Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman
Kode Mata Kuliah : IKL6309
Tim Dosen :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Kelas : 01
Dosen : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Semester : Gasal 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 53 mahasiswa

Program Studi TEKNIK INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Mar 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Algoritma dan Pemrograman
KODE MATA KULIAH : IKL6309
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKL6309
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menerapkan formula matematik dan teori informatika dalam sebuah program
KU.2 KU2.CPMK-2 Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file.
KU.2 KU2.CPMK-3 Mahasiswa menerapkan modularisasi algoritma menggunakan struktur-struktur fungsi, parameter, return-value, dan fungsi rekursif.
KU.2 KU2.CPMK-4 Mahasiswa merumuskan penyelesaian masalah secara algoritmik menggunakan struktur-struktur sekuensial, seleksi, dan perulangan.
KU.2 KU2.CPMK-5 Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
KU.2 KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1 Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
KU.2 KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
KU2.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
KU2.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
KU.2 KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
KU2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
KU.2 KU2.CPMK-5
KU2.CPMK-5.1 Menulis ekspresi logika sesuai kebutuhan dan menerapkannya dalam program.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6309

Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKL6309     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman Dosen :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
Algortime dan Pemrograman; Bahasa pemrograman; Kompilator dan Interpreter; Lingkungan pemrograman Python; Informasi Perkuliahan: RPS, sistem penilaian dan tata tertib.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menerima ceramah, tutorial, diskusi mengenal google colab, install Python.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Tonny Gaddis(2019)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Menerjemahkan problem komputasi ke dalam algoritma Input-Proses-Output (IPO); Pseudocode dan Flowchart; Tipe data primitiv; Perintah I/O di Python.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa melakukan analisa IPO, merancang algoritme, coding dan evaluasi untuk problem sederhana.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Perintah assignment; Variabel; Tipe data dan konversi antar tipe; Ekspresi Aritmetik; Import modul math.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menuliskan formula matematik ke dalam instruksi program.
  • Tony Gaddis(2019)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
  2. Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
  3. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Tipe data string; Representasi string; Operasi-operasi string; Akses substring menggunakan operator indeks([]); Membandingkan string (==, !=, < , >, in); Menggabungkan string dengan operator + dan *.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menulis program untuk mengolah data string.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Quiz (1) - 1.00 %
  • Tugas (2) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester (2) - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
  • Praktikum - 1.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
Kondisi dan ekspresi boolean; Struktur percabangan; Struktur if, if-else, if-elif, dan if-elif-else.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa membuat program menggunakan struktur percabangan.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Binti Solihah, Ahmad Zuhdi, (2024)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 6.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Struktur perulangan; Struktur while dan for; Flowchart struktur perulangan.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri alur instruksi dalam struktur percabangan.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Struktur perulangan for-in-range, for-in-collections, for-in- string; Flowchart struktur for.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri alur logika perulangan for.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program
Fungsi built-in; Fungsi dalam sebuah modul; Pendefinisian fungsi; Parameter dan argumen fungsi; Pemanggilan fungsi; Return-value; Lingkup variabel; Parameter default.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri secara manual alur logika program saat pemanggailan fungsi dan mengamati scope variabel.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 1.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program
Metode Iteratif, Metode rekursif, Contoh fungsi rekursif, Menghitung faktorial, Konversi bilangan desimal ke biner.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri alur program rekursif.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Sifat-sifat list; Operasi-operasi pada List: Menambah, Mengakses, Menghapus; Operasi indexing dan negative indexing; Operasi slicing; konversi list ke string (atau sebaliknya); List bersarang.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menggunakan list dan operasi-operasinya untuk suatu problem.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
Sifat-sifat dictionary; Operasi-operasi pada dictionary: Menambah, Mengakses, Menghapus; Menelusuri elemen-elemen dictionary.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menggunakan dictionary dan operasi-operasinya untuk masalah yang diberikan.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
12
  1. Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
File Input/Output; Membuka File: open, Membaca File: read, readline, readlines, menulis ke File: write, writelines, Menutup file: close.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa membuat program yang melakukan operasi untuk membaca dan menuiis file.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Pendefinisian class; Pendefinisian objek; Constructor; method setter dan getter.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa membuat program sederhana menggunakan pendekatan berorientasi objek.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Dictionary of list; Membuat DataFrame; Mengakses elemen DataFrame: Indeks: index Baris/Kolom: loc, iloc, boolean indeks.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa mendeklarasikan operasi pembuatan DataFrame untuk sebuah data tabular sederhana.
