PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) |
Kode Mata Kuliah | : | MFU6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 41 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK PERTAMBANGAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) |
KODE MATA KULIAH | : MFU6201 |
KELAS | : TT-B |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI (PTKE) Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK PERTAMBANGAN Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
||
Kode: MFU6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif) |
P.1 | Menguasai konsep ilmu alam, matematika, dan prinsip- prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan aktivitas dalam bidang pertambangan |
P.2 | Mampu menguasai prinsip dan isu lingkungan, ekonomi, sosial, teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun global. |
KU.1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan nilai-nilai humaniora dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertambangan |
KU.2 | Mampu bekerja secara mandiri, memiliki tanggung jawab profesional serta menerapkan etika profesi dalam rekayasa pertambangan |
KU.3 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat serta mengenali dan menyerap informasi-informasi terbaru di bidang pertambangan |
KU.4 | Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim dan berinteraksi dengan disiplin yang sama maupun multidisiplin |
KU.5 | Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan efektif |
KK.1 | Mampu menerapkan ilmu alam, matematika, dan prinsip- prinsip rekayasa untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang pertambangan |
KK.2 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah di bidang pertambangan dengan menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi |
KK.3 | Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian lapangan dan laboratorium serta melakukan interpretasi berdasarkan data- data yang ada untuk menyelesaikan masalah yang terkait rekayasa pertambangan serta melakukan pelaporan yang diperlukan |
KK.4 | Mampu merancang proses, sistem dan operasi penambangan serta menyelesaikan masalah dalam bidang pertambangan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, kinerja, keberlanjutan serta memperhatikan faktor ekonomi, K3, sosial budaya, dan kelestarian lingkungan |
KK.5 | Mampu menerapkan konsep, prinsip dan teknik pengelolaan lingkungan pasca tambang |
KK.6 | Mampu meemanfaatkan dan menggunakan perangkat berbasis teknologi informasi dan komputasi serta peralatan-peralatan terkini di bidang pertambangan. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.2 | Mampu menguasai prinsip dan isu lingkungan, ekonomi, sosial, teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun global. |
KU.1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan nilai-nilai humaniora dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertambangan |
KU.3 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat serta mengenali dan menyerap informasi-informasi terbaru di bidang pertambangan |
S.1 | Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu memahami konsep Etika pada bidang pertambangan da energi |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menguasai prinsip dan isu pada bidang pertambangan dan energi |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif pada bidang pertambangan dan energi |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menguasai informasi – infromasi terkini pada bidang pertambangan dan energi |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 |
|
||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MFU6201 |
Program Studi : TEKNIK PERTAMBANGAN | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MFU6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Kontrak Perkuliahaan | 100.00 | Mahasiswa maengetahui Rencana Pembelajaran Semester, Visi & Misi dan Sistem Penilian |
|
||
2 |
|
Pendahuluan (Kebumian Alam sekitar, Geologi untuk Perubahan, Energi untuk Pembangunan) - Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi. | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
3 |
|
Pengantar tentang teknik perminyakan (PTP), Teknologi Energi Migas saat ini dan dan masa mendatang | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
4 |
|
Teknologi dan Industri Energi Air | 100.00 | Menyimak perkuliahaan dan diskusi |
|
||
5 |
|
Pengantar dan sejarah kegiatan pertambangan | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
6 |
|
