Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Kalkulus dan Aljabar Linear
Kode Mata Kuliah : IUM6318
Tim Dosen :
  1. 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
Kelas : 01
Dosen : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 45 mahasiswa

Program Studi TEKNIK INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Kalkulus dan Aljabar Linear
KODE MATA KULIAH : IUM6318
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
KALKULUS DAN ALJABAR LINEAR
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IUM6318
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil.
P.2 P2.CPMK-2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, bidang, transformasi linier dan nilai eigen
P.2 P2.CPMK-3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks dan sistem persamaan linier
P.2 P2.CPMK-4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyelesaikan tugas kasus matematika tepat waktu
P.2 P2.CPMK-5 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan diferensial
P.2 P2.CPMK-6 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan fungsi
P.2 P2.CPMK-7 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem bilangan dan operasinya
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mampu mengerjakan tugas tepat waktu dari soal Kalkulus dan Aljabar Linier
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
P.2 P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi
P.2 P2.CPMK-3
P2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers
P2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
P.2 P2.CPMK-4
P2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik
P2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi
P.2 P2.CPMK-5
P2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan
P2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi
P.2 P2.CPMK-6
P2.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi
P2.CPMK-6.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri
P2.CPMK-6.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi
P.2 P2.CPMK-7
P2.CPMK-7.1 Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real
P2.CPMK-7.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak
P2.CPMK-7.3 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUM6318

Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IUM6318     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Kalkulus dan Aljabar Linear Dosen :
  1. 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real
  2. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak
Sistem bilangan Real dan Nilai Mutlak: -Interval bilangan real -Interval bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional dan bilangan irsional -Pertidaksamaan fungsi dan penyelesaian -Pertidaksamaan nilai mutlak dan penyelesaiannya
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa menyelesaikan beberapa latihan soal. Tanya jawab.
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 3.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat
  2. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi
Sistem koordinat, Grafik & Fungsi: -Persamaan jarak -Persamaan lingkaran -Rumus titik tengah -Persamaan garis -Cara menggambar & perpotongan grafik -Domain dan range fungsi -Menggambar grafik fungsi
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Tugas - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi
  2. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri
Operasi fungsi komposisi, trigonometri dan konvolosi -Penjumlahan, selisih, perkalian, pembagian dan pangkat dari fungsi -Domain dan range dari fungsi -Komposisi dua atau tiga fungsi -Domain dan range fungsi komposisi -Fungsi trigonometri -Arti dan konsep konvolusi -Fungsi konvolusi dan contohnya
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 3.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan
Limit -Definisi dan sifat limit -Limit fungsi aljabar & trigonometri -Limit di ketakhinggaan -Limit tak terhingga -Asimtot -Kekontinuan fungsi dan turunan
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 3.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi
Turunan : -Aturan pencarian turunan -Turunan fungsi trigonometri -Aturan rantai
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Tugas - 3.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi
Turunan : -Turunan tingkat tinggi -Turunan implisit -Laju berkaitan -Turunan dan aproksimasi
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 4.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi
  2. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik
Aplikasi turunan -Maksimum dan minimum -Kemonotonan dan kecekungan -Masalah praktis -Penerapan turunan di bidang teknik -Menggambar grafik -Teorema nilai tengah -Penyelesaian persamaan numerik
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Purcell, Vanberg, Rigdon(2007)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 4.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
Sistem Persamaan Linier (SPL) & Matriks: -Metode Operasi Baris Elementer -Metode Eliminasi Gauss dan Gauss Yordan - Operasi Matriks - Sifat Aljabar Matriks - Invers Matriks 2x2 - Matriks Elementer - Metode mencari invers matriks Tugas 1: Sistem Persamaan Linier Tugas 2: Invers Matriks
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Tugas - 3.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers
-Lebih lanjut tentang Sistem Persamaan Linier dan Invers Matriks. -Matriks diagonal, triagonal dan simetri.-Transformasi matriks - Aplikasi sistem persamaan linier Tugas 4: SPL metode invers, transformasi linier
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa menyelesaikan beberapa latihan soal. Tanya jawab.
