Student Information System
RPS Assessment Map
Info
Matakuliah
Landscape
Kurikulum Sistem Informasi 2023/2024
Kode Matakuliah
IKG6310
Nama Matakuliah
Games Programming
sks
3.00
RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis
No
Expectted Leaning Outcomes
Course Learning Outcomes
Session Learning Outcomes
Kriteria Penilaian (Indikator)
Presentasi
Proyek
Tugas Individu
Ujian Akhir Semester
Ujian Tengah Semester
SIKAP
Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
1
Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai Tri Krama dalam proses pengembangan game, terutama dalam aspek kerja sama tim, etika dalam penggunaan teknologi, dan tanggung jawab terhadap hasil kerja.
Mahasiswa menunjukkan kejujuran dalam menyelesaikan tugas dan ujian.
1
5
7
6.5
7
KETRAMPILAN UMUM
Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
1
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil pengembangan game secara efektif dan profesional, serta mampu berkomunikasi dengan baik dalam tim.
Menyusun presentasi yang jelas, terstruktur, dan menarik tentang konsep game yang dikembangkan.
3
3
Mempresentasikan hasil kerja kelompok secara percaya diri dan meyakinkan.
2.5
2
Memberikan dan menerima umpan balik secara konstruktif dalam diskusi kelompok.
2.5
2
KETRAMPILAN KHUSUS
Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
2
Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan game simulasi sederhana menggunakan framework PyGame, dengan integrasi komponen AI dasar.
Mampu mengimplementasikan mekanika game dasar seperti pergerakan objek, deteksi collision, dan sistem skor.
6
11
4
16
Mampu mengintegrasikan komponen AI sederhana seperti pathfinding atau decision making ke dalam game.
1
2
Mampu mendokumentasikan proses pengembangan game secara sistematis.
1
6
2
7.5
2
Assessment Composition
Jenis
Elo
Kriteria Penilaian (Indikator)
Total
Presentasi
Proyek
Tugas Individu
Ujian Akhir Semester
Ujian Tengah Semester
SIKAP
Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
1
5
7
6.5
7
26.5
KETRAMPILAN UMUM
Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
8
7
15
KETRAMPILAN KHUSUS
Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
1
13
13
13.5
18
58.5
Total
10
25
20
20
25
100