Teknologi Perkembangan Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
7 |
|
Teknologi Industri Energi Panasbumi (Geothermal) | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
8 |
|
Teknologi Industri Energi- Non konvensional fosil | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
9 |
|
Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi, Bencana dan Pengelolaan Lingkungan | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
10 |
|
Karakteristik kegiatan pertambangan | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
11 |
|
Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
12 |
|
Tantangan Global dan Energi masa mendatang | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
13 |
|
Serba serbi Dunia Kerja dan Dunia Industri | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
||
14 |
|
Energi alternatif (Rare earth element, Lithium) | 100.00 | Menyimak Perkuliahaan dan diskusi |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) | 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. | ; Friday 07:00:00-09:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Ketua |
2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas 5 (4.00%) |
LOW | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas 6 (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas 1 (9.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.6 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (8.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | Minggu ke-8 Assessment: Tugas 3 (8.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.2 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.3 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.4 | Minggu ke-10 Assessment: Tugas 4 (8.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.5 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.6 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas 7 (9.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 4.00% | 4% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.6 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.3 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.4 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.5 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.6 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 9.00% | 9% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.4 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.6 | 9.00% | 9% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||
M11 | M13 | M1 | M3 | M7 | M4 | M5 | M8 | M2 | M6 | M9 | M10 | M12 | M14 | |||||||||||
Komponen | TG5 | UAS | TG6 | UAS | Q | UTS | TG1 | UTS | UTS | UTS | TG2 | UAS | TG3 | UTS | UTS | UAS | TG4 | UAS | UAS | UAS | TG7 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 0.00% | 0% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 4.00% | 9.00% | 4.00% | 17% | ||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.6 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 8.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 8.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.3 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.4 | 8.00% | 4.00% | 12% | |||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.5 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.6 | 4.00% | 9.00% | 13% | |||||||||||||||||||
TOTAL | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 9 | 4 | 4 | 4 | 8 | 4 | 8 | 5 | 4 | 3 | 8 | 4 | 4 | 4 | 9 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | TG5 |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | TG6 |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Q |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | UTS TG1 UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.6 | UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | TG2 |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | TG3 |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | UAS |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.1 | UTS |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.2 | UTS |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.3 | UAS |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.4 | TG4 UAS |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.5 | UAS |
