PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Desain Sistem Informasi |
Kode Mata Kuliah | : | ISS6304 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 40 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Desain Sistem Informasi |
KODE MATA KULIAH | : ISS6304 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH DESAIN SISTEM INFORMASI Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: ISS6304 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menganalisis fondasi Sistem Desain |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mampu mengevaluasi Sistem Arsitektur |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | Menganalisis Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; Prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna; |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | Merancang Basis Data |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | Desain Berorientasi Objek: Dasar-dasar |
KK.6 | KK6.CPMK-6 | Desain Berorientasi Objek: Realisasi Kasus Penggunaan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 |
|
||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 |
|
||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISS6304 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : ISS6304 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Desain Sistem Informasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Desain Sistem, aktivitas Desain, Sistem Kontrol dan Security |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
2 |
|
Anatomi sistem desain modern, konsep arsitektur, interoperability, diagram arsitektur, environment, dan komponen aplikasi dalam desain. |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
3 |
|
User experience dan user interface (UI/UX)dan prinsip dasar desain user interface |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
4 |
|
Transisi dari Analysis ke User-Interface Design; desain User-Interface, Reports, Statements dan Turnaround Documents |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
5 |
|
Transisi dari Analisis ke Implementasi melalui Object-Oriented Design; Memahami tahapan Object-Oriented Design |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
6 |
|
Design Classes dan Design Class Diagram |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
7 |
|
Desain CRC Cards dan prinsip dasar Good Design |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
8 |
|
Rancangan OOD: Use Case Realization dengan Interaction Diagram |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
9 |
|
Rancangan OOD: Use Case Realization dengan Communication Diagram |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
10 |
|
Rancangan OOD: Use Case Realization dengan Sequence Diagram |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
11 |
|
Pengembangan updated design class diagrams dan multilayer subsystem packages serta design patterns dan recognize various |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
12 |
|
Tanggung jawab administrator data dan administrator basis data; Rancang skema database relasional berdasarkan diagram kelas; Evaluasi kualitas skema basis data |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
13 |
|
Metode konfigurasi database terdistribusi dan metode perlindungan database |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
14 |
|
Presentasi Tugas Desain Sistem |
|
170.00 | Mempresentasikan studi kasus dengan desain sistem : Desain Class Diagram, Interaction Diagram, Package Diagram dan Database Schema |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Desain Sistem Informasi | 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. | ; Thursday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Presentasi (20.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (30.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.3 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
LOW | KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
LOW | KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.4 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.3 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.4 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 30.00% | 30% | |||||||||||||
TOTAL | 30% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||
M1 | M2 | M4 | M3 | M12 | M14 | M13 | M5 | M6 | M7 | M8 | M11 | |||||
Komponen | UTS | UTS | UTS | UTS | UAS | PPT | TG | UAS | UTS | UTS | UTS | UAS | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | 3.00% | 3% | ||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 5.00% | 20.00% | 30.00% | 55% | ||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | ||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | 3.00% | 3% | ||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.3 | 2.00% | 2% | ||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.1 | 5.00% | 5% | ||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.4 | 5.00% | 5% | ||||||||||||
TOTAL | 3 | 3 | 3 | 3 | 5 | 20 | 30 | 5 | 3 | 3 | 2 | 5 | 5 | 90 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | UTS |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | UAS PPT TG |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.3 | UTS |
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.1 | UAS |
