PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Big Data |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6335 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2615 Is Mardianto, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 52 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Big Data |
KODE MATA KULIAH | : IKS6335 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2615 Is Mardianto, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2615 Is Mardianto, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BIG DATA Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6335 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2615 Is Mardianto, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | mampu menjelaskan cara kerja dan arsitektur teknologi big data |
P.1 | P1.CPMK-2 | mampu menjelaskan masalah skala dan implikasi Big Data pada kebutuhan komputasi |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah skala dan implikasi Big Data |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan big data yang dihadapi dunia industri |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6335 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6335 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Big Data | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
RPS Big Data. Pertumbuhan data dan implikasinya. Keragaman format data dan implikasinya. Kecepatan perubahan data dan implikasinya |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi dan dapat menyimpulkan terkait dengan pertumbuhan data, keragaman format dan kecepatan perubahan data serta implikasinya |
|
|
2 |
|
Model pertumbuhan volume data dari berbagai media |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk menyimpulkan model pertumbuhan data dari kasus yang diberikan |
|
|
3 |
|
sistem terdistribusi. File system terdistribusi. Database terdistribusi: Hadoop, MongoDB |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membandinkan kapabilitas berbagai produk teknologi untuk mengatasi masalah volume data besar |
|
|
4 |
|
Pemrosesan data secara paralel: MapReduce: Hadoop Pig |
|
150.00 | mahasiswa dapat memperagakan bagaimana paralel processing MapReduce bekerja dan merancang arsitekturnya |
|
|
5 |
|
Data streaming model dan teknologinya: Kafka Apache, Airflow |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membedakan cara kerja model-model data streaming dicapture dan disimpan |
|
|
6 |
|
Pemrosesan data cepat dan teknologinya: Apache Spark |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk mengidentifikasi cara kerja pemrosesan data cepat untuk teknologi tertentu |
|
|
7 |
|
Kasus volume data dan kasus kecepatan update data |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk memilih teknologi yang tepat berserta argumentasinya |
|
|
8 |
|
Artistektur ETL, ELT. Model data pipeline berdasarkan kebutuhan latensi data ekstraksi: Apache Airflow |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membedakan model arsitektur dan data pipeline pada proses ekstraksi data |
|
|
9 |
|
Konsep datawarehouse dan datalake. Data integrity dan data transformasi: Apache Hudi |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membedakan kebutuhan integrasi dan data transformasi ke datawarehouse dan datalake |
|
|
10 |
|
Pemecahan kasus data variety |
|
175.00 | mahasiswa berdiskusi untuk memecahkan kasus data variety |
|
|
11 |
|
perancangan data engineering pada kasus yang diberikan |
|
150.00 | mahasiswa secara berkelompok merancang data engineering pada masalah data variety |
|
|
12 |
|
perancangan data engineering pada kasus yang diberikan |
|
150.00 | mahasiswa secara berkelompok merancang data engineering pada masalah volume |
|
|
13 |
|
perancangan data engineering pada kasus yang diberikan |
|
150.00 | mahasiswa secara berkelompok merancang data engineering pada permasalahan kecepatan update data |
|
|
14 |
|
Presentasi hasil perancangan secara terintegrasi |
|
150.00 | mahasiswa mempresentasikan hasil rancangan |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Big Data | 2615 Is Mardianto, M.Kom. | ; Monday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2615 Is Mardianto, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi 1 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Diskusi 2 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-8 Assessment: Diskusi 4 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Diskusi 3 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Minggu ke-4 Assessment: Presentasi 1 (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Diskusi 2 (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Diskusi 2 (0.