PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Neural Network and Deep Learning |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6336 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 58 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Neural Network and Deep Learning |
KODE MATA KULIAH | : IKS6336 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH NEURAL NETWORK AND DEEP LEARNING Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6336 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep neural network dan deep learning |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengevaluasi kinerja berbagai model jaringan syaraf dan deep learning |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menerapkan algoritma neural network dan deep learning untuk menyelesaikan masalah di industri |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6336 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6336 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Neural Network and Deep Learning | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Neural Network Perceptron - Model Neuron - Fungsi Aktivasi - Perceptron learning - Gradient descent learning |
|
150.00 | Mahasiswa menulis perhitungan pembelajaran perceptron |
|
|
2 |
|
Multilayer Perceptron (MLP)
- Metode Gradient Descent - Backpropagation Learning |
|
150.00 | Mahasiswa menulis perhitungan pembelajaran backpropagation |
|
|
3 |
|
Studi Kasus: Regresi dengan output kontinu menggunakan MLP |
|
150.00 | Menerapkan model MLP untuk permasalahan prediksi dengan output bilangan kontinu menggunakan pustaka sckit-learn |
|
|
4 |
|
Studi kasus: Klasifikasi biner menggungakan MLP
Evaluasi kinerja: akurasi, confusion Matriks |
|
150.00 | Menerapkan model MLP untuk permasalahan klasifikasi biner menggunakan pustaka sckit-learn |
|
|
5 |
|
Studi Kasus: Klasifikasi multi kelas memnggunakan MLP Fungsi Aktivasi: Softmax |
|
150.00 | Menerapkan model MLP untuk permasalahan klasifikasi Multi kelas menggunakan pustaka sckit-learn |
|
|
6 |
|
Evaluasi Model - Prosedur: train, test dan validation dataset; cross-validation - Metriks: Precision, Recall, F-1 score Learning Curve: overvit,underfit dan goodfit model |
|
150.00 | Memahami prosedur dan metriks evaluasi model |
|
|
7 |
|
Tuning parameter: - Optimasi: Momentum, SGD, Adam, RMSprop - Dropout |
|
150.00 | Mahasiswa memahami optimasi dan tuning parameter |
|
|
8 |
|
Tesorflow dan Keras Studi kasus: Pengenalan citra digit tulis tangan(MNIST) menggunakan MLP |
|
150.00 | Menerapkan model Multilayer Perceptron untuk kasus pengenalan citra digit tulis tangan(MNIST) menggunakan pustaka Tensorflow & keras |
|
|
9 |
|
Deeplearning vs Machine Learning Convolution Neural Network(CNN) Studi kasus: Pengenalan citra digit tulis tangan(MNIST) menggunakan CNN |
|
150.00 | Menerapkan model CNN untuk kasus pengenalan citra digit tulis tangan(MNIST) menggunakan pustaka Tensorflow & keras |
|
|
10 |
|
Model Deeplearning untuk deteksi objek Studi kasus: Deteksi objek menggunakan model deeplearning MTCNN |
|
150.00 | Menerapkan model deeplearning MTCNN untuk kasus deteksi objek |
|
|
11 |
|
Studi kasus: Deteksi objek menggunakan pre-train CNN model |
|
150.00 | Menerapkan pre-train CNN model untuk kasus deteksi objek |
|
|
12 |
|
Recurrent Neural Network (RNN) Long Short Term Memory (LSTM) |
|
150.00 | Memahami konsep RNN dan LSTM |
|
|
13 |
|
Studi kasus: Prediksi data time series menggunakan RNN/LSTM |
|
150.00 | Menerapkan RNN/LSTM untuk memprediksi data time series |
|
|
14 |
|
Studi kasus: Sentimen Analisis menggunakan RNN/LSTM |
|
150.00 | Menerapkan RNN/LSTM untuk permasalahan Sentimen Analisis |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Neural Network and Deep Learning | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ; Thursday 07:30:00-12:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.3 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (8.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.3 | Minggu ke-10 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.4 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.5 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.6 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.7 | Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.8 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.9 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 4.50% | 4.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 4.50% | 4.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.3 | 8.00% | 8% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 12.50% | 12.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | 12.50% | 12.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.5 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.6 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.7 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.8 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.9 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||
M1 | M2 | M9 | M12 | M6 | M7 | M3 | M10 | M13 | M14 | M5 | M8 | M11 | M4 | |||||||
Komponen | UTS | TG | TG | UTS | UAS | TG | UAS | UTS | UTS | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 4.50% | 2.50% | 7% | |||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 2.50% | 4.50% | 7% | |||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 12.50% | 12.5% | ||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | 12.50% | 12.5% | ||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.3 | 8.00% | 8% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.3 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.4 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.5 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.6 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.7 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.8 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.9 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||
