RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Informatika 2023/2024
Kode MatakuliahIKS6433
Nama MatakuliahCapstone
sks4.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Diskusi Penyajian dan Penyelesaian Kasus 1 Penyajian dan Penyelesaian Kasus 2 Presentasi Produk Tugas Kelompok
SIKAP Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) 1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha. mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Asah Asih Asuh 2 2
Mahasiswa mampu menunjukkan jiwa wirausaha 3
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) 2 Mahasiswa mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat berdasarkan nilai-nilai Pancasila mampu menjelaskan kontribusi proyek capstone sebagai alternatif solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat 2
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) 1 mahasiswa mampu merancang solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat mampu merancang solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat
mampu merancang solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat 4 5
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 2 mahasiswa mampu memilih metode dan teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat mampu memilih metode dan teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat 4
mampu melakukan analisis sistem thinking untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat 5
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 3 mahasiswa mampu bekerja sama dan berperan aktif dalam kelompok untuk memberikan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat mampu bekerja sama dan berperan aktif dalam kelompok untuk memberikan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat 3
KETRAMPILAN KHUSUS Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) 1 mahasiswa mampu menetapkan kebutuhan komputasi dari aplikasi komputer sebagai solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat mampu menetapkan kebutuhan komputasi dari aplikasi komputer sebagai solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat 2
mampu merancang kebutuhan keamanan informasi agar system cerdas yang dibuat aman 5
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) 2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin 1 2
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) 3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri 5 30 10
mahasiswa mampu melakukan verifikasi dan validasi sistem yang diusulkan 6 3
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) 4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks mampu menjelaskan tujuan penggunaan sistem cerdas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat 3
mampu membuat diagram Causal Loop untuk menggambarkan lingkungan masalah yang akan diselesaikan 3

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Diskusi Penyajian dan Penyelesaian Kasus 1 Penyajian dan Penyelesaian Kasus 2 Presentasi Produk Tugas Kelompok
SIKAP Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) 2 5 7
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) 2 2
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) 4 5 9
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 5 4 9
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 3 3
KETRAMPILAN KHUSUS Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) 2 5 7
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) 1 2 3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) 11 30 13 54
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) 3 3 6
Total 12 10 20 8 30 20 100