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Diskusi 3 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | Minggu ke-9 Assessment: Diskusi 4 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi 1 (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-2 Assessment: Diskusi 1 (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 2 (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Diskusi 3 (0.50%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-10 Assessment: Diskusi 4 (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Presentasi 3 (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-7 Assessment: Diskusi 3 (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 2 (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (25.00%) Minggu ke-14 Assessment: Presentasi 4 (4.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas 2 (10.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas 3 (10.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas 1 (10.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 25.00% | 25% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 30% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||
M1 | M3 | M8 | M6 | M4 | M5 | M9 | M2 | M7 | M10 | M14 | M12 | M13 | M11 | ||||||||||||
Komponen | Disc1 | UTS | Disc2 | Disc4 | UTS | Disc3 | PR1 | Disc2 | UTS | UTS | Disc3 | Disc4 | Disc1 | PR2 | Disc3 | Disc4 | PR3 | UAS | PR4 | TG2 | TG3 | TG1 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 5.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 5.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 2.00% | 0.00% | 5.00% | 7% | |||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 5.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.00% | 0.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 1.00% | 2.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.00% | 0.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 25.00% | 4.00% | 29% | ||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 5 | 1 | 1 | 5 | 1 | 2 | 5 | 5 | 1 | 1 | 2 | 4 | 1 | 1 | 2 | 25 | 4 | 10 | 10 | 10 | 99 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Disc1 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS Disc2 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Disc4 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | UTS Disc3 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | PR1 Disc2 Disc2 UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | UTS Disc3 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | Disc4 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Disc1 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Disc1 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | PR2 Disc3 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Disc4 PR3 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Disc3 PR2 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | UAS PR4 |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | TG2 |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | TG3 |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | TG1 |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan media simpanan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data yang cepat | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to process data in high speed can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data cepat yang pada simpanan terdistribusi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to process data in high speed can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat pada sistem terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve high speed data processing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to process data in high speed can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat pada sistem terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve high speed data processing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to capture and store data in data streaming can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | mampu mempresentasikan hasil rancangan secara logis, kritis, dan sistematis | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: hasil rancangan solusi permasalahan bigdata tiruan di industri dapat dibuat dengan benar Performance Indicator: design of solution of dummy industrial problem can be demonstrated approximately |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 2 | 3.85 |
A- | 2 | 3.85 |
B+ | 10 | 19.23 |
B | 28 | 53.85 |
B- | 2 | 3.85 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 mampu membedakan data terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur |
4 | 10 | 9 | 3 | 88.46 |
P1.CPMK-1.2 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan media simpanan |