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Tugas - 4.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers
Determinan -Metode ekspansi kofaktor -Metode reduksi baris -Sifat determinan -Aturan crammerRuang vektor Euclid -Vektor di R2, R3 dan Rn -Norm, perkalian titik dan jarak di Rn -Ortogonalitas Tugas 6:Determinan, aturan Crammer, Perkalian titik vektor & ortogonalitas
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Tugas - 4.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3
Ruang vektor Euclid & Ruang vektor umum. -Geometri sistem linier. -Perkalian silang. -Ruang vektor, -Sub ruang vektor, -Kebebasan linier, -Koordinat dan basis, Tugas 7: Perkalian silang,Kebebasan linier, koordinat dan basis.
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Tugas - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier
Ruang vektor umum -Dimensi; -Perubahan Basis; -Ruang Baris, Ruang Kolom, dan Ruang Kosong; -Peringkat, Nullity, dan Ruang Matriks Fundamental -Transformasi Matriks Dasar pada R2 dan R3; -Sifat-sifat Transformasi Matriks; -Geometri Operator Matriks pada R2. Tugas 9: Dimensi, perubahan basis, ruang baris & Transformasi linier
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Tugas - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi
Nilai eigen & Ruang hasil Kali dalam:-Nilai eigen dan vektor eigen; -Diagonalisasi. Tugas 11: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi -Hasil kali dalam; -Sudut dan Ortogonalitas dalam Ruang Hasil Kali Dalam; -Proses Gram-Schmidt; -QR Dekomposisi; Tugas 12: Nilai eigen, Gram Schmidt dan dekomposisi.
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Tugas - 4.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
Metode Numerik: -LU-Dekomposisi; -Metode Daya; -Perbandingan Prosedur untuk Menyelesaikan Sistem Linier -Dekomposisi Nilai Singular; -Kompresi Data Menggunakan Dekomposisi Nilai Singular; Tugas 14: SPL dengan metode dekomposisi.Dekomposisi nilai singular
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Anton H & Rorres(2014)
  • Tugas - 4.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Kalkulus dan Aljabar Linear 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. ; Thursday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 Minggu ke-13 Assessment: Tugas (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 Minggu ke-9 Assessment: Tugas (4.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (4.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (3.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 Minggu ke-7 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 Minggu ke-4 Assessment: Tugas (3.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 Minggu ke-5 Assessment: Tugas (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.3 Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 2.50%
2.5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 2.50%
2.5%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 2.50%
2.5%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 2.50%
2.5%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 5.00%
5%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 4.00%
4%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 4.00%
4%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 4.00%
4%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 4.00%
4.00%
8%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 3.00%
4.00%
7%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 4.00%
4%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 3.00%
3%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 3.00%
4.00%
7%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 1.50%
1.5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 1.50%
1.5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 1.50%
1.5%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 1.50%
1.5%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 1.50%
1.5%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.3 1.50%
1.5%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M11 M12 M13 M9 M10 M8 M14 M7 M4 M5 M6 M2 M3 M1
Komponen UAS TG UAS TG TG UAS TG TG UAS UAS TG TG UTS TG TG UTS TG TG UTS TG UTS TG TG UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24 Bobot
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 5.00%4.00% 9%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 5.00%4.00% 9%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 4.00%5.00% 9%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 4.00%4.00%5.00% 13%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 5.00%3.00%4.00% 12%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 5.00% 5%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 4.00% 4%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 3.00%5.00% 8%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 3.00%4.00%5.00% 12%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 1.50% 1.5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 2.50%1.50% 4%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 2.50%1.50% 4%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 1.50%2.50% 4%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 1.50%2.50% 4%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.3 1.50% 1.5%
TOTAL 5 4 5 4 4 5 4 4 5 5 3 4 5 4 3 5 3 4 5 3 5 3 3 5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 UAS TG
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 UAS TG
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 TG UAS
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 TG TG UAS
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2 UAS TG TG
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 UTS
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 TG
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 TG UTS
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 TG TG UTS
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 TG
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 UTS TG
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 UTS TG
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 TG UTS
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 UTS TG
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.3 TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik
Indikator Kinerja: Aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik dapat dijelaskan
Performance Indicator: Applications of maximum, minimum derivatives and graph drawing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan
Indikator Kinerja: limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan dapat dijelaskan
Performance Indicator: limits, continuity of functions and definitions of derivatives can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi
Indikator Kinerja: limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan dapat dijelaskan
Performance Indicator: limits, continuity of functions and definitions of derivatives can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi.
