Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
KONDITE SIKAP |
Quiz 1 |
Quiz 2 |
Tugas 1 |
Tugas 2 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
SIKAP |
Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1)
| 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pendidikan pancasila dalam bernegara.(CPMK1) |
Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1) |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2) |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3) |
|
5 |
|
|
|
|
|
|
Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2)
| 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan pendidikan pancaslla dalam tujuan bernegara.(CPMK2) |
Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan
dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1)
|
|
|
|
10 |
|
|
6 |
|
|
|
Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila
(SubCPMK2.1) |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
2 |
Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan pancasila dan bernegara dalam mencapai tujuan bernegara.(CPMK3) |
Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2) |
|
|
|
|
|
4.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3) |
|
|
|
|
|
4.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4)
|
|
|
|
|
|
7.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1) |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
2 |
Mahasiswa dapat memaksimalkan perkembangan dari pendidikan pancasila.(CPMK4)
|
Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1)
|
|
|
|
|
|
7.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2)
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3)
|
10 |
|
5 |
|
10 |
|
|