PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Arsitektur dan Organisasi Komputer |
Kode Mata Kuliah | : | IKH6352 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2472 Ir. Gatot Budi Santoso |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 46 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Mar 2024
NAMA MATA KULIAH | : Arsitektur dan Organisasi Komputer |
KODE MATA KULIAH | : IKH6352 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2472 Ir. Gatot Budi Santoso |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2472 Ir. Gatot Budi Santoso |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKH6352 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2472 Ir. Gatot Budi Santoso | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | mahasiswa mampu memahami konsep organanisasi serta arsitektur komputer |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengikuti perkembangan teknology organisasi dan arsitektur komputer |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | mahasiswa mampu menentukan sistem sitem bilangan yang digunakan suatu sistem komputer |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | mahasiswa mampu menentukan kebutuhan spesifikasi komputer untuk sebuah aplikasi |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKH6352 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKH6352 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pendahuluan
|
|
150.00 | Pengetahuan tentang organisasi dan arsitektur komputer |
|
|
2 |
|
Kinerja KOmputer
|
|
150.00 | Melakukan assessmen kinerja komputer |
|
|
3 |
|
Sistem Interkoneksi
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami sistem interkoneksi |
|
|
4 |
|
Cache dan Memori Internal
|
|
150.00 | Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang memori internal dan cache memori |
|
|
5 |
|
Memori eksternal dan I/O
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami prinsip kerja memori eksternal dan modul I/O |
|
|
6 |
|
Sistem Bilangan dan Aritmatika Komputer
|
|
150.00 | Memahami bagaimana bilangan direpresentasikan pada sistem komputer dan operasi aritmatika pada bilangan dilakukan |
|
|
7 |
|
Pengayaan Materi dan latihan soal |
|
150.00 | Review materi 1 sd 6 |
|
|
8 |
|
Set Instruksi
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami karakteristik instruksi, tipe operand dan mengetahu perbedaan antara big endian, little endian, bi-endian |
|
|
9 |
|
Struktur dan Fungsi Processor
|
|
150.00 | Memahami organissi prosesor, dan register, siklus instruksi dan pipelining |
|
|
10 |
|
RISC
|
|
150.00 | Mengenal arsitektur RISC dan pipelining RISC |
|
|
11 |
|
Superscalar dan Paralelisme level Instruksi
|
|
150.00 | Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja processor superscalar |
|
|
12 |
|
Parallel Processing
|
|
150.00 | Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Parallel Processing |
|
|
13 |
|
Multicore
|
|
150.00 | Mahasiswa memahami isu kinerja hardware dan software terkait multicore |
|
|
14 |
|
Presentasi Tugas Kelompok |
|
150.00 | Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Arsitektur dan Organisasi Komputer | 2472 Ir. Gatot Budi Santoso | ; Monday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2472 Ir. Gatot Budi Santoso | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-7 Assessment: Tugas (8.00%) |
LOW | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | 5.00% | 4.00% | 9% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 18% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M3 | M4 | M2 | M13 | M12 | M11 | M6 | M1 | M9 | M8 | M5 | M7 | M10 | M14 | ||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | Q | PRK-a | UTS | Q | PRK | UTS | Q | PRK | UAS | Q | PRK-a | UAS | Q | PRK-a | UAS | Q | PRK-a | PRK | UTS | Q | UTS | Q | Q | UAS | PRK-a | Q | UAS | PRK-a | Q | UTS | TG | UAS | Q | PRK-a | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 4.00% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 2.00% | 3.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | 4.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 5.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | 2.00% | 1.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | 1.00% | 4.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 2.00% | 1.00% | 4.00% | 1.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 10.00% | 20% | ||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 2 | 5 | 1 | 4 | 1 | 1 | 4 | 2 | 1 | 5 | 2 | 1 | 4 | 8 | 4 | 1 | 2 | 10 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | UAS Q UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | PRK UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | Q UAS Q UAS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | Q UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | TG |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | UAS Q UTS Q |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.1 | PRK-a PRK-a PRK-a |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.2 | PRK |
KK.1 | KK1.CPMK-4 | KK1.CPMK-4.3 | PRK-a PRK-a PRK-a PRK-a PRK TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.7 | mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.9 | Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengalamatan cache dan memory dapat dijelaskan Performance Indicator: addressing in cache and memory can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.10 | Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengalamatan cache dan memory dapat dijelaskan Performance Indicator: addressing in cache and memory can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Modul I/O dan interaksinya dengan perangkat eksternal dapat dijelaskan Performance Indicator: modul I/O and its interaction with external device can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep dapt dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.8 | mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor dapat dijelaskan Performance Indicator: instruction set, evolution and design of processor can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor dapat dijelaskan Performance Indicator: instruction set, evolution and design of processor can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep dapt dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: concept can be explained correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 4 | 8.70 |
B+ | 6 | 13.04 |
B | 8 | 17.39 |
B- | 2 | 4.35 |
C+ | 6 | 13.04 |
C | 8 | 17.39 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.2 mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.5 mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.7 mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.8 mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.9 Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
P1.CPMK-1.10 Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KU2.CPMK-3.1 mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KK1.CPMK-4.1 mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KK1.CPMK-4.2 mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
KK1.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory |
0 | 0 | 0 | 23 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer | |||||
mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory | |||||
Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer | |||||
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak | |||||
mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel | |||||
Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin | |||||
mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer | |||||
mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor | |||||
Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya | |||||
Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis | |||||
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok | |||||
mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan | |||||
mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator | |||||
mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer | |||||
Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.7 Std Mark: 0.00 |
P1.CPMK-1.8 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.9 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.10 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300002 | REYHAN ARNAS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
2 | 064002300008 | CALISTA AZZAHRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
3 | 064002300018 | FAIRUZ MAULIDYA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
4 | 064002300023 | FARHAN IQBAL MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
5 | 064002300029 | MUTIARA NOVIANTI RAMBE | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
6 | 064002300030 | HAFIDZ RAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
7 | 064002300031 | SYAHRUL ARIFIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
8 | 064002300032 | MUHAMAD FADLY FEBRIAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
9 | 064002300033 | BIDZI MAWFA FERDIANSYAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 064002300034 | MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
11 | 064002300035 | Muhammad Reza Sugiarto | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
12 | 064002300036 | Rafael Gala Herlambang | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
13 | 064002300038 | ZAHWA NUR AZKIA PUTRI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
14 | 064002300039 | DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
15 | 064002300040 | BAHRUDIN IZMI AULIA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
16 | 064002300041 | HASANUL BASHORI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
17 | 064002300042 | ACHMAD MUQAFI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
18 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
19 | 064002200011 | BINTANG RAKHA DANISWARA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
20 | 064002300044 | FRANCISCO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
21 | 064002300045 | NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
22 | 064002300046 | MUHAMMAD AKMAL YAZID | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
23 | 064002300047 | GWEN ALAINA MARELA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 07-03-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2472 Ir. Gatot Budi Santoso)