Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Manajemen Data dan Informasi
Kode Mata Kuliah : IKD6312
Tim Dosen :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Kelas : 01
Dosen : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 48 mahasiswa

Program Studi TEKNIK INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Manajemen Data dan Informasi
KODE MATA KULIAH : IKD6312
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
MANAJEMEN DATA DAN INFORMASI
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKD6312
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
P.2 P2.CPMK-2 Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan data untuk menghasilakan informasi dan pengetahuan
P.2 P2.CPMK-3 Mahasiswa memahami prinsip-prinsip rekayasa, teknologi informasi dan logika berpikir komputasi
KK.3 KK3.CPMK-4 Mahasiswa mampu mendesain secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu melakukan operasi pada DBMS pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
S1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
S1.CPMK-1.5 Mahasiswa memanfaatkan data dalam DB agar menjadi informasi yang berguna pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
S1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
S1.CPMK-1.7 Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
P.2 P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami bagaiman menghasilkan informasi dan pengetahuan dari pengelolaan basis data
P.2 P2.CPMK-3
P2.CPMK-3.1 Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
P2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
KK.3 KK3.CPMK-4
KK3.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
KK3.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
KK3.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu mengimplementasikan view logikal tabel untuk memanfaatkan data menjadi informasi dan pengetahuan
KK3.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
KK3.CPMK-4.5 Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
KK3.CPMK-4.6 Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
KK3.CPMK-4.7 Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
KK3.CPMK-4.8 Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
KK3.CPMK-4.9 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKD6312

Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKD6312     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Manajemen Data dan Informasi Dosen :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
- Aturan perkuliahan dan penilaian - Pengenalan konsep basis data dan sistem file
  • Tutorial
150.00 - Mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai aturan perkuliahan dan penilaian. - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pengenalan konsep basis data dan sistem file
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
2
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
Konsep dan Arsitektur DBMS: Pemodelan Data, Arsitektur DBMS, Konsep independensi data
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi mengenai arsitektur DBMS
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017) (Database)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Tugas - 5.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
  2. Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
Perancangan Basis Data: Pemodelan Data menggunakan Entity Relationship Model
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan ER - Mahasiswa melakukan praktikum
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
  2. Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
Studi kasus : Pemodelan data dengan ER model
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 Mahasiswa membuat perancangan dengan ER model
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
Pemodelan data lanjutan (ER Lanjut) Hubungan antar relasi yang berderajat lebih dari dua, Hubungan antar Entitas sebagai kelas dan sub kelas, Hubungan antar Entitas sebagai spesialisasi-generalisasi, Hubungan antar Entitas sebagai kategorisasi
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan data lanjutan
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
  2. Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
Studi kasus : Pemodelan data lanjut
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 Mahasiswa membuat perancangan pemodelan data dengan ER model
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
Relational Model: Konsep Model Relasional
  • Tutorial
150.00 - Mahasiswa mendapatkan materi Model Relasional - Mahasiswa melakukan praktikum
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
  2. Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
Pemetaan Entity Relationship Model menjadi Konsep Model Relasional
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemetaan ER model ke model Relasional
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
  • Praktikum - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
Studi Kasus : pemetaan ER model ke EER model
150.00 Mahasiswa melakukan pemetaan data dari ER model ke EER model
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
  • Tugas - 5.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
  2. Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
SQL: Komponen suatu DBMS, Penggunaan DDL pada DBMS untuk membuat basis data
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
SQL: Penggunaan DML pada DBMS untuk menghasilkan informasi yang diperlukan
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL lanjutan
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Tugas - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
  2. Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
Normalisasi : Tabel Unnormal, Normal 1, Normal 2 dan Normal 3
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang normalisasi
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
Studi Kasus : Normalisasi
150.00 Mahasiswa melakukan normalisasi DBMS pada data yang diberikan
