Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Praktikum |
Quiz |
Tugas |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
KETRAMPILAN KHUSUS |
Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
| 3 |
CPMK 1 : Mampu menerapkan penyelarasan strategi TI dengan strategi bisnis dan SI dalam organisasi. |
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan konsep penyelarasan strategi TI dengan strategi bisnis dan SI dalam organisasi. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan konsep layanan pihak ketiga, termasuk : layanan fisik dan cloud, keamanan sistem informasi, dan lainnya. |
|
1 |
|
1.5 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 1.3 : Mampu mengimplementasikan penyelarasan strategi TI dengan strategi bisnis dan SI dalam organisasi. |
|
|
3 |
|
|
|
Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
| 5 |
CPMK 2 : Mampu membuat kebijakan pengadaan TI dan memahami dan menegosiasikan berbagai kontrak TI. |
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep pengorganisasian dan pengalokasian sumber daya. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menjelaskan konsep investasi SI/TI. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menjelaskan konsep pengelolaan suplai layanan, aplikasi, dan infrastruktur TI. |
|
0.5 |
|
1 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 2.4 : Mampu mengimplementasikan konsep pengelolaan suplai layanan, aplikasi, dan infrastruktur TI. |
|
|
4 |
|
|
|
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
| 9 |
CPMK 3 : Mampu menerapkan penyelarasan kebutuhan SI dengan kebutuhan bisnis, termasuk : menerapkan analisis strategis SI/TI berdasarkan kebutuhan bisnis. |
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan peranan SI/TI dalam organisasi. |
|
1 |
|
|
2 |
|
|
|
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menjelaskan konsep strategi bisnis dan implikasi strategi SI/TI. |
|
2 |
|
|
2 |
|
|
|
Sub-CPMK 3.3 : Mampu menjelaskan konsep membangun strategi SI/TI yang efektif. |
|
1 |
|
|
2 |
|
|
|
Sub-CPMK 3.4 : Mampu menjelaskan konsep analisis strategi SI/TI : penyelarasan dengan operasional dan strategi bisnis. |
|
1 |
|
|
2 |
|
|
9 |
CPMK 4 : Mampu mengimplementasikan rencana strategis yang telah dibuat untuk memberikan nilai dan kegunaan dari sistem informasi organisasi. |
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan berbagai tool dan metode yang digunakan dalam analisis strategis SI/TI : analisis bisnis dan SI/TI saat ini. |
|
1 |
|
|
2 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menjelaskan berbagai tool dan metode yang digunakan dalam analisis strategis SI/TI : perumusan kerangka kerja, pendekatan, dan deliverables dari proses strategi SI/TI. |
|
1 |
|
|
3 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.3 : Mampu menjelaskan berbagai tool dan metode yang digunakan dalam analisis strategis SI/TI : analisis CSF dan balanced scorecard (BSC). |
|
1 |
|
|
2 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.4 : Mampu menjelaskan berbagai tool dan metode yang digunakan dalam analisis strategis SI/TI : value chain analysis. |
|
1 |
|
|
3 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.5 : Mampu menjelaskan berbagai tool dan metode yang digunakan dalam analisis strategis SI/TI : analisis balanced scorecard (BSC) secara detail. |
|
1 |
|
|
2 |
|
|
|
Sub-CPMK 4.6 : Mampu menjelaskan berbagai tool dan metode yang digunakan dalam analisis strategis SI/TI : pengelolaan sumber daya pengetahuan organisasi. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.7 : Mampu menjelaskan konsep perumusan application portfolio organisasi. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.8 : Mampu menjelaskan konsep perumusan IT blueprint organisasi. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.9 : Mampu menjelaskan konsep strategi pengembangan manajemen SI/TI organisasi, termasuk : strategi pengembangan SI/TI, strategi pengembangan SDM TI, strategi pengembangan prosedur SI/TI. |
|
0.5 |
|
2 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.10 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : analisis strategi bisnis organisasi saat ini. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.11 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : analisis strategi bisnis dan SI/TI organisasi saat ini secara detail. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.12 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : perumusan KPI untuk Strategic Business Unit (SBU) dan data/informasi yang dibutuhkan oleh SBU. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.13 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : SWOT analysis dan TOWS matrix. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.14 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : value chain analysis. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.15 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : analisis CSF. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.16 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : analisis Balanced Scorecard (BSC). |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.17 : Mampu menggunakan berbagai tool dan metode dalam analisis strategis SI/TI : pengidentifikasian solusi SI/TI. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.18 : Mampu membuat application portfolio organisasi. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 4.19 : Mampu membuat IT roadmap organisasi. |
|
|
7 |
|
|
|
|
9 |
CPMK 5 : Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim. |
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menggunakan tool untuk kolaborasi dan komunikasi tim dalam rangka mengerjakan tugas kelompok. |
|
|
3 |
|
|
|
|
9 |
CPMK 6 : Mampu memastikan kepatuhan sistem informasi organisasi dengan berbagai kebiijakan, hukum dan regulasi yang berlaku. |
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan kepatuhan sistem informasi organisasi dengan berbagai kebijakan, hukum, dan regulasi yang berlaku. |
|
1 |
|
2 |
|
|
|
9 |
CPMK 7 : Mampu membangun berbagai rencana untuk pengembangan SDM, pelatihan, akusisi talenta, dan retensi SDM. |
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pengembangan SDM TI. |
|
1 |
|
1.5 |
|
|
|
|
Sub-CPMK 7.2 : Mampu merumuskan strategi pengembangan SDM TI organisasi. |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Sub-CPMK 7.3 : Mampu merumuskan strategi pengembangan SDM TI organisasi sesuai dengan kasus. |
|
|
3 |
|
|