Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Quiz |
Tugas |
Tugas 1 |
Tugas 2 |
Tugas 3 |
Tugas 4 |
Tugas 5 |
Tugas 6 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
SIKAP |
Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif)
| 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi |
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu menerapkan aturan perkuliahan dan memahami materi yang akan diberikan dalam satu semester |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETRAMPILAN UMUM |
Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan efektif
| 5 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan ragam lisan dan ragam tulisan sesuai konteks dalam karya tulis ilmiah sederhana (KU.e) |
Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan |
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat memilih diksi yang tepat dan mengembangnya menjadi definisi berdasarkan topik karangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik |
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
10 |
|
|
|
Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
Mampu menyusun proposal ilmiah |
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
Mampu menyusun laporan ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
Dapat mengaplikasikan konvensi dan penyuntingan naskah dalam karya ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|