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.6 | UAS TG7 |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas - Pengantar Teknik Perminyakan (PTP) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mnejawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa mnejawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mnejawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa mnejawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahsiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahsiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.1 | Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.2 | Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.6 | Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.3 | Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.4 | Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.5 | Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-4 | KU3.CPMK-4.6 | Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Menjawab semua pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab pertanyaan dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik Performance Indicator: Mahasiswa menjawab soal dengan tepat dan mengerjakan tugas dengan baik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 2 | 4.88 |
B+ | 2 | 4.88 |
B | 21 | 51.22 |
B- | 7 | 17.07 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) |
7 | 16 | 11 | 7 | 82.93 |
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri |
5 | 26 | 5 | 5 | 87.80 |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa dapat mengerti sistem pendidikan dan pengajaran mata kuliah Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) & Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Visi Misi Universitas, FTKE dan Prodi Teknik Geologi. |
0 | 0 | 0 | 41 | 0.00 |
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas - Pengantar Teknik Perminyakan (PTP) |
0 | 27 | 12 | 2 | 95.12 |
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air |
1 | 10 | 27 | 3 | 92.68 |
P2.CPMK-2.4 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan |
1 | 10 | 27 | 3 | 92.68 |
P2.CPMK-2.6 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil |
2 | 10 | 26 | 3 | 92.68 |
KU1.CPMK-3.1 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan |
21 | 10 | 3 | 7 | 82.93 |
KU1.CPMK-3.2 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil |
11 | 17 | 5 | 8 | 80.49 |
KU1.CPMK-3.3 Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) |
2 | 10 | 26 | 3 | 92.68 |
KU1.CPMK-3.4 Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri |
2 | 10 | 26 | 3 | 92.68 |
KU3.CPMK-4.1 Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi. |
1 | 10 | 27 | 3 | 92.68 |
KU3.CPMK-4.2 Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya |
1 | 10 | 27 | 3 | 92.68 |
KU3.CPMK-4.3 Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan |
2 | 10 | 26 | 3 | 92.68 |
KU3.CPMK-4.4 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan |
4 | 30 | 4 | 3 | 92.68 |
KU3.CPMK-4.5 Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang |
2 | 10 | 26 | 3 | 92.68 |
KU3.CPMK-4.6 Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium) |
1 | 27 | 10 | 3 | 92.68 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) | |||||
TG5 | 7 (20.59 %) | 16 (47.06 %) | 11 (32.35 %) | 0 | 100 (294.12 %) |
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri | |||||
TG6 | 5 (13.89 %) | 26 (72.22 %) | 5 (13.89 %) | 0 | 100 (277.78 %) |
Mahasiswa dapat mengerti sistem pendidikan dan pengajaran mata kuliah Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) & Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Visi Misi Universitas, FTKE dan Prodi Teknik Geologi. | |||||
Q | 0 | 0 | 0 | 36 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas - Pengantar Teknik Perminyakan (PTP) | |||||
TG1 | 9 (26.47 %) | 24 (70.59 %) | 1 (2.94 %) | 0 | 100 (294.12 %) |
UTS | 1 (2.56 %) | 10 (25.64 %) | 27 (69.23 %) | 1 (2.56 %) | 97.44 (249.85 %) |
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air | |||||
UTS | 1 (2.56 %) | 10 (25.64 %) | 27 (69.23 %) | 1 (2.56 %) | 97.44 (249.85 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan | |||||
UTS | 1 (2.56 %) | 10 (25.64 %) | 27 (69.23 %) | 1 (2.56 %) | 97.44 (249.85 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil | |||||
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan | |||||
TG2 | 21 (61.76 %) | 10 (29.41 %) | 3 (8.82 %) | 0 | 100 (294.12 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil | |||||
TG3 | 11 (32.35 %) | 17 (50.00 %) | 5 (14.71 %) | 1 (2.94 %) | 97.06 (285.47 %) |
Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) | |||||
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri | |||||
