PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Big Data |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6335 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 58 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Big Data |
KODE MATA KULIAH | : IKS6335 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BIG DATA Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IKS6335 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | mampu menjelaskan cara kerja dan arsitektur teknologi big data |
P.1 | P1.CPMK-2 | mampu menjelaskan masalah skala dan implikasi Big Data pada kebutuhan komputasi |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah skala dan implikasi Big Data |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan big data yang dihadapi dunia industri |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6335 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6335 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Big Data | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
RPS Big Data. Pertumbuhan data dan implikasinya. Keragaman format data dan implikasinya. Kecepatan perubahan data dan implikasinya |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi dan dapat menyimpulkan terkait dengan pertumbuhan data, keragaman format dan kecepatan perubahan data serta implikasinya |
|
|
2 |
|
Model pertumbuhan volume data dari berbagai media |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk menyimpulkan model pertumbuhan data dari kasus yang diberikan |
|
|
3 |
|
sistem terdistribusi. File system terdistribusi. Database terdistribusi: Hadoop, MongoDB |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membandinkan kapabilitas berbagai produk teknologi untuk mengatasi masalah volume data besar |
|
|
4 |
|
Pemrosesan data secara paralel: MapReduce: Hadoop Pig |
|
150.00 | mahasiswa dapat memperagakan bagaimana paralel processing MapReduce bekerja dan merancang arsitekturnya |
|
|
5 |
|
Data streaming model dan teknologinya: Kafka Apache, Airflow |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membedakan cara kerja model-model data streaming dicapture dan disimpan |
|
|
6 |
|
Pemrosesan data cepat dan teknologinya: Apache Spark |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk mengidentifikasi cara kerja pemrosesan data cepat untuk teknologi tertentu |
|
|
7 |
|
Kasus volume data dan kasus kecepatan update data |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk memilih teknologi yang tepat berserta argumentasinya |
|
|
8 |
|
Artistektur ETL, ELT. Model data pipeline berdasarkan kebutuhan latensi data ekstraksi: Apache Airflow |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membedakan model arsitektur dan data pipeline pada proses ekstraksi data |
|
|
9 |
|
Konsep datawarehouse dan datalake. Data integrity dan data transformasi: Apache Hudi |
|
150.00 | mahasiswa berdiskusi untuk membedakan kebutuhan integrasi dan data transformasi ke datawarehouse dan datalake |
|
|
10 |
|
Pemecahan kasus data variety |
|
175.00 | mahasiswa berdiskusi untuk memecahkan kasus data variety |
|
|
11 |
|
perancangan data engineering pada kasus yang diberikan |
|
150.00 | mahasiswa secara berkelompok merancang data engineering pada masalah data variety |
|
|
12 |
|
perancangan data engineering pada kasus yang diberikan |
|
150.00 | mahasiswa secara berkelompok merancang data engineering pada masalah volume |
|
|
13 |
|
perancangan data engineering pada kasus yang diberikan |
|
150.00 | mahasiswa secara berkelompok merancang data engineering pada permasalahan kecepatan update data |
|
|
14 |
|
Presentasi hasil perancangan secara terintegrasi |
|
150.00 | mahasiswa mempresentasikan hasil rancangan |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Big Data | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi 1 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Diskusi 2 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-8 Assessment: Diskusi 4 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Diskusi 3 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Minggu ke-4 Assessment: Presentasi 1 (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Diskusi 2 (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Diskusi 2 (0.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Diskusi 3 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | Minggu ke-9 Assessment: Diskusi 4 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi 1 (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-2 Assessment: Diskusi 1 (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 2 (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Diskusi 3 (0.50%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-10 Assessment: Diskusi 4 (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Presentasi 3 (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-7 Assessment: Diskusi 3 (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 2 (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (25.00%) Minggu ke-14 Assessment: Presentasi 4 (4.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas 2 (10.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas 3 (10.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas 1 (10.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 25.00% | 25% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 30% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||
M1 | M3 | M8 | M6 | M4 | M5 | M9 | M2 | M7 | M10 | M14 | M12 | M13 | M11 | ||||||||||||
