PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Manajemen Data dan Informasi |
Kode Mata Kuliah | : | IKD6312 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 42 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Manajemen Data dan Informasi |
KODE MATA KULIAH | : IKD6312 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH MANAJEMEN DATA DAN INFORMASI Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKD6312 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan data untuk menghasilkan informasi dan pengetahuan |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa memahami prinsip-prinsip rekayasa, teknologi informasi dan logika berpikir komputasi |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | Mahasiswa mampu mendesain secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 |
|
||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKD6312 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKD6312 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Manajemen Data dan Informasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Aturan perkuliahan dan penilaian - Pengenalan konsep basis data dan sistem file |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai aturan perkuliahan dan penilaian. - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pengenalan konsep basis data dan sistem file |
|
|
2 |
|
Konsep dan Arsitektur DBMS: Pemodelan Data, Arsitektur DBMS, Konsep independensi data |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi mengenai arsitektur DBMS |
|
|
3 |
|
Perancangan Basis Data: Pemodelan Data menggunakan Entity Relationship Model |
|
150.00 | - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan ER - Mahasiswa melakukan praktikum |
|
|
4 |
|
Studi kasus : Pemodelan data dengan ER model |
|
150.00 | Mahasiswa membuat perancangan dengan ER model |
|
|
5 |
|
Pemodelan data lanjutan (ER Lanjut) Hubungan antar relasi yang berderajat lebih dari dua, Hubungan antar Entitas sebagai kelas dan sub kelas, Hubungan antar Entitas sebagai spesialisasi-generalisasi, Hubungan antar Entitas sebagai kategorisasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan data lanjutan |
|
|
6 |
|
Studi kasus : Pemodelan data lanjut |
|
150.00 | Mahasiswa membuat perancangan pemodelan data dengan ER mode |
|
|
7 |
|
Relational Model: Konsep Model Relasional |
|
150.00 | - Mahasiswa mendapatkan materi Model Relasional - Mahasiswa melakukan praktikum |
|
|
8 |
|
Pemetaan Entity Relationship Model menjadi Konsep Model Relasional |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemetaan ER model ke model Relasional |
|
|
9 |
|
Studi Kasus : pemetaan ER model ke EER model |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan pemetaan data dari ER model ke EER model |
|
|
10 |
|
SQL: Komponen suatu DBMS, Penggunaan DDL pada DBMS untuk membuat basis data |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL |
|
|
11 |
|
SQL: Penggunaan DML pada DBMS untuk menghasilkan informasi yang diperlukan |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL lanjutan |
|
|
12 |
|
Normalisasi : Tabel Unnormal, Normal 1, Normal 2 dan Normal 3 |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang normalisasi |
|
|
13 |
|
Studi Kasus : Normalisasi |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan normalisasi DBMS pada data yang diberikan |
|
|
14 |
|
Review materi 8-14 |
|
150.00 | Mahasiswa mereview materi yang sudah diberikan |
|
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Manajemen Data dan Informasi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ; Monday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.4 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.5 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.6 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.7 | Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.8 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.9 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.4 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.6 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.7 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.4 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.7 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.5 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.6 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.8 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.9 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 22% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.5 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.7 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.8 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.9 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 35% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M4 | M8 | M5 | M3 | M9 | M7 | M10 | M6 | M12 | M13 | M11 | M14 | |||||||||||||||||
