PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pengantar Teknologi Informasi |
Kode Mata Kuliah | : | ATI6251 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01TL |
Dosen | : | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
Semester | : | Gasal 2022/2023 (R) |
Tahun Akademik | : | 2022/2023 |
Jumlah Mahasiswa | : | 2 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Universitas Trisakti
Mar 2023
NAMA MATA KULIAH | : Pengantar Teknologi Informasi |
KODE MATA KULIAH | : ATI6251 |
KELAS | : Reguler TL |
SEMESTER | : Gasal 2022/2023 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Tahun Akademik: Gasal 2022/2023 (R) Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN |
||
Kode: ATI6251 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan |
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
P.1 | Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan |
P.2 | Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan |
P.3 | Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan |
KU.1 | Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan |
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
KK.1 | Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis |
KK.2 | Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang teknologi informasi; |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||
---|---|---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ATI6251 |
Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN | Semester : Gasal 2022/2023 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : ATI6251 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Penjelasan RPS. Introduction to: art, science, technology, engineering, relation between art-science-technology. |
|
100.00 | --- |
|
|
2 |
|
Pendahuluan teknologi informasi: infotech, jenis-jenis komputer, memahami komputer, arah teknologi informasi. |
|
100.00 | -- |
|
|
3 |
|
Hardware: Sejarah komputer: kegunaan komputer; microchips, miniaturization, mobility; system unit; secondary storage; pengantar input/output; |
|
100.00 | -- |
|
|
4 |
|
Software aplikasi; jenis lisensi; jenis software aplikasi; platform app; software system; sistem operasi; virtualisasi; utility; future of software system; information system; contoh sistem informasi |
|
100.00 | -- |
|
|
5 |
|
Software Engineering dan Bahasa Pemrograman: Software Acquisition, Pengantar Bahasa Pemrograman, Five Generations of Programming Languages, Programming Languages Used Today, Object-Oriented and Visual Programming, Markup and Scripting Languages |
|
100.00 | -- |
|
|
6 |
|
Networks and Communications: Dari Era Analog ke Era Digital; Penggunaan Praktis Komunikasi, Media Komunikasi dan Laju Transfer; Mengirimkan Data; Jaringan; Masa Depan Komunikasi; Cyberethics |
|
100.00 | -- |
|
|
7 |
|
Internet dan World Wide Web: Memilih Perangkat Akses Internet & Koneksi Fisik; Memilih Penyedia Layanan Internet (ISP); Cara Kerja Internet; Mengirim & Menerima Email; World Wide Web; Sumber Daya Internet |
|
100.00 | -- |
|
|
8 |
|
Basis Data dan Big Data: Pengantar Basis Data; Contoh Basis Data; Pendahuluan; Definisi dan Komponen Big Data; Big Data Analytics; Teknologi Big Data |
|
100.00 | -- |
|
|
9 |
|
Keamanan Internet: Pengantar; Cyber Crime; Motivasi Serangan; Praktek Keamanan; Mekanisme Yang Dibutuhkan; Ancaman Keamanan Internet |
|
100.00 | -- |
|
|
10 |
|
Cloud Computing: Pendahuluan; Aspek dan Tujuan Cloud Computing; Karakteristik; Model Layanan Cloud; Virtualisasi; Tren Cloud Computing |
|
100.00 | -- |
|
|
11 |
|
Internet of Things: Definisi dan Sejarah IoT; Contoh Penerapan; Konsep Yang Dibutuhkan; Komponen IoT |
|
100.00 | -- |
|
|
12 |
|
Data Analytics dan Data Scicence: Business Intelligence and Analytics; Data Mining; Data Warehouse; Kecerdasan Buatan dan Machine Learning; Data Ingestion; Data Analytics and Data Science |
|
100.00 | -- |
|
|
13 |
|
Technopreneurship, Manfaat TIK, dan Prospek SDM TIK: Pengantar Technopreneurship; Kondisi di Indonesia; Contoh Kasus; Manfaat TIK; Prospek SDM TIK |
|
100.00 | -- |
|
|
14 |
|
Wrap up teknologi informasi |
|
100.00 | -- |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pengantar Teknologi Informasi | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ; Thursday 13:00:00-14:50:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. Ketua |
3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (20.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 10.00% | 5.00% | 5.00% | 40% |
TOTAL | 40% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 10.00% | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 10.00% | 5.00% | 40% | |
TOTAL | 40% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 20.00% | 20% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||
M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | ||||
Komponen | UTS | UTS | UTS | UTS | UTS | UTS | UTS | UAS | UAS | UAS | UAS | UAS | UAS | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | Bobot |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 10.00% | 5.00% | 5.00% | 10.00% | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 10.00% | 5.00% | 20.00% | 100% |
TOTAL | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 20 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | UTS UTS UTS UTS UTS UTS UTS UAS UAS UAS UAS UAS UAS TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kebenaran penjelasan Performance Indicator: Accuracy of description |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kebenaran penjelasan Performance Indicator: Accuracy of description |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 1 | 50.00 |
B- | 1 | 50.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KU1.CPMK-1.1 Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. | |||||
TG | 2 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (5,000.00 %) |
UAS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian |
KU1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 082002100011 | HENGKI APRIANDI MANURUNG | 67.60 |
2 | 082002100023 | GIBRAN CHAIRIL CHANDRA | 72.40 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 07-03-2023
Dosen Mata Kuliah,
(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)