RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Informatika 2023/2024
Kode MatakuliahISM6301
Nama MatakuliahInformation Technology Project Management
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Praktikum Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 2 CPMK 1 : Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen proyek TI sesuai dengan tujuan dan sasaran strategis organisasi. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal. 2
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep tata kelola proyek dan perumusan project charter. 4
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan scope management dalam proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.5 : Mampu menjelaskan pembuatan Work Breakdown Structure (WBS). 6
Sub-CPMK 1.6 : Mampu menjelaskan konsep manajemen penjadwalan pada manajemen proyek TI. 4
Sub-CPMK 1.7 : Mampu menjelaskan konsep manajemen biaya pada manajemen proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.8 : Mampu menjelaskan konsep kepemimpinan proyek, pembentukan tim proyek, dan pembagian tugas team member. 2
Sub-CPMK 1.9 : Mampu menjelaskan konsep manajemen risiko proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.10 : Mampu menjelaskan konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.11 : Mampu menjelaskan konsep manajemen kualitas proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.12 : Mampu menjelaskan konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.13 : Mampu menjelaskan pelaksanaan dan pemantauan kegiatan proyek TI. 2
Sub-CPMK 1.14 : Mampu menjelaskan penutupan proyek TI. 2
2 CPMK 2: Mampu menerapkan konsep manajemen kualitas dan pengadaan dalam proyek TI. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep manajemen pengadaan dalam proyek TI. 2
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menjelaskan pentingnya pendokumentasian seluruh aktivitas proyek TI, termasuk pendokumentasian rencana proyek TI. 2
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep manajemen pengadaan proyek TI. 0.75
Sub-CPMK 2.4 : Mampu menerapkan konsep manajemen kualitas proyek TI. 0.75
2 CPMK 3 : Mampu menggunakan berbagai tool, teknik, dan proses manajemen integrasi proyek TI. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menggunakan berbagai tool, teknik, dan proses manajemen integrasi proyek TI. 2
2 CPMK 4 : Mampu menggunakan berbagai tool, teknik, dan proses manajemen ruang lingkup proyek TI. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menggunakan berbagai tool, teknik, dan proses manajemen ruang lingkup proyek TI. 0.75
2 CPMK 5: Mampu membuat estimasi waktu dan time tracking dengan menggunakan tool, teknik, dan proses yang tepat untuk manajemen proyek TI. Sub-CPMK 5.1 : Mampu membuat estimasi waktu dan time tracking dengan menggunakan tool, teknik, dan proses yang tepat untuk manajemen proyek TI. 0.5
2 CPMK 6 : Mampu membuat estimasi biaya dan cost tracking dengan menggunakan tool, teknik, dan proses yang tepat untuk manajemen proyek TI. Sub-CPMK 6.1 : Mampu membuat estimasi biaya dan cost tracking dengan menggunakan tool, teknik, dan proses yang tepat untuk manajemen proyek TI. 0.25
2 CPMK 7 : Mampu mengubah pada kontrol proses untuk memelihara dan mengontrol kualitas proyek TI. Sub-CPMK 7.1 : Mampu mengubah kontrol proses untuk memelihara dan mengontrol kualitas proyek TI. 0.75
2 CPMK 8 : Mampu mengimplementasikan berbagai tool, teknik, dan proses terkait manajemen sumber daya manusia dalam manajemen proyek TI. Sub-CPMK 8.1 : Mampu mengimplementasikan berbagai tool, teknik, dan proses terkait manajemen sumber daya manusia dalam manajemen proyek TI. 0.5
2 CPMK 9 : Mampu mendefinisikan dan mengimplementasikan sebuah rencana manajemen komunikasi. Sub-CPMK 9.1 : Mampu mendefinisikan dan mengimplementasikan sebuah rencana manajemen komunikasi. 0.75
