PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Kreativitas dan Inovasi |
Kode Mata Kuliah | : | IKB6206 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 8 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Kreativitas dan Inovasi |
KODE MATA KULIAH | : IKB6206 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH KREATIVITAS DAN INOVASI Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKB6206 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KU.3 | KU3.CPMK-1 | Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||
---|---|---|---|---|
KU.3 | KU3.CPMK-1 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKB6206 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKB6206 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Kreativitas dan Inovasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengenalan Kreativitas & Inovasi |
|
100.00 | Mahasiswa merasa antusias mengikuti pertemuan pertama. Mereka terpapar konsep kreativitas dan inovasi secara umum, yang membuka pemahaman tentang pentingnya kreativitas dalam berbagai aspek kehidupan. |
|
|
2 |
|
Teori Kreativitas: Divergent Thinking |
|
100.00 | Mahasiswa merasa tertantang oleh konsep berpikir divergen yang baru. Mereka merenung tentang cara mereka biasanya berpikir dan mulai memahami bagaimana membebaskan imajinasi untuk menghasilkan berbagai ide. |
|
|
3 |
|
Permainan:Brainstorming |
|
100.00 | Mahasiswa merasa gugup, namun juga antusias, saat mereka berpartisipasi dalam sesi brainstorming kelompok. Mereka belajar untuk berbagi ide tanpa takut kritik, dan merasakan semangat kompetisi sehat. |
|
|
4 |
|
Teknik Inovasi: SCAMPER (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa penasaran dengan teknik SCAMPER yang diperkenalkan. Mereka merasa termotivasi untuk mengaplikasikan teknik ini dalam berbagai situasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif. |
|
|
5 |
|
Kreativitas dalam Tim (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa terinspirasi oleh pembelajaran tentang kreativitas dalam tim. Mereka merenung tentang peran kolaborasi dalam menghasilkan solusi yang lebih kuat dan belajar bagaimana merangkul perbedaan pendapat. |
|
|
6 |
|
Improvisasi (Aktivitas Permainan) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa canggung pada awalnya tetapi kemudian merasa terlibat dan bebas berekspresi selama aktivitas improvisasi. Mereka mengerti pentingnya berpikir cepat dan belajar untuk tidak takut membuat kesalahan. |
|
|
7 |
|
Inovasi Disruptif (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa terinspirasi oleh contoh-contoh inovasi disruptif dan berpikir tentang bagaimana mereka dapat mengaplikasikan konsep ini dalam proyek dan ide mereka sendiri |
|
|
8 |
|
Mengatasi Hambatan Kreativitas (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa diberdayakan setelah memahami berbagai hambatan yang mungkin mereka alami dan strategi untuk mengatasinya. Mereka merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan kreatif dengan lebih percaya diri. |
|
|
9 |
|
Puzzles Kreatif (Aktivitas Permainan) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa fokus dan tertantang saat mereka mencoba memecahkan puzzles kreatif. Mereka merasakan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah dan mendapatkan kepuasan dari mengatasi tantangan. |
|
|
10 |
|
Teknologi & Inovasi (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa terhubung dengan materi yang relevan dengan dunia nyata. Mereka mulai melihat bagaimana teknologi dapat memfasilitasi inovasi dan merasa termotivasi untuk menjelajahi lebih lanjut. |
|
|
11 |
|
Berpikir Disain (Design Thinking) (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa berpikir lebih mendalam tentang proses desain berpikir dan bagaimana pendekatan ini dapat digunakan dalam berbagai konteks. Mereka merasa termotivasi untuk mencoba pendekatan ini dalam proyek-proyek mereka. |
|
|
12 |
|
Role Play: Ideation Session (Aktivitas Permainan) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa energik dan terlibat dalam sesi role play. Mereka merasakan kegembiraan dan keceriaan dalam berkolaborasi dengan teman-teman untuk menghasilkan ide-ide baru. |
|
|
13 |
|
Kreativitas dalam Bisnis (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa terhubung dengan konsep kreativitas dalam bisnis dan mulai merenung tentang bagaimana mereka dapat mengaplikasikan ide-ide inovatif dalam konteks dunia bisnis. |
|
|
14 |
|
Mengembangkan Rencana Inovasi (Kuliah) |
|
100.00 | Mahasiswa merasa terpacu untuk merancang rencana inovatif mereka sendiri. Mereka merasa bersemangat untuk mengaplikasikan berbagai teknik yang telah mereka pelajari dalam proyek-proyek masa depan. |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Kreativitas dan Inovasi | 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. | ; Tuesday 15:10:00-16:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Tidak | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) Minggu ke-7 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (8.00%) Minggu ke-10 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (8.00%) Minggu ke-11 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%) Minggu ke-13 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (6.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | 3.00% | 4.00% | 5.00% | 2.00% | 6.00% | 20% | ||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | 8.00% | 8.00% | 4.00% | 5.00% | 25% | |||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | ||||||||||||||
Komponen | DP1 | PUAS | UTS | DP1 | DP1 | UTS | DP1 | UTS | DP1 | UTS | DP1 | UTS | DP1 | DP1 | DP1 | PUAS | DP1 | PUAS | DP1 | DP1 | PUAS | DP1 | PUAS | DP1 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | Bobot |
KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | 5.00% | 5.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 2.00% | 5.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 6.00% | 2.00% | 3.00% | 4.00% | 8.00% | 2.00% | 8.00% | 4.00% | 5.00% | 4.00% | 5.00% | 5.00% | 6.00% | 100% |
TOTAL | 5 | 5 | 3 | 4 | 4 | 4 | 2 | 5 | 2 | 2 | 2 | 6 | 2 | 3 | 4 | 8 | 2 | 8 | 4 | 5 | 4 | 5 | 5 | 6 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | DP1 PUAS UTS DP1 DP1 UTS DP1 UTS DP1 UTS DP1 UTS DP1 DP1 DP1 PUAS DP1 PUAS DP1 DP1 PUAS DP1 PUAS DP1 |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesiona Performance Indicator: Students can engage in lifelong self-learning, demonstrate creativity and innovation, effectively communicate, collaborate, and effectively play the role of team members or leaders in their field of expertise across various professional contexts. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis informasi dengan mendalam, menghubungkan konsep, dan menghasilkan solusi baru Performance Indicator: Students are able to analyze information in depth, connect concepts, and produce new solutions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-1 | KU3.CPMK-1.1 | Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesiona Performance Indicator: Students can engage in lifelong self-learning, demonstrate creativity and innovation, effectively communicate, collaborate, and effectively play the role of team members or leaders in their field of expertise across various professional contexts. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis informasi dengan mendalam, menghubungkan konsep, dan menghasilkan solusi baru Performance Indicator: Students are able to analyze information in depth, connect concepts, and produce new solutions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 2 | 25.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 2 | 25.00 |
C+ | 2 | 25.00 |
C | 2 | 25.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KU3.CPMK-1.1 Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional |
0 | 1 | 3 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional | |||||
DP1 | 1 (25.00 %) | 0 | 2 (50.00 %) | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
PUAS | 0 | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian |
KU3.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002100042 | NAUFAL FADILLAH PUTRA SURANTO | 63.60 |
2 | 064002100026 | MUHAMMAD RHEYNAL GHAZALI | 66.10 |
3 | 064002000016 | BORIS LUHUNG SWARA | 57.10 |
4 | 064002000009 | KASYAH ARYA SYAHPUTRA | 75.10 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.)