  • Kenneth A Lambert, Martin Osborne(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Algoritma dan Pemrograman 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 Minggu ke-13 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.5 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 3.00%
4.00%
7%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 3.00%
3%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 6.00%
6%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 4.00%
2.00%
6%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 0%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 4.00%
4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 1.00%
3.00%
4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 3.00%
3%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 4.00%
4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 4.00%
4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.5 4.00%
4%
TOTAL 23%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 1.00%
1%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 2.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 1.00%
1.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 2.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 2.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 2.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.5 2.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 1.00%
2.00%
3%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 1.00%
1%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 1.00%
1.00%
2%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M3 M4 M12 M8 M9 M10 M11 M13 M14 M2 M5 M6 M7
Komponen TG UTS Q UTS TG Q PRK PRK UTS UAS Q TG TG UAS Q PRK UAS TG Q PRK TG UAS Q PRK UAS TG Q PRK TG UAS Q PRK TG UAS Q PRK UAS TG Q PRK UTS PRK TG Q UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36A37A38A39A40A41A42A43A44A45A46A47A48A49A50A51A52A53A54A55A56 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%3.00%0.50% 4.5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 3.00%1.00%0.50%1.00%1.00%4.00% 10.5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 2.00% 2%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 2.00%4.00%1.00%2.00% 9%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 1.00%1.00%0.50%1.00%1.00%3.00%0.50%2.00% 10%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 3.00%2.00%1.00%2.00% 8%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 2.00%4.00%1.00%2.00% 9%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 2.00%4.00%1.00%2.00% 9%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.5 4.00%2.00%1.00%2.00% 9%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 1.00%2.00%3.00%1.00%1.00%0.50% 8.5%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 6.00%1.00%0.50%1.00% 8.5%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 4.00%1.00%0.50%1.00%2.00%1.00%0.50%1.00% 11%
TOTAL 1 3 0.5 3 1 0.5 1 1 4 2 1 2 2 4 1 2 1 1 0.5 1 1 3 0.5 2 3 2 1 2 2 4 1 2 2 4 1 2 4 2 1 2 3 1 1 0.5 6 1 0.5 1 4 1 0.5 1 2 1 0.5 1 99
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 TG UTS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UTS TG Q PRK PRK UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 UAS
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 TG UAS Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 UAS TG Q PRK TG UAS Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 UAS TG Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 TG UAS Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 TG UAS Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.5 UAS TG Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 UTS PRK TG Q Q TG
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 UTS TG Q PRK
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python.
Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python.
Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan kode python untuk membuat formula matematika
Performance Indicator: Students are able to apply Python code to create mathematical formulas
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary.
Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary.
Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.5Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator seleksi untuk operasi input output
Performance Indicator: Students are able to apply selection operators for input output operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operator pengulangan untuk operasi matematika
Performance Indicator: Students are able to apply repetition operators to mathematical operations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan operasi tipe data string.
Performance Indicator: Studentas are able to apply string operations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary.
Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DataFrame dari sebuah data tabular sederhana.
Performance Indicator: Students are able to define DataFrame from a simple tabular data.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 9 16.98
A- 8 15.09
B+ 5 9.43
B 13 24.53
B- 0 0.00
C+ 6 11.32
C 2 3.77
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
3 13 3 3 86.36
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
6 10 2 4 81.82
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
0 5 11 6 72.73
KU2.CPMK-2.1
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
0 9 9 4 81.82
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program
0 9 9 4 81.82
KU2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
0 9 9 4 81.82
KU2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
0 9 9 4 81.82
KU2.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
0 9 9 4 81.82
KU2.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
0 9 9 4 81.82
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
2 13 5 2 90.91
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
5 11 2 4 81.82
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
3 13 3 3 86.36
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UTS8
(38.10 %)
8
(38.10 %)
1
(4.76 %)
4
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UTS8
(38.10 %)
8
(38.10 %)
1
(4.76 %)
4
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UAS05
(23.81 %)
11
(52.38 %)
5
(23.81 %)
76.19
(362.81 %)
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UTS8
(38.10 %)
8
(38.10 %)
1
(4.76 %)
4
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)
Mahasiswa mampu memahami logika struktur percabangan dan menerapkannya dalam program.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UTS8
(38.10 %)
8
(38.10 %)
1
(4.76 %)
4
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program.
