Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Praktikum |
Quiz |
Tugas |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
PENGETAHUAN |
Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
| 1 |
Mahasiswa memahami konsep berorientasi objek dalam mengorganisasikan struktur program yang lebih kompleks. |
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja perangkat lunak. |
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. |
1 |
0.5 |
1 |
|
3 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer. |
|
|
|
|
|
KETRAMPILAN UMUM |
Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
| 1 |
Menerapkan berpikir algoritma dalam studi kasus masalah komputasional. |
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. |
2 |
1 |
2 |
|
6 |
KETRAMPILAN KHUSUS |
Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
| 2 |
Mahasiswa menerapkan transformasi data menggunakan operasi-operasi aritmatika, penugasan, dan transposisi. |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program. |
1 |
0.5 |
1 |
|
4 |
|
|
2 |
Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai. |
Menulis ekspresi logika sesuai kebutuhan dan menerapkannya dalam program. |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Membuat algoritma untuk memecahkan masalah menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, dan perulangan. |
Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat. |
3 |
1.5 |
3 |
|
12 |
|
|
2 |
Membuat modularisasi algoritma menggunakan fungsi dan subrutin. |
Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin. |
3 |
1.5 |
3 |
6 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program. |
2 |
1 |
2 |
3 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
2 |
Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file. |
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|