Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Desain Sistem Informasi
Kode Mata Kuliah : ISS6304
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Kelas : 01
Dosen : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 40 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Desain Sistem Informasi
KODE MATA KULIAH : ISS6304
KELAS : SI-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
DESAIN SISTEM INFORMASI
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISS6304
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis fondasi Sistem Desain
P.1 P1.CPMK-2 Mampu mengevaluasi Sistem Arsitektur
KK.1 KK1.CPMK-3 Menganalisis Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; Prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna;
KK.2 KK2.CPMK-4 Merancang Basis Data
KK.3 KK3.CPMK-5 Desain Berorientasi Objek: Dasar-dasar
KK.6 KK6.CPMK-6 Desain Berorientasi Objek: Realisasi Kasus Penggunaan
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi
KK.1 KK1.CPMK-3
KK1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran
KK1.CPMK-3.2 Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna
KK.2 KK2.CPMK-4
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional
KK2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data
KK.3 KK3.CPMK-5
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class
KK3.CPMK-5.3 Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik
KK.6 KK6.CPMK-6
KK6.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams
KK6.CPMK-6.2 Mahasiswa merancang Use Case Realization dengan Communication Diagrams
KK6.CPMK-6.3 Mahasiswa merancang Use Case Realization dengan Sequence Diagrams
KK6.CPMK-6.4 Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISS6304

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISS6304     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Desain Sistem Informasi Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem
Desain Sistem, aktivitas Desain, Sistem Kontrol dan Security
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D.(2015) (Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D.(2015) (Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D. 201)
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
  1. Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi
Anatomi sistem desain modern, konsep arsitektur, interoperability, diagram arsitektur, environment, dan komponen aplikasi dalam desain.
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna
User experience dan user interface (UI/UX)dan prinsip dasar desain user interface
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran
Transisi dari Analysis ke User-Interface Design; desain User-Interface, Reports, Statements dan Turnaround Documents
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
5
  1. Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek
Transisi dari Analisis ke Implementasi melalui Object-Oriented Design; Memahami tahapan Object-Oriented Design
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
6
  1. Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class
Design Classes dan Design Class Diagram
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik
Desain CRC Cards dan prinsip dasar Good Design
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams
Rancangan OOD: Use Case Realization dengan Interaction Diagram
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Use Case Realization dengan Diagram Komunikasi
Rancangan OOD: Use Case Realization dengan Communication Diagram
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Use Case Realisasi dengan Sequence Diagram
Rancangan OOD: Use Case Realization dengan Sequence Diagram
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain
Pengembangan updated design class diagrams dan multilayer subsystem packages serta design patterns dan recognize various
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional
Tanggung jawab administrator data dan administrator basis data; Rancang skema database relasional berdasarkan diagram kelas; Evaluasi kualitas skema basis data
  • Kolaborative
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data
Metode konfigurasi database terdistribusi dan metode perlindungan database
  • Kolaborative
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional
Presentasi Tugas Desain Sistem
  • Proyek
170.00 Mempresentasikan studi kasus dengan desain sistem : Desain Class Diagram, Interaction Diagram, Package Diagram dan Database Schema
  • Tugas - 30.00 %
  • Presentasi - 20.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Desain Sistem Informasi 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ; Thursday 07:30:00-10:00:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Presentasi (20.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (30.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
LOW KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
LOW KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.4 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 3.00%
3%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 3.00%
3%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 3.00%
3%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 2.00%
2%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 5.00%
5%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 5.00%
5%
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.1 5.00%
