Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : UBA6202
Tim Dosen :
  1. 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.
Kelas : 02
Dosen : 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 33 mahasiswa

Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN

Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Inggris
KODE MATA KULIAH : UBA6202
KELAS : TP-B
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INGGRIS
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Kode:
UBA6202
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional.
S.2 Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian.
P.1 Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi.
KU.1 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi
KU.2 Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan.
KK.1 Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
KK.2 Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan.
KK.3 Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi.
KK.4 Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab.
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional.
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan strategi dan keterampilan membaca artikel/tulisan dalam bahasa Inggris tentang minyak dan gas bumi.
S.1 S1.CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami tata bahasa (grammar) bahasa Inggris sebagai dasar penguasaan keempat keterampilan berbahasa.
S.1 S1.CPMK-3 Mahasiswa mampu menggunakan strategi dan keterampilan berbicara bahasa Inggris yang terkait dengan bidang minyak dan gas bumi.
S.1 S1.CPMK-4 Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis paragraf dan esai dalam bahasa Inggris tentang minyak dan gas bumi.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat report dengan membaca dan mengerti artikel 'in the oil company and in the oil field'.
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat-kalimat 'conditional' dengan membaca artikel dengan topik 'upstream and downstream'.
S1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur degrees of comparison dengan membaca artikel bertopik 'improved oil recovery and finding oil'.
S.1 S1.CPMK-2
S1.CPMK-2.1 Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course.
S1.CPMK-2.2 Students will be able to apply the grammatical structure in reading an article in oil and gas industry.
S1.CPMK-2.3 - Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan
S.1 S1.CPMK-3
S1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan.
S1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan.
S.1 S1.CPMK-4
S1.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'.
S1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'.
S1.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis paragraph tentang 'safety first in oil and gas industry'.
S1.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'.
S1.CPMK-4.5 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6202

Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UBA6202     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Inggris Dosen :
  1. 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course.
- Vision & Mission of University and Faculty - Classroom routine, rules & regulations - Introduction to teaching-learning process, materials, assessments, and assignments - Self-introduction and needs analysis
  • Cooperation
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Discussion & Assignment
  • Andres, Insuasty Cardenas(2020)
  • Diskusi - 0.00 %
2
  1. Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course.
- Reviewing tenses and parts of speech - Reading an article about ‘Introduction to oil and gas industry’
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • Azar, Betty S & Hagen, Stacy A. (2011)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas 1 - 10.00 %
3
  1. - Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan
- Reviewing active and passive construction within a sentence or paragraph - Reading an article about ‘Jobs in the oil and gas industry’
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • Kynaston, Herman. (2020)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
- Reviewing gerund and infinitives in a passage - Reading an article about ‘An oil refinery in your country’
  • Cooperation
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • DiGiacomo, Michael. (2020)
  • Tugas 2 - 10.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
- Reviewing reported speech in a passage - Reading an article on ‘In the oil company and in the oil field’
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • McLendon, Lisa. (2017)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
- Reviewing conditional sentences (type I, II, & III) - Reading an article on ‘Upstream and downstream’
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • Teamer, Quinton. (2021)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas 3 - 10.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
- Reviewing degrees of comparison - Reading an article on ‘Improved oil recovery & Finding oil’
  • Cooperation
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • Azar, Betty S & Hagen, Stacy A. (2011)
  • Tugas 4 - 10.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'.
- Reviewing Adjective, noun, and adverbial clause - Reading an article on ‘The history of petrochemicals’
  • Cooperation
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Discussion & Assignment
  • McLendon, Lisa. (2017)
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'.
- Reviewing Simple, compound, and complex sentences - Reading an article on ‘Natural gas’
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • DiGiacomo, Michael. (2020)
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis paragraph tentang 'safety first in oil and gas industry'.
- Reviewing Paragraph structure - Reading an article about ‘Safety first in oil and gas industry’
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Discussion & Assignment
  • DiGiacomo, Michael. (2020)
  • Tugas 5 - 10.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'.
-- Writing topic sentence, supporting sentences, and concluding sentence - Reading an article about ‘Accidents and emergencies in the oil and gas industry’
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • Teamer, Quinton. (2021)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'.
- Writing topic sentence, supporting sentences, and concluding sentence - Reading an article on ‘Oil spill & environmental impact
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 Discussion & Assignment
  • Weissman, Jerry. (2011)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan.
- Reviewing oral presentation - Preparing for an oral presentation
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Discussion & Assignment
  • Billerback, Mathias(2020)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan.
- Reviewing oral preparation based on the agreed essay - Presenting an essay-based video about PE
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Memainkan Peran
100.00 Discussion & Assignment
  • Weissman, Jerry. (2011)
  • Ujian Akhir Semester - 10.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Inggris 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. ; Monday 08:00:00-09:50:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T.

