Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : UBA6201
Tim Dosen :
  1. 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
Kelas : 01TL
Dosen : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
Semester : Genap 2022/2023 (R)
Tahun Akademik : 2022/2023
Jumlah Mahasiswa : 4 mahasiswa

Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN

Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Universitas Trisakti

Aug 2023

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Indonesia
KODE MATA KULIAH : UBA6201
KELAS : Reguler TL
SEMESTER : Genap 2022/2023 (R)
DOSEN PENGAMPU : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INDONESIA
Tahun Akademik: Genap 2022/2023 (R)
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Kode:
UBA6201
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
P.1 Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
P.2 Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan
P.3 Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan
KU.1 Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
KK.1 Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis
KK.2 Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.2 S2.CPMK-1 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-5)
KU.2 KU2.CPMK-2 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU-6)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.2 S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1 Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
KU.2 KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1 Mampu berkomunikasi secara efektif

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6201

Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN Semester : Genap 2022/2023 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UBA6201     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia Dosen :
  1. 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Pengantar kuliah
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mengerti dan memahami pengantar kuliah Bahasa Indonesia
  • Depdiknas(2015)
  • Nasucha, Yakub, dkk(2009)
  • Imam Suyitno(2013)
  • Ramlan, M(1993)
  • Ramlan, M(1997)
  • Razak, A(1992)
  • Tarigan, Henry Guntur(1983)
  • Tugas Individu - 5.00 %
2
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Perkembangan Bahasa Indonesia (1)
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi (Small Group Discussion (SGD))
100.00 Mahasiswa mengerti dan memahami konsep perkembangan bahasa indonesia
  • Tugas Individu - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 7.00 %
3
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Perkembangan Bahasa Indonesia (2)
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi (Small Group Discussion (SGD))
100.00 Mahasiswa mampu mengerti dan memahami perkembangan bahasa indonesia
  • Tugas Individu - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 7.00 %
4
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya (1)
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami dan mengungkapkan pendapat terhadap konsep bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya
  • Tugas Individu - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
5
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya (2)
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami dan mengungkapkan pendapat terkait dengan konsep Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya
  • Ujian Tengah Semester - 6.00 %
6
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya (3)
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami dan mengungkapkan pendapat terkait dengan konsep Bahasa Indonesia dengan berbagai ragamnya
  • Ujian Tengah Semester - 6.00 %
7
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Diksi atau pilihan kata
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan konsep Diksi atau pilihan kata
  • Tugas Individu - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
8
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Tata kalimat
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami dan berkomunikasi secara efektif
  • Tugas Individu - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
9
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Paragraf atau alinea
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami konsep dan berkomunikasi secara efektif
  • Tugas Individu - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Dikusi 1.Diksi atau pilihan kata 2.Tata kalimat 3.Paragraf atau alinea
  • Tutorial (ceramah )
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu memahami konsep
  • Tugas Individu - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
11
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Penalaran deduktif dan Induktif serta salah nalar
  • Tutorial (ceramah )
100.00 Mahasiswa mampu mengerti dan memahami konsep Penalaran deduktif dan Induktif serta salah nalar
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
12
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Tata ejaan
  • Tutorial (ceramah )
100.00 Mahasiswa mampu memahami konsep tata ejaan
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
13
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Etika dan Teknik penulisan karangan ilmiah, Etika komunikasi (1)
  • Diskusi (Small Group Discussion (SGD))
  • Pemecahan Masalah (Tugas)
100.00 Mahasiswa memahami konsep dan mengerjakan tugas serta membentuk diskusi
  • Diskusi (SGD) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 15.00 %
14
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Etika dan Teknik penulisan karangan ilmiah, Etika komunikasi (2)
  • Diskusi (Small Group Discussion (SGD))
  • Pemecahan Masalah (Tugas)
100.00 Mahasiswa mampu memahami, mengerjakan tugas, dan membentuk diskusi
  • Diskusi (SGD) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 15.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Indonesia 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. ; Friday 14:00:00-15:50:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

Ketua
100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (15.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Diskusi (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (15.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Diskusi (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (1.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 7.00%
7.00%
5.00%
6.00%
6.00%
4.00%
35%
TOTAL 35%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 3.00%
3.00%
3.00%
15.00%
15.00%
39%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 3.00%
3.00%
6%
TOTAL 45%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M10 M11 M12 M13 M14 M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9
Komponen UAS TIND UAS UAS UAS Disc UAS Disc TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS UTS UTS TIND UAS TIND UAS TIND
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23 Bobot
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 3.00%2.00%3.00%3.00%15.00%2.00%15.00%2.00% 45%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 5.00%7.00%1.00%7.00%1.00%5.00%1.00%6.00%6.00%4.00%2.00%3.00%2.00%3.00%2.00% 55%
TOTAL 3 2 3 3 15 2 15 2 5 7 1 7 1 5 1 6 6 4 2 3 2 3 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 UAS TIND UAS UAS UAS Disc UAS Disc
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS UTS UTS TIND UAS TIND UAS TIND
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1Mampu berkomunikasi secara efektif
Indikator Kinerja: Mampu berkomunikasi secara efektif
Performance Indicator: Able to communicate effectively
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Indikator Kinerja: Mampu berkomunikasi secara efektif
Performance Indicator: Able to communicate effectively
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan analisis dan berfikir komprehensif Kreatifitas ide
Performance Indicator: Accuracy of analysis and comprehensive thinking Idea creativity
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1Mampu berkomunikasi secara efektif
Indikator Kinerja: Mampu berkomunikasi secara efektif
Performance Indicator: Able to communicate effectively
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan analisis dan berfikir komprehensif Kreatifitas ide
Performance Indicator: Accuracy of analysis and comprehensive thinking Idea creativity
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 1 25.00
B+ 0 0.00
B 2 50.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S2.CPMK-1.1
Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
1 2 0 1 75.00
KU2.CPMK-2.1
Mampu berkomunikasi secara efektif
1 2 0 1 75.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya local dan nasional dengan wawasan global
Disc3
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
TIND03
(75.00 %)
01
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
UAS1
(25.00 %)
2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Mampu berkomunikasi secara efektif
TIND03
(75.00 %)
01
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
UAS1
(25.00 %)
2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
UTS1
(25.00 %)
2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)

Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S2.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
1 082001900067 TOMMY PURNOMO 74.0773.00
2 082002100010 FERRINO IBRAHMADHANIE 0.000.00
3 082001900060 Raynaldi Fawzi 74.0773.00
4 082002000016 MUHAMMAD AKBAR SIDDIQ 85.0282.35

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 11-08-2023
Dosen Mata Kuliah,




(100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.)