Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Diskusi |
Presentasi |
Tugas Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
SIKAP |
Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
| 2 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan agama Buddha dan mampu menunjukkan sikap religius |
Menguasai pengetahuan faktual serta bertaqwa kepada Ketuhanan Yang Maha Esa dalam agama Buddha, meliputi: saddha dalam Tipitaka; hukum niyama; Ketuhanan dalam Tipitaka; implementasi keyakinan dengan mampu menunjukkan sikap religius |
|
|
|
4 |
|
|
|
Memiliki sikap keyakinan yang benar terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tiratana serta mampu menerapkanya dalam prilaku sehari-hari |
|
|
6 |
|
|
|
2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama Buddha, moral dan etika |
Menguasai pengetahuan konseptual hakikat manusia dan alam kehidupan dalam agama Buddha, meliputi: asal-usul manusia dalam Agganna Sutta; Konsep pancakhanda dalam Tipitaka; alam-alam kehidupan menurut Tipitaka; konsep pencapaian spiritual tertinggi manusia. |
|
5 |
|
|
|
|
|
Mampu menerapkan nilai-nilai luhur tata etika yang terkandung dalam Sigalavada Sutta dikehidupan sehari hari sesuai dengan kedudukanya di masyarakat |
|
|
7 |
|
|
|
2 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
Menguasai pengetahuan konseptual hukum kamma dan punarbhava, meliputi: Prinsip kerja hukum kamma; kusala kamma; akusala kamma; dan hubungan kamma dengan bentuk tumimbal lahir.
Sila dan moralitas dalam praktik agama Buddha, meliputi: Pancasila; Atthanga sila; Patimokkha sila;Catt?ri ariyasacc?ni, meliputi: Dukkha Ariya Sacca ; Dukkhasamudaya Ariya Sacca; Dukkhanirodha? Ariya Sacca; Dukkhanirodhag?min? Pa?ipad? Ariya Sacca. |
|
|
|
6 |
|
|
|
Menguasai pengetahuan konseptual keberagaman dan toleransi dalam agama Buddha, meliputi: makna toleransi dalam kehidupan bermasyarakat; nilai-nilai toleransi universal dalam ajaran Buddha |
|
|
|
4 |
|
|
|
Menguasai pengetahuan konseptual Politik, kepemimpinan dan sikap cinta tanah air dalam agama Buddha, meliputi; ajaran Buddha yang menjadi landasan kehidupan berpolitik; sepuluh kualitas bajik (dasarajadhamma) yang harus dikembangkan oleh pemimpin; sikap cinta tanah air berlandaskan ajaran Buddha |
|
|
|
4 |
|
|
|
Mampu mempraktikan sila dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
9 |
|
|
|
|
Menguasai pengetahuan konseptual Sila dan moralitas dalam praktik agama Buddha, meliputi: Pancasila; Atthanga sila; Patimokkha sila |
|
4 |
|
|
|
|
2 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
Menguasai pengetahuan konseptual tilakkhana dan paticcasamupp?da; tata etika umat Buddha bermasyarakat, meliputi: tugas dan kewajiban manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat. |
|
|
|
9 |
|
|
|
Menguasai pengetahuan konseptual keterkaitan agama Buddha dan IPTEK, meliputi; ajaran-ajaran Buddha dalam kitab Tipitaka yang selaras dengan IPTEK; penerapan nilai-nilai ajaran Buddha sebagai landasan pengembangan IPTEK untuk tujuan mulia |
|
|
|
4 |
|
|
|
Menguasai pengetahuan konseptual Pelestarian lingkungan dalam agama Buddha, meliputi: ajaran Buddha yang tersirat dan tersurat dalam kitab Tipitaka sebagai landasan pelestarian lingkungan |
|
|
|
4 |
|
|
|
Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran Buddha yang mendukung pelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
6 |
|
|
|
|
Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran Buddha sebagai landasan penerapan dan mengembangkan IPTEK untuk tujuan mulia |
|
|
5 |
|
|
|
2 |
Menjadi pribadi yang taqwa, tekun, terampil |
Mampu berpikir kritis dan analitis mengenai sikap hidup berkeyakinan yang benar, pengembangan sikap hiri dan otappa, serta sikap menjalankan sila yang benar dalam kehidupan sehari-hari |
8 |
|
|
|
|
|
|
Memiliki sikap hiri dan ottapa dalam prilaku hidup sehari-hari. |
|
|
7 |
|
|
|
2 |
Menjadi pribadi yang mempunyai sifat asah, asih, asuh dalam pergaulan masyarakat Universitas Trisakti |
Mampu berpikir kritis dan analitis terhadap prilaku menerapkan ajaran Buddha dalam tata etika bermasyarakat di lingkup Universitas Trisakti |
2 |
|
|
|
|
|
2 |
Menjadi pribadi yang satria, setia, sportif dalam bermasyarakat |
Mampu berpikir kritis dan analitis terhadap prilaku menerapkan ajaran Buddha dalam tata etika bermasyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam penerapan dan pengembangan IPTEK, serta berperan aktip dalam pelestarian lingkungan hidup |
6 |
|
|
|