PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Struktur Diskrit |
Kode Mata Kuliah | : | IUM6306 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 41 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Struktur Diskrit |
KODE MATA KULIAH | : IUM6306 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH STRUKTUR DISKRIT Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IUM6306 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyusun pembuktian dari persoalan yang dihadapi dan menjelaskan penyelesaian masalah tersebut |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif, sebab-akibat, dan analogi dalam menganalisis permasalahan nyata dan memilih solusi komputasi yang tepat |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUM6306 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUM6306 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Struktur Diskrit | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Logika Proposisi : Aturan formal Pembuktian dengan Tabel Kebenaran |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Logika Proposisi. Mahasiswa menyelesaikan problem Logika Proposisi dengan Tabel Kebenaran |
|
|
2 |
|
Logika Proposisi : Hukum-hukum Logika Proporsional dan Pembuktian dengan Hukum Logika Proporsional |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Logika Proposisi. Mahasiswa menyelesaikan problem Logika Proposisi dengan hukum-hukum logika proposisi |
|
|
3 |
|
Himpunan : Definisi, Operasi, Representasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Himpunan. Mahasiswa menyelesaikan problem himpunan |
|
|
4 |
|
Fungsi : Konsep, Operasi, Fungsi Invers dan Komposisi Fungsi, Penerapan pada kehidupan sehari-hari |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Fungsi. Mahasiswa menyelesaikan problem Fungsi |
|
|
5 |
|
Matriks : Definisi, Operasi, Matriks Boolean dan operasinya |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Matriks. Mahasiswa menyelesaikan problem Matriks |
|
|
6 |
|
Induksi Matematika : Konsep dan pembuktian dengan Induksi Matematika |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Induksi Matematika. Mahasiswa menyelesaikan problem dengan Induksi Matematika |
|
|
7 |
|
Induksi Matematika (lanjutan) |
|
150.00 | Mahasiswa belajar dari contoh penyelesaian problem. Mahasiswa menyelelesaikan problem |
|
|
8 |
|
Teori Bilangan : Definisi, Sifat, Teori Euclidean, Pembagian Bilangan Terbesar |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Teori Bilangan. Mahasiswa menyelesaikan problem Teori Bilangan. |
|
|
9 |
|
Counting : Definisi, Prinsip Ekslusi-Inklusi, Pigeon Hole, Permutasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Counting. Mahasiswa menyelesaikan problem Counting |
|
|
10 |
|
Counting : Lanjutan Permutasi, Kombinasi, Bilangan Binomial |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Counting. Mahasiswa menyelesaikan problem Counting |
|
|
11 |
|
Relasi : Definisi, Representasi, Sifat, Relasi pada himpunan dan matriks |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Relasi. Mahasiswa menyelesaikan problem Relasi |
|
|
12 |
|
Graf dan Tree : Definisi Graf, Tipe, Terminologi, Definisi Tree, Traversal Tree |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Graf dan Tree. Mahasiswa menyelesaikan problem Graf dan Tree |
|
|
13 |
|
Aljabar Boolean : Ekspresi Boolean, Prinsip Dualitas, Fungsi Kanonik dan Konversi Kanonik |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Aljabar Boolean. Mahasiswa menyelesaikan problem Aljabar Boolean dengan Fungsi Kanonik |
|
|
14 |
|
Aljabar Boolean : Penyederhanaan fungsi Aljabar dengan Peta Karnaugh |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Aljabar Boolean. Mahasiswa melakukan penyederhaan fungsi Aljabar dengan Peta Karnaugh |
|
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Struktur Diskrit | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ; Wednesday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-6 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (2.50%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | |||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 2.50% | 2.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | ||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||
M1 | M3 | M4 | M5 | M2 | M8 | M11 | M12 | M13 | M6 | M7 | M9 | M10 | M14 | ||||||||||||||||
Komponen | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | TG | UAS | TG | UAS | UAS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | UAS | TG | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | ||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 10% | ||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2.5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | TG UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | TG UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | TG UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | TG UTS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | TG UAS |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | TG UTS TG UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | TG UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | TG UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.00/Fail | 0.75/Pass | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.50/Pass | 0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Students can solve 75% of the questions correctly Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.00/Fail | 0.75/Pass | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem dengan tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.4 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.5 | Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems independently |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve of the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.75/Pass | 0.50/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