Q02
(9.09 %)
8
(36.36 %)
12
(54.55 %)
45.45
(206.59 %)
TG15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
3
(13.64 %)
86.36
(392.55 %)
UTS8
(38.10 %)
8
(38.10 %)
1
(4.76 %)
4
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.5
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
1 064002300001 NOVAL SUSANTO 79.7880.3574.0075.4375.4375.6775.4375.4375.4378.8080.2779.78
2 064002300002 REYHAN ARNAS 54.1152.1855.0058.1458.1458.6758.1458.1458.1457.4052.4754.11
3 064002300005 FAIZ FIRDAUS PRIYANTO 79.1179.5364.0069.7169.7170.6769.7169.7169.7178.4079.4779.11
4 064002300007 RASYID RIDHO MUHAMMAD NOOR RAFI 73.8975.8263.0064.1464.1464.3364.1464.1464.1470.6075.5373.89
5 064002300008 CALISTA AZZAHRA 74.8975.8863.0066.2966.2966.8366.2966.2966.2973.2075.7374.89
6 064002300010 RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO 77.1176.5965.0071.1471.1472.1771.1471.1471.1478.0076.6777.11
7 064002300011 MASLUBI DWI WIDODO 61.4458.4158.0065.0065.0066.1765.0065.0065.0066.6058.8761.44
8 064002300012 YEZA SABILLAH ABBAS 69.2269.5958.0062.1462.1462.8362.1462.1462.1468.6069.5369.22
9 064002300013 ARIEL FEBRIO HADI 85.0087.3565.0069.2969.2970.0069.2969.2969.2981.0087.0085.00
10 064002300014 ZORDHY GIBRAN FADHLURRAHMAN 75.5675.2964.0069.4369.4370.3369.4369.4369.4376.0075.3375.56
11 064002300015 YUSTIANAS ROMBON 86.2288.4777.0076.8676.8676.8376.8676.8676.8682.4088.1386.22
12 064002300017 MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR 76.8980.2462.0062.2962.2962.3362.2962.2962.2971.2079.7376.89
13 064002300018 FAIRUZ MAULIDYA 77.4478.1871.0072.4372.4372.6772.4372.4372.4376.2078.0777.44
14 064002300019 LISNA HIDAYANTI 69.2268.6564.0067.2967.2967.8367.2967.2967.2970.2068.7369.22
15 064002300020 MICHAEL 39.5643.0654.0041.4341.4339.3341.4341.4341.4333.6042.5339.56
16 064002300022 NUZURUL HAQI FADILLAH 68.6774.4758.0052.0052.0051.0052.0052.0052.0058.8073.6068.67
17 064002300024 DAUD MARTHINUS PAUL JITMAU 61.3361.6555.0057.1457.1457.5057.1457.1457.1460.8061.6061.33
18 064002300025 ZULFADLI DANISWARA 78.4478.7169.0072.5772.5773.1772.5772.5772.5778.0078.6778.44
19 064002300027 MUHAMMAD HAKIM 78.6780.2448.0058.2958.2960.0058.2958.2958.2976.0080.0078.67
20 064002300028 MIFTAH RAMADHAN 56.2252.8232.0048.5748.5751.3348.5748.5748.5762.0053.3356.22
21 064002300029 MUTIARA NOVIANTI RAMBE 80.6781.2971.0074.0074.0074.5074.0074.0074.0079.6081.2080.67
22 064002100044 DENUS BEANAL MANGA 1.001.000.001.001.001.001.001.001.001.001.001.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)