TOTAL | 4.5 | 2.5 | 2.5 | 4.5 | 12.5 | 5 | 12.5 | 8 | 8 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | UTS TG |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | UAS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.3 | UTS |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.3 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.4 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.5 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.6 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.7 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.8 | TG |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.9 | TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf perceptron | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf perceptron Performance Indicator: Able to explain the concept of perceptron neural networks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Mahasiwa mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf multi layer perceptron | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf perceptron Performance Indicator: Able to explain the concept of perceptron neural networks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf multi layer Performance Indicator: Able to explain the concept of multilayer neural networks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Mahasiswa memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk prediksi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk prediksi Performance Indicator: Understand and apply performance evaluation for predictions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | Mahasiswa memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk klasifikasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk prediksi Performance Indicator: Understand and apply performance evaluation for predictions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk klasifikasi Performance Indicator: Understand and apply performance evaluation for classification |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.3 | Mahasiswa memahami dan menerapkan hyperparamter tuning | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk prediksi Performance Indicator: Understand and apply performance evaluation for predictions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk klasifikasi Performance Indicator: Understand and apply performance evaluation for classification |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memahami dan menerapkan hyperparamter tuning Performance Indicator: Understand and apply hyperparameter tuning |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Mahasiwa mampu menjelaskan konsep Convolutional Neural Network(CNN) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan konsep Convolutional Neural Network(CNN) Performance Indicator: able to explain the concept of Convolutional Neural Network(CNN) |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | Mahasiwa mampu menjelaskan konsep Recurrent Neural Network(RNN) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan konsep Convolutional Neural Network(CNN) Performance Indicator: able to explain the concept of Convolutional Neural Network(CNN) |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan konsep Recurrent Neural Network(RNN) Performance Indicator: Able to explain the concept of Recurrent Neural Network(RNN) |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 16 | 27.59 |
A- | 6 | 10.34 |
B+ | 14 | 24.14 |
B | 10 | 17.24 |
B- | 6 | 10.34 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf perceptron |
13 | 9 | 4 | 3 | 89.66 |
P2.CPMK-1.2 Mahasiwa mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf multi layer perceptron |
13 | 9 | 4 | 3 | 89.66 |
P2.CPMK-1.3 Mahasiwa mampu menjelaskan konsep Convolutional Neural Network(CNN) |
0 | 3 | 10 | 16 | 44.83 |
P2.CPMK-1.4 Mahasiwa mampu menjelaskan konsep Recurrent Neural Network(RNN) |
0 | 3 | 10 | 16 | 44.83 |
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk prediksi |
7 | 10 | 5 | 7 | 75.86 |
KU2.CPMK-2.2 Mahasiswa memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk klasifikasi |
7 | 10 | 5 | 7 | 75.86 |
KU2.CPMK-2.3 Mahasiswa memahami dan menerapkan hyperparamter tuning |
7 | 10 | 5 | 7 | 75.86 |
KK4.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan prediksi |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menerapkan model deep learning CNN untuk permasalahan klasifikasi dengan input berupa citra |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu menerapkan model deep learning CNN untuk permasalahan deteksi objek |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu menerapkan model RNN untuk permasalahan predeksi data sekuen |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu menerapkan model RNN untuk permasalahan sentimen analisis |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.6 Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan klasifikasi multi kelas |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.7 Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan klasifikasi dengan input berupa citra |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.8 Mahasiswa mampu menerapkan model pre-train deep learning CNN untuk permasalahan deteksi objek |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
KK4.CPMK-3.9 Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan klasifikasi dua kelas |
26 | 0 | 0 | 3 | 89.66 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf perceptron | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
UTS | 7 (26.92 %) | 10 (38.46 %) | 5 (19.23 %) | 4 (15.38 %) | 84.62 (325.46 %) |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep jaringan syaraf multi layer perceptron | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