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi. | |||||
UTS | 1 (2.56 %) | 10 (25.64 %) | 27 (69.23 %) | 1 (2.56 %) | 97.44 (249.85 %) |
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya | |||||
UTS | 1 (2.56 %) | 10 (25.64 %) | 27 (69.23 %) | 1 (2.56 %) | 97.44 (249.85 %) |
Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan | |||||
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan | |||||
TG4 | 24 (66.67 %) | 10 (27.78 %) | 2 (5.56 %) | 0 | 100 (277.78 %) |
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang | |||||
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium) | |||||
TG7 | 10 (31.25 %) | 19 (59.38 %) | 3 (9.38 %) | 0 | 100 (312.50 %) |
UAS | 2 (5.26 %) | 10 (26.32 %) | 26 (68.42 %) | 0 | 100 (263.16 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.6 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-4.5 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-4.6 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 073002300036 | MICHAEL BENHARD | 65.00 | 75.00 | 0.00 | 71.00 | 62.00 | 62.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 65.00 | 65.00 | 62.00 | 62.00 | 65.00 | 71.67 | 65.00 | 75.38 |
2 | 073002300037 | MUHAMMAD RAFFABIAN MAYENZA JUFFRY | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 71.53 | 62.00 | 62.00 | 68.00 | 80.00 | 80.00 | 68.00 | 68.00 | 62.00 | 62.00 | 68.00 | 76.00 | 68.00 | 76.31 |
3 | 073002300038 | MUHAMMAD SATRIO ALVAREZAL | 0.00 | 75.00 | 0.00 | 65.12 | 54.00 | 54.00 | 56.00 | 80.00 | 75.00 | 56.00 | 56.00 | 54.00 | 54.00 | 56.00 | 68.67 | 56.00 | 56.00 |
4 | 073002300039 | MUHAMMAD IKHRAM HANIF | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 77.18 | 74.00 | 74.00 | 73.00 | 60.00 | 75.00 | 73.00 | 73.00 | 74.00 | 74.00 | 73.00 | 77.67 | 73.00 | 74.38 |
5 | 073002300040 | MUHAMMAD DHAFFA FADHILLAH | 80.00 | 80.00 | 0.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 65.00 | 80.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 56.00 | 56.00 | 65.00 | 78.33 | 65.00 | 65.00 |
6 | 073002300041 | MUHAMMAD RAFI RIZQULLAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
7 | 073002300042 | MUHAMMAD RAMZI NUR AMBIYA | 65.00 | 75.00 | 0.00 | 67.65 | 56.00 | 56.00 | 57.00 | 80.00 | 80.00 | 57.00 | 57.00 | 56.00 | 56.00 | 57.00 | 72.33 | 57.00 | 69.46 |
8 | 073002300043 | MUHAMMAD IQBAL FARRAS RAIHAN | 70.00 | 70.00 | 0.00 | 63.53 | 72.00 | 72.00 | 61.00 | 75.00 | 75.00 | 61.00 | 61.00 | 72.00 | 72.00 | 61.00 | 70.33 | 61.00 | 67.23 |
9 | 073002300044 | MUHAMMAD ZIKRA ASSAUFI | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 77.35 | 71.00 | 71.00 | 66.00 | 70.00 | 60.00 | 66.00 | 66.00 | 71.00 | 71.00 | 66.00 | 75.33 | 66.00 | 72.23 |
10 | 073002300045 | NABILA AMANDA PUTRI | 80.00 | 80.00 | 0.00 | 70.59 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 75.00 | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 73.85 |
11 | 073002300046 | NATASYA ARTAMEVIA | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 71.71 | 68.00 | 68.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 68.00 | 68.00 | 75.00 | 80.33 | 75.00 | 75.00 |
12 | 073002300047 | NICOLLETTA ELISABETH PINONTOAN | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 70.29 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 75.00 | 75.00 | 60.00 | 60.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 73.85 |
13 | 073002300048 | NITRON SIJABAT | 61.00 | 75.00 | 0.00 | 66.88 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 80.00 | 70.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 70.38 |
14 | 073002300049 | NOAH DIMAS SOEKADIS | 65.00 | 75.00 | 0.00 | 70.59 | 60.00 | 60.00 | 66.00 | 60.00 | 60.00 | 66.00 | 66.00 | 60.00 | 60.00 | 66.00 | 62.00 | 66.00 | 68.77 |
15 | 073002300050 | NURUL AROCHMAH | 65.00 | 65.00 | 0.00 | 70.59 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 75.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 63.46 |
16 | 073002300051 | RAAFID AZHAR FIRAAS | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 70.41 | 63.00 | 63.00 | 61.00 | 60.00 | 70.00 | 61.00 | 61.00 | 63.00 | 63.00 | 61.00 | 73.67 | 61.00 | 70.69 |
17 | 073002300052 | RANIA SONDAH | 80.00 | 80.00 | 0.00 | 69.35 | 63.00 | 63.00 | 87.00 | 75.00 | 75.00 | 87.00 | 87.00 | 63.00 | 63.00 | 87.00 | 82.33 | 87.00 | 89.08 |
18 | 073002300053 | REHABYA PANGIHUTAN LUKAS SIMANJUNTAK | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 72.65 | 70.00 | 70.00 | 71.00 | 80.00 | 75.00 | 71.00 | 71.00 | 70.00 | 70.00 | 71.00 | 77.00 | 71.00 | 73.77 |