3 | 2 | 4 | 17 | 34.62 |
P1.CPMK-1.3 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan keragaman data |
3 | 0 | 21 | 2 | 92.31 |
P1.CPMK-1.4 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data yang cepat |
3 | 0 | 21 | 2 | 92.31 |
P1.CPMK-1.5 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data cepat yang pada simpanan terdistribusi |
8 | 13 | 2 | 3 | 88.46 |
P1.CPMK-1.6 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming |
3 | 0 | 21 | 2 | 92.31 |
P1.CPMK-1.7 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kualitas data |
3 | 0 | 21 | 2 | 92.31 |
P1.CPMK-2.1 mampu membedakan permasalahan volume, keragaman format, dan kecepatan perubahan data dan implikasinya pada kebutuhan komputasi |
4 | 10 | 9 | 3 | 88.46 |
P1.CPMK-2.2 mampu menjelaskan model pertumbuhan data yang berimplikasi pada kebutuhan komputasi |
4 | 10 | 9 | 3 | 88.46 |
KU2.CPMK-3.1 mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan simpanan data |
2 | 21 | 1 | 2 | 92.31 |
KU2.CPMK-3.2 mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan dan peyimpanan keragaman data |
3 | 21 | 0 | 2 | 92.31 |
KU2.CPMK-3.3 mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan data kecepatan tinggi |
2 | 21 | 1 | 2 | 92.31 |
KU2.CPMK-3.4 mampu mempresentasikan hasil rancangan secara logis, kritis, dan sistematis |
9 | 15 | 0 | 2 | 92.31 |
KK1.CPMK-4.1 mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan volume pada kasus tiruan big data yang dihadapi dunia industri |
15 | 7 | 0 | 4 | 84.62 |
KK1.CPMK-4.2 mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan kecepatan update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri |
15 | 6 | 2 | 3 | 88.46 |
KK1.CPMK-4.3 mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan data variety update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri |
23 | 0 | 0 | 3 | 88.46 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
mampu membedakan data terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur | |||||
Disc1 | 4 (17.39 %) | 10 (43.48 %) | 9 (39.13 %) | 0 | 100 (434.78 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan media simpanan | |||||
UTS | 5 (20.00 %) | 0 | 4 (16.00 %) | 16 (64.00 %) | 36 (144.00 %) |
Disc2 | 2 (8.33 %) | 6 (25.00 %) | 16 (66.67 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan keragaman data | |||||
Disc4 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data yang cepat | |||||
Disc3 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data cepat yang pada simpanan terdistribusi | |||||
PR1 | 21 (91.30 %) | 0 | 1 (4.35 %) | 1 (4.35 %) | 95.65 (415.87 %) |
Disc2 | 2 (8.33 %) | 6 (25.00 %) | 16 (66.67 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming | |||||
Disc3 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kualitas data | |||||
Disc4 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
mampu membedakan permasalahan volume, keragaman format, dan kecepatan perubahan data dan implikasinya pada kebutuhan komputasi | |||||
Disc1 | 4 (17.39 %) | 10 (43.48 %) | 9 (39.13 %) | 0 | 100 (434.78 %) |
mampu menjelaskan model pertumbuhan data yang berimplikasi pada kebutuhan komputasi | |||||
Disc1 | 4 (17.39 %) | 10 (43.48 %) | 9 (39.13 %) | 0 | 100 (434.78 %) |
mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan simpanan data | |||||
PR2 | 6 (26.09 %) | 17 (73.91 %) | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
Disc3 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan dan peyimpanan keragaman data | |||||
PR3 | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Disc4 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan data kecepatan tinggi | |||||
PR2 | 6 (26.09 %) | 17 (73.91 %) | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
Disc3 | 3 (12.50 %) | 0 | 21 (87.50 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu mempresentasikan hasil rancangan secara logis, kritis, dan sistematis | |||||
UAS | 3 (13.04 %) | 20 (86.96 %) | 0 | 0 | 100 (434.78 %) |
PR4 | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan volume pada kasus tiruan big data yang dihadapi dunia industri | |||||
TG2 | 15 (65.22 %) | 7 (30.43 %) | 0 | 1 (4.35 %) | 95.65 (415.87 %) |
mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan kecepatan update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri | |||||
TG3 | 15 (65.22 %) | 6 (26.09 %) | 2 (8.70 %) | 0 | 100 (434.78 %) |
mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan data variety update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri | |||||
