PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Machine Learning |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6334 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 54 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Machine Learning |
KODE MATA KULIAH | : IKS6334 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH MACHINE LEARNING Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6334 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai teknik dan metode pembelajaran mesin |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa memahami teknik pengukuran kinerja yang tepat untuk berbagai kategori permasalahan yang diselesaikan dengan pembelajaran mesin |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu mengkategorisasikan masalah dunia nyata kedalam problem analitik (regresi, estimasi, klasifikasi, klastering, asosisi) |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu memilih metode pengukuran yang tepat untuk mengukur kinerja model |
KU.2 | KU2.CPMK-5 | Mahasiswa mampu memilih metode pembelajaran mesin yang tepat untuk menyelesaikan problem |
KK.4 | KK4.CPMK-6 | Mahasiswa menerapkan teknik pengukuran kinerja yang tepat untuk berbagai kategori permasalahan yang diselesaikan dengan pembelajaran mesin |
KK.4 | KK4.CPMK-7 | Mahasiswa dapat menerapkan metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan teknik pembelajaran mesin |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 |
|
||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 |
|
||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 |
|
||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-7 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6334 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6334 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Machine Learning | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pendahuluan
|
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan terkait Pembelajaran Mesin dan penerapannya di industri dan bisnis |
|
|
2 |
|
Studi Kasus Regresi
|
|
270.00 | Mahasiswa memahami persoalan yang dapat diselesaikan dengan metode regresi linier dan dapat menerapkan algoritma regresi linier untuk mengembangkan model regresi serta melakukan pengukuran kinerja model yang dihasilkan |
|
|
3 |
|
Studi Kasus Regresi
|
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman menerapkan Multiple Regression untuk memperbaiki model prediksi |
|
|
4 |
|
Studi Kasus Klasifikasi Biner
|
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman menerapkan Algoritma Klasifikasi Biner untuk prediksi kategori biner |
|
|
5 |
|
Kasus Klasifikasi Biner
|
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengamalaman membangun, mengevaluasi, dan mengoptimasi model prediksi |
|
|
6 |
|
Studi Kasus Prediksi Probabilistik
|
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman membangun dan mengevaluasi model prediksi probablilistik |
|
|
7 |
|
Studi Kasus Probability Prediction
|
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman membangun, mengevaluasi dan mengoptimasi model prediksi |
|
|
8 |
|
studi kasus deteksi wajah dengan algoritma viola jones dan fitur haar like menerapkan algoritma SVM |
|
270.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman menyelesaikan kasus deteksi wajah menggunakan algoritma viola jones menerapkan algoritma SVM |
|
|
9 |
|
studi kasus deteksi wajah dengan algoritma viola jones dan fitur haar like dengan algoritma ada boost |
|
200.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengelaman menyelesaikan permasalahan deteksi wajah dengan algoritma viola jones dan fitur haar like dengan algoritma ada boost |
|
|
10 |
|
studi kasus clustering |
|
200.00 | mahasiswa mendapatkan pengetahuan melakukan clustering |
|
|
11 |
|
studi kasus clustering |
|
200.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman menerapkan algoritma clustering |
|
|
12 |
|
analisis data time series |
|
200.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan menyelesaikan persoalan time series analysis menggunakan algoritma ML yang sudah dipelajari |
|
|
13 |
|
Studi kasus NLP (sentimen analisis) menggunakan ALgoritma ML |
|
200.00 | Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman menyelesaikan kasus sentimen analisis |
|
|
14 |
|
Proyek sistem cerdas menggunakan metode ML |
|
200.00 | Mahasiswa mendapatkah pengetahuan dan pengalaman menyelsaikan kasus intelligence system with ML method |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Machine Learning | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ; Wednesday 07:30:00-12:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi (2.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.5 | Minggu ke-10 Assessment: Diskusi (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Minggu ke-7 Assessment: Presentasi (5.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (0.50%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (0.50%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | Minggu ke-14 Assessment: Presentasi (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (10.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.50%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.1 | Minggu ke-3 Assessment: Laporan (0.80%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.2 | Minggu ke-5 Assessment: Laporan (0.80%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.3 | Minggu ke-7 Assessment: Proyek (10.