PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Struktur Diskrit |
Kode Mata Kuliah | : | IUM6306 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 41 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Struktur Diskrit |
KODE MATA KULIAH | : IUM6306 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH STRUKTUR DISKRIT Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IUM6306 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyusun pembuktian dari persoalan yang dihadapi dan menjelaskan penyelesaian masalah tersebut |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif, sebab-akibat, dan analogi dalam menganalisis permasalahan nyata dan memilih solusi komputasi yang tepat |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUM6306 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUM6306 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Struktur Diskrit | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Logika Proposisi : Aturan formal Pembuktian dengan Tabel Kebenaran |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Logika Proposisi. Mahasiswa menyelesaikan problem Logika Proposisi dengan Tabel Kebenaran |
|
|
2 |
|
Logika Proposisi : Hukum-hukum Logika Proporsional dan Pembuktian dengan Hukum Logika Proporsional |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Logika Proposisi. Mahasiswa menyelesaikan problem Logika Proposisi dengan hukum-hukum logika proposisi |
|
|
3 |
|
Himpunan : Definisi, Operasi, Representasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Himpunan. Mahasiswa menyelesaikan problem himpunan |
|
|
4 |
|
Fungsi : Konsep, Operasi, Fungsi Invers dan Komposisi Fungsi, Penerapan pada kehidupan sehari-hari |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Fungsi. Mahasiswa menyelesaikan problem Fungsi |
|
|
5 |
|
Matriks : Definisi, Operasi, Matriks Boolean dan operasinya |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Matriks. Mahasiswa menyelesaikan problem Matriks |
|
|
6 |
|
Induksi Matematika : Konsep dan pembuktian dengan Induksi Matematika |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Induksi Matematika. Mahasiswa menyelesaikan problem dengan Induksi Matematika |
|
|
7 |
|
Induksi Matematika (lanjutan) |
|
150.00 | Mahasiswa belajar dari contoh penyelesaian problem. Mahasiswa menyelelesaikan problem |
|
|
8 |
|
Teori Bilangan : Definisi, Sifat, Teori Euclidean, Pembagian Bilangan Terbesar |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Teori Bilangan. Mahasiswa menyelesaikan problem Teori Bilangan. |
|
|
9 |
|
Counting : Definisi, Prinsip Ekslusi-Inklusi, Pigeon Hole, Permutasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Counting. Mahasiswa menyelesaikan problem Counting |
|
|
10 |
|
Counting : Lanjutan Permutasi, Kombinasi, Bilangan Binomial |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Counting. Mahasiswa menyelesaikan problem Counting |
|
|
11 |
|
Relasi : Definisi, Representasi, Sifat, Relasi pada himpunan dan matriks |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Relasi. Mahasiswa menyelesaikan problem Relasi |
|
|
12 |
|
Graf dan Tree : Definisi Graf, Tipe, Terminologi, Definisi Tree, Traversal Tree |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Graf dan Tree. Mahasiswa menyelesaikan problem Graf dan Tree |
|
|
13 |
|
Aljabar Boolean : Ekspresi Boolean, Prinsip Dualitas, Fungsi Kanonik dan Konversi Kanonik |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Aljabar Boolean. Mahasiswa menyelesaikan problem Aljabar Boolean dengan Fungsi Kanonik |
|
|
14 |
|
Aljabar Boolean : Penyederhanaan fungsi Aljabar dengan Peta Karnaugh |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Aljabar Boolean. Mahasiswa melakukan penyederhaan fungsi Aljabar dengan Peta Karnaugh |
|
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Struktur Diskrit | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ; Wednesday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-6 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | |||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 2.50% | 2.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | ||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||
M1 | M3 | M4 | M5 | M2 | M8 | M11 | M12 | M13 | M6 | M7 | M9 | M10 | M14 | ||||||||||||||||
