PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Bahasa Indonesia |
Kode Mata Kuliah | : | UBA6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01TL |
Dosen | : | 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. |
Semester | : | Genap 2022/2023 (R) |
Tahun Akademik | : | 2022/2023 |
Jumlah Mahasiswa | : | 4 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Universitas Trisakti
Aug 2023
NAMA MATA KULIAH | : Bahasa Indonesia |
KODE MATA KULIAH | : UBA6201 |
KELAS | : Reguler TL |
SEMESTER | : Genap 2022/2023 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BAHASA INDONESIA Tahun Akademik: Genap 2022/2023 (R) Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN |
||
Kode: UBA6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan |
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
P.1 | Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan |
P.2 | Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan |
P.3 | Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan |
KU.1 | Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan |
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
KK.1 | Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis |
KK.2 | Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-5) |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU-6) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||
---|---|---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 |
|
||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6201 |
Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN | Semester : Genap 2022/2023 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UBA6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengantar kuliah |
|
100.00 | Mahasiswa mengerti dan memahami pengantar kuliah Bahasa Indonesia |
|
|
2 |
|
Perkembangan Bahasa Indonesia (1) |
|
100.00 | Mahasiswa mengerti dan memahami konsep perkembangan bahasa indonesia |
|
|
3 |
|
Perkembangan Bahasa Indonesia (2) |
|
100.00 | Mahasiswa mampu mengerti dan memahami perkembangan bahasa indonesia |
|
|
4 |
|
Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya (1) |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami dan mengungkapkan pendapat terhadap konsep bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya |
|
|
5 |
|
Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya (2) |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami dan mengungkapkan pendapat terkait dengan konsep Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya |
|
|
6 |
|
Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya (3) |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami dan mengungkapkan pendapat terkait dengan konsep Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya |
|
|
7 |
|
Diksi atau pilihan kata |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan konsep Diksi atau pilihan kata |
|
|
8 |
|
Tata kalimat |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami dan berkomunikasi secara efektif |
|
|
9 |
|
Paragraf atau alinea |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami konsep dan berkomunikasi secara efektif |
|
|
10 |
|
Dikusi 1.Diksi atau pilihan kata 2.Tata kalimat 3.Paragraf atau alinea |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami konsep |
|
|
11 |
|
Penalaran deduktif dan Induktif serta salah nalar |
|
100.00 | Mahasiswa mampu mengerti dan memahami konsep Penalaran deduktif dan Induktif serta salah nalar |
|
|
12 |
|
Tata ejaan |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami konsep tata ejaan |
|
|
13 |
|
Etika dan Teknik penulisan karangan ilmiah, Etika komunikasi (1) |
|
100.00 | Mahasiswa memahami konsep dan mengerjakan tugas serta membentuk diskusi |
|
|
14 |
|
Etika dan Teknik penulisan karangan ilmiah, Etika komunikasi (2) |
|
100.00 | Mahasiswa mampu memahami, mengerjakan tugas, dan membentuk diskusi |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Bahasa Indonesia | 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. | ; Friday 14:00:00-15:50:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. Ketua |
100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (15.00%) Minggu ke-13 Assessment: Diskusi (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (15.00%) Minggu ke-14 Assessment: Diskusi (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 7.00% | 7.00% | 5.00% | 6.00% | 6.00% | 4.00% | 35% | |
TOTAL | 35% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 15.00% | 15.00% | 39% | ||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
TOTAL | 45% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||
M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | |||||||||||||
Komponen | UAS | TIND | UAS | UAS | UAS | Disc | UAS | Disc | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | UTS | UTS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | Bobot |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 3.00% | 15.00% | 2.00% | 15.00% | 2.00% | 45% | |||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 5.00% | 7.00% | 1.00% | 7.00% | 1.00% | 5.00% | 1.00% | 6.00% | 6.00% | 4.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 55% | ||||||||
TOTAL | 3 | 2 | 3 | 3 | 15 | 2 | 15 | 2 | 5 | 7 | 1 | 7 | 1 | 5 | 1 | 6 | 6 | 4 | 2 | 3 | 2 | 3 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | UAS TIND UAS UAS UAS Disc UAS Disc |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS UTS UTS TIND UAS TIND UAS TIND |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu berkomunikasi secara efektif Performance Indicator: Able to communicate effectively |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu berkomunikasi secara efektif Performance Indicator: Able to communicate effectively |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan analisis dan berfikir komprehensif
Kreatifitas ide
Performance Indicator: Accuracy of analysis and comprehensive thinking Idea creativity |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu berkomunikasi secara efektif Performance Indicator: Able to communicate effectively |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan analisis dan berfikir komprehensif
Kreatifitas ide
Performance Indicator: Accuracy of analysis and comprehensive thinking Idea creativity |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 1 | 25.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 2 | 50.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S2.CPMK-1.1 Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global |
1 | 2 | 0 | 1 | 75.00 |
KU2.CPMK-2.1 Mampu berkomunikasi secara efektif |
1 | 2 | 0 | 1 | 75.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global | |||||
Disc | 3 (75.00 %) | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
TIND | 0 | 3 (75.00 %) | 0 | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
UAS | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 0 | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
Mampu berkomunikasi secara efektif | |||||
TIND | 0 | 3 (75.00 %) | 0 | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
UAS | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 0 | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
UTS | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 0 | 1 (25.00 %) | 75 (1,875.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |
S2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 082001900067 | TOMMY PURNOMO | 74.07 | 73.00 |
2 | 082002100010 | FERRINO IBRAHMADHANIE | 0.00 | 0.00 |
3 | 082001900060 | Raynaldi Fawzi | 74.07 | 73.00 |
4 | 082002000016 | MUHAMMAD AKBAR SIDDIQ | 85.02 | 82.35 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 11-08-2023
Dosen Mata Kuliah,
(100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.)