RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum S1 Teknik Elektro 2023/2024_R
Kode MatakuliahIUP6301
Nama MatakuliahEngineering Professionalism
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
SIKAP Mampu menunjukkan sikap asah, asih asuh (Sb) 2 CPMK 1 : Mampu bekerjasama dalam tim untuk menyelesaikan tugas kelas dan praktek/simulasi terkait dengan implementasi , permasalahan dan pelanggaran yang terjadi pada kode etik profesi, standarisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lindung Lingkungan (K3LL), dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) Sub-CPMK 1.1: Mampu bekerjasama dalam tim untuk menyelesaikan tugas terkait dengan implementasi , permasalahan dan pelanggaran yang terjadi pada kode etik profesi, standarisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lindung Lingkungan (K3LL) dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) 27.5 7.5 0.5
KETRAMPILAN UMUM Mampu menunjukkan kinerja mandiri yang bermutu, dan mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah dalam bidang teknik elektro berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU.b) 2 CPMK 2 : Mampu memahami tanggung jawab profesi dan etik, terkait dengan kode etik profesi, standarisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lindung Lingkungan (K3LL), dan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan moral, etika, kode etik secara umum. 1.5
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menjelaskan kasus pelanggaran kode etik. 1.5
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menjelaskan berbagai isu dan peran etika di dunia industry 4.0 dan society 5.0. 2
Sub-CPMK 2.4 : Mampu memahami perilaku yang berbasis etika profesi dengan melakukan simulasi penerapan kode etik. 2
Sub-CPMK 2.5 : Mampu menjelaskan tanggung jawab profesi, kepemimpinan, dan kode etik dalam profesi. 2
Sub-CPMK 2.6 :Mampu menjelaskan kode etik profesi dan standar Internasional yang berlaku. 1
Sub-CPMK 2.7 :Mampu menjelaskan tanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang keteknikan. 1
Sub-CPMK 2.8 :Mampu menjelaskan definisi, sejarah, tujuan dan manfaat standarisasi. 2
Sub-CPMK 2.9 :Mampu menjelaskan pengembangan standarisasi. 2.5
Sub-CPMK 2.10 :Mampu menjelaskan penerapan standarisasi. 2
Sub-CPMK 2.11 :Mampu menjelaskan konsep metrologi. 3.5
Sub-CPMK 2.12 :Mampu menjelaskan konsep dasar K3LL. 4
Sub-CPMK 2.13 :Mampu menjelaskan tahapan implementasi perlindungan HaKI. 4
KETRAMPILAN KHUSUS Kemampuan bersinergi dan berkontribusi dalam tim multidisplin dan multikultural untuk memperoleh solusi komprehensif dalam mencapai tujuan bersama (KK.h) 8 CPMK 4 : Mampu memahami berbagai prinsip dan wawasan tentang ekonomi, sosial dan lingkungan terkait dengan penerapan dan praktis lapangan untuk aspek Kode Etik Profesi, Standarisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lindung Lingkungan (K3LL), dan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Sub-CPMK 4.1 :Mampu memahami perilaku yang berbasis etika profesi dengan melakukan simulasi penerapan kode etik 10
Sub CPMK 4.2 : Mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya, serta memahami konsep dasar dari Standarisasi bagi khalayak pengembangan umat manusia 5
Sub-CPMK 4.3 :Mampu menjelaskan berbagai pendekatan untuk penanggulangan dan pencegahan kecelakaan kerja dengan mempertimbangkan berbagai prinsip dan kondisi 4
Sub-CPMK 4.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) 3.5
Memiliki kemampuan bertanggungjawab atas pekerjaan serta mengedepankan ketaatan pada etika profesi dalam menyelesaikan masalah keteknikan (KK.i) 9 CPMK 3 : Mampu memahami berbagai permasalahan dan pelanggaran yang terjadi dalam implementasi kode etik profesi, standarisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lindung Lingkungan (K3LL), dan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) secara sistematis. Sub-CPMK 3.1 :Mampu menjelaskan berbagai cara penyelesaian masalah kode etik profesi. 1
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menjelaskan komponen pada sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan standarisasi dan mempertimbangkan aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta pemanfaatan sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. 2.5
Sub-CPMK 3.3 : Mampu memahami tahapan implementasi K3LL. 4.5
Sub-CPMK 3.4 : Mampu menjelaskan berbagai contoh pelanggaran HaKI. 4
Sub-CPMK 3.5 : Mampu menjelaskan berbagai cara penyelesaian sengketa HaKI. 1

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
SIKAP Mampu menunjukkan sikap asah, asih asuh (Sb) 27.5 7.5 0.5 35.5
KETRAMPILAN UMUM Mampu menunjukkan kinerja mandiri yang bermutu, dan mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah dalam bidang teknik elektro berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU.b) 8 21 29
KETRAMPILAN KHUSUS Kemampuan bersinergi dan berkontribusi dalam tim multidisplin dan multikultural untuk memperoleh solusi komprehensif dalam mencapai tujuan bersama (KK.h) 15 7.5 22.5
Memiliki kemampuan bertanggungjawab atas pekerjaan serta mengedepankan ketaatan pada etika profesi dalam menyelesaikan masalah keteknikan (KK.i) 9.5 3.5 13
Total 42.5 32.5 25 100