PORTOFOLIO MATA KULIAH
EKSKURSI TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI (PTKE)
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional.
S.2
Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian.
P.1
Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi.
KU.1
Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi
KU.2
Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan.
KK.1
Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
KK.2
Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan.
KK.3
Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi.
KK.4
Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab.
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
S.2
Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian.
KU.1
Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
S.2
S2.CPMK-1
Mahasiswa menerapkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
KU.1
KU1.CPMK-2
Mahasiswa menerapkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
KU.1
KU1.CPMK-2
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MFU6102
Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN
Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MFU6102 SKS : 1.00
Mata Kuliah : Ekskursi Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE)
Dosen :
3197 Ir. Pauhesti, M.T.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Visi misi Fakultas dan Prodi, pembagian kelompok
Diskusi
50.00
Mahasiswa mendapat info mengenai visi misi fakultas dan prodi, serta mendapatkan kelompok untuk satu semester kedepan.
2
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
3
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
4
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
5
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
6
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Kunjungan ke museum Graha Widya Patra (Gawitra) Taman Mini Indonesi Indah
Studi Lapangan
50.00
Melihat alat peraga tentang ilmu perminyakan yang terdapat dalam museum Gawitra
7
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Presentasi hasil kunjungan
Diskusi
Presentasi
50.00
Mahasiswa mempresentasikan apa yang mereka pelajari dari hasil kunjungan sebelumnya, dan dikaitkan dengan materi-materi PTKE.
Ujian Tengah Semester - 25.00 %
8
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
9
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
10
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
11
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
12
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Pemantapan materi dari Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi
Diskusi
50.00
Mahasiswa mempelajari materi dari setiap pertemuan di Pengenalan Teknologi Kebumian dan Energi, guna dapat diimplementasikan pada kegiatan ekskursi.
13
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Kunjungan ke Museum Geologi dan Citatah Stone Garden
Studi Lapangan
50.00
Mahasiswa mempelajari materi yang berada Museum Geologi dan melihat langsung kondisi lapangan di Stone Garden Citatah
Tugas - 50.00 %
14
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Mengumpulkan karya tulis dan video hasil kunjungan Museum Geologi dan Stone Garden Citatah
Kolaborative
Cooperation
50.00
Mahasiswa mengumpulkan karya tulis dan video (berupa vlog), hasil kunjungan dari Museum Geologi dan Stone Garden Citatah
Ujian Akhir Semester - 25.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Ekskursi Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE)
3197 Ir. Pauhesti, M.T.
; Wednesday 07:00:00-08:50:00
Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T.
Ketua
3197 Ir. Pauhesti, M.T.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (25.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (50.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (25.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
25.00%
25%
TOTAL
25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
25.00%
25%
TOTAL
25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
TOTAL
0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
50.00%
50%
TOTAL
50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi
Minggu Ke -
TOTAL
M7
M13
M14
Komponen
UTS
TG
UAS
CPL
CPMK
Sub CPMK
A1
A2
A3
Bobot
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
25.00%
50.00%
25.00%
100%
TOTAL
25
50
25
100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Indikator Kinerja: Ujian Akhir Semester Performance Indicator: Final Exam
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
S.2
S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
Indikator Kinerja: Ujian Akhir Semester Performance Indicator: Final Exam
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
10
90.91
A-
0
0.00
B+
0
0.00
B
0
0.00
B-
0
0.00
C+
0
0.00
C
0
0.00
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
S2.CPMK-1.1
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
10
0
0
1
90.91
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mampu membuat tulisan ilmiah mengenai kunjungan ekskursi
TG
10 (90.91 %)
0
0
1 (9.09 %)
90.91 (826.45 %)
UAS
10 (90.91 %)
0
0
1 (9.09 %)
90.91 (826.45 %)
UTS
10 (90.91 %)
0
0
1 (9.09 %)
90.91 (826.45 %)
Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
S2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
1
071002300001
MUHAMMAD ADRICO ARRASYIDU IDO
80.00
2
071002300002
ABDULLAH FAHAD ALHUJAELI
80.00
3
071002300003
ADIEB ANGGER TRAPSILO
80.00
4
071002300004
ALAIN NABILA BORCKY
80.00
5
071002300005
ALFIAN NOVALZI
80.00
6
071002300006
BERNIE CHELSEA PATRICIA
80.00
7
071002300007
CHELSEA KYLA ALDIVA
80.00
8
071002300008
CHRISTIAN VALENTINO MENICK
2.50
9
071002300009
DIMITRI TRIFENA DARANDANG
80.00
10
071002300010
FAIZ ROHMAN
80.00
11
071002300052
NICHOLAS ALEXANDER CHANDRA
80.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)