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.4 | Minggu ke-14 Assessment: Presentasi (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Laporan (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.1 | Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.50%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.2 | Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.3 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.4 | Minggu ke-3 Assessment: Laporan (0.20%) Minggu ke-5 Assessment: Laporan (0.20%) Minggu ke-7 Assessment: Proyek (2.50%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.5 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 3.00% | 3% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 4.00% | 4% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | 4.00% | 4% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 1.00% | 1% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 1.00% | 1% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 5.00% | 3.00% | 8% | |||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.5 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.4 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M9 | M4 | M8 | M6 | M10 | M3 | M11 | M5 | M7 | M12 | M14 | M13 | |||||||||||||||
Komponen | Disc | UTS | PRK | UAS | LP | UTS | PRK | UAS | PRK | UTS | PRK | Disc | UAS | PRK | UTS | LP | UAS | UTS | LP | PPT | prj | PRK | PPT | prj | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 3.00% | 4.00% | 5.00% | 12% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.5 | 1.00% | 5.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 0.50% | 0.5% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 1.00% | 1% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 1.00% | 1% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 0.50% | 0.5% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | 1.50% | 3.00% | 10.00% | 14.5% | ||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.1 | 0.80% | 0.8% | ||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.2 | 0.80% | 0.8% | ||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.3 | 10.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.4 | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 2.50% | 2.00% | 5.00% | 14.5% | |||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.2 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.3 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.4 | 0.20% | 0.20% | 2.50% | 2.9% | ||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.5 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 3 | 2 | 5 | 1 | 5 | 2 | 5 | 2 | 5 | 2 | 1 | 5 | 2 | 2 | 1 | 5 | 5 | 1 | 5 | 15 | 2 | 5 | 15 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Disc |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | UAS UTS UAS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.5 | Disc UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | PPT |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | PPT prj PRK |
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.1 | LP |
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.2 | LP |
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.3 | prj |
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.4 | PPT prj UAS LP prj UAS |
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.1 | PRK |
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.2 | PRK PRK PRK |
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.3 | PRK |
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.4 | LP LP prj |
KK.4 | KK4.CPMK-7 | KK4.CPMK-7.5 | PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Mahasiswa memahami algoritma regresi untuk menyelesaikan persoalan prediksi dan estimasi dengan target numerik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan algoritma regresi Performance Indicator: correctness to explain the regression algorithm |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Mahasiswa memahami algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan persoalan prediksi target kategorik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan algoritma regresi Performance Indicator: correctness to explain the regression algorithm |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: algoritma klasifikasi dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: classification algorithm can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu memahami algoritma prediksi probabilistik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan algoritma regresi Performance Indicator: correctness to explain the regression algorithm |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: algoritma klasifikasi dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: classification algorithm can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Algoritma prediksi probabilistik dapat dijelaskan
