Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Mobile
Kode Mata Kuliah : IKP6303
Tim Dosen :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Kelas : 01
Dosen : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 4 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Mobile
KODE MATA KULIAH : IKP6303
KELAS : SI-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN MOBILE
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKP6303
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan dan mendiskusikan konsep serta elemen-elemen mobile programming
P.1 P1.CPMK-2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan mengembangkan skrip pemrograman berbasis mobile
P.1 P1.CPMK-3 Mahasiswa mampu merancang, mengidentifikasi dan memperbaiki tampilan aplikasi mobile
P.1 P1.CPMK-4 Mahasiswa mampu membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi penerapan aplikasi mobile
P.1 P1.CPMK-5 Mahasiswa mampu menciptakan, menunjukkan dan mempresentasikan aplikasi mobile
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal mobile programming dalam bentuk essay
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
P1.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
P1.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
P.1 P1.CPMK-3
P1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
P.1 P1.CPMK-4
P1.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
P1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
P.1 P1.CPMK-5
P1.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
P1.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKP6303

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKP6303     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pemrograman Mobile Dosen :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
Konsep dasar & Pengenalan Mobile Programming ; Pengertian mobile programming, sejarah mobile, generasi mobile, arsitektur komunikasi mobile phone, klasifikasi service mobile phone, arsitektur umum mobile phone, bahasa pemrograman mobile (Phyton, C, J2ME, Java Android, Kotlin)
  • Tutorial (80)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memberi dan menerima umpan balik, Mengetahui contoh-contoh skrip pemrograman berbasis mobile
  • J.F. DiMarzio.(2017)
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester (2) - 2.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
Pengenalan Android ; Sejarah&Konsep Android, Versi Android, Fitur-Fitur Android, Arsitektur Android, Tools Android, Android Studio, AVD, AVD Manager, Konfigurasi Hardware AVD, Konfigurasi API Level AVD, Running AVD, IDE Android Studio, Publishing Apps.
  • Tutorial (80)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Menginstall aplikasi Android Studio, Menjalankan AVD
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (2) - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
Komponen Android ; pengenalan Activity, Activity Life Cycle, Activity Event, Default Activity, Default Layout, Unit of Measure, Android Manifest, Pengenalan Fragment, Method Fragment, Pengenalan Intents, Explicit Intents, Implicit Intents, contoh Activity Fragment dan Intent
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat Acitvity, Fragment & Intent
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 1 (2.5) - 2.50 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Android User Interface ; Pengenalan user interface Android, Design & Text View, Linier Layout, Relative Layout, Table Layout, Warna, ViewGroups, Basic View, Picker View, Data Picker, List View.
  • Tutorial (65)
  • Percobaan (25)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat object button, text dan list
  • Praktikum (2) - 2.00 %
  • Quiz 1 (1.5) - 1.50 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (3) - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Android Storage ; Pengenalan Storage pada Android, SharedPreference, Internal Storage
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip internal storage Android
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester (2.5) - 2.50 %
6
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Android Storage (bagian 2) ; External Storage, Traditional File System, Relational Database Management Sytem (SQLite)
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip external storage Android
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester (3.5) - 3.50 %
7
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal mobile programming dalam bentuk essay
Summary pertemuan 1-6: Konsep mobile & User Interface Android dan Quiz I
  • Pemecahan Masalah (100)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman
8
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
Database Android; Pengenalan SQLite database, SQLiteOpenHelper, SQLite Access, DB Browser untuk SQLite, perintah SQL, Tabel SQLite, CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada SQLite.