Komponen | UTS | UTS | TG | UTS | PRK | UAS | PRK | TG | UTS | TG | UTS | PRK | UAS | TG | UAS | UAS | PRK | TG | UTS | PRK | UAS | PRK | UAS | TG | UAS | TG | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.50% | 5.00% | 7.5% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 5.00% | 3.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.4 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.5 | 3.00% | 5.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.6 | 3.00% | 4.00% | 7% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.7 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.8 | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 13% | ||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.9 | 4.00% | 5.00% | 9% | |||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.4 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.6 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.7 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2.5 | 2.5 | 5 | 5 | 2 | 3 | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2 | 3 | 5 | 3 | 4 | 2 | 5 | 5 | 2 | 4 | 2 | 4 | 5 | 4 | 5 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | UTS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | UTS UAS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | TG UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.4 | TG UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.5 | UAS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.6 | UAS UAS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.7 | TG UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.8 | UAS UAS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.9 | UAS TG |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | PRK PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.4 | PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.6 | PRK PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.7 | PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa memahami konsep dasar basis data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar
Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar
Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Basis Data
Performance Indicator: Students are able to explain the concept of databases |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.4 | Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.7 | Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.5 | Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.6 | Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional Performance Indicator: Students can design Relational model concepts |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.8 | Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3 | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional Performance Indicator: Students can design Relational model concepts |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data
Performance Indicator: Students can design and implement data normalization |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.9 | Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional Performance Indicator: Students can design Relational model concepts |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data
Performance Indicator: Students can design and implement data normalization |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DDL dan DML Performance Indicator: Students are able to create DDL and DML |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 8 | 19.05 |
A- | 3 | 7.14 |
B+ | 4 | 9.52 |
B | 7 | 16.67 |
B- | 4 | 9.52 |
C+ | 6 | 14.29 |
C | 7 | 16.67 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa memahami konsep dasar basis data |
16 | 8 | 6 | 12 | 71.43 |
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data |
11 | 17 | 10 | 4 | 90.48 |
KK1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional |
6 | 11 | 11 | 14 | 66.67 |
KK1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS |
12 | 15 | 9 | 6 | 85.71 |
KK1.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down |
12 | 15 | 9 | 6 | 85.71 |
KK1.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional |
3 | 16 | 17 | 6 | 85.71 |
KK1.CPMK-3.6 Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS |
2 | 1 | 16 | 23 | 45.24 |
KK1.CPMK-3.7 Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar |
12 | 15 | 9 | 6 | 85.71 |
KK1.CPMK-3.8 Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3 |
2 | 7 | 21 | 12 | 71.43 |
KK1.CPMK-3.9 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange |
2 | 13 | 20 | 7 | 83.33 |
KK2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
17 | 14 | 7 | 4 | 90.48 |
KK2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur |
17 | 14 | 7 | 4 | 90.48 |
KK2.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
17 | 14 | 7 | 4 | 90.48 |
