RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Sistem Informasi 2023/2024
Kode MatakuliahIKS6316
Nama MatakuliahObject Oriented Programming
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Praktikum Quiz Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) 1 CPMK 1 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method). Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class. 1 7
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class. 3.25
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class. 1 4
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class. 1.5
1 CPMK 2 : Mampu menggunakan instantiation modalities. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities. 1 2.5
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities. 0.25
1 CPMK 3 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging. 3 4 6.5
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging. 0.5
1 CPMK 4 : Mampu merancang encapsulation. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation. 1 3
Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation. 0.5
1 CPMK 5 : Mampu merancang inheritance dan dependency management. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management. 2 5
Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management. 1.5
1 CPMK 6 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface). Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface). 1 2
Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface). 0.75
1 CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan polymorphism. Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism. 1 4
Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism. 0.75
1 CPMK 8 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas. 1 2
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas. 2.5
1 CPMK 9 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object. 1 5
Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object. 0.75
1 CPMK 10 : Mampu mengaplikasikan exception handling. Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling. 1 3
Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling. 0.75
1 CPMK 11 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming. Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming. 1 2
1 CPMK 12 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya. Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya. 1.5
1 CPMK 13 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak. Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana. 17.5
1 CPMK 14 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK. Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK. 1.5
1 CPMK 15 : Mampu mengaplikasikan Class String. Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String. 1.5

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Praktikum Quiz Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) 15 15 20 25 25 100
Total 15 15 20 25 25 100