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.4 | UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Fondasi Sistem Desain terpahami Performance Indicator: The foundations of the Design System are understood |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Sistem Arsitektur terdefinisikan Performance Indicator: System Architecture is defined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transisi Analysis ke User-Interface Design teruraikan Performance Indicator: Transition Analysis to User-Interface Design outlined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transisi Analysis ke User-Interface Design teruraikan Performance Indicator: Transition Analysis to User-Interface Design outlined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna terbedakan Performance Indicator: User Experience and User Interface are differentiated |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transisi dari Analisis ke Implementasi teruraikan Performance Indicator: The transition from Analysis to Implementation is outlined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transisi dari Analisis ke Implementasi teruraikan Performance Indicator: The transition from Analysis to Implementation is outlined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Design Class Diagram tergambarkan Performance Indicator: The Design Class Diagram is depicted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.3 | Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Transisi dari Analisis ke Implementasi teruraikan Performance Indicator: The transition from Analysis to Implementation is outlined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Design Class Diagram tergambarkan Performance Indicator: The Design Class Diagram is depicted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Desain Kartu CRC tergambarkan Performance Indicator: CRC Card design depicted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat Performance Indicator: The database has been created |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat Performance Indicator: The database has been created |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data terpahami Performance Indicator: Distributed Database Architecture; Protecting the Database is incomprehensible |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.1 | Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat Performance Indicator: The database has been created |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data terpahami Performance Indicator: Distributed Database Architecture; Protecting the Database is incomprehensible |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Interaction Diagrams tergambarkan Performance Indicator: Interaction Diagrams are depicted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-6 | KK6.CPMK-6.4 | Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Database selesai dibuat Performance Indicator: The database has been created |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data terpahami Performance Indicator: Distributed Database Architecture; Protecting the Database is incomprehensible |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Interaction Diagrams tergambarkan Performance Indicator: Interaction Diagrams are depicted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Design class diagrams, multilayer subsystem packages dan design patterns tergambarkan Performance Indicator: Design class diagrams, multilayer subsystem packages and design patterns are depicted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 2 | 5.00 |
A- | 7 | 17.50 |
B+ | 10 | 25.00 |
B | 9 | 22.50 |
B- | 1 | 2.50 |
C+ | 4 | 10.00 |
C | 3 | 7.50 |
D | 2 | 5.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
KK1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
KK1.CPMK-3.2 Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional |
8 | 20 | 10 | 2 | 95.00 |
KK2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data |
4 | 18 | 14 | 4 | 90.00 |
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
KK3.CPMK-5.3 Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik |
2 | 30 | 3 | 5 | 87.50 |
KK6.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams |
4 | 18 | 14 | 4 | 90.00 |
KK6.CPMK-6.4 Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain |
4 | 18 | 14 | 4 | 90.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa memahami Desain Sistem; Kegiatan Desain; Kontrol dan Keamanan Sistem | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa menilai Anatomi Sistem Modern, Konsep Arsitektur, Interoperabilitas, Diagram Arsitektur, Lingkungan Hidup dalam merancang Komponen Aplikasi | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis Transisi dari Analisis ke Desain Antarmuka Pengguna; Desain Antarmuka Pengguna; Merancang Laporan, Pernyataan, dan Dokumen Perputaran | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa merancang dan menganalisis Desain Pengalaman Pengguna dan Antarmuka Pengguna; serta prinsip Dasar Desain Antarmuka Pengguna | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa mampu memproses Basis Data dan Sistem Manajemen Basis Data; Desain dan Administrasi Basis Data; Basis Data Relasional | |||||
PPT | 4 (10.53 %) | 34 (89.47 %) | 0 | 0 | 100 (263.16 %) |
TG | 23 (58.97 %) | 5 (12.82 %) | 0 | 11 (28.21 %) | 71.79 (184.08 %) |
UAS | 4 (10.26 %) | 18 (46.15 %) | 14 (35.90 %) | 3 (7.69 %) | 92.31 (236.69 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis Arsitektur Basis Data Terdistribusi; Melindungi Basis Data | |||||
UAS | 4 (10.26 %) | 18 (46.15 %) | 14 (35.90 %) | 3 (7.69 %) | 92.31 (236.69 %) |
Mahasiswa merancang Desain Berorientasi Objek: Menjembatani dari Analisis ke Implementasi; Langkah-langkah Desain Berorientasi Objek | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa merancang Design Class dan dan Diagram Design Class | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa mendesain dengan Kartu CRC; dan memahami Prinsip Dasar Desain yang baik | |||||
UTS | 2 (5.13 %) | 30 (76.92 %) | 3 (7.69 %) | 4 (10.26 %) | 89.74 (230.10 %) |
Mahasiswa mampu merancang Object-Oriented Design dengan Interaction Diagrams | |||||
UAS | 4 (10.26 %) | 18 (46.15 %) | 14 (35.90 %) | 3 (7.69 %) | 92.31 (236.69 %) |
Mahasiswa merancang Desain Multilayer; Pemutakhiran dan Pengemasan Design Class; Pola desain | |||||
UAS | 4 (10.26 %) | 18 (46.15 %) | 14 (35.90 %) | 3 (7.69 %) | 92.31 (236.69 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-6.4 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002200035 | BELVA LUTHFIAH ANDINI | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 76.82 | 75.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 75.00 | 75.00 |