2 CPMK 10 : Mampu memprediksi dan mengelola risiko proyek melalui penggunaan berbagai tool, teknik, dan proses untuk manajemen proyek TI. Sub-CPMK 10.1 : Mampu memprediksi dan mengelola risiko proyek melalui penggunaan berbagai tool, teknik, dan proses untuk manajemen proyek TI. 0.75
2 CPMK 11 : Mampu mengidentifikasi dan mengelola pemangku kepentingan dalam berbagai tahapan proyek TI . Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi dan mengelola pemangku kepentingan dalam berbagai tahapan proyek TI . 0.25
2 CPMK 12 : Mampu menerapkan berbagai prinsip dan metode manajemen proyek dalam tugas. Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip dan metode manajemen proyek dalam tugas. 2.5
2 CPMK 13 : Mampu menerapkan proses pengembangan dengan Scrum. Sub-CPMK 13.1.1 : Mampu menerapkan proses pengembangan dengan Scrum. 2
2 CPMK 14 : Mampu memilih metodologi manajemen proyek yang sesuai berdasarkan karakteristik proyek TI. Sub-CPMK 14.1 : Mampu memilih metodologi manajemen proyek yang sesuai berdasarkan karakteristik proyek TI. 0.25
2 CPMK 15 : Mampu menggunakan berbagai tool, teknik, dan proses untuk kolaborasi dan komunikasi dalam tim. Sub-CPMK 15.1 : Mampu menggunakan berbagai tool, teknik, dan proses untuk kolaborasi dan komunikasi dalam tim. 2
2 CPMK 16 : Mampu merumuskan latar belakang dari suatu proyek TI. Sub-CPMK 16.1 : Mampu merumuskan latar belakang dari suatu proyek TI. 0.25
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 3 CPMK 17 : Mampu merumuskan solusi TI yang ditawarkan. Sub-CPMK 17.1 : Mampu merumuskan solusi TI yang ditawarkan. 0.5
3 CPMK 18 : Mampu penentuan tim proyek dan pembagian tugas dalam tim. Sub-CPMK 18.1 : Mampu penentuan tim proyek dan pembagian tugas dalam tim. 0.5
3 CPMK 19 : Mampu membuat piagam proyek IT. Sub-CPMK 19.1 : Mampu membuat piagam proyek IT. 1.5
3 CPMK 20 : Mampu membuat Work Breakdown Structure (WBS). Sub-CPMK 20.1 : Mampu membuat Work Breakdown Structure (WBS). 1.5
3 CPMK 21 : Mampu membuat proposal proyek TI. Sub-CPMK 21.1 : Mampu membuat proposal proyek TI dalam praktikum. 1.5
Sub-CPMK 21.2 : Mampu membuat proposal proyek TI dalam tugas. 5
3 CPMK 22 : Mampu memonitor kinerja dan kemajuan proyek TI Sub-CPMK 22.1 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI dalam praktikum. 1.5
Sub-CPMK 22.2 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pencapaian ruang lingkup proyek yang sedang berjalan. 3
Sub-CPMK 22.3 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pencapaian timeline proyek yang sedang berjalan. 2.5
Sub-CPMK 22.4 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait penggunaan anggaran proyek yang sedang berjalan. 2.5
Sub-CPMK 22.5 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait project member dan komunikasi pada proyek yang sedang berjalan. 2
Sub-CPMK 22.6 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pengecekan kualitas proyek yang sedang berjalan. 3
Sub-CPMK 22.7 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pengelolaan risiko proyek yang sedang berjalan. 2
Sub-CPMK 22.8 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pengelolaan perubahan dan masalah selama proyek berjalan. 2
Sub-CPMK 22.9 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pengelolaan pengadaan barang/jasa selama proyek berjalan. 2
Sub-CPMK 22.10 : Mampu membuat laporan kemajuan proyek TI terkait pendokumentasian seluruh aktivitas proyek yang sedang berjalan. 2.5
3 CPMK 23 : Mampu membuat Laporan Akhir Proyek TI. Sub-CPMK 23.1 : Mampu membuat laporan akhir proyek TI dalam praktikum. 0.75
Sub-CPMK 23.2 : Mampu membuat laporan penutupan proyek TI dalam praktikum. 0.75
Sub-CPMK 23.3 : Mampu membuat laporan akhir proyek TI dalam tugas. 8
Sub-CPMK 23.4 : Mampu membuat laporan penutupan proyek TI dalam tugas. 2

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Praktikum Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 6.5 8.5 14 26 55
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 8.5 36.5 45
Total 15 45 14 26 100