PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Algoritma dan Pemrograman |
Kode Mata Kuliah | : | IKL6309 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 53 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Algoritma dan Pemrograman |
KODE MATA KULIAH | : IKL6309 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKL6309 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menerapkan formula matematik dan teori informatika dalam sebuah program |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file. |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa menerapkan modularisasi algoritma menggunakan struktur-struktur fungsi, parameter, return-value, dan fungsi rekursif. |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | Mahasiswa merumuskan penyelesaian masalah secara algoritmik menggunakan struktur-struktur sekuensial, seleksi, dan perulangan. |
KU.2 | KU2.CPMK-5 | Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6309 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKL6309 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Algortime dan Pemrograman; Bahasa pemrograman; Kompilator dan Interpreter; Lingkungan pemrograman Python; Informasi Perkuliahan: RPS, sistem penilaian dan tata tertib. |
|
150.00 | Mahasiswa menerima ceramah, tutorial, diskusi mengenal google colab, install Python. |
|
|
2 |
|
Menerjemahkan problem komputasi ke dalam algoritma Input-Proses-Output (IPO); Pseudocode dan Flowchart; Tipe data primitiv; Perintah I/O di Python. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan analisa IPO, merancang algoritme, coding dan evaluasi untuk problem sederhana. |
|
|
3 |
|
Perintah assignment; Variabel; Tipe data dan konversi antar tipe; Ekspresi Aritmetik; Import modul math. |
|
150.00 | Mahasiswa menuliskan formula matematik ke dalam instruksi program. |
|
|
4 |
|
Tipe data string; Representasi string; Operasi-operasi string; Akses substring menggunakan operator indeks([]); Membandingkan string (==, !=, < , >, in); Menggabungkan string dengan operator + dan *. |
|
150.00 | Mahasiswa menulis program untuk mengolah data string. |
|
|
5 |
|
Kondisi dan ekspresi boolean; Struktur percabangan; Struktur if, if-else, if-elif, dan if-elif-else. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program menggunakan struktur percabangan. |
|
|
6 |
|
Struktur perulangan; Struktur while dan for; Flowchart struktur perulangan. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur instruksi dalam struktur percabangan. |
|
|
7 |
|
Struktur perulangan for-in-range, for-in-collections, for-in- string; Flowchart struktur for. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur logika perulangan for. |
|
|
8 |
|
Fungsi built-in; Fungsi dalam sebuah modul; Pendefinisian fungsi; Parameter dan argumen fungsi; Pemanggilan fungsi; Return-value; Lingkup variabel; Parameter default. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri secara manual alur logika program saat pemanggailan fungsi dan mengamati scope variabel. |
|
|
9 |
|
Metode Iteratif, Metode rekursif, Contoh fungsi rekursif, Menghitung faktorial, Konversi bilangan desimal ke biner. |
|
150.00 | Mahasiswa menelusuri alur program rekursif. |
|
|
10 |
|
Sifat-sifat list; Operasi-operasi pada List: Menambah, Mengakses, Menghapus; Operasi indexing dan negative indexing; Operasi slicing; konversi list ke string (atau sebaliknya); List bersarang. |
|
150.00 | Mahasiswa menggunakan list dan operasi-operasinya untuk suatu problem. |
|
|
11 |
|
Sifat-sifat dictionary; Operasi-operasi pada dictionary: Menambah, Mengakses, Menghapus; Menelusuri elemen-elemen dictionary. |
|
150.00 | Mahasiswa menggunakan dictionary dan operasi-operasinya untuk masalah yang diberikan. |
|
|
12 |
|
File Input/Output; Membuka File: open, Membaca File: read, readline, readlines, menulis ke File: write, writelines, Menutup file: close. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program yang melakukan operasi untuk membaca dan menuiis file. |
|
|
13 |
|
Pendefinisian class; Pendefinisian objek; Constructor; method setter dan getter. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat program sederhana menggunakan pendekatan berorientasi objek. |
|
|
14 |
|
Dictionary of list; Membuat DataFrame; Mengakses elemen DataFrame: Indeks: index Baris/Kolom: loc, iloc, boolean indeks. |
|
150.00 | Mahasiswa mendeklarasikan operasi pembuatan DataFrame untuk sebuah data tabular sederhana. |
|
