Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Diskusi dan Partisipasi 1 |
Paper Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
KETRAMPILAN UMUM |
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
| 1 |
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. |
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
| 2 |
mahasiswa mampu memilih metode dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan |
mahasiswa mampu memilih metode dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan |
|
|
|
|
|
|
mahasiswa mampu menyelesaikan permasalah menggunakan metodologi yang sesuai |
|
|
|
|
|
|
mahasiswa mampu memformulasikan masalah yang harus diselesaikan |
|
|
|
|
|
|
mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi hasil pekerjaannya |
|
|
|
|
|
|
mahasiswa mampu membuat kesimpulan dan arah pengembangan dari problem yang diselesaikan |
|
|
|
|
|
2 |
Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. |
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing |
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
| 3 |
Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional |
Mahasiswa berpikir kreatif, inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional |
50 |
30 |
20 |