Ketua
070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-4 Assessment: Tugas 2 (10.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas 4 (10.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Diskusi (0.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas 1 (10.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.3 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.2 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.3 Minggu ke-10 Assessment: Tugas 5 (10.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.4 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.5 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 5.00%
5.00%
10%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.3 5.00%
5%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 10.00%
10%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.1 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.2 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.4 3.00%
3%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.5 2.00%
2%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 10.00%
10.00%
10.00%
30%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 10.00%
10%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.3 10.00%
10%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M4 M5 M6 M7 M1 M2 M3 M14 M13 M12 M11 M10 M9 M8
Komponen TG2 UTS TG3 UTS TG4 Disc TG1 UTS UTS UAS UAS UAS UAS TG5 UAS UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 10.00%5.00%10.00%5.00%10.00% 40%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 0.00%10.00%5.00% 15%
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.3 5.00% 5%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 10.00% 10%
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 5.00% 5%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.1 5.00% 5%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.2 5.00% 5%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.3 10.00% 10%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.4 3.00% 3%
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.5 2.00% 2%
TOTAL 10 5 10 5 10 10 5 5 10 5 5 5 10 3 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 TG2 UTS TG3 UTS TG4
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1 Disc TG1 UTS
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.3 UTS
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1 UAS
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2 UAS
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.1 UAS
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.2 UAS
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.3 TG5
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.4 UAS
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.5 UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
Indikator Kinerja: Mengerti penggunaan gerund &infinitives dari artikel dan mengerti ide pokok dan informasi umum dari artikel terkait PE.
Performance Indicator: Understanding the use of gerund and infinitives from the article and getting the main idea and general information from the content related passages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.1Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course.
Indikator Kinerja: Tanya jawab tentang penggunaan tenses dan parts of speech dari article dan menjelaskan isi dari artikel.
Performance Indicator: Asking and answering questions on the use of tenses and parts of speech in the article and explaining the content of the article
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-2 S1.CPMK-2.3- Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan
Indikator Kinerja: Tanya jawab tentang penggunaan tenses dan parts of speech dari article dan menjelaskan isi dari artikel.
Performance Indicator: Asking and answering questions on the use of tenses and parts of speech in the article and explaining the content of the article
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tanya jawab terkait penggunaan kalimat aktif dan pasif yang diambil dari artikel dengan menjelaskan isi dari artikel
Performance Indicator: Asking and answering questions on the use of active and passive sentences in the article and explaining the content of the article
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan.
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan.
Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-3 S1.CPMK-3.2Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan.
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan.
Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah.
Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.1Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'.
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan.
Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah.
Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui.
Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.2Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'.
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan.
Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah.
Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui.
Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menuliskan karangan ilmiah berdasarkan kerangkan karangan yang telah disetujui.
Performance Indicator: Writing an essay based on the agreed outline
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.4Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'.
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan.
Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah.
Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui.
Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menuliskan karangan ilmiah berdasarkan kerangkan karangan yang telah disetujui.
Performance Indicator: Writing an essay based on the agreed outline
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisis penggunaan degrees of comparison dan konten dari artikel ilmiah tentang dunia perminyakan.
Performance Indicator: Analyzing the use of degrees of comparison in sentences from the article and analyzing the content related passages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.1 S1.CPMK-4 S1.CPMK-4.5Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'.
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan.
Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah.
Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui.
Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menuliskan karangan ilmiah berdasarkan kerangkan karangan yang telah disetujui.
Performance Indicator: Writing an essay based on the agreed outline
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisis penggunaan degrees of comparison dan konten dari artikel ilmiah tentang dunia perminyakan.
Performance Indicator: Analyzing the use of degrees of comparison in sentences from the article and analyzing the content related passages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisis penggunaan tipe-tipe klause yang berbeda dan isi dari artikel dalam bidang perminyakan.
Performance Indicator: Analyzing the use of different types of clauses from the article and analyzing the content related passages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 3 9.09
A- 5 15.15
B+ 19 57.58
B 3 9.09
B- 1 3.03
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
0 31 0 2 93.94
S1.CPMK-2.1
Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course.
21 9 1 2 93.94
S1.CPMK-2.3
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan
5 20 6 2 93.94
S1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan.
13 18 0 2 93.94
S1.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan.
0 30 1 2 93.94
S1.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'.
4 27 0 2 93.94
S1.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'.
1 30 0 2 93.94
S1.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis paragraph tentang 'safety first in oil and gas industry'.
0 31 0 2 93.94
S1.CPMK-4.4
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'.
3 28 0 2 93.94
S1.CPMK-4.5
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'.
8 23 0 2 93.94
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country'
TG21
(3.23 %)
30
(96.77 %)
00100
(322.58 %)
TG3031
(100.00 %)
00100
(322.58 %)
TG4031
(100.00 %)
00100
(322.58 %)
Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course.
TG121
(67.74 %)
9
(29.03 %)
1
(3.23 %)
0100
(322.58 %)
Disc031
(100.00 %)
00100
(322.58 %)
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan
UTS5
(16.13 %)
20
(64.52 %)
6
(19.35 %)
0100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan.
UAS13
(41.94 %)
18
(58.06 %)
00100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan.
UAS030
(96.77 %)
1
(3.23 %)
0100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'.