Komponen | Disc1 | UTS | Disc2 | Disc4 | UTS | Disc3 | PR1 | Disc2 | UTS | UTS | Disc3 | Disc4 | Disc1 | PR2 | Disc3 | Disc4 | PR3 | UAS | PR4 | TG2 | TG3 | TG1 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 5.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 5.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 2.00% | 0.00% | 5.00% | 7% | |||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 5.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.00% | 0.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 1.00% | 2.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.00% | 0.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 25.00% | 4.00% | 29% | ||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 5 | 1 | 1 | 5 | 1 | 2 | 5 | 5 | 1 | 1 | 2 | 4 | 1 | 1 | 2 | 25 | 4 | 10 | 10 | 10 | 99 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Disc1 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS Disc2 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Disc4 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | UTS Disc3 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | PR1 Disc2 Disc2 UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | UTS Disc3 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | Disc4 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Disc1 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Disc1 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | PR2 Disc3 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Disc4 PR3 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Disc3 PR2 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | UAS PR4 |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | TG2 |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | TG3 |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | TG1 |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan media simpanan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data yang cepat | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to process data in high speed can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data cepat yang pada simpanan terdistribusi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to process data in high speed can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat pada sistem terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve high speed data processing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | mampu menjelaskan teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja penyimpanan terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve data storage requirements can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to process data in high speed can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja teknologi pemrosesan data cepat pada sistem terdistribusi dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to solve high speed data processing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming dapat dijelaskan Performance Indicator: techniques and operation of technologies to capture and store data in data streaming can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | mampu mempresentasikan hasil rancangan secara logis, kritis, dan sistematis | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: hasil rancangan solusi permasalahan bigdata tiruan di industri dapat dibuat dengan benar Performance Indicator: design of solution of dummy industrial problem can be demonstrated approximately |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 8 | 13.79 |
A- | 6 | 10.34 |
B+ | 16 | 27.59 |
B | 16 | 27.59 |
B- | 8 | 13.79 |
C+ | 2 | 3.45 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 mampu membedakan data terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur |
25 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.2 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan media simpanan |
0 | 20 | 5 | 4 | 86.21 |
P1.CPMK-1.3 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan keragaman data |
17 | 6 | 6 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.4 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data yang cepat |
17 | 6 | 6 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.5 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data cepat yang pada simpanan terdistribusi |
0 | 20 | 9 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.6 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming |
17 | 6 | 6 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.7 mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kualitas data |
17 | 6 | 6 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.1 mampu membedakan permasalahan volume, keragaman format, dan kecepatan perubahan data dan implikasinya pada kebutuhan komputasi |
25 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.2 mampu menjelaskan model pertumbuhan data yang berimplikasi pada kebutuhan komputasi |
25 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-3.1 mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan simpanan data |
14 | 12 | 3 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-3.2 mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan dan peyimpanan keragaman data |
14 | 12 | 3 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-3.3 mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan data kecepatan tinggi |
14 | 12 | 3 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-3.4 mampu mempresentasikan hasil rancangan secara logis, kritis, dan sistematis |
16 | 13 | 0 | 0 | 100.00 |
KK1.CPMK-4.1 mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan volume pada kasus tiruan big data yang dihadapi dunia industri |
24 | 5 | 0 | 0 | 100.00 |
KK1.CPMK-4.2 mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan kecepatan update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri |
2 | 8 | 9 | 10 | 65.52 |
KK1.CPMK-4.3 mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan data variety update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri |
24 | 5 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
mampu membedakan data terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur | |||||
Disc1 | 25 (86.21 %) | 4 (13.79 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan media simpanan | |||||
UTS | 0 | 20 (68.97 %) | 5 (17.24 %) | 4 (13.79 %) | 86.21 (297.28 %) |
Disc2 | 0 | 0 | 29 (100.00 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan keragaman data | |||||
Disc4 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data yang cepat | |||||
Disc3 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kebutuhan pemrosesan data cepat yang pada simpanan terdistribusi | |||||
PR1 | 17 (58.62 %) | 5 (17.24 %) | 7 (24.14 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
Disc2 | 0 | 2 (6.90 %) | 27 (93.10 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja data capturing dan penyimpanan data pada data streaming | |||||
Disc3 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan teknik dan cara kerja teknologi yang digunakan menyelesaikan permasalahan kualitas data | |||||
Disc4 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu membedakan permasalahan volume, keragaman format, dan kecepatan perubahan data dan implikasinya pada kebutuhan komputasi | |||||
Disc1 | 25 (86.21 %) | 4 (13.79 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu menjelaskan model pertumbuhan data yang berimplikasi pada kebutuhan komputasi | |||||
