Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Kreativitas dan Inovasi
Kode Mata Kuliah : IKB6206
Tim Dosen :
  1. 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
Kelas : 01
Dosen : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 8 mahasiswa

Program Studi TEKNIK INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Kreativitas dan Inovasi
KODE MATA KULIAH : IKB6206
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
KREATIVITAS DAN INOVASI
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKB6206
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
KU.3 KU3.CPMK-1 Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
KU.3 KU3.CPMK-1
KU3.CPMK-1.1 Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKB6206

Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKB6206     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Kreativitas dan Inovasi Dosen :
  1. 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Pengenalan Kreativitas & Inovasi
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa merasa antusias mengikuti pertemuan pertama. Mereka terpapar konsep kreativitas dan inovasi secara umum, yang membuka pemahaman tentang pentingnya kreativitas dalam berbagai aspek kehidupan.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 5.00 %
2
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Teori Kreativitas: Divergent Thinking
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
100.00 Mahasiswa merasa tertantang oleh konsep berpikir divergen yang baru. Mereka merenung tentang cara mereka biasanya berpikir dan mulai memahami bagaimana membebaskan imajinasi untuk menghasilkan berbagai ide.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
  • Paper Ujian Akhir Semester - 5.00 %
3
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Permainan:Brainstorming
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
  • Permainan
100.00 Mahasiswa merasa gugup, namun juga antusias, saat mereka berpartisipasi dalam sesi brainstorming kelompok. Mereka belajar untuk berbagi ide tanpa takut kritik, dan merasakan semangat kompetisi sehat.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 4.00 %
4
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Teknik Inovasi: SCAMPER (Kuliah)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa merasa penasaran dengan teknik SCAMPER yang diperkenalkan. Mereka merasa termotivasi untuk mengaplikasikan teknik ini dalam berbagai situasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Kreativitas dalam Tim (Kuliah)
  • Tutorial
  • Memainkan Peran
  • Pemecahan Masalah
  • Permainan
100.00 Mahasiswa merasa terinspirasi oleh pembelajaran tentang kreativitas dalam tim. Mereka merenung tentang peran kolaborasi dalam menghasilkan solusi yang lebih kuat dan belajar bagaimana merangkul perbedaan pendapat.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
6
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Improvisasi (Aktivitas Permainan)
  • Memainkan Peran
  • Pemecahan Masalah
  • Permainan
100.00 Mahasiswa merasa canggung pada awalnya tetapi kemudian merasa terlibat dan bebas berekspresi selama aktivitas improvisasi. Mereka mengerti pentingnya berpikir cepat dan belajar untuk tidak takut membuat kesalahan.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
7
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Inovasi Disruptif (Kuliah)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa merasa terinspirasi oleh contoh-contoh inovasi disruptif dan berpikir tentang bagaimana mereka dapat mengaplikasikan konsep ini dalam proyek dan ide mereka sendiri
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 6.00 %
8
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Mengatasi Hambatan Kreativitas (Kuliah)
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
100.00 Mahasiswa merasa diberdayakan setelah memahami berbagai hambatan yang mungkin mereka alami dan strategi untuk mengatasinya. Mereka merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan kreatif dengan lebih percaya diri.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Puzzles Kreatif (Aktivitas Permainan)
  • Pemecahan Masalah
  • Permainan
100.00 Mahasiswa merasa fokus dan tertantang saat mereka mencoba memecahkan puzzles kreatif. Mereka merasakan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah dan mendapatkan kepuasan dari mengatasi tantangan.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 4.00 %
10
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Teknologi & Inovasi (Kuliah)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa merasa terhubung dengan materi yang relevan dengan dunia nyata. Mereka mulai melihat bagaimana teknologi dapat memfasilitasi inovasi dan merasa termotivasi untuk menjelajahi lebih lanjut.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 2.00 %
  • Paper Ujian Akhir Semester - 8.00 %
11