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Algoritma dan Pemrograman | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.5 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 3.00% | 4.00% | 7% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 6.00% | 6% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | 4.00% | 2.00% | 6% | |||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 0% | |||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 1.00% | 3.00% | 4% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.5 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 23% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.5 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 1.00% | 2.00% | 3% | ||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 1.00% | 1% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M3 | M4 | M12 | M8 | M9 | M10 | M11 | M13 | M14 | M2 | M5 | M6 | M7 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | TG | UTS | Q | UTS | TG | Q | PRK | PRK | UTS | UAS | Q | TG | TG | UAS | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | TG | UAS | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | TG | UAS | Q | PRK | TG | UAS | Q | PRK | UAS | TG | Q | PRK | UTS | PRK | TG | Q | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | UTS | TG | Q | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | A39 | A40 | A41 | A42 | A43 | A44 | A45 | A46 | A47 | A48 | A49 | A50 | A51 | A52 | A53 | A54 | A55 | A56 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 3.00% | 0.50% | 4.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 3.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 4.00% | 10.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 2.00% | 4.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 3.00% | 0.50% | 2.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 3.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 2.00% | 4.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | 2.00% | 4.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.5 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 1.00% | 2.00% | 3.00% | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 8.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 6.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 8.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 1 | 3 | 0.5 | 3 | 1 | 0.5 | 1 | 1 | 4 | 2 | 1 | 2 | 2 | 4 | 1 | 2 | 1 | 1 | 0.5 | 1 | 1 | 3 | 0.5 | 2 | 3 | 2 | 1 | 2 | 2 | 4 | 1 | 2 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 2 | 1 | 2 | 3 | 1 | 1 | 0.5 | 6 | 1 | 0.5 | 1 | 4 | 1 | 0.5 | 1 | 2 | 1 | 0.5 | 1 | 99 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | TG UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS TG Q PRK PRK UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | TG UAS Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | UAS TG Q PRK TG UAS Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | UAS TG Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | TG UAS Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | TG UAS Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.5 | UAS TG Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | UTS PRK TG Q Q TG |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | UTS TG Q PRK |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python. Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python. Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan kode python untuk membuat formula matematika Performance Indicator: Students are able to apply Python code to create mathematical formulas |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.4 | Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.5 | Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar. Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string. Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file. Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi. Performance Indicator: Students are able to define functions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan. Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary. Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor. Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DataFrame dari sebuah data tabular sederhana. Performance Indicator: Students are able to define DataFrame from a simple tabular data. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 9 | 16.98 |
A- | 8 | 15.09 |
B+ | 5 | 9.43 |
B | 13 | 24.53 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 6 | 11.32 |
C | 2 | 3.77 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer. |
3 | 13 | 3 | 3 | 86.36 |
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program. |
6 | 10 | 2 | 4 | 81.82 |
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. |
0 | 5 | 11 | 6 | 72.73 |
KU2.CPMK-2.1 Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. |