Performance Indicator: Derivatives of trigonometry functions, chain rules, implicit and high level can be explained.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri
Indikator Kinerja: Operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri dapat dijelaskan
Performance Indicator: The operations of composition functions and trigonometric functions can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Pass 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi
Indikator Kinerja: Operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri dapat dijelaskan
Performance Indicator: The operations of composition functions and trigonometric functions can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Pass 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: operasi fungsi konvolusi dapat dijelaskan
Performance Indicator: convolution function operations can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Tidak mengumpulkan/mengunggah Tugas atau < 25% Tugas benar dan lengkap.
Assignment is not finished/uploaded or < 25% Practical Report is correct or complete.
Minimal 25% Tugas benar dan lengkap
Minimum 25% of Assignment is correct and complete
Minimal 50% Tugas benar dan lengkap
Minimum 50% of Assignment is correct and complete
Minimal 75% Tugas benar dan lengkap
Minimum 75% of Assignment is correct and complete
100% Tugas benar dan lengkap
100% of Assignment is correct and complete
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan
Performance Indicator: Absolute values can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan
Performance Indicator: Absolute values can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan
Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan
Performance Indicator: Absolute values can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan
Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan
Performance Indicator: Linear transformations can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan
Performance Indicator: Absolute values can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan
Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan
Performance Indicator: Linear transformations can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan
Performance Indicator: Absolute values can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan
Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan
Performance Indicator: Linear transformations can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Matriks, determinan dan invers dapat dijelaskan
Performance Indicator: matrices, determinants and inverses can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.2Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
Indikator Kinerja: sistem bilangan Real dapat dijelaskan di ujian
Performance Indicator: the Real number system can be explained in examination
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: Nilai mutlak dapat di jelaskan
Performance Indicator: Absolute values can be explained
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Ujian salah.
Incorrect answer for Examination Test.
25% jawaban Ujian benar
25% answer for Examination Test is correct.
50% jawaban Ujian benar.
50% answer for Examination Test is correct.
75% jawaban Ujian benar.
75% answer for Examination Test is correct.
100% jawaban Ujian benar.
100% answer for Examination Test is correct.
Indikator Kinerja: vektor, dan bidang di R3 dapat dijelaskan
Performance Indicator: vectors and fields in R3 can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Transformasi linier dapat dijelaskan
Performance Indicator: Linear transformations can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Eigenvalues, eigenvectors and diagonalization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Matriks, determinan dan invers dapat dijelaskan
Performance Indicator: matrices, determinants and inverses can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Sistem persamaan linier dapat dijelaskan
Performance Indicator: systems of linear equations can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 2 4.44
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 5 11.11
B- 9 20.00
C+ 3 6.67
C 6 13.33
D 5 11.11
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3
1 0 6 9 43.75
P2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier
1 0 6 9 43.75
P2.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi
1 0 6 9 43.75
P2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers
1 7 4 4 75.00
P2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
1 5 6 4 75.00
P2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik
0 1 1 14 12.50