UTS | 7 (26.92 %) | 10 (38.46 %) | 5 (19.23 %) | 4 (15.38 %) | 84.62 (325.46 %) |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep Convolutional Neural Network(CNN) | |||||
UAS | 0 | 3 (11.54 %) | 10 (38.46 %) | 13 (50.00 %) | 50 (192.31 %) |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep Recurrent Neural Network(RNN) | |||||
UAS | 0 | 3 (11.54 %) | 10 (38.46 %) | 13 (50.00 %) | 50 (192.31 %) |
Mahasiswa memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk prediksi | |||||
UTS | 7 (26.92 %) | 10 (38.46 %) | 5 (19.23 %) | 4 (15.38 %) | 84.62 (325.46 %) |
Mahasiswa memahami dan menerapkan evaluasi kinerja untuk klasifikasi | |||||
UTS | 7 (26.92 %) | 10 (38.46 %) | 5 (19.23 %) | 4 (15.38 %) | 84.62 (325.46 %) |
Mahasiswa memahami dan menerapkan hyperparamter tuning | |||||
UTS | 7 (26.92 %) | 10 (38.46 %) | 5 (19.23 %) | 4 (15.38 %) | 84.62 (325.46 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan prediksi | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model deep learning CNN untuk permasalahan klasifikasi dengan input berupa citra | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model deep learning CNN untuk permasalahan deteksi objek | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model RNN untuk permasalahan predeksi data sekuen | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model RNN untuk permasalahan sentimen analisis | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan klasifikasi multi kelas | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan klasifikasi dengan input berupa citra | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model pre-train deep learning CNN untuk permasalahan deteksi objek | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan model Multilayer Perceptron untuk permasalahan klasifikasi dua kelas | |||||
TG | 26 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (384.62 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||||
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.6 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.7 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.8 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.9 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 80.36 | 80.36 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
2 | 064002200010 | ANDRI MARTIN | 88.07 | 88.07 | 55.00 | 55.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
3 | 064002200015 | PUTRI SYABILLAH | 80.36 | 80.36 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
4 | 064002200030 | VANIA RAHMA DEWI | 82.29 | 82.29 | 63.00 | 63.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
5 | 064002200003 | AUDI AULIA | 80.36 | 80.36 | 50.00 | 50.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
6 | 064002200027 | TARUM WIDYASTI PERTIWI | 85.50 | 85.50 | 67.00 | 67.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
7 | 064002200020 | AISYAH NUR FADHLIA | 80.36 | 80.36 | 60.00 | 60.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
8 | 064002200004 | RHENA TABELLA | 86.79 | 86.79 | 67.00 | 67.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
9 | 064002200007 | SONYA RIDESIA HASTARI | 85.50 | 85.50 | 63.00 | 63.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
10 | 064002200006 | ISKY DWI APRILIANTO | 70.71 | 70.71 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
11 | 064002200009 | ADRIAN ALFAJRI | 84.86 | 84.86 | 78.00 | 78.00 | 82.00 | 82.00 | 82.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
12 | 064002200008 | CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA | 82.29 | 82.29 | 40.00 | 40.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
13 | 064002200012 | CANDY SOEKA WIYONO | 57.86 | 57.86 | 45.00 | 45.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
14 | 064002200024 | KHARISMA MAULIDA SAARA | 83.57 | 83.57 | 52.00 | 52.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
15 | 064002200033 | JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG | 73.29 | 73.29 | 50.00 | 50.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
16 | 064002200046 | ADRIANSYAH MAULANA PUTRA | 75.86 | 75.86 | 70.00 | 70.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
17 | 064002200043 | ADRIAN HALIM | 75.36 | 75.36 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
18 | 064002200005 | GELLENT ARDIANSYAH | 70.71 | 70.71 | 45.00 | 45.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
19 | 064002200049 | RODRICK KIEDIES | 72.14 | 72.14 | 63.00 | 63.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
20 | 064002200034 | MAULANA HAFIZH ARIPUTRA | 77.14 | 77.14 | 40.00 | 40.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
21 | 064002200031 | ALBIHAN | 57.86 | 57.86 | 58.00 | 58.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
22 | 064002200025 | MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH | 75.21 | 75.21 | 55.00 | 55.00 | 67.00 | 67.00 | 67.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
23 | 064002200002 | JOSUA WARMAN SIGALINGGING | 77.14 | 77.14 | 42.00 | 42.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
24 | 064002200022 | ARZENDRA AZFA YODHATAMA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
25 | 064001900025 | DORRYS LUBIS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
26 | 064002100032 | FADJAR ARIESTIANTO SULEMAN | 88.21 | 88.21 | 40.00 | 40.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
27 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 64.29 | 64.29 | 40.00 | 40.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
28 | 064001900005 | SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
29 | 064002100025 | AFFITRA NADINE DEWI | 65.71 | 65.71 | 45.00 | 45.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2435 Abdul Rochman, M.Kom.)