Disc1 | 25 (86.21 %) | 4 (13.79 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan simpanan data | |||||
Disc3 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
PR2 | 18 (62.07 %) | 8 (27.59 %) | 3 (10.34 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan dan peyimpanan keragaman data | |||||
Disc4 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
PR3 | 19 (65.52 %) | 7 (24.14 %) | 3 (10.34 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kebutuhan pemrosesan data kecepatan tinggi | |||||
Disc3 | 17 (58.62 %) | 6 (20.69 %) | 6 (20.69 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
PR2 | 18 (62.07 %) | 8 (27.59 %) | 3 (10.34 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu mempresentasikan hasil rancangan secara logis, kritis, dan sistematis | |||||
UAS | 16 (55.17 %) | 13 (44.83 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
PR4 | 19 (65.52 %) | 7 (24.14 %) | 3 (10.34 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan volume pada kasus tiruan big data yang dihadapi dunia industri | |||||
TG2 | 24 (82.76 %) | 5 (17.24 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan kecepatan update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri | |||||
TG3 | 2 (6.90 %) | 8 (27.59 %) | 9 (31.03 %) | 10 (34.48 %) | 65.52 (225.93 %) |
mampu mengajukan rancangan solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan data variety update data pada tiruan big data yang dihadapi dunia industri | |||||
TG1 | 24 (82.76 %) | 5 (17.24 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.7 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 84.00 | 83.33 | 84.00 | 85.00 | 90.00 | 20.00 | 90.00 |
2 | 064002200010 | ANDRI MARTIN | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 76.67 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 85.17 | 85.00 | 80.00 | 85.00 |
3 | 064002200027 | TARUM WIDYASTI PERTIWI | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.86 | 85.00 | 75.00 | 85.00 |
4 | 064002200024 | KHARISMA MAULIDA SAARA | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 84.00 | 83.33 | 84.00 | 85.00 | 90.00 | 20.00 | 90.00 |
5 | 064002200003 | AUDI AULIA | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.86 | 85.00 | 75.00 | 85.00 |
6 | 064002200015 | PUTRI SYABILLAH | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 78.28 | 75.00 | 20.00 | 75.00 |
7 | 064002200030 | VANIA RAHMA DEWI | 75.00 | 72.50 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 79.00 | 78.33 | 79.00 | 78.28 | 80.00 | 70.00 | 80.00 |
8 | 064002200033 | JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG | 85.00 | 60.00 | 70.00 | 70.00 | 66.67 | 70.00 | 70.00 | 85.00 | 85.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 82.93 | 90.00 | 65.00 | 90.00 |
9 | 064002200020 | AISYAH NUR FADHLIA | 85.00 | 72.50 | 85.00 | 85.00 | 76.67 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 65.00 | 90.00 |
10 | 064002200012 | CANDY SOEKA WIYONO | 75.00 | 56.67 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 75.00 | 75.00 | 76.00 | 73.33 | 76.00 | 78.28 | 80.00 | 70.00 | 80.00 |
11 | 064002200004 | RHENA TABELLA | 75.00 | 72.50 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 79.00 | 78.33 | 79.00 | 78.28 | 80.00 | 70.00 | 80.00 |
12 | 064002200007 | SONYA RIDESIA HASTARI | 85.00 | 72.50 | 85.00 | 85.00 | 76.67 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 65.00 | 90.00 |
13 | 064002100037 | THEO CHRIST MAXIMOS GINTINGS | 85.00 | 72.50 | 85.00 | 85.00 | 76.67 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 90.00 | 65.00 | 90.00 |
14 | 064002200006 | ISKY DWI APRILIANTO | 80.00 | 56.67 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 78.28 | 75.00 | 20.00 | 75.00 |
15 | 064002200009 | ADRIAN ALFAJRI | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 76.67 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 86.00 |
16 | 064002200008 | CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA | 80.00 | 51.67 | 65.00 | 65.00 | 63.33 | 65.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 69.00 | 68.33 | 69.00 | 82.93 | 90.00 | 20.00 | 90.00 |
17 | 064002200046 | ADRIANSYAH MAULANA PUTRA | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.86 | 85.00 | 75.00 | 85.00 |
18 | 064002200043 | ADRIAN HALIM | 80.00 | 72.50 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 78.33 | 75.00 | 92.93 | 90.00 | 20.00 | 90.00 |
19 | 064002200005 | GELLENT ARDIANSYAH | 80.00 | 43.33 | 65.00 | 65.00 | 63.33 | 65.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 76.21 | 75.00 | 20.00 | 75.00 |
20 | 064002200049 | RODRICK KIEDIES | 75.00 | 72.50 | 65.00 | 65.00 | 63.33 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 77.00 | 75.00 | 77.00 | 78.28 | 80.00 | 70.00 | 80.00 |
21 | 064002200034 | MAULANA HAFIZH ARIPUTRA | 80.00 | 72.50 | 65.00 | 65.00 | 63.33 | 65.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 76.21 | 75.00 | 20.00 | 75.00 |
22 | 064002200031 | ALBIHAN | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 76.00 | 76.67 | 76.00 | 77.59 | 80.00 | 65.00 | 80.00 |
23 | 064002200002 | JOSUA WARMAN SIGALINGGING | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 76.00 | 76.67 | 76.00 | 77.59 | 80.00 | 65.00 | 80.00 |
24 | 064002200025 | MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH | 80.00 | 56.67 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 76.00 | 76.67 | 76.00 | 77.59 | 80.00 | 65.00 | 80.00 |
25 | 064002100026 | MUHAMMAD RHEYNAL GHAZALI | 80.00 | 43.33 | 70.00 | 70.00 | 63.33 | 70.00 | 70.00 | 80.00 | 80.00 | 66.00 | 66.67 | 66.00 | 76.21 | 80.00 | 65.00 | 80.00 |
26 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 80.00 | 72.50 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.86 | 85.00 | 75.00 | 80.00 |
27 | 064002200022 | ARZENDRA AZFA YODHATAMA | 85.00 | 43.33 | 70.00 | 70.00 | 66.67 | 70.00 | 70.00 | 85.00 | 85.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 82.93 | 90.00 | 65.00 | 90.00 |
28 | 064002100042 | NAUFAL FADILLAH PUTRA SURANTO | 80.00 | 72.50 | 65.00 | 65.00 | 63.33 | 65.00 | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 69.00 | 68.33 | 69.00 | 82.93 | 90.00 | 20.00 | 90.00 |
29 | 064002100025 | AFFITRA NADINE DEWI | 80.00 | 56.67 | 80.00 | 80.00 | 73.33 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 78.28 | 75.00 | 20.00 | 75.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.)