UAS4
(12.90 %)
27
(87.10 %)
00100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'.
UAS1
(3.23 %)
30
(96.77 %)
00100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis paragraph tentang 'safety first in oil and gas industry'.
TG5031
(100.00 %)
00100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'.
UAS3
(9.68 %)
28
(90.32 %)
00100
(322.58 %)
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'.
UAS8
(25.81 %)
23
(74.19 %)
00100
(322.58 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-4.5 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-4.5 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-4.4
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-4.5
Std Mark: 56.00
1 071002300027 ZAIDAN FARRAS 71.3370.0068.0079.0070.0075.0074.0078.0078.0079.00
2 071002300028 ANNISA TRI APTANTI 75.6790.0065.0080.0075.0077.0076.0079.0077.0080.00
3 071002300029 AZIAN FAZIRAH 75.3380.0076.0081.0076.0078.0076.0077.0076.0078.00
4 071002300030 FERLIYAN OKTAVIYANTI UTOMO 74.6780.0075.0080.0075.0078.0078.0078.0079.0079.00
5 071002300031 MUHAMAD TAKUMA MATSUMURA 76.0085.0078.0079.0074.0078.0078.0078.0079.0076.00
6 071002300032 MUHAMMAD IQBAL ARRAFI 72.6785.0071.0079.0078.0079.0077.0075.0075.0075.00
7 071002300033 PADIAN YEREMIA MUNTHE 76.6785.0077.0078.0078.0077.0076.0076.0077.0076.00
8 071002300034 RAKHA DAFA SWANDARU PUTRA 74.0085.0069.0079.0078.0076.0076.0076.0076.0075.00
9 071002300035 ANTHON SAMWEL SABONO 76.0070.0069.0076.0075.0074.0075.0077.0076.0079.00
10 071002300036 GRAVELIA CHERITY PASIMANYEKU 76.3385.0066.0080.0078.0079.0079.0078.0080.0080.00
11 071002300038 ZIDANE AL BAYWARI MENEZES 76.0085.0078.0080.0079.0079.0078.0079.0078.0078.00
12 071002300039 M.KHAIR DABIT ISTIBRA 74.3380.0063.0080.0075.0076.0076.0075.0075.0075.00
13 071002300040 AMMAAR 0 ALI 73.6770.0077.0078.0074.0075.0075.0076.0074.0075.00
14 071002300041 ANABELA CHRESTELLA PUTRI RIZA 75.0076.0068.0080.0079.0080.0079.0077.0080.0080.00
15 071002300042 ANNISA PUTRI MAHARANI 73.6770.0086.0080.0079.0080.0078.0074.0078.0079.00
16 071002300043 ARIK RIFKI HENDRAWAN HARAHAP 78.0085.0084.0080.0079.0080.0080.0079.0079.0080.00
17 071002300044 FAJRIL AKBAR 75.6780.0070.0078.0078.0078.0078.0078.0076.0078.00
18 071002300045 VALENTINO KEENAN SAERANG 73.3365.0081.0079.0076.0076.0075.0075.0076.0076.00
19 071002300046 EZEKEL SYAHDEWA NABIL GUTAWAN 71.0070.0060.0070.0065.0070.0073.0070.0074.0075.00
20 071002300047 MUHAMMAD TOFANO BAGUS HARYANTO 74.6785.0073.0078.0076.0078.0078.0078.0078.0079.00
21 071002300048 SATRIO PRASETYA 75.0085.0068.0079.0076.0078.0078.0078.0076.0070.00
22 071002300049 SECSIO KENSA BACHRUDDIN 77.0075.0078.0078.0076.0078.0076.0078.0076.0079.00
23 071002300050 ALFI FARID SONDA PRATAMA 76.6775.0074.0079.0075.0078.0069.0078.0075.0078.00
24 071002300051 ANDRE RENALDY BUDI SETIAWAN 79.0085.0085.0080.0078.0078.0079.0079.0079.0080.00
25 071002300052 NICHOLAS ALEXANDER CHANDRA 76.0085.0076.0080.0079.0079.0079.0077.0078.0080.00
26 071002300053 RIZKE AJENG YM. 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
27 071002300054 RAYHAN ARYA MAHENDRA 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
28 071001800136 Rahmat Arjuna Rahman 76.0080.0070.0075.0070.0070.0077.0078.0070.0072.00
29 071001900005 AGUNG JUFRI BANDASO 76.3380.0075.0074.0075.0069.0075.0079.0070.0069.00
30 071002300055 ZAKIA AZZAHRA 77.6790.0081.0080.0079.0080.0079.0079.0080.0080.00
31 071002000072 HERDIANSYAH 75.0090.0074.0080.0070.0075.0070.0078.0076.0080.00
32 071002300056 ANGELA BEATRICE EMMANUELLE MANTIRI 77.0090.0063.0077.0079.0079.0076.0078.0077.0075.00
33 071002300057 MUHAMMAD RAFKI 72.6776.0062.0079.0079.0078.0076.0075.0078.0078.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.)