0.25/Fail | 0.50/Pass | 0.75/Pass | 0.00/Fail | ||||||||||||||
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat Students can solve 25% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat Students can solve 50% of the questions correctly |
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat Students can solve 75% of the questions correctly |
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat Students can not solve the questions correctly |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 3 | 7.32 |
B+ | 5 | 12.20 |
B | 1 | 2.44 |
B- | 2 | 4.88 |
C+ | 5 | 12.20 |
C | 8 | 19.51 |
D | 9 | 21.95 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual |
0 | 5 | 3 | 3 | 72.73 |
S1.CPMK-1.2 Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually |
0 | 8 | 0 | 3 | 72.73 |
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual |
0 | 8 | 0 | 3 | 72.73 |
S1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual |
3 | 4 | 0 | 4 | 63.64 |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi |
0 | 5 | 3 | 3 | 72.73 |
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan |
2 | 6 | 0 | 3 | 72.73 |
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi |
6 | 0 | 0 | 5 | 54.55 |
P2.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree |
0 | 8 | 0 | 3 | 72.73 |
P2.CPMK-2.5 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean |
1 | 6 | 0 | 4 | 63.64 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika |
2 | 6 | 0 | 3 | 72.73 |
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi |
0 | 7 | 0 | 4 | 63.64 |
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi |
0 | 7 | 0 | 4 | 63.64 |
KU2.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh |
1 | 6 | 0 | 4 | 63.64 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual | |||||
TG1 | 0 | 5 (55.56 %) | 3 (33.33 %) | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually | |||||
TG2 | 0 | 8 (88.89 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual | |||||
TG3 | 0 | 8 (88.89 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual | |||||
TG4 | 3 (33.33 %) | 4 (44.44 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi | |||||
TG1 | 0 | 5 (55.56 %) | 3 (33.33 %) | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan | |||||
TG6 | 2 (22.22 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi | |||||
TG8 | 6 (66.67 %) | 0 | 0 | 3 (33.33 %) | 66.67 (740.78 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree | |||||
TG9 | 0 | 8 (88.89 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean | |||||
TG10 | 1 (11.11 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika | |||||
TG5 | 2 (22.22 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 1 (11.11 %) | 88.89 (987.67 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi | |||||
TG7 | 0 | 7 (77.78 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi | |||||
TG7 | 0 | 7 (77.78 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh | |||||
TG10 | 1 (11.11 %) | 6 (66.67 %) | 0 | 2 (22.22 %) | 77.78 (864.22 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.5 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300031 | SYAHRUL ARIFIN | 77.00 | 78.00 | 78.00 | 80.00 | 77.00 | 78.00 | 85.00 | 79.00 | 80.00 | 80.00 | 79.00 | 79.00 | 80.00 |
2 | 064002300032 | MUHAMAD FADLY FEBRIAN | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 65.00 | 75.00 | 83.00 | 74.00 | 72.00 | 75.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 |
3 | 064002300034 | MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH | 67.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 67.00 | 76.00 | 10.00 | 75.00 | 73.00 | 76.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
4 | 064002300035 | Muhammad Reza Sugiarto | 70.00 | 74.00 | 73.00 | 76.00 | 70.00 | 76.00 | 82.00 | 75.00 | 73.00 | 76.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
5 | 064002300036 | Rafael Gala Herlambang | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 82.00 | 74.00 | 10.00 | 75.00 | 10.00 | 10.00 | 10.00 |
6 | 064002300038 | ZAHWA NUR AZKIA PUTRI | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 80.00 | 77.00 | 80.00 | 85.00 | 78.00 | 79.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 79.00 |
7 | 064002300040 | BAHRUDIN IZMI AULIA | 43.00 | 44.00 | 42.00 | 43.00 | 43.00 | 42.00 | 42.00 | 43.00 | 44.00 | 41.00 | 44.00 | 44.00 | 44.00 |
8 | 064002300041 | HASANUL BASHORI | 75.00 | 77.00 | 78.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 85.00 | 77.00 | 76.00 | 80.00 | 78.00 | 78.00 | 76.00 |
9 | 064002300042 | ACHMAD MUQAFI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
11 | 064002300044 | FRANCISCO | 63.00 | 68.00 | 68.00 | 10.00 | 63.00 | 75.00 | 10.00 | 70.00 | 71.00 | 75.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.)