Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : UBA6202
Tim Dosen :
  1. 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
Kelas : 01TL
Dosen : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
Semester : Genap 2022/2023 (R)
Tahun Akademik : 2022/2023
Jumlah Mahasiswa : 1 mahasiswa

Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN

Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Universitas Trisakti

Aug 2023

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Inggris
KODE MATA KULIAH : UBA6202
KELAS : Reguler TL
SEMESTER : Genap 2022/2023 (R)
DOSEN PENGAMPU : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INGGRIS
Tahun Akademik: Genap 2022/2023 (R)
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Kode:
UBA6202
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
P.1 Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
P.2 Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan
P.3 Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan
KU.1 Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
KK.1 Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis
KK.2 Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.2 S2.CPMK-1 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
KU.2 KU2.CPMK-2 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.2 S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1 Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
KU.2 KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1 Mampu berkomunikasi secara efektif

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6202

Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN Semester : Genap 2022/2023 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UBA6202     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Inggris Dosen :
  1. 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1 Expressions of Giving Opinion, Agreeing and Disagreeing Typical structures and expressions used in small talk.
  • Memainkan Peran
100.00 Making small talk and extending to longer conversation to express their opinion about certain topics .
  • Lewis, M. and Hill, J.(1993)
2
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Reading texts for environmental engineering
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Small Group Discussion)
100.00 Students comprehend the text and elaborate the information to the current issues or personal/communal experience
  • Learning English, British Council(2016)
3
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Reading text to increase vocabulary and technical terms in environmental engineering
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait istilah - istilah bidang teknik lingkungan)
  • Permainan
100.00 using background knowledge, structural clues, and contextual clues to get the meaning of new vocabulary
  • Jack C. Richards(2017)
  • Learning English, British Council(2016)
  • Tugas Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Diskusi/Partisipasi - 2.00 %
4
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Reading text to increase vocabulary and technical terms mastery in environmental engineering
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait vocabulary untuk teknik lingkungan)
100.00 Activating background knowledge and using structural or contextual clues to get the meaning of new vocabulary. Use the new vocabulary in sentences for better understanding.
  • Balunde et. al.(2020)
  • Tugas Ujian Tengah Semester - 5.00 %
5
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Reading texts to improve writing skills.
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait grammar dalam teks terkait teknik lingkungan)
100.00 Identifying various sentence structures (simple, compound, and complex) in the text. Writing simple, compound, and complex sentences to rephrase information in the text.
  • Ruetten, Mary K(2003)
  • Oshima, A. & Houge, A.(2007)
  • Tugas Ujian Tengah Semester - 5.00 %
6
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Reading texts and writing supplement
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait grammar dalam teks terkait teknik lingkungan)
100.00 Critical reading examining if the text relevant, coherent, and unitive.
  • Oshima, A. & Hogue, A. Introduction to Academic Writing. (2007)
  • Tugas - 5.00 %
  • Tugas Ujian Tengah Semester - 2.00 %
7
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Writing supplement
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait teknik menulis yang baik dalam bahasa inggris)
100.00 mind-mapping, drafting, and writing descriptive or argumentative paragraph in environmental engineering or sustainability context
  • Margaret Helliwell(2014)
  • Tugas - 2.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 3.00 %
  • Diskusi/Partisipasi - 2.00 %
8
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Research Paper about Environmental Engineering and Sustainability
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait teknik menulis yang baik dalam bahasa inggris)
100.00 Identifying the structure of research paper/ scientific journal article
  • Balunde et. al.(2020)
  • Tugas - 2.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Research Paper about Environmental Engineering and Sustainability
  • Diskusi (Small Group Discussion )
100.00 Extensive reading (students find research paper/article based on their personal interest)
  • Balunde et. al.(2020)
  • Diskusi/Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 2.00 %
10
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Quoting and Paraphrasing Technique
  • Diskusi (diskusi dalam grup)
100.00 - using direct quotation - using synonyms of keywords - using different sentence structure of the original passage - attributing to the original work
  • Oshima, A. & Hogue, A.(Pear)
  • Tugas - 5.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Diskusi/Partisipasi - 2.00 %
11
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Reading and writing supplement to improve the skills on: Reading and Writing Skills: - Drawing Conclusion - Summarizing - Redundancy and conciseness
  • Proyek (Project Based Learning)
100.00 Writing sentences to retell information from a text using summarizing technique to avoid plagiarism
  • Ruetten, Mary K.(2003)
  • Tugas - 5.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 7.50 %
12
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Writing supplement
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait teknik menulis yang baik dalam bahasa inggris)
150.00 Mahasiswa dapat berpikir secara analitis dan komprehensif dalam menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan dengan menggunakan bahasa inggris
  • Oshima, A. & Hogue, A(2007)
  • Tugas - 2.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 7.50 %
13
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Listening and Speaking Skills: - Practising a presentation as topic given. (Presenter) - Asking questions related to the topic given. (Audience)
  • Tutorial (ceramah)
  • Diskusi (Diskusi terkait teknik menulis yang baik dalam bahasa inggris)
100.00 Public speaking Critical thinking Respecting other's people perspective on certain topic
  • Erica J. Williams(2008)
  • Tugas - 1.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif
Listening and Speaking Skills: - Practising a presentation as topic given. (Presenter) - Asking questions related to the topic given. (Audience)
  • Tutorial (ceramah)
100.00 Public Speaking Critical thinking Respecting others' perspective on certain topic
  • Phil WAKNELL(2020) (Video)
  • Tugas - 1.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Inggris 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. ; Friday 07:30:00-09:20:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