Komponen | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | TG | UAS | TG | UAS | UAS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | UAS | TG | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | ||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 10% | ||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2.5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | TG UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | TG UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | TG UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | TG UTS TG UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | TG UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | TG UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.00/Fail | 0.75/Pass | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.00/Fail | 0.75/Pass | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem dengan tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 3 | 7.32 |
B+ | 5 | 12.20 |
B | 1 | 2.44 |
B- | 2 | 4.88 |
C+ | 5 | 12.20 |
C | 8 | 19.51 |
D | 9 | 21.95 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual |
0 | 5 | 3 | 3 | 72.73 |
S1.CPMK-1.2 Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually |
0 | 8 | 0 | 3 | 72.73 |
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual |
0 | 8 | 0 | 3 | 72.73 |
S1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual |
3 | 4 | 0 | 4 | 63.64 |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi |
0 | 5 | 3 | 3 | 72.73 |
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan |
2 | 6 | 0 | 3 | 72.73 |
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi |
6 | 0 | 0 | 5 | 54.55 |
P2.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree |
0 | 8 | 0 | 3 | 72.73 |
P2.CPMK-2.5 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean |
1 | 6 | 0 | 4 | 63.64 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika |
2 | 6 | 0 | 3 | 72.73 |
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi |
0 | 7 | 0 | 4 | 63.64 |
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi |
0 | 7 | 0 | 4 | 63.64 |
KU2.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh |
1 | 6 | 0 | 4 | 63.64 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual | |||||
TG1 | 0 | 5 (55.56 %) | 3 (33.33 %) | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually | |||||
TG2 | 0 | 8 (88.89 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual | |||||
TG3 | 0 | 8 (88.89 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual | |||||
TG4 | 3 (33.33 %) | 4 (44.44 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi | |||||
TG1 | 0 | 5 (55.56 %) | 3 (33.33 %) | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan | |||||
TG6 | 2 (22.22 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi | |||||
TG8 | 6 (66.67 %) | 0 | 0 | 3 (33.33 %) | 66.67 (740.78 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree | |||||
TG9 | 0 | 8 (88.89 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean | |||||
TG10 | 1 (11.11 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika | |||||
TG5 | 2 (22.22 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi | |||||
TG7 | 0 | 7 (77.78 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi | |||||
TG7 | 0 | 7 (77.78 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh | |||||
TG10 | 1 (11.11 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.5 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300031 | SYAHRUL ARIFIN | 77.00 | 78.00 | 78.00 | 80.00 | 77.00 | 78.00 | 85.00 | 79.00 | 80.00 | 80.00 | 79.00 | 79.00 | 80.00 |
2 | 064002300032 | MUHAMAD FADLY FEBRIAN | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 65.00 | 75.00 | 83.00 | 74.00 | 72.00 | 75.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 |
3 | 064002300034 | MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH | 67.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 67.00 | 76.00 | 10.00 | 75.00 | 73.00 | 76.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
4 | 064002300035 | Muhammad Reza Sugiarto | 70.00 | 74.00 | 73.00 | 76.00 | 70.00 | 76.00 | 82.00 | 75.00 | 73.00 | 76.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
5 | 064002300036 | Rafael Gala Herlambang | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 82.00 | 74.00 | 10.00 | 75.00 | 10.00 | 10.00 | 10.00 |
6 | 064002300038 | ZAHWA NUR AZKIA PUTRI | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 80.00 | 77.00 | 80.00 | 85.00 | 78.00 | 79.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 79.00 |
7 | 064002300040 | BAHRUDIN IZMI AULIA | 43.00 | 44.00 | 42.00 | 43.00 | 43.00 | 42.00 | 42.00 | 43.00 | 44.00 | 41.00 | 44.00 | 44.00 | 44.00 |
8 | 064002300041 | HASANUL BASHORI | 75.00 | 77.00 | 78.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 85.00 | 77.00 | 76.00 | 80.00 | 78.00 | 78.00 | 76.00 |
9 | 064002300042 | ACHMAD MUQAFI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
11 | 064002300044 | FRANCISCO | 63.00 | 68.00 | 68.00 | 10.00 | 63.00 | 75.00 | 10.00 | 70.00 | 71.00 | 75.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.)