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Menerapkan perintah CRUD pada Android Studio
  • Praktikum (1.5) - 1.50 %
  • Quiz 2 (2.5) - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester (5) - 5.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
Konsep Location-Based Service(LBS), prosedur LBS, Maps API Key, Zoom control, fungsi MoveCamera(), GoogleMap Class, Geocoding, reverse Geocoding, Location sensor
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep peta pada Android
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 2 (1.5) - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester (3.5) - 3.50 %
10
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
Maps dan Fragments: Setting up for Maps, Passing data, GPS Sensor, Network Sensor, XML MAP Toolbar
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Membuat mekanisme peta navigasi pada Android Studio
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (3.5) - 3.50 %
11
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
Pengenalan sensor dan manager, monitoring battery, akses kompas, akses panggilan telepon, akses kamera, kode-kode Java pengaksesan hardware mobile
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip pengaksesan kamera pada Android
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 2 (2) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
Konsep dan Tahapan publikasi via Playstore, Android Enterprise Distribution, Testing dan Fragmentation
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Mempraktekkan langkah-langkah publikasi aplikasi Android
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal mobile programming dalam bentuk essay
Summary Pertemuan 8-12: UI Android, Storage, SQLite, MAPS dan Quiz II
  • Pemecahan Masalah (100)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman
14
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
Tugas Kelompok: Pembuatan dan Presentasi Aplikasi Mobile
  • Diskusi (10)
  • Presentasi (90)
150.00 Mempresentasikan hasil proyek berkelompok
  • Tugas Kelompok (20) - 20.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Mobile 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. ; Friday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (0.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (0.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (2.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (1.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (1.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz 1 (2.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (1.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (20.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.50%
3.50%
6%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 4.00%
4%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 0%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 0%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 0%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 0%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 3.50%
3.50%
7%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 4.00%
4%
TOTAL 20%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 20.00%
20%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M5 M6 M8 M11 M4 M3 M9 M10 M12 M14
Komponen UTS Q1 PRK-a UTS UAS Q1 PRK-a UTS Q2 Q1 PRK-a Q1 UAS UTS Q2 PRK-a UAS Q2 PRK-a Q2 UAS PRK-a UTS UAS Q2 Q1 PRK-a UTS UAS Q2 Q1 PRK-a PRK-a UAS Q2 UAS Q2 PRK-a UAS Q2 PRK-a TGKEL
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36A37A38A39A40A41A42 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 2.00%1.00%0.50% 3.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 4.00%2.00%1.00%1.00% 8%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.50%1.00%1.00%0.50%1.00%1.00%3.50%1.00%0.50% 12%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 5.00%2.50%1.50% 9%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 2.00%4.00%1.00% 7%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 4.00%3.00%1.00%1.50%2.00% 11.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 4.00%4.00%1.00%2.50%1.00% 12.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 0.50%3.50%1.50%3.50%1.00%0.50% 10.5%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 4.00%1.00%1.00% 6%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 20.00% 20%
TOTAL 2 1 0.5 4 2 1 1 2.5 1 1 0.5 1 1 3.5 1 0.5 5 2.5 1.5 2 4 1 4 3 1 1.5 2 4 4 1 2.5 1 0.5 3.5 1.5 3.5 1 0.5 4 1 1 20 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS Q1 PRK-a
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UTS UAS Q1 PRK-a
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 UTS Q2 Q1 PRK-a Q1 UAS UTS Q2 PRK-a
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 UAS Q2 PRK-a
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 Q2 UAS PRK-a
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 UTS UAS Q2 Q1 PRK-a
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 UTS UAS Q2 Q1 PRK-a
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 PRK-a UAS Q2 UAS Q2 PRK-a
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 UAS Q2 PRK-a
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 TGKEL
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas
Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan penerapan fungsi camera dan Map serta keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Accurate application of camera and map functions as well as activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan penerapan fungsi camera dan Map serta keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Accurate application of camera and map functions as well as activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian langkah-langkah mempublikasi aplikasi Android dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of steps to publish an Android application and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 2 50.00
A- 0 0.00
B+ 1 25.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 1 25.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
2 1 0 1 75.00
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
2 1 0 1 75.00
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
2 1 0 1 75.00
P1.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
1 2 0 1 75.00
P1.CPMK-2.4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
1 2 0 1 75.00
P1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
2 1 0 1 75.00
P1.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
2 1 0 1 75.00
P1.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
1 1 1 1 75.00
P1.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
1 1 1 1 75.00
P1.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
4 0 0 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
UTS2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q13
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
UTS2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q13
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
UTS2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q13
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
UTS2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q13
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
UTS2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q13
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
Q22
(50.00 %)
2
(50.00 %)
00100
(2,500.00 %)
PRK-a3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
UAS1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
TGKEL4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
1 065002100022 MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH 69.4369.0070.7578.5078.2972.7072.2477.1077.1788.00
2 065002100031 MUHAMMAD UMAR ARIF PAAGO 96.4386.2591.3369.6769.0084.3982.2065.7666.3387.00
3 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 40.2939.0045.1747.8347.4342.9639.3643.7642.8383.00
4 065002100028 DZIKRA MUHAMAD SHAFI 87.5788.1385.5887.0687.0087.6588.2487.9088.8390.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.)