5%
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.4 5.00%
5%
TOTAL 20%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 30.00%
30%
TOTAL 30%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M4 M3 M12 M14 M13 M5 M6 M7 M8 M11
Komponen UTS UTS UTS UTS UAS PPT TG UAS UTS UTS UTS UAS UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 3.00% 3%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 5.00%20.00%30.00% 55%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 3.00% 3%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 3.00% 3%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 2.00% 2%
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.1 5.00% 5%
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.4 5.00% 5%
TOTAL 3 3 3 3 5 20 30 5 3 3 2 5 5 90
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UTS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 UTS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 UTS
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 UAS PPT TG
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 UAS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 UTS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 UTS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 UTS
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.1 UAS
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.4 UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem
Indikator Kinerja: Fondasi Sistem Desain terpahami
Performance Indicator: The foundations of the Design System are understood
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi
Indikator Kinerja: Sistem Arsitektur terdefinisikan
Performance Indicator: System Architecture is defined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran
Indikator Kinerja: Transisi Analysis ke User-Interface Design teruraikan
Performance Indicator: Transition Analysis to User-Interface Design outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna
Indikator Kinerja: Transisi Analysis ke User-Interface Design teruraikan
Performance Indicator: Transition Analysis to User-Interface Design outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna terbedakan
Performance Indicator: User Experience and User Interface are differentiated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek
Indikator Kinerja: Transisi dari Analisis ke Implementasi teruraikan
Performance Indicator: The transition from Analysis to Implementation is outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class
Indikator Kinerja: Transisi dari Analisis ke Implementasi teruraikan
Performance Indicator: The transition from Analysis to Implementation is outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Design Class Diagram tergambarkan
Performance Indicator: The Design Class Diagram is depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik
Indikator Kinerja: Transisi dari Analisis ke Implementasi teruraikan
Performance Indicator: The transition from Analysis to Implementation is outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Design Class Diagram tergambarkan
Performance Indicator: The Design Class Diagram is depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Desain Kartu CRC tergambarkan
Performance Indicator: CRC Card design depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat
Performance Indicator: The database has been created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat
Performance Indicator: The database has been created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data terpahami
Performance Indicator: Distributed Database Architecture; Protecting the Database is incomprehensible
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.1Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat
Performance Indicator: The database has been created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data terpahami
Performance Indicator: Distributed Database Architecture; Protecting the Database is incomprehensible
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Interaction Diagrams tergambarkan
Performance Indicator: Interaction Diagrams are depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-6 KK6.CPMK-6.4Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat
Performance Indicator: The database has been created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data terpahami
Performance Indicator: Distributed Database Architecture; Protecting the Database is incomprehensible
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Interaction Diagrams tergambarkan
Performance Indicator: Interaction Diagrams are depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Design class diagrams, multilayer subsystem packages dan design patterns tergambarkan
Performance Indicator: Design class diagrams, multilayer subsystem packages and design patterns are depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 2 5.00
A- 7 17.50
B+ 10 25.00
B 9 22.50
B- 1 2.50
C+ 4 10.00
C 3 7.50
D 2 5.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem
2 30 3 5 87.50
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi
2 30 3 5 87.50
KK1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran
2 30 3 5 87.50
KK1.CPMK-3.2
Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna
2 30 3 5 87.50
KK2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional
8 20 10 2 95.00