0 | 9 | 9 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program |
0 | 9 | 9 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. |
0 | 9 | 9 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. |
0 | 9 | 9 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. |
0 | 9 | 9 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. |
0 | 9 | 9 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. |
2 | 13 | 5 | 2 | 90.91 |
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program. |
5 | 11 | 2 | 4 | 81.82 |
KU2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program. |
3 | 13 | 3 | 3 | 86.36 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UTS | 8 (38.10 %) | 8 (38.10 %) | 1 (4.76 %) | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UTS | 8 (38.10 %) | 8 (38.10 %) | 1 (4.76 %) | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | |||||
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UAS | 0 | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 5 (23.81 %) | 76.19 (362.81 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UTS | 8 (38.10 %) | 8 (38.10 %) | 1 (4.76 %) | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UTS | 8 (38.10 %) | 8 (38.10 %) | 1 (4.76 %) | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program. | |||||
Q | 0 | 2 (9.09 %) | 8 (36.36 %) | 12 (54.55 %) | 45.45 (206.59 %) |
TG | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 3 (13.64 %) | 86.36 (392.55 %) |
UTS | 8 (38.10 %) | 8 (38.10 %) | 1 (4.76 %) | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300001 | NOVAL SUSANTO | 79.78 | 80.35 | 74.00 | 75.43 | 75.43 | 75.67 | 75.43 | 75.43 | 75.43 | 78.80 | 80.27 | 79.78 |
2 | 064002300002 | REYHAN ARNAS | 54.11 | 52.18 | 55.00 | 58.14 | 58.14 | 58.67 | 58.14 | 58.14 | 58.14 | 57.40 | 52.47 | 54.11 |
3 | 064002300005 | FAIZ FIRDAUS PRIYANTO | 79.11 | 79.53 | 64.00 | 69.71 | 69.71 | 70.67 | 69.71 | 69.71 | 69.71 | 78.40 | 79.47 | 79.11 |
4 | 064002300007 | RASYID RIDHO MUHAMMAD NOOR RAFI | 73.89 | 75.82 | 63.00 | 64.14 | 64.14 | 64.33 | 64.14 | 64.14 | 64.14 | 70.60 | 75.53 | 73.89 |
5 | 064002300008 | CALISTA AZZAHRA | 74.89 | 75.88 | 63.00 | 66.29 | 66.29 | 66.83 | 66.29 | 66.29 | 66.29 | 73.20 | 75.73 | 74.89 |
6 | 064002300010 | RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO | 77.11 | 76.59 | 65.00 | 71.14 | 71.14 | 72.17 | 71.14 | 71.14 | 71.14 | 78.00 | 76.67 | 77.11 |
7 | 064002300011 | MASLUBI DWI WIDODO | 61.44 | 58.41 | 58.00 | 65.00 | 65.00 | 66.17 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 66.60 | 58.87 | 61.44 |
8 | 064002300012 | YEZA SABILLAH ABBAS | 69.22 | 69.59 | 58.00 | 62.14 | 62.14 | 62.83 | 62.14 | 62.14 | 62.14 | 68.60 | 69.53 | 69.22 |
9 | 064002300013 | ARIEL FEBRIO HADI | 85.00 | 87.35 | 65.00 | 69.29 | 69.29 | 70.00 | 69.29 | 69.29 | 69.29 | 81.00 | 87.00 | 85.00 |
10 | 064002300014 | ZORDHY GIBRAN FADHLURRAHMAN | 75.56 | 75.29 | 64.00 | 69.43 | 69.43 | 70.33 | 69.43 | 69.43 | 69.43 | 76.00 | 75.33 | 75.56 |
11 | 064002300015 | YUSTIANAS ROMBON | 86.22 | 88.47 | 77.00 | 76.86 | 76.86 | 76.83 | 76.86 | 76.86 | 76.86 | 82.40 | 88.13 | 86.22 |
12 | 064002300017 | MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR | 76.89 | 80.24 | 62.00 | 62.29 | 62.29 | 62.33 | 62.29 | 62.29 | 62.29 | 71.20 | 79.73 | 76.89 |
13 | 064002300018 | FAIRUZ MAULIDYA | 77.44 | 78.18 | 71.00 | 72.43 | 72.43 | 72.67 | 72.43 | 72.43 | 72.43 | 76.20 | 78.07 | 77.44 |
14 | 064002300019 | LISNA HIDAYANTI | 69.22 | 68.65 | 64.00 | 67.29 | 67.29 | 67.83 | 67.29 | 67.29 | 67.29 | 70.20 | 68.73 | 69.22 |
15 | 064002300020 | MICHAEL | 39.56 | 43.06 | 54.00 | 41.43 | 41.43 | 39.33 | 41.43 | 41.43 | 41.43 | 33.60 | 42.53 | 39.56 |
16 | 064002300022 | NUZURUL HAQI FADILLAH | 68.67 | 74.47 | 58.00 | 52.00 | 52.00 | 51.00 | 52.00 | 52.00 | 52.00 | 58.80 | 73.60 | 68.67 |
17 | 064002300024 | DAUD MARTHINUS PAUL JITMAU | 61.33 | 61.65 | 55.00 | 57.14 | 57.14 | 57.50 | 57.14 | 57.14 | 57.14 | 60.80 | 61.60 | 61.33 |
18 | 064002300025 | ZULFADLI DANISWARA | 78.44 | 78.71 | 69.00 | 72.57 | 72.57 | 73.17 | 72.57 | 72.57 | 72.57 | 78.00 | 78.67 | 78.44 |
19 | 064002300027 | MUHAMMAD HAKIM | 78.67 | 80.24 | 48.00 | 58.29 | 58.29 | 60.00 | 58.29 | 58.29 | 58.29 | 76.00 | 80.00 | 78.67 |
20 | 064002300028 | MIFTAH RAMADHAN | 56.22 | 52.82 | 32.00 | 48.57 | 48.57 | 51.33 | 48.57 | 48.57 | 48.57 | 62.00 | 53.33 | 56.22 |
21 | 064002300029 | MUTIARA NOVIANTI RAMBE | 80.67 | 81.29 | 71.00 | 74.00 | 74.00 | 74.50 | 74.00 | 74.00 | 74.00 | 79.60 | 81.20 | 80.67 |
22 | 064002100044 | DENUS BEANAL MANGA | 1.00 | 1.00 | 0.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)