RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Informatika 2023/2024
Kode MatakuliahIKB6206
Nama MatakuliahCreativity and Innovation
sks2.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Diskusi dan Partisipasi 1 Paper Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) 1 Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 2 mahasiswa mampu memilih metode dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan mahasiswa mampu memilih metode dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan
mahasiswa mampu menyelesaikan permasalah menggunakan metodologi yang sesuai
mahasiswa mampu memformulasikan masalah yang harus diselesaikan
mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi hasil pekerjaannya
mahasiswa mampu membuat kesimpulan dan arah pengembangan dari problem yang diselesaikan
2 Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 3 Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional 50 30 20

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Diskusi dan Partisipasi 1 Paper Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) 0
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 0
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 50 30 20 100
Total 50 30 20 100