Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Tugas |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
KETRAMPILAN KHUSUS |
Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
| 1 |
Dapat menerapkan kemampuan Manajemen Proses Bisnis yang lengkap dalam suatu organisasi. Menjelaskan karakteristik proses dan perspektif yang berbeda dari bisnis prosesĀ terintegrasi(CPMK 1) |
Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi. |
3.5 |
|
3.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization |
3.5 |
|
3.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model |
3.5 |
|
3.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI |
3.5 |
|
3.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait |
3.5 |
3.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi |
4 |
4 |
|
|
Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
| 6 |
Mengevaluasi teknik dan alat yang mendukung perencanaan, disain, analisis, pengoperasian dan pemantauan bisnis terintegrasi |
Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP |
3.5 |
|
3.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation |
3.5 |
|
3.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya |
3.5 |
3.5 |
|
|
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
| 9 |
Mampu menerapkan keselarasan kebutuhan sistem informasi yang relevan dengan proses bisnis terintegrasi pada organisasi |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal |
4 |
|
4 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut. |
3.5 |
3.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment |
3.5 |
3.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya |
3.5 |
3.5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus |
3.5 |
3.5 |
|