RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Sistem Informasi 2023/2024
Kode MatakuliahIKS6337
Nama MatakuliahAdvanced Object Oriented Programming
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Praktikum Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) 1 CPMK 1 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method). Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. 2.5
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. 0.75
1 CPMK 2 : Mampu menggunakan design pattern. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern. 5
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah. 10
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern. 0.75
1 CPMK 3 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming. 22.5
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming. 5.25
1 CPMK 4 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data. 5
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data. 3
1 CPMK 5 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas, XML, extreme programming, dan refactoring. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas. 2.5
Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas. 0.75
Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML. 2.5
Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML. 0.75
Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring. 2.5
1 CPMK 6 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak. Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas. 5
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak. 1.5
1 CPMK 7 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. 2.5
Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. 0.75
1 CPMK 8 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA. 2.5
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA. 0.75
1 CPMK 9 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking. 2.5
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking. 0.75
1 CPMK 10 : Dapat menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak. Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus. 20

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Praktikum Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) 15 35 25 25 100
Total 15 35 25 25 100