KK2.CPMK-4.6 Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
17 | 14 | 7 | 4 | 90.48 |
KK2.CPMK-4.7 Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan teruku |
17 | 14 | 7 | 4 | 90.48 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa memahami konsep dasar basis data | |||||
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional | |||||
UAS | 2 (4.76 %) | 1 (2.38 %) | 16 (38.10 %) | 23 (54.76 %) | 45.24 (107.71 %) |
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UAS | 2 (4.76 %) | 1 (2.38 %) | 16 (38.10 %) | 23 (54.76 %) | 45.24 (107.71 %) |
Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS | |||||
UAS | 2 (4.76 %) | 1 (2.38 %) | 16 (38.10 %) | 23 (54.76 %) | 45.24 (107.71 %) |
Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3 | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UAS | 2 (4.76 %) | 1 (2.38 %) | 16 (38.10 %) | 23 (54.76 %) | 45.24 (107.71 %) |
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange | |||||
TG | 16 (38.10 %) | 15 (35.71 %) | 8 (19.05 %) | 3 (7.14 %) | 92.86 (221.10 %) |
UAS | 2 (4.76 %) | 1 (2.38 %) | 16 (38.10 %) | 23 (54.76 %) | 45.24 (107.71 %) |
Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 17 (40.48 %) | 14 (33.33 %) | 7 (16.67 %) | 4 (9.52 %) | 90.48 (215.43 %) |
UTS | 16 (38.10 %) | 8 (19.05 %) | 6 (14.29 %) | 12 (28.57 %) | 71.43 (170.07 %) |
Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 17 (40.48 %) | 14 (33.33 %) | 7 (16.67 %) | 4 (9.52 %) | 90.48 (215.43 %) |
Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 17 (40.48 %) | 14 (33.33 %) | 7 (16.67 %) | 4 (9.52 %) | 90.48 (215.43 %) |
Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 17 (40.48 %) | 14 (33.33 %) | 7 (16.67 %) | 4 (9.52 %) | 90.48 (215.43 %) |
UAS | 2 (4.76 %) | 1 (2.38 %) | 16 (38.10 %) | 23 (54.76 %) | 45.24 (107.71 %) |
Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan teruku | |||||
PRK | 17 (40.48 %) | 14 (33.33 %) | 7 (16.67 %) | 4 (9.52 %) | 90.48 (215.43 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.6 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.7 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.8 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.9 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.6 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.7 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065001900032 | GIELONG CARRYL TAMPONE | 48.00 | 58.67 | 46.88 | 56.00 | 56.00 | 56.88 | 45.00 | 56.00 | 52.31 | 55.56 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
2 | 065002200035 | BELVA LUTHFIAH ANDINI | 92.00 | 86.00 | 80.38 | 87.50 | 87.50 | 74.75 | 61.00 | 87.50 | 69.46 | 73.22 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
3 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 84.00 | 83.33 | 75.00 | 83.50 | 83.50 | 74.38 | 60.00 | 83.50 | 68.85 | 72.78 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
4 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 81.00 | 72.33 | 70.13 | 74.50 | 74.50 | 62.00 | 52.00 | 74.50 | 58.15 | 60.89 | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
5 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 93.00 | 87.67 | 79.13 | 89.00 | 89.00 | 74.13 | 56.00 | 89.00 | 67.15 | 72.11 | 93.00 | 93.00 | 93.00 | 93.00 | 93.00 |
6 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 91.00 | 86.33 | 80.13 | 87.50 | 87.50 | 75.75 | 62.00 | 87.50 | 70.46 | 74.22 | 99.00 | 99.00 | 99.00 | 99.00 | 99.00 |
7 | 065002200017 | M. SATRIA PRATAMA | 58.00 | 66.00 | 55.00 | 64.00 | 64.00 | 62.50 | 50.00 | 64.00 | 57.69 | 61.11 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
8 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 64.00 | 74.00 | 56.88 | 71.50 | 71.50 | 66.25 | 45.00 | 71.50 | 58.08 | 63.89 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 |
9 | 065002200037 | PUTRA MARIO SANTOSO | 89.00 | 79.67 | 77.00 | 82.00 | 82.00 | 68.25 | 57.00 | 82.00 | 63.92 | 67.00 | 76.00 | 76.00 | 76.00 | 76.00 | 76.00 |
10 | 065002200029 | NAZRI HASBY | 90.00 | 83.33 | 79.13 | 85.00 | 85.00 | 72.88 | 61.00 | 85.00 | 68.31 | 71.56 | 99.00 | 99.00 | 99.00 | 99.00 | 99.00 |
11 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 51.00 | 67.00 | 50.63 | 63.00 | 63.00 | 65.63 | 50.00 | 63.00 | 59.62 | 63.89 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
12 | 065002200043 | MUHAMMAD RAFI | 89.00 | 79.67 | 72.50 | 82.00 | 82.00 | 63.75 | 45.00 | 82.00 | 56.54 | 61.67 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 |
13 | 065002200023 | CHAERUDIN SAPUTRA | 98.00 | 88.00 | 93.13 | 90.50 | 90.50 | 83.75 | 85.00 | 90.50 | 84.23 | 83.89 | 99.00 | 99.00 | 99.00 | 99.00 | 99.00 |
14 | 065002200004 | NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI | 84.00 | 78.00 | 74.63 | 79.50 | 79.50 | 69.00 | 59.00 | 79.50 | 65.15 | 67.89 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 |