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Tugas - 5.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
Review materi 8-14
150.00 Mahasiswa mereview materi yang sudah diberikan
  • Praktikum - 2.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Manajemen Data dan Informasi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. ; Friday 13:10:00-15:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.6 Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.7 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 Minggu ke-2 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.4 Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.5 Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.6 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.7 Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.8 Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.9 Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 2.50%
2.5%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 2.50%
2.5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.4 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.7 5.00%
5%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 3.00%
3%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.5 3.00%
3%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.6 4.00%
4%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.8 4.00%
4.00%
8%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.9 4.00%
4%
TOTAL 22%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.4 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.5 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.7 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.8 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.9 5.00%
5%
TOTAL 35%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M4 M3 M6 M8 M12 M14 M10 M1 M2 M5 M9 M7 M13 M11
Komponen PRK UTS PRK TG UTS PRK TG UTS PRK UAS PRK UAS PRK PRK UAS UTS TG UTS TG UTS TG UAS UAS TG UAS TG UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 2.00% 2%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 2.00%2.00% 4%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 3.00% 3%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.6 2.00%2.00% 4%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.7 2.00% 2%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 2.50% 2.5%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 5.00%2.50% 7.5%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 5.00%3.00% 8%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 5.00%5.00% 10%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.4 5.00%5.00% 10%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.5 5.00%3.00% 8%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.6 4.00%3.00% 7%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.7 5.00%5.00% 10%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.8 4.00%5.00%4.00% 13%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.9 5.00%4.00% 9%
TOTAL 2 5 2 5 5 2 5 5 3 3 2 4 2 2 4 2.5 5 2.5 5 5 5 3 3 5 4 5 4 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 PRK
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 PRK PRK
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 PRK
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.6 PRK PRK
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.7 PRK
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 UTS
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 TG UTS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 UAS UTS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 TG UTS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.4 TG UTS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.5 TG UAS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.6 UAS UAS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.7 TG UTS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.8 TG UAS UAS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.9 TG UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar
Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar
Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Basis Data
Performance Indicator: Students are able to explain the concept of databases
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.4Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.7Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.5Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.6Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional
Performance Indicator: Students can design Relational model concepts
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.8Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional
Performance Indicator: Students can design Relational model concepts
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data
Performance Indicator: Students can design and implement data normalization
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.9Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional
Performance Indicator: Students can design Relational model concepts
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data
Performance Indicator: Students can design and implement data normalization
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DDL dan DML
Performance Indicator: Students are able to create DDL and DML
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 2 4.17
B+ 8 16.67
B 8 16.67
B- 12 25.00
C+ 6 12.50
C 10 20.83
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
21 2 0 1 95.83
S1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
21 2 0 1 95.83
S1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
21 2 0 1 95.83
S1.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
21 2 0 1 95.83
S1.CPMK-1.7
Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
21 2 0 1 95.83
P2.CPMK-3.1
Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
6 7 6 5 79.17
P2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
