPMK-12.2
Mampu menjelaskan konsep proses bisnis AS-IS dan teknik yang dapat digunakan.(Sub-CPMK 10.2)
24 8 0 4 88.89
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mampu menjelaskan berbagai aspek dari sustainability, serta sistem dan data yang adaptif.(Sub-CPMK 1.1)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menggunakan sebuah tool BPM untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai model proses bisnis.(Sub-CPMK 4.1)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan berbagai proses, tindakan, dan kinerja yang sustainable untuk mendukung organisasi.(Sub-CPMK 3.1)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu mengevaluasi berbagai teknik dan tool yang mendukung perencanaan, perancangan, analisis, pengoperasian, dan pengawasan untuk berbagai proses bisnis.(Sub-CPMK 5.1)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.1)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu memvalidasi sebuah peluang untuk mengembangkan sebuah model bisnis dijital yang baru.(Sub-CPMK 2.2)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu membuat rancangan basis data secara sederhana berdasarkan hasil analisa kebutuhan pengembangan sistem untuk suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi.(Sub-CPMK 6.1)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan berbagai karakteristik sebuah proses dan persepektif yang berbeda dari sebuah model proses.(Sub-CPMK 7.1)
UAS13
(38.24 %)
12
(35.29 %)
7
(20.59 %)
2
(5.88 %)
94.12
(276.82 %)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan berbagai teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.1)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu memilih teknik pencarian proses yang tepat untuk berbagai skenario bisnis yang berbeda.(Sub-CPMK 8.2)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan berbagai Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.1)
UAS13
(38.24 %)
12
(35.29 %)
7
(20.59 %)
2
(5.88 %)
94.12
(276.82 %)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu mendesain sebuah Arsitektur Proses.(Sub-CPMK 9.2)
UAS13
(38.24 %)
12
(35.29 %)
7
(20.59 %)
2
(5.88 %)
94.12
(276.82 %)
Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok.(Sub-CPMK 12.1)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan berbagai metode untuk peningkatan dan proses TO-BE.(Sub-CPMK 11.1)
UAS13
(38.24 %)
12
(35.29 %)
7
(20.59 %)
2
(5.88 %)
94.12
(276.82 %)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menggunakan berbagai metode untuk peningkatan dan mengimplementasikan proses TO_BE dengan mengeliminasi bottleneck, memperbaiki, dan menginovasi proses AS-IS.(Sub-CPMK 11.2)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menganalisa sebuah proses bisnis AS-IS dengan menggunakan teknik yang sesuai.(Sub-CPMK 10.1)
TG3
(9.38 %)
29
(90.63 %)
00100
(312.50 %)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)
Mampu menjelaskan konsep proses bisnis AS-IS dan teknik yang dapat digunakan.(Sub-CPMK 10.2)
UTS24
(75.00 %)
8
(25.00 %)
00100
(312.50 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-8.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-8.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-8.2 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-8.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-9.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-9.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-9.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-9.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-10.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-10.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-11.1 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-11.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-11.2 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-11.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-12.1 Perpenilaian
Gambar 19. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-12.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-12.2 Perpenilaian
Gambar 20. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-12.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-7.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-8.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-8.2
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-9.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-9.2
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-10.1
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-11.1
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-11.2