TG1 | 23 (95.83 %) | 0 | 0 | 1 (4.17 %) | 95.83 (399.29 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.7 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200011 | BINTANG RAKHA DANISWARA | 60.00 | 76.67 | 65.00 | 65.00 | 74.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 76.33 | 75.40 | 77.69 | 81.00 | 73.00 | 80.00 |
2 | 064002200035 | M. FAUZAN WIJAYA | 60.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 74.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 76.33 | 75.40 | 79.41 | 81.00 | 73.00 | 80.00 |
3 | 064002200016 | RADEA AJI PRASOJO | 80.00 | 51.67 | 80.00 | 80.00 | 74.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 78.40 | 81.33 | 78.40 | 80.28 | 81.00 | 73.00 | 80.00 |
4 | 064002100032 | FADJAR ARIESTIANTO SULEMAN | 75.00 | 60.00 | 65.00 | 65.00 | 78.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 77.00 | 76.33 | 77.00 | 77.69 | 79.00 | 87.00 | 82.00 |
5 | 064002200017 | ADAM HIDAYAT | 75.00 | 54.17 | 65.00 | 65.00 | 83.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 75.79 | 82.00 | 87.00 | 81.00 |
6 | 064002200044 | DELVIANO ARIE PRABOWO | 60.00 | 85.00 | 65.00 | 65.00 | 74.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 76.33 | 75.40 | 75.10 | 81.00 | 73.00 | 80.00 |
7 | 064002200018 | AGI PRIYONO | 60.00 | 46.67 | 65.00 | 65.00 | 84.67 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 80.10 | 82.00 | 87.00 | 81.00 |
8 | 064002200028 | TENGKU RABIH RAZZAN | 75.00 | 46.67 | 65.00 | 65.00 | 84.67 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 80.10 | 82.00 | 87.00 | 81.00 |
9 | 064002200029 | TOMMY ANDRIAN | 75.00 | 62.50 | 65.00 | 65.00 | 83.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 80.10 | 84.00 | 85.00 | 80.00 |
10 | 064002200013 | EVANDA MANGGANI | 75.00 | 45.83 | 65.00 | 65.00 | 83.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 74.93 | 84.00 | 85.00 | 80.00 |
11 | 064002200023 | I WAYAN TRISNA ARDIKA | 60.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 78.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 80.10 | 82.00 | 87.00 | 81.00 |
12 | 064002200037 | MENDARI PERTIWI | 60.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 78.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 74.07 | 84.00 | 85.00 | 80.00 |
13 | 064002200001 | RAFIF FERNANDA WIBOWO | 60.00 | 76.67 | 65.00 | 65.00 | 78.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 78.38 | 82.00 | 87.00 | 81.00 |
14 | 064002200041 | DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR | 60.00 | 60.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 76.66 | 70.00 | 60.00 | 80.00 |
15 | 064002200045 | ALFAREZA GIOVANI | 80.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 74.00 | 65.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 75.40 | 76.33 | 75.40 | 80.28 | 50.00 | 65.00 | 80.00 |
16 | 064002200021 | ANKA FAYIZ RASYAD | 80.00 | 87.50 | 80.00 | 80.00 | 83.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 81.33 | 80.00 | 80.28 | 79.00 | 87.00 | 82.00 |
17 | 064002200032 | HASHEMI RALF KOIZUMI | 75.00 | 62.50 | 65.00 | 65.00 | 83.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 80.10 | 84.00 | 85.00 | 80.00 |
18 | 064002200039 | ALDI SURYA PRANATA | 60.00 | 85.00 | 65.00 | 65.00 | 74.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 60.00 | 75.40 | 76.33 | 75.40 | 75.10 | 81.00 | 73.00 | 80.00 |
19 | 064002200019 | AHMAD RIFQI AZIS | 75.00 | 45.83 | 65.00 | 65.00 | 83.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.40 | 79.67 | 75.40 | 77.52 | 84.00 | 85.00 | 80.00 |
20 | 064002100015 | HAIKAL MUFAKHIR | 75.00 | 51.67 | 65.00 | 65.00 | 78.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 77.00 | 76.33 | 77.00 | 73.38 | 79.00 | 87.00 | 82.00 |
21 | 064002100017 | FARHAN FADILLAH HARAHAP | 80.00 | 51.67 | 80.00 | 80.00 | 78.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 81.33 | 80.00 | 77.69 | 79.00 | 75.00 | 82.00 |
22 | 064002200038 | GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM | 0.00 | 10.00 | 65.00 | 65.00 | 60.00 | 65.00 | 65.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 79.67 | 65.00 | 87.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
23 | 064002000026 | RIFQI RASYADAN | 0.00 | 40.00 | 40.00 | 0.00 | 30.00 | 0.00 | 40.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
24 | 064002000009 | KASYAH ARYA SYAHPUTRA | 75.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 53.33 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 77.00 | 76.33 | 77.00 | 77.69 | 79.00 | 87.00 | 82.00 |
25 | 064002100022 | DIMAS HUMAM ARIF | 75.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 78.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 77.00 | 76.33 | 77.00 | 77.69 | 79.00 | 87.00 | 82.00 |
26 | 064001900005 | SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2615 Is Mardianto, M.Kom.)