P2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi
12 0 1 3 81.25
P2.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan
1 1 5 9 43.75
P2.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi
2 5 5 4 75.00
P2.CPMK-6.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi
12 0 1 3 81.25
P2.CPMK-6.2
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri
1 1 5 9 43.75
P2.CPMK-6.3
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi
1 1 5 9 43.75
P2.CPMK-7.1
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real
1 1 5 9 43.75
P2.CPMK-7.2
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak
1 1 5 9 43.75
P2.CPMK-7.3
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat
12 0 1 3 81.25
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor, dan bidang di R3
UAS01
(7.14 %)
013
(92.86 %)
7.14
(51.00 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Transformasi linier
UAS01
(7.14 %)
013
(92.86 %)
7.14
(51.00 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai eigen, vektor eigen dan diagonalisasi
UAS01
(7.14 %)
013
(92.86 %)
7.14
(51.00 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks, determinan dan invers
UAS01
(7.14 %)
013
(92.86 %)
7.14
(51.00 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier
UAS01
(7.14 %)
013
(92.86 %)
7.14
(51.00 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan maksimum, minimum dan menggambar grafik
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi turunan untuk bidang teknologi informasi
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan limit, kekontinuan fungsi dan definisi turunan
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri, aturan rantai, implisit dan tingkat tinggi
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan grafik fungsi dan operasi fungsi
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi komposisi dan fungsi trigonometri
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi fungsi konvolusi
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem bilangan Real
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak
UTS01
(6.67 %)
1
(6.67 %)
13
(86.67 %)
13.33
(88.87 %)
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem koordinat
TG12
(75.00 %)
01
(6.25 %)
3
(18.75 %)
81.25
(507.81 %)

Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-7.2 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-7.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-7.3 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-7.3 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.3
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-7.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-7.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-7.3
Std Mark: 56.00
1 064002300001 NOVAL SUSANTO 61.1161.1161.1168.4667.0852.0085.0064.3871.2585.0064.3864.3864.3864.3885.00
2 064002300003 JUNIARTO PRABOWO 58.3358.3358.3371.1568.7566.00100.0078.7585.83100.0078.7578.7578.7578.75100.00
3 064002300004 MICHAEL BRIANT 85.0085.0085.0089.6288.7577.00100.0085.6390.42100.0085.6385.6385.6385.63100.00
4 064002300010 RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO 61.1161.1161.1173.0870.8332.00100.0057.5071.67100.0057.5057.5057.5057.50100.00
5 064002300015 YUSTIANAS ROMBON 45.0045.0045.0049.6248.7542.0060.0048.7552.5060.0048.7548.7548.7548.7560.00
6 064002300025 ZULFADLI DANISWARA 60.5660.5660.5672.6970.4240.00100.0062.5075.00100.0062.5062.5062.5062.50100.00
7 064002300032 MUHAMAD FADLY FEBRIAN 54.4454.4454.4463.8562.0855.0085.0066.2572.5085.0066.2566.2566.2566.2585.00
8 064002300033 BIDZI MAWFA FERDIANSYAH 36.6736.6736.6740.7740.0027.0050.0035.6340.4250.0035.6335.6335.6335.6350.00
9 064002300034 MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH 52.2252.2252.2262.3160.4225.0085.0047.5060.0085.0047.5047.5047.5047.5085.00
10 064002300035 Muhammad Reza Sugiarto 53.3353.3353.3363.0861.2532.0085.0051.8862.9285.0051.8851.8851.8851.8885.00
11 064002300038 ZAHWA NUR AZKIA PUTRI 61.6761.6761.6773.4671.2532.00100.0057.5071.67100.0057.5057.5057.5057.50100.00
12 064002300039 DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA 55.5655.5655.5669.2366.6723.00100.0051.8867.92100.0051.8851.8851.8851.88100.00
13 064002300042 ACHMAD MUQAFI 30.0030.0030.0030.0030.0033.0030.0031.8831.2530.0031.8831.8831.8831.8830.00
14 064002300043 FAIZ ABYAN HERYANTO 67.7867.7867.7877.6975.8317.00100.0048.1365.42100.0048.1348.1348.1348.13100.00
15 064002300046 MUHAMMAD AKMAL YAZID 47.7847.7847.7859.2357.0834.0085.0053.1363.7585.0053.1353.1353.1353.1385.00
16 064002100044 DENUS BEANAL MANGA 10.0010.0010.0010.0010.000.0010.0010.0010.0010.0010.0010.0010.0010.0010.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.)