KK2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data
4 18 14 4 90.00
KK3.CPMK-5.1
Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek
2 30 3 5 87.50
KK3.CPMK-5.2
Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class
2 30 3 5 87.50
KK3.CPMK-5.3
Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik
2 30 3 5 87.50
KK6.CPMK-6.1
Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams
4 18 14 4 90.00
KK6.CPMK-6.4
Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain
4 18 14 4 90.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional
PPT4
(10.53 %)
34
(89.47 %)
00100
(263.16 %)
TG23
(58.97 %)
5
(12.82 %)
011
(28.21 %)
71.79
(184.08 %)
UAS4
(10.26 %)
18
(46.15 %)
14
(35.90 %)
3
(7.69 %)
92.31
(236.69 %)
Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data
UAS4
(10.26 %)
18
(46.15 %)
14
(35.90 %)
3
(7.69 %)
92.31
(236.69 %)
Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik
UTS2
(5.13 %)
30
(76.92 %)
3
(7.69 %)
4
(10.26 %)
89.74
(230.10 %)
Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams
UAS4
(10.26 %)
18
(46.15 %)
14
(35.90 %)
3
(7.69 %)
92.31
(236.69 %)
Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain
UAS4
(10.26 %)
18
(46.15 %)
14
(35.90 %)
3
(7.69 %)
92.31
(236.69 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.3 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-6.4 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-6.4 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.3
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-6.4
Std Mark: 56.00
1 065002200035 BELVA LUTHFIAH ANDINI 78.0078.0078.0078.0076.8275.0078.0078.0078.0075.0075.00
2 065002200022 AULIA RAHMA TRI ASTUTI 75.0075.0075.0075.0081.0970.0075.0075.0075.0070.0070.00
3 065002200011 ERY FEBRIAN 70.0070.0070.0070.0077.2770.0070.0070.0070.0070.0070.00
4 065002200037 PUTRA MARIO SANTOSO 70.0070.0070.0070.0058.9168.0070.0070.0070.0068.0068.00
5 065002200010 RIZKY RAMADHAN 75.0075.0075.0075.0080.4575.0075.0075.0075.0075.0075.00
6 065002200003 NAYAKA WIRYATAMA 75.0075.0075.0075.0080.4575.0075.0075.0075.0075.0075.00
7 065002200017 M. SATRIA PRATAMA 70.0070.0070.0070.0062.7360.0070.0070.0070.0060.0060.00
8 065002200025 ISMAIL BAIHAQI 70.0070.0070.0070.0074.0965.0070.0070.0070.0065.0065.00
9 065002200029 NAZRI HASBY 85.0085.0085.0085.0078.9170.0085.0085.0085.0070.0070.00
10 065002200001 BINTANG KOMARUDIN 75.0075.0075.0075.0080.9180.0075.0075.0075.0080.0080.00
11 065002200043 MUHAMMAD RAFI 78.0078.0078.0078.0079.0980.0078.0078.0078.0080.0080.00
12 065002200023 CHAERUDIN SAPUTRA 72.0072.0072.0072.0083.1885.0072.0072.0072.0085.0085.00
13 065002200004 NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI 75.0075.0075.0075.0076.8265.0075.0075.0075.0065.0065.00
14 065002200034 ALFARIZQI WIRA ANADYAR 75.0075.0075.0075.0077.9165.0075.0075.0075.0065.0065.00
15 065002200002 AYESHA NADRA SAABIRAH 70.0070.0070.0070.0081.3665.0070.0070.0070.0065.0065.00
16 065002200013 FATHUR RAHMAN 80.0080.0080.0080.0080.9180.0080.0080.0080.0080.0080.00
17 065002200009 RYANDRA RAFA ADITYA 75.0075.0075.0075.0078.3670.0075.0075.0075.0070.0070.00
18 065002200038 ELITA WAHYU FIRDASARI 70.0070.0070.0070.0076.1870.0070.0070.0070.0070.0070.00
19 065002200024 DIO ARIANDRA 70.0070.0070.0070.0075.7365.0070.0070.0070.0065.0065.00
20 065002200033 DIAH AYU ARIFAH 70.0070.0070.0070.0075.7365.0070.0070.0070.0065.0065.00
21 065002200044 KARAN SHANKAR 70.0070.0070.0070.0073.6460.0070.0070.0070.0060.0060.00
22 065002200040 VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA 70.0070.0070.0070.0079.5565.0070.0070.0070.0065.0065.00
23 065002200026 JANATHAN AUDI 65.0065.0065.0065.0057.4560.0065.0065.0065.0060.0060.00
24 065002200016 JANNATHAN GERALD MAHENDRA 75.0075.0075.0075.0077.2770.0075.0075.0075.0070.0070.00
25 065002200012 ATHAR DHIYA'AN KOMAR 75.0075.0075.0075.0060.2775.0075.0075.0075.0075.0075.00
26 065002200039 USWATUN KHASANAH 70.0070.0070.0070.0076.1870.0070.0070.0070.0070.0070.00
27 065002200032 SHILFIYYA AMALIA ASDI 78.0078.0078.0078.0077.7375.0078.0078.0078.0075.0075.00
28 065002200042 STEVANIO 70.0070.0070.0070.0080.1872.0070.0070.0070.0072.0072.00
29 065002200015 HAWA APRILIA UTAMI 70.0070.0070.0070.0079.0970.0070.0070.0070.0070.0070.00
30 065002200027 MARIA ULPA 70.0070.0070.0070.0076.1870.0070.0070.0070.0070.0070.00
31 065002200005 MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ 75.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0075.00
32 065002200020 AHMAD DANI SAPUTRA 55.0055.0055.0055.0058.1860.0055.0055.0055.0060.0060.00
33 065002200019 SANDI PERMANA YUDA 65.0065.0065.0065.0058.9168.0065.0065.0065.0068.0068.00
34 065002200007 MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR 40.0040.0040.0040.0056.3640.0040.0040.0040.0040.0040.00
35 065002200018 RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM 40.0040.0040.0040.0056.3640.0040.0040.0040.0040.0040.00
36 065002200030 RIDWAN BAKKARA 50.0050.0050.0050.0058.9160.0050.0050.0050.0060.0060.00
37 065002200031 VANYA FEBRIANI 70.0070.0070.0070.0060.6465.0070.0070.0070.0065.0065.00
38 065002200045 RAHMADANA NURDIANSYAH 60.0060.0060.0060.0050.000.0060.0060.0060.000.000.00
39 065002200041 CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. 70.0070.0070.0070.0071.8260.0070.0070.0070.0060.0060.00
40 065002200036 MUHAMMAD SHALAHUDDIN 0.000.000.000.0040.0040.000.000.000.0040.0040.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)