1 16 6 1 95.83
KK3.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
0 7 6 11 54.17
KK3.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
1 14 8 1 95.83
KK3.CPMK-4.4
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
1 14 8 1 95.83
KK3.CPMK-4.5
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
0 3 17 4 83.33
KK3.CPMK-4.6
Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
0 0 3 21 12.50
KK3.CPMK-4.7
Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
1 14 8 1 95.83
KK3.CPMK-4.8
Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
0 0 9 15 37.50
KK3.CPMK-4.9
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
0 1 15 8 66.67
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK21
(87.50 %)
2
(8.33 %)
01
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
PRK21
(87.50 %)
2
(8.33 %)
01
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK21
(87.50 %)
2
(8.33 %)
01
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK21
(87.50 %)
2
(8.33 %)
01
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK21
(87.50 %)
2
(8.33 %)
01
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
UTS6
(25.00 %)
7
(29.17 %)
6
(25.00 %)
5
(20.83 %)
79.17
(329.88 %)
Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UTS6
(25.00 %)
7
(29.17 %)
6
(25.00 %)
5
(20.83 %)
79.17
(329.88 %)
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
UAS003
(12.50 %)
21
(87.50 %)
12.5
(52.08 %)
UTS6
(25.00 %)
7
(29.17 %)
6
(25.00 %)
5
(20.83 %)
79.17
(329.88 %)
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UTS6
(25.00 %)
7
(29.17 %)
6
(25.00 %)
5
(20.83 %)
79.17
(329.88 %)
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UTS6
(25.00 %)
7
(29.17 %)
6
(25.00 %)
5
(20.83 %)
79.17
(329.88 %)
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UAS003
(12.50 %)
21
(87.50 %)
12.5
(52.08 %)
Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
UAS003
(12.50 %)
21
(87.50 %)
12.5
(52.08 %)
Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UTS6
(25.00 %)
7
(29.17 %)
6
(25.00 %)
5
(20.83 %)
79.17
(329.88 %)
Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UAS003
(12.50 %)
21
(87.50 %)
12.5
(52.08 %)
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
TG022
(91.67 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
95.83
(399.29 %)
UAS003
(12.50 %)
21
(87.50 %)
12.5
(52.08 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.7 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.5 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.6 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.7 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.8 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.9 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.9 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.6
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.7
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.4
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.5
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.6
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.7
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.8
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.9
Std Mark: 56.00
1 064002200012 CANDY SOEKA WIYONO 90.0090.0090.0090.0090.0045.0063.0046.5058.5058.5063.3849.0058.5057.8561.78
2 064002200009 ADRIAN ALFAJRI 93.0093.0093.0093.0093.0080.0072.0070.2574.0074.0062.7554.0074.0059.3861.78
3 064002200008 CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA 94.0094.0094.0094.0094.0067.0071.0055.0070.0070.0058.7535.0070.0049.6256.11
4 064002200030 VANIA RAHMA DEWI 92.0092.0092.0092.0092.0078.0076.0071.2576.5076.5069.3860.0076.5065.7768.33
5 064002200024 KHARISMA MAULIDA SAARA 94.0094.0094.0094.0094.0077.0077.0069.1377.0077.0069.1356.0077.0064.0867.67
6 064002200015 PUTRI SYABILLAH 92.0092.0092.0092.0092.0092.0082.6777.0085.0085.0068.2552.0085.0062.0066.44
7 064002200003 AUDI AULIA 92.0092.0092.0092.0092.0077.0072.3360.1373.5073.5055.7532.0073.5046.6253.11
8 064002200004 RHENA TABELLA 93.0093.0093.0093.0093.0034.0063.3334.3856.0056.0061.8835.0056.0051.5458.89
9 064002200027 TARUM WIDYASTI PERTIWI 94.0094.0094.0094.0094.0081.0077.0070.8878.0078.0067.1354.0078.0062.0865.67
10 064002200020 AISYAH NUR FADHLIA 94.0094.0094.0094.0094.0082.0077.3371.1378.5078.5066.7553.0078.5061.4665.22
11 064002200033 JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG 91.0091.0091.0091.0091.0068.0071.3356.0070.5070.5059.1336.0070.5050.2356.56
12 064002200010 ANDRI MARTIN 93.0093.0093.0093.0093.0073.0069.6759.5070.5070.5056.3837.0070.5048.9254.22
13 064002200006 ISKY DWI APRILIANTO 94.0094.0094.0094.0094.0077.0071.0069.8872.5072.5064.2558.0072.5061.8563.56
14 064002200007 SONYA RIDESIA HASTARI 95.0095.0095.0095.0095.0080.0074.0065.7575.5075.5060.1342.0075.5053.1558.11
15 064002200036 MUHAMMAD FAHMI 78.0078.0078.0078.0078.0086.0076.6766.5079.0079.0057.7534.0079.0048.6255.11
16 064002200046 ADRIANSYAH MAULANA PUTRA 92.0092.0092.0092.0092.0063.0070.3354.0068.5068.5060.8839.0068.5052.4658.44
17 064002200043 ADRIAN HALIM 82.0082.0082.0082.0082.0058.0066.0049.7564.0064.0057.2536.0064.0049.0854.89
18 064002200005 GELLENT ARDIANSYAH 92.0092.0092.0092.0092.0071.0071.6762.7571.5071.5063.3849.0071.5057.8561.78
19 064002200049 RODRICK KIEDIES 79.0079.0079.0079.0079.0054.0061.3346.1359.5059.5053.0033.0059.5045.3150.78
20 064002200031 ALBIHAN 88.0088.0088.0088.0088.0045.0063.6738.6359.0059.0056.1328.0059.0045.3153.00
21 064002200025 MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH 85.0085.0085.0085.0085.0061.0068.3352.7566.5066.5059.6339.0066.5051.6957.33
22 064002200002 JOSUA WARMAN SIGALINGGING 80.0080.0080.0080.0080.0063.0067.6751.3866.5066.5055.7532.0066.5046.6253.11
23 064002200034 MAULANA HAFIZH ARIPUTRA 84.0084.0084.0084.0084.0056.0068.0049.6365.0065.0060.8839.0065.0052.4658.44
24 064002200022 ARZENDRA AZFA YODHATAMA 0.000.000.000.000.0025.008.3315.6312.5012.500.000.0012.500.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.)