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-12.1
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-12.2
Std Mark: 56.00
1 065002100031 MUHAMMAD UMAR ARIF PAAGO 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0071.6785.0075.0080.7170.0075.0078.3375.0078.3385.00
2 065002100039 ARMYTA MECKY 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0062.2280.0075.0074.2960.0075.0071.1175.0076.6780.00
3 065002100041 MUHAMMAD IBNU AL HANIF 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0080.0080.0075.0080.0080.0075.0080.0075.0076.6780.00
4 065002100004 YUDA HADI PRASETYO 85.0080.0085.0080.0085.0080.0080.0085.0085.0080.0085.0085.0080.0085.0080.0081.6785.00
5 065002100025 TRIA NOVETA 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0085.0085.0075.0085.0085.0075.0085.0075.0078.3385.00
6 065002100009 MUHAMMAD HASAN HUSEIN 85.0080.0085.0080.0085.0080.0080.0085.0085.0080.0085.0085.0080.0085.0080.0081.6785.00
7 065002100005 NIA SUHERNAWATI 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
8 065002100001 EKA ALIDYA 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
9 065002100038 AQILHA MAHARSY MAKKAWANG 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0085.0085.0075.0085.0085.0075.0085.0075.0078.3385.00
10 065002100022 MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
11 065002100018 ARHANIF ADRIAN RIYADI 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
12 065002100026 SITI AISAH 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0071.6785.0075.0080.7170.0075.0078.3375.0078.3385.00
13 065002100011 DWI PRASETYO 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0071.6785.0075.0080.7170.0075.0078.3375.0078.3385.00
14 065002100028 DZIKRA MUHAMAD SHAFI 85.0078.0085.0078.0085.0078.0078.0085.0085.0078.0085.0085.0078.0085.0078.0080.3385.00
15 065002100002 NABILAH PUTRI 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0080.5685.0075.0083.5780.0075.0082.7875.0078.3385.00
16 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 75.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0061.6775.0075.0070.7160.0075.0068.3375.0075.0075.00
17 065002100019 JOFI TAUFIQUL HAKIM 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0085.0085.0075.0085.0085.0075.0085.0075.0078.3385.00
18 065002100006 BANON DJINAWI SRI MUTIARI 75.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0070.5675.0075.0073.5770.0075.0072.7875.0075.0075.00
19 065002100017 STEVANI TASYA BAWANO 70.0075.0170.0075.0170.0075.0175.0178.8970.0075.0172.8680.0075.0174.4475.0173.3470.00
20 065002100024 AFIF MAULANA 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
21 065002000023 MUHAMMAD ILYAS IFADHAH 70.0075.0070.0075.0070.0075.0075.0061.1170.0075.0067.1460.0075.0065.5675.0073.3370.00
22 065002100016 FARIZ UBAIDILLAH 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0084.4480.0075.0081.4385.0075.0082.2275.0076.6780.00
23 065002100034 REZA KURNIAWAN 85.0075.0085.0075.0085.0075.0075.0080.5685.0075.0083.5780.0075.0082.7875.0078.3385.00
24 065002100033 SARAH SAKINAH 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
25 065002100014 NYETO LEO T 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0062.2280.0075.0074.2960.0075.0071.1175.0076.6780.00
26 065002100015 SURGERY ADHI NUGROHO 70.0075.0070.0075.0070.0075.0075.0061.1170.0075.0067.1460.0075.0065.5675.0073.3370.00
27 065002100030 NOVAN KRISNA 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
28 065002100032 MUHAMMAD DANIL HIDAYAT 75.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0061.6775.0075.0070.7160.0075.0068.3375.0075.0075.00
29 065002100029 CINDY AURELIA RIZKY 80.0075.0080.0075.0080.0075.0075.0071.1180.0075.0077.1470.0075.0075.5675.0076.6780.00
30 065002100013 NURAFNI REVITA WIBOWO 78.0075.0078.0075.0078.0075.0075.0079.7878.0075.0078.5780.0075.0078.8975.0076.0078.00
31 065002100036 ADRIAN MAULANA YUSUP 85.0080.0085.0080.0085.0080.0080.0085.0085.0080.0085.0085.0080.0085.0080.0081.6785.00
32 065002100020 KEVIN PUTRA TJAHJONO 70.0078.0070.0078.0070.0078.0078.0061.1170.0078.0067.1460.0078.0065.5678.0075.3370.00
33 065002200045 RAHMADANA NURDIANSYAH 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
34 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
35 065002200041 CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. 0.000.000.000.000.000.000.0050.000.000.0050.0050.000.0050.000.000.000.00
36 065002200036 MUHAMMAD SHALAHUDDIN 0.000.000.000.000.000.000.0050.000.000.0050.0050.000.0050.000.000.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)