Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Studi Ekskursi
Kode Mata Kuliah : UKT6102
Tim Dosen :
  1. 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
Kelas : 01
Dosen : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 94 mahasiswa

Program Studi TEKNIK INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Studi Ekskursi
KODE MATA KULIAH : UKT6102
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
STUDI EKSKURSI
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
UKT6102
Bobot (sks):
1.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa memiliki gambaran tentang dunia kerja dan membantu mereka mengenal dunia kerja lebih dalam.
S.1 S1.CPMK-2 Meningkatkan pola pikir, kreativitas, dan pengalaman mahasiswa informatika dalam menyongsong masa depan
KU.3 KU3.CPMK-3 Ketrampilan Berkomunikasi: Mampu mengkomunikasikan pengalaman kunjungan, pemahaman tentang industri digital, dan hasil penelitian dalam bentuk presentasi dan laporan tertulis.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
S1.CPMK-1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
S.1 S1.CPMK-2
S1.CPMK-2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
S1.CPMK-2.2 Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
KU.3 KU3.CPMK-3
KU3.CPMK-3.1 Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
KU3.CPMK-3.2 Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UKT6102

Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UKT6102     SKS : 1.00
Mata Kuliah : Studi Ekskursi Dosen :
  1. 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
  2. Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
Pengantar Studi Ekskursi. Proses perencanaan kunjungan ke perusahaan digital.
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 Pemahaman tentang teknologi dan industri digital
  • Dr. Bambang Sudjatmiko(2019)
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 10.00 %
2
  1. Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
  2. Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
Persiapan dan perencanaan perjalanan: Pembentukan kepanitiaan untuk mengorganisasi rencana kunjungan. Pengetahuan tentang perusahaan yang akan dikunjung
  • Cooperation
  • Diskusi
  • Memainkan Peran
  • Pemecahan Masalah
150.00 Belajar mengorganisasi, berdiskusi, menentukan prioritas, menentukan anggaran
  • Dr. Adi Suryanto(2019)
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 10.00 %
3
  1. Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
  2. Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
  3. Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.
-Mendiskusikan tren dan inovasi di industri digital. -Pemahaman tentang peran teknologi dalam bisnis
  • Cooperation
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Merangsang Empati dan Berpikir Kritis: Mendorong mahasiswa untuk melihat perusahaan digital dari berbagai sudut pandang dan mengajak mereka berpikir kritis tentang dampak teknologi dalam bisnis.
  • Dave Chaffey, Tanya Hemphill, David Edmundson-Bird(2019)
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 10.00 %
4
  1. Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
  2. Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
  3. Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
  4. Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
  5. Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
Kunjungan ke Perusahaan dijital
  • Kolaborative
  • Studi Lapangan
  • Pemecahan Masalah
250.00 Memberikan pengalaman langsung dalam mengunjungi perusahaan digital untuk menerapkan dan mengamati konsep yang diajarkan dalam konteks nyata.
  • Lindsay Herbert(2019)
  • Laporan - 70.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Studi Ekskursi 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. ; Saturday 09:00:00-09:50:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (3.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 Minggu ke-1 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Laporan (70.00%)
HEIGHT KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.1 Minggu ke-2 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
HEIGHT KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.2 Minggu ke-3 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
TOTAL 0%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M3 M4
Komponen DP1 DP1 DP1 LP
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 5.00% 5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 5.00% 5%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 3.00% 3%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 5.00%5.00%70.00% 80%
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.1 5.00% 5%
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.2 2.00% 2%
TOTAL 10 10 10 70 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 DP1
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 DP1
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 DP1
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.2 DP1 DP1 LP
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.1 DP1
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.2 DP1
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 17 18.09
A- 19 20.21
B+ 31 32.98
B 12 12.77
B- 0 0.00
C+ 2 2.13
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
0 0 0 32 0.00
S1.CPMK-1.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
0 0 0 32 0.00
S1.CPMK-2.1
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
0 0 0 32 0.00
S1.CPMK-2.2
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
7 24 1 0 100.00
KU3.CPMK-3.1
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
0 0 0 32 0.00
KU3.CPMK-3.2
Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.
0 0 0 32 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
DP112
(37.50 %)
20
(62.50 %)
00100
(312.50 %)
LP5
(18.52 %)
21
(77.78 %)
1
(3.70 %)
0100
(370.37 %)
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
1 064002100037 THEO CHRIST MAXIMOS GINTINGS 0.000.000.0077.500.000.00
2 064002100030 I MADE NOVANDY ASARDI 0.000.000.0080.000.000.00
3 064002100032 FADJAR ARIESTIANTO SULEMAN 0.000.000.0076.800.000.00
4 064002100020 NATHANAEL WIDJAYA 0.000.000.0081.500.000.00
5 064002100031 ACHMAD FAUZY 0.000.000.0079.600.000.00
6 064002100018 ADILLA PRAMUDYA RAJASA 0.000.000.0073.000.000.00
7 064002100043 AGFAN HERRU PRATAMA HENDARSIN 0.000.000.0078.600.000.00
8 064002100027 ARIEF WIRA JUDITHANTYO 0.000.000.0076.100.000.00
9 064002100036 GAGAH PUTRA BANGSA 0.000.000.0080.800.000.00
10 064002100008 AZIZA ANANTA ENDRASWARA 0.000.000.0081.700.000.00
11 064002100004 LULU ALFINA ZAHRA 0.000.000.0075.400.000.00
12 064002100010 ALEFIA RINI MUTMAINNAH 0.000.000.0078.200.000.00
13 064002100009 DHEVY SYAHRILIA FADHILA PUTRI 0.000.000.0074.000.000.00
14 064002100011 NURUL AULIA ABDUL AZIZ 0.000.000.0075.400.000.00
15 064002100003 ANNISA NATASYA NADIN 0.000.000.0079.300.000.00
16 064002100033 QUINA MAJDINA SYACH 0.000.000.0076.100.000.00
17 064002100028 RAFLI RIANSYAH 0.000.000.0075.800.000.00
18 064002100022 DIMAS HUMAM ARIF 0.000.000.0073.300.000.00
19 064002100042 NAUFAL FADILLAH PUTRA SURANTO 0.000.000.0073.300.000.00
20 064002100026 MUHAMMAD RHEYNAL GHAZALI 0.000.000.0074.700.000.00
21 064002000026 RIFQI RASYADAN 0.000.000.0074.000.000.00
22 064002100015 HAIKAL MUFAKHIR 0.000.000.0080.000.000.00
23 064002100017 FARHAN FADILLAH HARAHAP 0.000.000.0080.100.000.00
24 064002000016 BORIS LUHUNG SWARA 0.000.000.0064.200.000.00
25 064002100029 RIDHO BAIHAQI 0.000.000.0080.000.000.00
26 064002000009 KASYAH ARYA SYAHPUTRA 0.000.000.0076.800.000.00
27 064002100005 REZA NUGRAHA SANTOSO 0.000.000.0074.000.000.00
28 064002100016 MAULANA IKHLASUL AHNAF 0.000.000.0073.300.000.00
29 064002100035 MUHAMMAD KAYIS 0.000.000.0074.000.000.00
30 064002100014 FAVIAN QINTARA DAFFA 0.000.000.0076.500.000.00
31 064002100025 AFFITRA NADINE DEWI 0.000.000.0078.600.000.00
32 064002100012 MUHAMMAD ERVANZHA 0.000.000.0071.200.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.)