Ketua
100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 Minggu ke-5 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Diskusi/Partisipasi (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 Minggu ke-6 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Diskusi/Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Diskusi/Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (1.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 5.00%
5%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 2.00%
2%
TOTAL 7%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 5.00%
2.00%
7%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 5.00%
7.50%
7.50%
5.00%
5.00%
30%
TOTAL 37%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 2.00%
1.00%
3%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 5.00%
2.00%
5.00%
5.00%
2.00%
1.00%
1.00%
21%
TOTAL 24%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M5 M8 M9 M6 M7 M10 M11 M12 M13 M14
Komponen TUTS TUAS TG TUAS TG DP TUTS TG DP TUAS TG DP TUAS TG TUAS TG TUAS TG TUAS TG TUAS TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22 Bobot
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 5.00%5.00%2.00%2.00%1.00%2.00% 17%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 2.00%5.00%2.00%3.00%2.00%2.00%5.00%5.00%7.50%5.00%7.50%2.00%5.00%1.00%5.00%1.00% 60%
TOTAL 5 5 2 2 1 2 2 5 2 3 2 2 5 5 7.5 5 7.5 2 5 1 5 1 77
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 TUTS TUAS TG TUAS TG DP
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 TUTS TG DP TUAS TG DP TUAS TG TUAS TG TUAS TG TUAS TG TUAS TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur kalimat dalam suatu bacaan dan menyapaikan kembali isi bacaan menggunakan kalimat sederhana dan kompleks.
Performance Indicator: Students are able to identify sentence structure in a text and using various sentence structures to retell information from the text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1Mampu berkomunikasi secara efektif
Indikator Kinerja: Mampu menganalisis sebuah teks bacaan secara kritis.
Performance Indicator: Able to analyze a text critically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Indikator Kinerja: Mampu menganalisis sebuah teks bacaan secara kritis.
Performance Indicator: Able to analyze a text critically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu memperoleh makna kosakata baru dari bacaan.
Performance Indicator: Students are able to get the meaning of new vocabulary from the text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menemukan gagasan utama dan informasi spesifik dari bacaan.
Performance Indicator: Students are able to find general and specific information of the text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1Mampu berkomunikasi secara efektif
Indikator Kinerja: Mampu menganalisis sebuah teks bacaan secara kritis.
Performance Indicator: Able to analyze a text critically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu memperoleh makna kosakata baru dari bacaan.
Performance Indicator: Students are able to get the meaning of new vocabulary from the text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menemukan gagasan utama dan informasi spesifik dari bacaan.
Performance Indicator: Students are able to find general and specific information of the text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memahami teknik - teknik menulis yang baik sesuai dengan struktur atau kaidah penulisan yang tepat dalam bahasa Inggris
Performance Indicator: Able to perform a good writing techniques according to the proper structure or rules of writing in English
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu memulai percakapan, memberi pendapat, dan merespon pendapat orang lain dengan tepat
Performance Indicator: Able to initiate small talk, give and respond to opinion properly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 1 100.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S2.CPMK-1.1
Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
0 0 0 1 0.00
KU2.CPMK-2.1
Mampu berkomunikasi secara efektif
0 0 0 1 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Kemampuan mendesain komponen, system dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
Mampu berkomunikasi secara efektif

Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S2.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
1 082002100024 RADEN ADLI HAZMI TAUFIK 0.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 11-08-2023
Dosen Mata Kuliah,




(100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.)