EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.1
P1.CPMK-1
Mahasiswa mampu menerapkan formula matematik dan teori informatika dalam sebuah program
KU.2
KU2.CPMK-2
Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file.
KU.2
KU2.CPMK-3
Mahasiswa menerapkan modularisasi algoritma menggunakan struktur-struktur fungsi, parameter, return-value, dan fungsi rekursif.
KU.2
KU2.CPMK-4
Mahasiswa merumuskan penyelesaian masalah secara algoritmik menggunakan struktur-struktur sekuensial, seleksi, dan perulangan.
KU.2
KU2.CPMK-5
Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
KU.2
KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program
KU2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
KU2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program.
KU2.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
KU2.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu memahami logika
struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
KU.2
KU2.CPMK-5
KU2.CPMK-5.1
Menulis ekspresi logika sesuai kebutuhan dan menerapkannya dalam program.
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6309
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA
Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKL6309 SKS : 3.00
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman
Dosen :
2435 Abdul Rochman, M.Kom.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
Algortime dan Pemrograman; Bahasa pemrograman; Kompilator dan Interpreter; Lingkungan pemrograman Python; Informasi Perkuliahan: RPS, sistem penilaian dan tata tertib.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menerima ceramah, tutorial, diskusi mengenal google colab, install Python.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Tonny Gaddis(2019)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Menerjemahkan problem komputasi ke dalam algoritma Input-Proses-Output (IPO); Pseudocode dan Flowchart; Tipe data primitiv; Perintah I/O di Python.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa melakukan analisa IPO, merancang algoritme, coding dan evaluasi untuk problem sederhana.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Perintah assignment; Variabel; Tipe data dan konversi antar tipe; Ekspresi Aritmetik; Import modul math.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menuliskan formula matematik ke dalam instruksi program.
Tony Gaddis(2019)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Tipe data string; Representasi string; Operasi-operasi string; Akses substring menggunakan operator indeks([]); Membandingkan string (==, !=, < , >, in); Menggabungkan string dengan operator + dan *.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menulis program untuk mengolah data string.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Quiz (1) - 1.00 %
Tugas (2) - 2.00 %
Ujian Akhir Semester (2) - 2.00 %
Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
Praktikum - 1.00 %
5
Mahasiswa mampu memahami logika
struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
Kondisi dan ekspresi boolean; Struktur percabangan; Struktur if, if-else, if-elif, dan if-elif-else.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa membuat program menggunakan struktur percabangan.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Binti Solihah, Ahmad Zuhdi, (2024)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 6.00 %
6
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Struktur perulangan; Struktur while dan for; Flowchart struktur perulangan.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menelusuri alur instruksi dalam struktur percabangan.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Struktur perulangan for-in-range, for-in-collections, for-in- string; Flowchart struktur for.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menelusuri alur logika perulangan for.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 2.00 %
8
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program
Fungsi built-in; Fungsi dalam sebuah modul; Pendefinisian fungsi; Parameter dan argumen fungsi; Pemanggilan fungsi; Return-value; Lingkup variabel; Parameter default.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menelusuri secara manual alur logika program saat pemanggailan fungsi dan mengamati scope variabel.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 1.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Akhir Semester - 1.00 %
9
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program
Metode Iteratif, Metode rekursif, Contoh fungsi rekursif, Menghitung faktorial, Konversi bilangan desimal ke biner.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menelusuri alur program rekursif.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 2.00 %
Quiz - 0.50 %
Tugas - 1.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
Sifat-sifat list; Operasi-operasi pada List: Menambah, Mengakses, Menghapus; Operasi indexing dan negative indexing; Operasi slicing; konversi list ke string (atau sebaliknya); List bersarang.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa menggunakan list dan operasi-operasinya untuk suatu problem.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 2.00 %
Quiz - 1.00 %
Tugas - 2.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
11
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program.
Mahasiswa menggunakan dictionary dan operasi-operasinya untuk masalah yang diberikan.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 2.00 %
Quiz - 1.00 %
Tugas - 2.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
12
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
File Input/Output; Membuka File: open, Membaca File: read, readline, readlines, menulis ke File: write, writelines, Menutup file: close.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa membuat program yang melakukan operasi untuk membaca dan menuiis file.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 2.00 %
Quiz - 1.00 %
Tugas - 2.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Pendefinisian class; Pendefinisian objek; Constructor; method setter dan getter.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa membuat program sederhana menggunakan pendekatan berorientasi objek.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 2.00 %
Quiz - 1.00 %
Tugas - 2.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
14
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Dictionary of list; Membuat DataFrame; Mengakses elemen DataFrame: Indeks: index Baris/Kolom: loc, iloc, boolean indeks.
Tutorial
Percobaan
Diskusi
150.00
Mahasiswa mendeklarasikan operasi pembuatan DataFrame untuk sebuah data tabular sederhana.
Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
Praktikum - 2.00 %
Quiz - 1.00 %
Tugas - 2.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Algoritma dan Pemrograman
2435 Abdul Rochman, M.Kom.
; Tuesday 07:30:00-10:00:00
Status
Visi dan Misi
:
Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan
menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan
Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa
Ya
CPL,CPMK,KAD
:
Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi
Ya
ASSESSMENT
:
Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan
Ya
METODE dan BAHAN AJA
:
Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi
Ya
Peraturan
:
Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian
Ya
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
Ketua
2435 Abdul Rochman, M.Kom.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%)
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python. Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python. Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan kode python untuk membuat formula matematika Performance Indicator: Students are able to apply Python code to create mathematical formulas
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu memahami logika
struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DataFrame dari sebuah data tabular sederhana. Performance Indicator: Students are able to define DataFrame from a simple tabular data.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
0
0.00
A-
1
2.22
B+
0
0.00
B
9
20.00
B-
1
2.22
C+
10
22.22
C
9
20.00
D
8
17.78
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
0
2
1
12
20.00
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
0
2
4
9
40.00
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
0
1
1
13
13.33
KU2.CPMK-2.1
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
0
3
9
3
80.00
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program
0
8
4
3
80.00
KU2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
0
8
4
3
80.00
KU2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program.
0
3
9
3
80.00
KU2.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
0
3
9
3
80.00
KU2.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
0
3
9
3
80.00
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
0
2
7
6
60.00
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu memahami logika
struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
0
2
1
12
20.00
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
0
2
5
8
46.67
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UTS
0
2 (16.67 %)
0
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UTS
0
2 (16.67 %)
0
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UAS
0
1 (8.33 %)
1 (8.33 %)
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UTS
0
2 (16.67 %)
0
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami logika
struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UTS
0
2 (16.67 %)
0
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
PRK
11 (73.33 %)
0
2 (13.33 %)
2 (13.33 %)
86.67 (577.80 %)
Q
12 (80.00 %)
0
0
3 (20.00 %)
80 (533.33 %)
TG
0
0
12 (85.71 %)
2 (14.29 %)
85.71 (612.21 %)
UTS
0
2 (16.67 %)
0
10 (83.33 %)
16.67 (138.92 %)
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00
1
064002300003
JUNIARTO PRABOWO
52.78
58.43
50.00
66.78
69.90
68.88
66.78
66.78
66.78
63.59
55.35
61.00
2
064002300004
MICHAEL BRIANT
72.78
78.62
50.00
67.00
70.20
69.13
67.00
67.00
67.00
74.29
76.65
77.55
3
064002300006
MUHAMMAD RAFLI ILHAM FAHROZI
36.11
41.76
40.00
62.33
65.90
65.13
62.33
62.33
62.33
54.76
37.71
47.36
4
064002300009
NIKITA FATIMAH
0.00
6.29
0.00
4.40
5.50
4.40
4.40
4.40
4.40
2.00
4.40
4.40
5
064002300016
FERNANDO JUNIOR AUPARAY
37.44
41.95
40.00
61.00
64.10
63.63
61.00
61.00
61.00
54.76
38.41
47.36
6
064002300021
ARIK DIAS PUTRA
72.78
78.43
50.00
66.78
69.90
68.88
66.78
66.78
66.78
74.18
76.53
77.36
7
064002300023
FARHAN IQBAL MAULANA
0.00
48.00
0.00
40.00
45.00
40.00
40.00
40.00
40.00
24.00
40.00
40.00
8
064002300026
RANGGA ADITYA PRADANA
52.78
58.62
50.00
67.00
70.20
69.13
67.00
67.00
67.00
63.71
55.47
61.18
9
064002300030
HAFIDZ RAMADHAN
49.44
55.10
55.00
69.00
71.90
70.75
69.00
69.00
69.00
61.82
51.82
58.27
10
064002300036
Rafael Gala Herlambang
52.78
58.62
50.00
67.00
70.20
69.13
67.00
67.00
67.00
63.71
55.47
61.18
11
064002300044
FRANCISCO
36.11
35.48
50.00
59.44
60.00
60.63
59.44
59.44
59.44
50.88
33.82
41.36
12
064002300045
NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI
49.44
52.24
65.00
70.11
71.40
70.75
70.11
70.11
70.11
60.06
50.06
55.55
13
064002300046
MUHAMMAD AKMAL YAZID
46.11
51.76
40.00
62.33
65.90
65.13
62.33
62.33
62.33
60.06
48.29
55.55
14
064002100029
RIDHO BAIHAQI
56.11
59.86
70.00
73.44
74.90
73.88
73.44
73.44
73.44
64.18
57.71
61.91
15
064002000020
IRLOV MUHAMMAD SJAHRIR
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)