Performance Indicator: probabilistic prediction algorithm can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma regresi menggunakan mse dan r square dan adjusted r square | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode pengukuran kinerja model regresi dapat dijelaskan Performance Indicator: The performance matrix of the regression model can be explained. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma klasifikasi berbasis confusion matrix | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode pengukuran kinerja model regresi dapat dijelaskan Performance Indicator: The performance matrix of the regression model can be explained. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode pengukuran kinerja algoritma klasifikasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: performance matrix for classification can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah klasifikasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kategorisasi problem dapat dilakukan Performance Indicator: problem can be categorize correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu mengkategorisasikan problem dunia nyata sebagai masalah prediksi probabilitas | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kategorisasi problem dapat dilakukan Performance Indicator: problem can be categorize correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kategorisasi problem dunia nyata kedalam probability prediction dapat dilakukan Performance Indicator: categorization of real problem into probabilistic prediction is done correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Mahasiswa memahami algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan persoalan prediksi target kategorik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: algoritma klasifikasi dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: classification algorithm can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.5 | Mahasiswa mampu memahami algoritma clustering | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: algoritma klasifikasi dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: classification algorithm can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode dapat dijelaskan Performance Indicator: method can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Mahasiswa memahami metode pengukuran kualitas klaster | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: algoritma klasifikasi dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: classification algorithm can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode dapat dijelaskan Performance Indicator: method can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode pengukuran kualitas cluster dapat dijelaskan Performance Indicator: performance matrix to assess the cluster quality can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-6 | KK4.CPMK-6.4 | Mahasiswa mampu mengevaluasi kinerja model | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: algoritma klasifikasi dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: classification algorithm can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode dapat dijelaskan Performance Indicator: method can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: metode pengukuran kualitas cluster dapat dijelaskan Performance Indicator: performance matrix to assess the cluster quality can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan melakukan evaluasi kinerja model Performance Indicator: correctness in applying evaluation to access model's performance |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 4 | 7.41 |
A- | 8 | 14.81 |
B+ | 10 | 18.52 |
B | 22 | 40.74 |
B- | 4 | 7.41 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa dapat membedakan berbagai teknik Pembelajaran Mesin: Supervised, Unsupervised, Semisuperviced, dan Reinforcement Learning |
25 | 0 | 0 | 2 | 92.59 |
P2.CPMK-1.2 Mahasiswa memahami algoritma regresi untuk menyelesaikan persoalan prediksi dan estimasi dengan target numerik |
0 | 6 | 4 | 17 | 37.04 |
P2.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan persoalan prediksi target kategorik |
1 | 1 | 7 | 18 | 33.33 |
P2.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu memahami algoritma prediksi probabilistik |
0 | 6 | 4 | 17 | 37.04 |
P2.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu memahami algoritma clustering |
2 | 6 | 5 | 14 | 48.15 |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma regresi menggunakan mse dan r square dan adjusted r square |
0 | 6 | 4 | 17 | 37.04 |
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa memahami metode pengukuran kualitas klaster |
1 | 2 | 8 | 16 | 40.74 |
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma klasifikasi berbasis confusion matrix |
0 | 6 | 4 | 17 | 37.04 |
P2.CPMK-2.4 Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma prediksi probabilistik |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah regresi |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah klasifikasi |
0 | 6 | 4 | 17 | 37.04 |
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mengkategorisasikan problem dunia nyata sebagai masalah prediksi probabilitas |
0 | 6 | 4 | 17 | 37.04 |
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu memilih metode pengukuran yang tepat untuk mengukur kinerja model |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KU2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu memilih metode pembelajaran yang tepat untuk kasus yang diselesaikan |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KK4.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja untuk mengukur kualitas model regresi |
