Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Diskusi |
Penyajian dan Penyelesaian Kasus 1 |
Penyajian dan Penyelesaian Kasus 2 |
Presentasi |
Produk |
Tugas Kelompok |
SIKAP |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
| 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha. |
mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Asah Asih Asuh |
|
2 |
2 |
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu menunjukkan jiwa wirausaha |
|
|
3 |
|
|
|
|
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
| 2 |
Mahasiswa mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat berdasarkan nilai-nilai Pancasila |
mampu menjelaskan kontribusi proyek capstone sebagai alternatif solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat |
|
|
2 |
|
|
|
KETRAMPILAN UMUM |
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
| 1 |
mahasiswa mampu merancang solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat |
mampu merancang solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
mampu merancang solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat
|
|
|
4 |
5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
| 2 |
mahasiswa mampu memilih metode dan teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat |
mampu memilih metode dan teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat |
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
mampu melakukan analisis sistem thinking untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat |
|
5 |
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
| 3 |
mahasiswa mampu bekerja sama dan berperan aktif dalam kelompok untuk memberikan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat |
mampu bekerja sama dan berperan aktif dalam kelompok untuk memberikan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat |
|
|
|
3 |
|
|
KETRAMPILAN KHUSUS |
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
| 1 |
mahasiswa mampu menetapkan kebutuhan komputasi dari aplikasi komputer sebagai solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat |
mampu menetapkan kebutuhan komputasi dari aplikasi komputer sebagai solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat |
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
mampu merancang kebutuhan keamanan informasi agar system cerdas yang dibuat aman |
|
|
|
|
|
5 |
|
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
| 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin |
mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
| 3 |
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri |
mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri |
5 |
|
|
|
30 |
10 |
|
|
|
mahasiswa mampu melakukan verifikasi dan validasi sistem yang diusulkan |
6 |
|
|
|
|
3 |
|
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
| 4 |
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks |
mampu menjelaskan tujuan penggunaan sistem cerdas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat |
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
mampu membuat diagram Causal Loop untuk menggambarkan lingkungan masalah yang akan diselesaikan |
|
3 |
|
|
|
|
Jenis |
Elo |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Total |
Diskusi |
Penyajian dan Penyelesaian Kasus 1 |
Penyajian dan Penyelesaian Kasus 2 |
Presentasi |
Produk |
Tugas Kelompok |
SIKAP
|
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
|
2 |
5 |
|
|
|
7 |
|
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
|
|
2 |
|
|
|
2 |
KETRAMPILAN UMUM
|
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
|
|
|
4 |
5 |
|
|
9 |
|
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
|
5 |
4 |
|
|
|
9 |
|
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
|
|
|
3 |
|
|
3 |
KETRAMPILAN KHUSUS
|
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a) |
|
|
2 |
|
|
5 |
7 |
|
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b) |
1 |
|
|
|
|
2 |
3 |
|
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
11 |
|
|
|
30 |
13 |
54 |
|
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
|
3 |
3 |
|
|
|
6 |
Total |
12 |
10 |
20 |
8 |
30 |
20 |
100 |