RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Sistem Informasi 2023/2024
Kode MatakuliahISO6301
Nama MatakuliahInformation System Management
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Praktikum Quiz Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
KETRAMPILAN KHUSUS Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) 3 CPMK 1 : Mampu mengelola risiko organisasi dan membangun berbagai rencana mitigasi risiko. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen risiko SI/TI. 2.5 1
Sub-CPMK 1.2 : Mampu menerapkan manajemen risiko SI/TI bagi risiko yang potensial bagi organisasi. 0.4
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep BCP (Business Continuity Planning) dan DRP (Disaster recovery Protocol). 0.5
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan ISO/IEC 27002 : 2005 terkait keamanan informasi bagi organisasi. 1.25
Sub-CPMK 1.5 : Mampu menilai kelayakan dan kondisi infrastruktur TI organisasi berdasarkan studi kasus. 0.3
Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) 5 CPMK 2 : Mampu membuat kebijakan pengadaan TI dan memahami dan menegosiasikan berbagai kontrak TI. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen proyek TI dan keterkaitannya dengan IT blueprint organisasi. 1.25 1
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menganalisa keselarasan proyek TI dengan IT blueprint organisasi. 4
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menganalisa kelayakan proyek TI dan layanan TI organisasi berdasarkan standar dan best practise TI. 0.3
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) 9 CPMK 3 : Mampu menerapkan keahlian manajerial profesional untuk merencang dan mengelola sebuah organisasi SI yang efektif. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep dan prinsip tata kelola TI organisasi. 5 7.5
Sub-CPMK 3.2 : Mampu membuat pemetaan tujuan bisnis ke tujuan TI organisasi berdasarkan studi kasus. 4
Sub-CPMK 3.3 : Mampu membuat rancangan tata kelola TI organisasi. 4
9 CPMK 4 : Mampu memastikan efisiensi dan efektivitas operasional dalam pemberian layanan informasi organisasi. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan perbedaan manajemen TI, tata kelola TI, dan operasional TI organisasi. 1.25 1
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menjelaskan jenis-jenis informasi yang dibutuhkan organisasi. 1
Sub-CPMK 4.3 : Mampu mengklasifikasikan informasi organisasi berdasarkan jenis dan parameter lainnya. 1.5
9 CPMK 5 : Mampu mengelola berbagai sumber daya informasi dalam koordinasi dengan manajemen. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pengalokasian sumber daya TI organisasi. 1
Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan pengalokasian sumber daya TI organisasi. 2
9 CPMK 6 : Mampu membuat dan mengelola berbagai mekanisme secara menyeluruh di mana sebuah organisasi mengevaluasi, mengarahkan, dan memonitor teknologi informasi organisasi - praktik pengelolaan hak keputusan dan pengambilan keputusan teknologi informasi organisasi. Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep pengawasan terhadap seluruh proses terkait TI organisasi berdasarkan KPI. 1.25 6
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menerapkan pengawasan terhadap seluruh proses terkait TI organisasi berdasarkan KPI. 0.5
9 CPMK 7 : Mampu memastikan sistem informasi organisasi patuh terhadap kebijakan, hukum dan regulasi yang berlaku. Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan berbagai kebijakan, hukum, dan regulasi terkait TI yang berlaku. 0.5 1.5
Sub-CPMK 7.2 : Mampu menganalisis potensi dan dampak yang akan terjadi jika terjadi ketidakpatuhan terhadap kebijakan, hukum, dan regulasi terkait TI yang berlaku. 0.3
9 CPMK 8 : Mampu menjalankan operasional TI organisasi. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjalankan operasional TI organisasi. 4
9 CPMK 9 : Mampu menerapkan kerangka kerja manajemen layanan terkini, seperti : ITIL dan CMMI. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep kerangka kerja manajemen layanan, seperti : ITIL dan CMMI. 3.75 8
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan ITIL dan CMMI dalam penyusunan tata kelola TI organisasi. 2
9 CPMK 10 : Mampu mengidentifikasi kerangka kerja tata kelola yang biasa digunakan, seperti : COBIT dan TOGAF, untuk menyelaraskan sistem informasi dengan kebutuhan organisasi. Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep kerangka kerja tata kelola TI yang biasa digunakan, seperti : COBIT dan TOGAF. 6.25 11 3.5
Sub-CPMK 10.2 : Mampu menerapkan COBIT dan TOGAF dalam penyusunan tata kelola TI organisasi. 0.8
9 CPMK 11 : Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim. Sub-CPMK 11.1 : Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok. 1
9 CPMK 12 : Mampu menganalisa berbagai perubahan terkait TI organisasi. Sub-CPMK 12.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen perubahan TI organisasi. 1.25 0.5
Sub-CPMK 12.2 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait perubahan TI organisasi. 0.4
9 CPMK 13 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait manajemen data organisasi. Sub-CPMK 13.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen data. 1.25 2.5
Sub-CPMK 13.2 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait manajemen data organisasi. 0.5
9 CPMK 14 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait keamanan TI organisasi. Sub-CPMK 14.1 : Mampu menjelaskan konsep keamanan informasi. 2
Sub-CPMK 14.2 : Mampu menganalisa berbagai aktivitas terkait keamanan TI organisasi. 0.5

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Praktikum Quiz Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
KETRAMPILAN KHUSUS Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) 0.7 3.75 1.5 5.95
Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) 4.3 1.25 1 6.55
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) 20 20 22.5 25 87.5
Total 25 25 25 25 100