15 | 065002200034 | ALFARIZQI WIRA ANADYAR | 96.00 | 74.00 | 82.50 | 79.50 | 79.50 | 61.88 | 60.00 | 79.50 | 61.15 | 61.67 | 48.00 | 48.00 | 48.00 | 48.00 | 48.00 |
16 | 065002200002 | AYESHA NADRA SAABIRAH | 90.00 | 86.67 | 78.38 | 87.50 | 87.50 | 75.25 | 59.00 | 87.50 | 69.00 | 73.44 | 96.00 | 96.00 | 96.00 | 96.00 | 96.00 |
17 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 70.00 | 62.00 | 62.50 | 64.00 | 64.00 | 55.00 | 50.00 | 64.00 | 53.08 | 54.44 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 |
18 | 065002200013 | FATHUR RAHMAN | 95.00 | 88.33 | 92.38 | 90.00 | 90.00 | 86.13 | 88.00 | 90.00 | 86.85 | 86.33 | 95.00 | 95.00 | 95.00 | 95.00 | 95.00 |
19 | 065002200038 | ELITA WAHYU FIRDASARI | 79.00 | 79.00 | 71.88 | 79.00 | 79.00 | 71.88 | 60.00 | 79.00 | 67.31 | 70.56 | 79.00 | 79.00 | 79.00 | 79.00 | 79.00 |
20 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 71.00 | 69.67 | 65.38 | 70.00 | 70.00 | 64.13 | 56.00 | 70.00 | 61.00 | 63.22 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 |
21 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 60.00 | 74.67 | 58.50 | 71.00 | 71.00 | 72.25 | 56.00 | 71.00 | 66.00 | 70.44 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 |
22 | 065002200040 | VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA | 71.00 | 79.00 | 63.13 | 77.00 | 77.00 | 70.63 | 50.00 | 77.00 | 62.69 | 68.33 | 84.00 | 84.00 | 84.00 | 84.00 | 84.00 |
23 | 065002200044 | KARAN SHANKAR | 51.00 | 71.00 | 46.88 | 66.00 | 66.00 | 65.63 | 40.00 | 66.00 | 55.77 | 62.78 | 94.00 | 94.00 | 94.00 | 94.00 | 94.00 |
24 | 065002200009 | RYANDRA RAFA ADITYA | 74.00 | 80.00 | 69.50 | 78.50 | 78.50 | 75.13 | 62.00 | 78.50 | 70.08 | 73.67 | 93.00 | 93.00 | 93.00 | 93.00 | 93.00 |
25 | 065002200039 | USWATUN KHASANAH | 61.00 | 75.67 | 54.25 | 72.00 | 72.00 | 68.00 | 43.00 | 72.00 | 58.38 | 65.22 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
26 | 065002200032 | SHILFIYYA AMALIA ASDI | 87.00 | 84.33 | 82.50 | 85.00 | 85.00 | 80.00 | 75.00 | 85.00 | 78.08 | 79.44 | 93.00 | 93.00 | 93.00 | 93.00 | 93.00 |
27 | 065002200026 | JANATHAN AUDI | 40.00 | 53.33 | 47.50 | 50.00 | 50.00 | 60.00 | 60.00 | 50.00 | 60.00 | 60.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 |
28 | 065002200042 | STEVANIO | 72.00 | 74.00 | 60.38 | 73.50 | 73.50 | 62.25 | 41.00 | 73.50 | 54.08 | 59.89 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
29 | 065002200015 | HAWA APRILIA UTAMI | 68.00 | 77.33 | 63.88 | 75.00 | 75.00 | 72.63 | 57.00 | 75.00 | 66.62 | 70.89 | 95.00 | 95.00 | 95.00 | 95.00 | 95.00 |
30 | 065002200030 | RIDWAN BAKKARA | 40.00 | 57.33 | 44.13 | 53.00 | 53.00 | 60.38 | 51.00 | 53.00 | 56.77 | 59.33 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 |
31 | 065002200027 | MARIA ULPA | 89.00 | 85.67 | 74.75 | 86.50 | 86.50 | 71.63 | 51.00 | 86.50 | 63.69 | 69.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
32 | 065002200012 | ATHAR DHIYA'AN KOMAR | 84.00 | 71.33 | 63.75 | 74.50 | 74.50 | 51.88 | 30.00 | 74.50 | 43.46 | 49.44 | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
33 | 065002200020 | AHMAD DANI SAPUTRA | 58.00 | 66.00 | 57.25 | 64.00 | 64.00 | 64.75 | 56.00 | 64.00 | 61.38 | 63.78 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
34 | 065002200019 | SANDI PERMANA YUDA | 50.00 | 62.00 | 48.13 | 59.00 | 59.00 | 59.38 | 45.00 | 59.00 | 53.85 | 57.78 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
35 | 065002200007 | MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR | 51.00 | 60.33 | 48.75 | 58.00 | 58.00 | 57.50 | 45.00 | 58.00 | 52.69 | 56.11 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 |
36 | 065002200018 | RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM | 35.00 | 58.33 | 40.63 | 52.50 | 52.50 | 62.50 | 50.00 | 52.50 | 57.69 | 61.11 | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 |
37 | 065002200036 | MUHAMMAD SHALAHUDDIN | 10.00 | 3.33 | 6.25 | 5.00 | 5.00 | 0.00 | 0.00 | 5.00 | 0.00 | 0.00 | 8.00 | 8.00 | 8.00 | 8.00 | 8.00 |
38 | 065002200016 | JANNATHAN GERALD MAHENDRA | 60.00 | 72.67 | 56.63 | 69.50 | 69.50 | 68.50 | 51.00 | 69.50 | 61.77 | 66.56 | 64.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 |
39 | 065002200005 | MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ | 76.00 | 72.00 | 62.13 | 73.00 | 73.00 | 58.38 | 39.00 | 73.00 | 50.92 | 56.22 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
40 | 065002200045 | RAHMADANA NURDIANSYAH | 41.00 | 13.67 | 25.63 | 20.50 | 20.50 | 0.00 | 0.00 | 20.50 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
41 | 065002200041 | CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. | 54.00 | 58.00 | 51.00 | 57.00 | 57.00 | 54.75 | 46.00 | 57.00 | 51.38 | 53.78 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 |
42 | 065002100037 | TINUS JANGKUP | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.)