19 | 073002300054 | REY SAMUEL SIMAMORA | 65.00 | 75.00 | 0.00 | 73.94 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 60.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 76.67 | 70.00 | 60.31 |
20 | 073002300055 | RHEZA ANDHIKA DWI ARYA | 61.00 | 65.00 | 0.00 | 77.35 | 80.00 | 80.00 | 60.00 | 80.00 | 75.00 | 60.00 | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 70.38 |
21 | 073002300056 | RICHARD ALEXANDER HERMANTO | 80.00 | 75.00 | 0.00 | 72.65 | 70.00 | 70.00 | 80.00 | 80.00 | 85.00 | 80.00 | 80.00 | 70.00 | 70.00 | 80.00 | 82.00 | 80.00 | 76.54 |
22 | 073002300057 | RIFQI AMELIA DEVINA | 75.00 | 65.00 | 0.00 | 70.29 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 61.67 | 65.00 | 75.38 |
23 | 073002300058 | RIZAL DWI PRATISKA | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 71.88 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 80.00 | 85.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 80.00 | 70.00 | 76.92 |
24 | 073002300059 | RUI JOSH MIKHA ALEXANDRO LOMBOAN | 80.00 | 75.00 | 0.00 | 70.59 | 60.00 | 60.00 | 70.00 | 75.00 | 80.00 | 70.00 | 70.00 | 60.00 | 60.00 | 70.00 | 73.33 | 70.00 | 73.46 |
25 | 073002300060 | SAFIRA NANDA AULIA | 65.00 | 75.00 | 0.00 | 66.53 | 57.00 | 57.00 | 65.00 | 80.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 57.00 | 57.00 | 65.00 | 71.67 | 65.00 | 71.92 |
26 | 073002300061 | SAYID WAFA AMJAD | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 72.65 | 70.00 | 70.00 | 60.00 | 80.00 | 45.00 | 60.00 | 60.00 | 70.00 | 70.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 70.38 |
27 | 073002300062 | SHERLY GABRIELL IVANI | 61.00 | 75.00 | 0.00 | 70.06 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 73.33 | 60.00 | 60.00 |
28 | 073002300063 | SISILIA KEMONG | 80.00 | 75.00 | 0.00 | 69.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 80.00 | 75.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 70.00 | 60.00 | 70.38 |
29 | 073002300064 | SYAFIRA OCTARIA | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 70.29 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 78.33 | 75.00 | 75.00 |
30 | 073002300065 | VAHILA MUTIAH SAMANERY | 80.00 | 80.00 | 0.00 | 69.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 80.00 | 75.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 70.00 | 60.00 | 73.85 |
31 | 073002300066 | VERA NOVRIKA TANGMA'TI | 75.00 | 80.00 | 0.00 | 70.59 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 75.00 | 83.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 76.67 | 60.00 | 70.38 |
32 | 073002300067 | YOVAN MORDEKHAI PANGARIBUAN | 61.00 | 70.00 | 0.00 | 67.94 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 80.00 | 70.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 70.00 | 60.00 | 70.38 |
33 | 073002300068 | ANASTASIA BERLIANI DUE LADJA | 70.00 | 75.00 | 0.00 | 66.53 | 57.00 | 57.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 65.00 | 65.00 | 57.00 | 57.00 | 65.00 | 75.00 | 65.00 | 78.85 |
34 | 073002300069 | DZAKY SAPUTRA | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 67.65 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 80.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 73.33 | 70.00 | 63.08 |
35 | 073002300070 | ERSA NURFADILA | 70.00 | 65.00 | 0.00 | 72.65 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 78.33 | 75.00 | 75.00 |
36 | 073002200049 | MUH. ARAS RUSTAN | 0.00 | 65.00 | 0.00 | 58.00 | 58.00 | 58.00 | 56.00 | 0.00 | 75.00 | 56.00 | 56.00 | 58.00 | 58.00 | 56.00 | 68.67 | 56.00 | 56.00 |
37 | 073002200053 | ADE RIKI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 58.00 | 58.00 | 58.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 58.00 | 58.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
38 | 073002200037 | MATTHUW ALEXANDER SITOHANG | 61.00 | 75.00 | 0.00 | 71.53 | 62.00 | 62.00 | 61.00 | 80.00 | 70.00 | 61.00 | 61.00 | 62.00 | 62.00 | 61.00 | 73.67 | 61.00 | 74.15 |
39 | 073002200005 | DAVID MANUEL | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 62.00 | 0.00 | 0.00 | 62.00 | 62.00 | 68.00 | 68.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 |
40 | 073002200020 | MUHAMAD ARIFIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 67.00 | 67.00 | 67.00 | 65.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 67.00 | 67.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
41 | 073002300108 | SITI REDHA KAWAL JANNAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng.)