2 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 81.09 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 |
3 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 77.27 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
4 | 065002200037 | PUTRA MARIO SANTOSO | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 58.91 | 68.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 68.00 | 68.00 |
5 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.45 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
6 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.45 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
7 | 065002200017 | M. SATRIA PRATAMA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 62.73 | 60.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 60.00 | 60.00 |
8 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 74.09 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 |
9 | 065002200029 | NAZRI HASBY | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 78.91 | 70.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 70.00 | 70.00 |
10 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.91 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 |
11 | 065002200043 | MUHAMMAD RAFI | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 79.09 | 80.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 80.00 | 80.00 |
12 | 065002200023 | CHAERUDIN SAPUTRA | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 83.18 | 85.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 85.00 | 85.00 |
13 | 065002200004 | NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 76.82 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 65.00 | 65.00 |
14 | 065002200034 | ALFARIZQI WIRA ANADYAR | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 77.91 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 65.00 | 65.00 |
15 | 065002200002 | AYESHA NADRA SAABIRAH | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 81.36 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 |
16 | 065002200013 | FATHUR RAHMAN | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.91 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
17 | 065002200009 | RYANDRA RAFA ADITYA | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 78.36 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 |
18 | 065002200038 | ELITA WAHYU FIRDASARI | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 76.18 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
19 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 75.73 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 |
20 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 75.73 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 |
21 | 065002200044 | KARAN SHANKAR | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 73.64 | 60.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 60.00 | 60.00 |
22 | 065002200040 | VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 79.55 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 |
23 | 065002200026 | JANATHAN AUDI | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 57.45 | 60.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 |
24 | 065002200016 | JANNATHAN GERALD MAHENDRA | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 77.27 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 |
25 | 065002200012 | ATHAR DHIYA'AN KOMAR | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 60.27 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
26 | 065002200039 | USWATUN KHASANAH | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 76.18 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
27 | 065002200032 | SHILFIYYA AMALIA ASDI | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 77.73 | 75.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 75.00 | 75.00 |
28 | 065002200042 | STEVANIO | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 80.18 | 72.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 72.00 | 72.00 |
29 | 065002200015 | HAWA APRILIA UTAMI | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 79.09 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
30 | 065002200027 | MARIA ULPA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 76.18 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
31 | 065002200005 | MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
32 | 065002200020 | AHMAD DANI SAPUTRA | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 58.18 | 60.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 60.00 | 60.00 |
33 | 065002200019 | SANDI PERMANA YUDA | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 58.91 | 68.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 68.00 | 68.00 |
34 | 065002200007 | MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 56.36 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 |
35 | 065002200018 | RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 56.36 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 |
36 | 065002200030 | RIDWAN BAKKARA | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 58.91 | 60.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 60.00 | 60.00 |
37 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 60.64 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 |
38 | 065002200045 | RAHMADANA NURDIANSYAH | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 50.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 0.00 | 0.00 |
39 | 065002200041 | CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 71.82 | 60.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 60.00 | 60.00 |
40 | 065002200036 | MUHAMMAD SHALAHUDDIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 40.00 | 40.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 40.00 | 40.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)