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Berpikir Disain (Design Thinking) (Kuliah)
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
100.00 Mahasiswa merasa berpikir lebih mendalam tentang proses desain berpikir dan bagaimana pendekatan ini dapat digunakan dalam berbagai konteks. Mereka merasa termotivasi untuk mencoba pendekatan ini dalam proyek-proyek mereka.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 4.00 %
  • Paper Ujian Akhir Semester - 8.00 %
12
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Role Play: Ideation Session (Aktivitas Permainan)
  • Memainkan Peran
  • Pemecahan Masalah
  • Permainan
100.00 Mahasiswa merasa energik dan terlibat dalam sesi role play. Mereka merasakan kegembiraan dan keceriaan dalam berkolaborasi dengan teman-teman untuk menghasilkan ide-ide baru.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Kreativitas dalam Bisnis (Kuliah)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa merasa terhubung dengan konsep kreativitas dalam bisnis dan mulai merenung tentang bagaimana mereka dapat mengaplikasikan ide-ide inovatif dalam konteks dunia bisnis.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 5.00 %
  • Paper Ujian Akhir Semester - 4.00 %
14
  1. Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Mengembangkan Rencana Inovasi (Kuliah)
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Proyek
100.00 Mahasiswa merasa terpacu untuk merancang rencana inovatif mereka sendiri. Mereka merasa bersemangat untuk mengaplikasikan berbagai teknik yang telah mereka pelajari dalam proyek-proyek masa depan.
  • Diskusi dan Partisipasi 1 - 6.00 %
  • Paper Ujian Akhir Semester - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Kreativitas dan Inovasi 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. ; Tuesday 15:10:00-16:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Tidak
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (8.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (8.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Paper Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (6.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1 3.00%
4.00%
5.00%
2.00%
6.00%
20%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1 8.00%
8.00%
4.00%
5.00%
25%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14
Komponen DP1 PUAS UTS DP1 DP1 UTS DP1 UTS DP1 UTS DP1 UTS DP1 DP1 DP1 PUAS DP1 PUAS DP1 DP1 PUAS DP1 PUAS DP1
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24 Bobot
KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1 5.00%5.00%3.00%4.00%4.00%4.00%2.00%5.00%2.00%2.00%2.00%6.00%2.00%3.00%4.00%8.00%2.00%8.00%4.00%5.00%4.00%5.00%5.00%6.00% 100%
TOTAL 5 5 3 4 4 4 2 5 2 2 2 6 2 3 4 8 2 8 4 5 4 5 5 6 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1 DP1 PUAS UTS DP1 DP1 UTS DP1 UTS DP1 UTS DP1 UTS DP1 DP1 DP1 PUAS DP1 PUAS DP1 DP1 PUAS DP1 PUAS DP1
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesiona
Performance Indicator: Students can engage in lifelong self-learning, demonstrate creativity and innovation, effectively communicate, collaborate, and effectively play the role of team members or leaders in their field of expertise across various professional contexts.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis informasi dengan mendalam, menghubungkan konsep, dan menghasilkan solusi baru
Performance Indicator: Students are able to analyze information in depth, connect concepts, and produce new solutions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.3 KU3.CPMK-1 KU3.CPMK-1.1Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesiona
Performance Indicator: Students can engage in lifelong self-learning, demonstrate creativity and innovation, effectively communicate, collaborate, and effectively play the role of team members or leaders in their field of expertise across various professional contexts.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis informasi dengan mendalam, menghubungkan konsep, dan menghasilkan solusi baru
Performance Indicator: Students are able to analyze information in depth, connect concepts, and produce new solutions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 2 25.00
B 0 0.00
B- 2 25.00
C+ 2 25.00
C 2 25.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KU3.CPMK-1.1
Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
0 1 3 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional
DP11
(25.00 %)
02
(50.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
PUAS003
(75.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)

Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
KU3.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
1 064002100042 NAUFAL FADILLAH PUTRA SURANTO 63.60
2 064002100026 MUHAMMAD RHEYNAL GHAZALI 66.10
3 064002000016 BORIS LUHUNG SWARA 57.10
4 064002000009 KASYAH ARYA SYAHPUTRA 75.10

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.)