25 | 0 | 0 | 2 | 92.59 |
KK4.CPMK-6.2 Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja berbasis confusion matrix untuk model klasifikasi biner |
25 | 0 | 0 | 2 | 92.59 |
KK4.CPMK-6.3 Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja untuk probability prediction |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KK4.CPMK-6.4 Mahasiswa mampu mengevaluasi kinerja model |
25 | 0 | 0 | 2 | 92.59 |
KK4.CPMK-7.1 Mahasiswa mampu menerapkan algoritma regresi linier untuk menyelesaikan permasalahan regresi |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KK4.CPMK-7.2 Mahasiswa mampu menerapkan algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan masalah prediksi kategorik |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KK4.CPMK-7.3 Mahasiswa mampu menerapkan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan prediksi probabilistik |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
KK4.CPMK-7.4 Mahasiswa dapat melakukan tuning parameter untuk mengoptimasi model pembelajaran mesin |
25 | 0 | 0 | 2 | 92.59 |
KK4.CPMK-7.5 Mahasiswa mampu menerapkan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan clustering |
24 | 0 | 0 | 3 | 88.89 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa dapat membedakan berbagai teknik Pembelajaran Mesin: Supervised, Unsupervised, Semisuperviced, dan Reinforcement Learning | |||||
Disc | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa memahami algoritma regresi untuk menyelesaikan persoalan prediksi dan estimasi dengan target numerik | |||||
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa memahami algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan persoalan prediksi target kategorik | |||||
UAS | 1 (4.17 %) | 2 (8.33 %) | 8 (33.33 %) | 13 (54.17 %) | 45.83 (190.96 %) |
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami algoritma prediksi probabilistik | |||||
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami algoritma clustering | |||||
Disc | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
UAS | 1 (4.17 %) | 2 (8.33 %) | 8 (33.33 %) | 13 (54.17 %) | 45.83 (190.96 %) |
Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma regresi menggunakan mse dan r square dan adjusted r square | |||||
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa memahami metode pengukuran kualitas klaster | |||||
UAS | 1 (4.17 %) | 2 (8.33 %) | 8 (33.33 %) | 13 (54.17 %) | 45.83 (190.96 %) |
Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma klasifikasi berbasis confusion matrix | |||||
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma prediksi probabilistik | |||||
PPT | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah regresi | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah klasifikasi | |||||
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa mampu mengkategorisasikan problem dunia nyata sebagai masalah prediksi probabilitas | |||||
UTS | 0 | 6 (24.00 %) | 4 (16.00 %) | 15 (60.00 %) | 40 (160.00 %) |
Mahasiswa mampu memilih metode pengukuran yang tepat untuk mengukur kinerja model | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu memilih metode pembelajaran yang tepat untuk kasus yang diselesaikan | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
PPT | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja untuk mengukur kualitas model regresi | |||||
LP | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja berbasis confusion matrix untuk model klasifikasi biner | |||||
LP | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja untuk probability prediction | |||||
prj | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kinerja model | |||||
PPT | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
LP | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma regresi linier untuk menyelesaikan permasalahan regresi | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan masalah prediksi kategorik | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan prediksi probabilistik | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa dapat melakukan tuning parameter untuk mengoptimasi model pembelajaran mesin | |||||
LP | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
prj | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan clustering | |||||
PRK | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||||||||||
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.5 Std Mark: 0.00 |
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 0.00 |
KU2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-6.2 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-6.3 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-6.4 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-7.2 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-7.3 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-7.4 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-7.5 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 85.00 | 72.00 | 67.33 | 72.00 | 68.33 | 72.00 | 65.00 | 72.00 | 90.00 | 85.00 | 72.00 | 72.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
2 | 064002200010 | ANDRI MARTIN | 85.00 | 55.00 | 68.33 | 55.00 | 76.67 | 55.00 | 75.00 | 55.00 | 90.00 | 85.00 | 55.00 | 55.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
