Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Praktikum |
Quiz |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
KETRAMPILAN KHUSUS |
Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
| 3 |
CPMK 1 : Mampu mengelola risiko organisasi dan membangun berbagai rencana mitigasi risiko. |
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen risiko SI/TI. |
|
2.5 |
1 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 1.2 : Mampu menerapkan manajemen risiko SI/TI bagi risiko yang potensial bagi organisasi. |
0.4 |
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep BCP (Business Continuity Planning) dan DRP (Disaster recovery Protocol). |
|
|
0.5 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan ISO/IEC 27002 : 2005 terkait keamanan informasi bagi organisasi. |
|
1.25 |
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 1.5 : Mampu menilai kelayakan dan kondisi infrastruktur TI organisasi berdasarkan studi kasus. |
0.3 |
|
|
|
|
Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
| 5 |
CPMK 2 : Mampu membuat kebijakan pengadaan TI dan memahami dan menegosiasikan berbagai kontrak TI. |
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen proyek TI dan keterkaitannya dengan IT blueprint organisasi. |
|
1.25 |
1 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menganalisa keselarasan proyek TI dengan IT blueprint organisasi. |
4 |
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menganalisa kelayakan proyek TI dan layanan TI organisasi berdasarkan standar dan best practise TI. |
0.3 |
|
|
|
|
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
| 9 |
CPMK 3 : Mampu menerapkan keahlian manajerial profesional untuk merencang dan mengelola sebuah organisasi SI yang efektif. |
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep dan prinsip tata kelola TI organisasi. |
|
5 |
|
7.5 |
|
|
|
Sub-CPMK 3.2 : Mampu membuat pemetaan tujuan bisnis ke tujuan TI organisasi berdasarkan studi kasus. |
4 |
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 3.3 : Mampu membuat rancangan tata kelola TI organisasi. |
4 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 4 : Mampu memastikan efisiensi dan efektivitas operasional dalam pemberian layanan informasi organisasi. |
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan perbedaan manajemen TI, tata kelola TI, dan operasional TI organisasi. |
|
1.25 |
|
1 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menjelaskan jenis-jenis informasi yang dibutuhkan organisasi. |
|
|
|
1 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.3 : Mampu mengklasifikasikan informasi organisasi berdasarkan jenis dan parameter lainnya. |
|
|
|
1.5 |
|
|
9 |
CPMK 5 : Mampu mengelola berbagai sumber daya informasi dalam koordinasi dengan manajemen. |
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pengalokasian sumber daya TI organisasi. |
|
|
|
1 |
|
|
|
Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan pengalokasian sumber daya TI organisasi. |
2 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 6 : Mampu membuat dan mengelola berbagai mekanisme secara menyeluruh di mana sebuah organisasi mengevaluasi, mengarahkan, dan memonitor teknologi informasi organisasi - praktik pengelolaan hak keputusan dan pengambilan keputusan teknologi informasi organisasi. |
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep pengawasan terhadap seluruh proses terkait TI organisasi berdasarkan KPI. |
|
1.25 |
6 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menerapkan pengawasan terhadap seluruh proses terkait TI organisasi berdasarkan KPI. |
0.5 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 7 : Mampu memastikan sistem informasi organisasi patuh terhadap kebijakan, hukum dan regulasi yang berlaku. |
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan berbagai kebijakan, hukum, dan regulasi terkait TI yang berlaku. |
|
|
0.5 |
1.5 |
|
|
|
Sub-CPMK 7.2 : Mampu menganalisis potensi dan dampak yang akan terjadi jika terjadi ketidakpatuhan terhadap kebijakan, hukum, dan regulasi terkait TI yang berlaku. |
0.3 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 8 : Mampu menjalankan operasional TI organisasi. |
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjalankan operasional TI organisasi. |
4 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 9 : Mampu menerapkan kerangka kerja manajemen layanan terkini, seperti : ITIL dan CMMI. |
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep kerangka kerja manajemen layanan, seperti : ITIL dan CMMI. |
|
3.75 |
|
8 |
|
|
|
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan ITIL dan CMMI dalam penyusunan tata kelola TI organisasi. |
2 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 10 : Mampu mengidentifikasi kerangka kerja tata kelola yang biasa digunakan, seperti : COBIT dan TOGAF, untuk menyelaraskan sistem informasi dengan kebutuhan organisasi. |
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep kerangka kerja tata kelola TI yang biasa digunakan, seperti : COBIT dan TOGAF. |
|
6.25 |
11 |
3.5 |
|
|
|
Sub-CPMK 10.2 : Mampu menerapkan COBIT dan TOGAF dalam penyusunan tata kelola TI organisasi. |
0.8 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 11 : Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim. |
Sub-CPMK 11.1 : Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok. |
1 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 12 : Mampu menganalisa berbagai perubahan terkait TI organisasi. |
Sub-CPMK 12.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen perubahan TI organisasi. |
|
1.25 |
0.5 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 12.2 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait perubahan TI organisasi. |
0.4 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 13 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait manajemen data organisasi. |
Sub-CPMK 13.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen data. |
|
1.25 |
2.5 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 13.2 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait manajemen data organisasi. |
0.5 |
|
|
|
|
|
9 |
CPMK 14 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait keamanan TI organisasi. |
Sub-CPMK 14.1 : Mampu menjelaskan konsep keamanan informasi. |
|
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 14.2 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait keamanan TI organisasi. |
0.5 |
|
|
|