PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Arsitektur dan Organisasi Komputer |
Kode Mata Kuliah | : | IKH6352 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2472 Ir. Gatot Budi Santoso |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 46 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Arsitektur dan Organisasi Komputer |
KODE MATA KULIAH | : IKH6352 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2472 Ir. Gatot Budi Santoso |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2472 Ir. Gatot Budi Santoso |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IKH6352 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2472 Ir. Gatot Budi Santoso | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | mahasiswa mampu memahami konsep organanisasi serta arsitektur komputer |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengikuti perkembangan teknology organisasi dan arsitektur komputer |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | mahasiswa mampu menentukan sistem sitem bilangan yang digunakan suatu sistem komputer |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | mahasiswa mampu menentukan kebutuhan spesifikasi komputer untuk sebuah aplikasi |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKH6352 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKH6352 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pendahuluan
|
|
150.00 | Pengetahuan tentang organisasi dan arsitektur komputer |
|
|
2 |
|
Kinerja KOmputer
|
|
150.00 | Melakukan assessmen kinerja komputer |
|
|
3 |
|
Sistem Interkoneksi
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami sistem interkoneksi |
|
|
4 |
|
Cache dan Memori Internal
|
|
150.00 | Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang memori internal dan cache memori |
|
|
5 |
|
Memori eksternal dan I/O
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami prinsip kerja memori eksternal dan modul I/O |
|
|
6 |
|
Sistem Bilangan dan Aritmatika Komputer
|
|
150.00 | Memahami bagaimana bilangan direpresentasikan pada sistem komputer dan operasi aritmatika pada bilangan dilakukan |
|
|
7 |
|
Pengayaan Materi dan latihan soal |
|
150.00 | Review materi 1 sd 6 |
|
|
8 |
|
Set Instruksi
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami karakteristik instruksi, tipe operand dan mengetahu perbedaan antara big endian, little endian, bi-endian |
|
|
9 |
|
Struktur dan Fungsi Processor
|
|
150.00 | Memahami organissi prosesor, dan register, siklus instruksi dan pipelining |
|
|
10 |
|
RISC
|
|
150.00 | Mengenal arsitektur RISC dan pipelining RISC |
|
|
11 |
|
Superscalar dan Paralelisme level Instruksi
|
|
150.00 | Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja processor superscalar |
|
|
12 |
|
Parallel Processing
|
|
150.00 | Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Parallel Processing |
|
|
13 |
|
Multicore
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami isu kinerja hardware dan software terkait multicore |
|
|
14 |
|
Presentasi Tugas Kelompok |
|
150.00 | Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Arsitektur dan Organisasi Komputer | 2472 Ir. Gatot Budi Santoso | ; Monday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2472 Ir. Gatot Budi Santoso | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-7 Assessment: Tugas (8.00%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | 5.00% | 4.00% | 9% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 18% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M3 | M4 | M2 | M13 | M12 | M11 | M6 | M1 | M9 | M8 | M5 | M7 | M10 | M14 | ||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | Q | PRK-a | UTS | Q | PRK | UTS | Q | PRK | UAS | Q | PRK-a | UAS | Q | PRK-a | UAS | Q | PRK-a | PRK | UTS | Q | UTS | Q | Q | UAS | PRK-a | Q | UAS | PRK-a | Q | UTS | TG | UAS | Q | PRK-a | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 4.00% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 2.00% | 3.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 5.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | 2.00% | 1.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | 1.00% | 4.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.00% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 10.00% | 20% | ||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 2 | 5 | 1 | 4 | 1 | 1 | 4 | 2 | 1 | 5 | 2 | 1 | 4 | 8 | 4 | 1 | 2 | 10 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | UAS Q UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | PRK UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | Q UAS Q UAS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | Q UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | TG |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | UAS Q UTS Q |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | PRK-a PRK-a PRK-a |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | PRK |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | PRK-a PRK-a PRK-a PRK-a PRK TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengalamatan cache dan memory dapat dijelaskan Performance Indicator: addressing in cache and memory can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengalamatan cache dan memory dapat dijelaskan Performance Indicator: addressing in cache and memory can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Modul I/O dan interaksinya dengan perangkat eksternal dapat dijelaskan Performance Indicator: modul I/O and its interaction with external device can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep dapt dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor dapat dijelaskan Performance Indicator: instruction set, evolution and design of processor can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor dapat dijelaskan Performance Indicator: instruction set, evolution and design of processor can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep dapt dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 4 | 8.70 |
B+ | 6 | 13.04 |
B | 8 | 17.39 |
B- | 2 | 4.35 |
C+ | 6 | 13.04 |
C | 8 | 17.39 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.2 mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.5 mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.7 mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.8 mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.9 Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.10 Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KU2.CPMK-3.1 mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KK1.CPMK-4.1 mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KK1.CPMK-4.2 mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KK1.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer | |||||
mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory | |||||
Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer | |||||
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak | |||||
mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel | |||||
Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin | |||||
mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer | |||||
mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor | |||||
Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya | |||||
Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis | |||||
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok | |||||
mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan | |||||
mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator | |||||
mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer | |||||
Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.7 Std Mark: 0.00 |
P1.CPMK-1.8 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.9 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.10 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300002 | REYHAN ARNAS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
2 | 064002300008 | CALISTA AZZAHRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
3 | 064002300018 | FAIRUZ MAULIDYA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
4 | 064002300023 | FARHAN IQBAL MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
5 | 064002300029 | MUTIARA NOVIANTI RAMBE | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
6 | 064002300030 | HAFIDZ RAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
7 | 064002300031 | SYAHRUL ARIFIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
8 | 064002300032 | MUHAMAD FADLY FEBRIAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
9 | 064002300033 | BIDZI MAWFA FERDIANSYAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 064002300034 | MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
11 | 064002300035 | Muhammad Reza Sugiarto | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
12 | 064002300036 | Rafael Gala Herlambang | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
13 | 064002300038 | ZAHWA NUR AZKIA PUTRI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
14 | 064002300039 | DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
15 | 064002300040 | BAHRUDIN IZMI AULIA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
16 | 064002300041 | HASANUL BASHORI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
17 | 064002300042 | ACHMAD MUQAFI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
18 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
19 | 064002200011 | BINTANG RAKHA DANISWARA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
20 | 064002300044 | FRANCISCO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
21 | 064002300045 | NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
22 | 064002300046 | MUHAMMAD AKMAL YAZID | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
23 | 064002300047 | GWEN ALAINA MARELA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2472 Ir. Gatot Budi Santoso)