3 | 064002200027 | TARUM WIDYASTI PERTIWI | 85.00 | 70.00 | 66.67 | 70.00 | 68.33 | 70.00 | 65.00 | 70.00 | 90.00 | 85.00 | 70.00 | 70.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
4 | 064002200024 | KHARISMA MAULIDA SAARA | 85.00 | 70.00 | 66.67 | 70.00 | 68.33 | 70.00 | 65.00 | 70.00 | 90.00 | 85.00 | 70.00 | 70.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 89.31 | 85.00 |
5 | 064002200003 | AUDI AULIA | 85.00 | 60.00 | 50.00 | 60.00 | 51.67 | 60.00 | 45.00 | 60.00 | 90.00 | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 89.31 | 85.00 |
6 | 064002200015 | PUTRI SYABILLAH | 85.00 | 73.00 | 67.67 | 73.00 | 68.33 | 73.00 | 65.00 | 73.00 | 90.00 | 85.00 | 73.00 | 73.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
7 | 064002200030 | VANIA RAHMA DEWI | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 64.17 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 90.00 | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
8 | 064002200033 | JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG | 85.00 | 40.00 | 46.67 | 40.00 | 55.83 | 40.00 | 50.00 | 40.00 | 90.00 | 85.00 | 40.00 | 40.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
9 | 064002200020 | AISYAH NUR FADHLIA | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 64.17 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 90.00 | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
10 | 064002200004 | RHENA TABELLA | 85.00 | 45.00 | 45.00 | 45.00 | 51.67 | 45.00 | 45.00 | 45.00 | 90.00 | 85.00 | 45.00 | 45.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
11 | 064002200007 | SONYA RIDESIA HASTARI | 85.00 | 60.00 | 53.33 | 60.00 | 55.83 | 60.00 | 50.00 | 60.00 | 90.00 | 85.00 | 60.00 | 60.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
12 | 064002200006 | ISKY DWI APRILIANTO | 85.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 60.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 90.00 | 85.00 | 55.00 | 55.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
13 | 064002200009 | ADRIAN ALFAJRI | 85.00 | 72.00 | 84.00 | 72.00 | 89.17 | 72.00 | 90.00 | 72.00 | 90.00 | 85.00 | 72.00 | 72.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 89.31 | 85.00 |
14 | 064002200008 | CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA | 85.00 | 40.00 | 46.67 | 40.00 | 55.83 | 40.00 | 50.00 | 40.00 | 90.00 | 85.00 | 40.00 | 40.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
15 | 064002200012 | CANDY SOEKA WIYONO | 85.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 47.50 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 90.00 | 85.00 | 40.00 | 40.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
16 | 064002200046 | ADRIANSYAH MAULANA PUTRA | 85.00 | 50.00 | 46.67 | 50.00 | 51.67 | 50.00 | 45.00 | 50.00 | 90.00 | 85.00 | 50.00 | 50.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
17 | 064002200043 | ADRIAN HALIM | 85.00 | 45.00 | 48.33 | 45.00 | 55.83 | 45.00 | 50.00 | 45.00 | 90.00 | 80.00 | 45.00 | 45.00 | 80.00 | 86.67 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 85.00 | 80.00 |
18 | 064002200005 | GELLENT ARDIANSYAH | 85.00 | 75.00 | 55.00 | 75.00 | 51.67 | 75.00 | 45.00 | 75.00 | 90.00 | 85.00 | 75.00 | 75.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
19 | 064002200049 | RODRICK KIEDIES | 85.00 | 40.00 | 43.33 | 40.00 | 51.67 | 40.00 | 45.00 | 40.00 | 90.00 | 82.00 | 40.00 | 40.00 | 82.00 | 87.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 82.00 | 82.00 | 82.00 | 85.00 | 82.00 |
20 | 064002200034 | MAULANA HAFIZH ARIPUTRA | 85.00 | 40.00 | 43.33 | 40.00 | 51.67 | 40.00 | 45.00 | 40.00 | 90.00 | 82.00 | 40.00 | 40.00 | 82.00 | 87.33 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 90.00 | 82.00 | 82.00 | 82.00 | 89.31 | 82.00 |
21 | 064002200031 | ALBIHAN | 85.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 47.50 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 90.00 | 80.00 | 40.00 | 40.00 | 80.00 | 86.67 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 85.00 | 80.00 |
22 | 064002200025 | MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH | 85.00 | 45.00 | 55.00 | 45.00 | 64.17 | 45.00 | 60.00 | 45.00 | 90.00 | 82.00 | 45.00 | 45.00 | 82.00 | 87.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 82.00 | 82.00 | 82.00 | 85.00 | 82.00 |
23 | 064002200002 | JOSUA WARMAN SIGALINGGING | 85.00 | 45.00 | 55.00 | 45.00 | 64.17 | 45.00 | 60.00 | 45.00 | 90.00 | 85.00 | 45.00 | 45.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
24 | 064002200022 | ARZENDRA AZFA YODHATAMA | 0.00 | 53.00 | 53.00 | 53.00 | 0.00 | 53.00 | 0.00 | 53.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 53.00 | 0.00 | 0.00 | 85.00 | 85.00 | 0.00 | 85.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 85.00 | 0.00 |
25 | 064001900025 | DORRYS LUBIS | 85.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 85.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
26 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 85.00 | 40.00 | 63.33 | 40.00 | 76.67 | 40.00 | 75.00 | 40.00 | 90.00 | 85.00 | 40.00 | 40.00 | 85.00 | 88.33 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
27 | 064001900005 | SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2435 Abdul Rochman, M.Kom.)