RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Informatika 2023/2024
Kode MatakuliahIKS6334
Nama MatakuliahMachine Learning
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Diskusi Laporan Praktikum Presentasi Proyek Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 2 Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai teknik dan metode pembelajaran mesin Mahasiswa dapat membedakan berbagai teknik Pembelajaran Mesin: Supervised, Unsupervised, Semisuperviced, dan Reinforcement Learning 2
Mahasiswa memahami algoritma regresi untuk menyelesaikan persoalan prediksi dan estimasi dengan target numerik 3
Mahasiswa memahami algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan persoalan prediksi target kategorik 8 4
Mahasiswa mampu memahami algoritma prediksi probabilistik 4
Mahasiswa mampu memahami algoritma clustering 1 5
2 Mahasiswa memahami teknik pengukuran kinerja yang tepat untuk berbagai kategori permasalahan yang diselesaikan dengan pembelajaran mesin Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma regresi menggunakan mse dan r square dan adjusted r square 2
Mahasiswa memahami metode pengukuran kualitas klaster 3
Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma klasifikasi berbasis confusion matrix 5
Mahasiswa memahami metode pengukuran kinerja algoritma prediksi probabilistik 5
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 2 Mahasiswa mampu memilih metode pembelajaran mesin yang tepat untuk menyelesaikan problem Mahasiswa mampu memilih metode pembelajaran yang tepat untuk kasus yang diselesaikan 1.5 3 10
2 Mahasiswa mampu mengkategorisasikan masalah dunia nyata kedalam problem analitik (regresi, estimasi, klasifikasi, klastering, asosisi) Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah regresi 0.5
Mahasiswa mampu mengkategorikan problem dunia nyata sebagai masalah klasifikasi 1
Mahasiswa mampu mengkategorisasikan problem dunia nyata sebagai masalah prediksi probabilitas 1
Mahasiswa mampu mengkategorisasikan problem dunia nyata sebagai masalah clustering
2 Mahasiswa mampu memilih metode pengukuran yang tepat untuk mengukur kinerja model Mahasiswa mampu memilih metode pengukuran yang tepat untuk mengukur kinerja model 0.5
KETRAMPILAN KHUSUS Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) 4 Mahasiswa dapat menerapkan metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan teknik pembelajaran mesin Mahasiswa mampu menerapkan algoritma regresi linier untuk menyelesaikan permasalahan regresi 1.5
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma klasifikasi untuk menyelesaikan masalah prediksi kategorik 6
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan prediksi probabilistik 2
Mahasiswa dapat melakukan tuning parameter untuk mengoptimasi model pembelajaran mesin 0.4 2.5
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan clustering 2
4 Mahasiswa menerapkan teknik pengukuran kinerja yang tepat untuk berbagai kategori permasalahan yang diselesaikan dengan pembelajaran mesin Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja untuk mengukur kualitas model regresi 0.8
Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja berbasis confusion matrix untuk model klasifikasi biner 0.8
Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengukuran kinerja untuk probability prediction 10
Mahasiswa mampu mengevaluasi kinerja model 1 2 7.5 4

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Diskusi Laporan Praktikum Presentasi Proyek Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 3 5 16 18 42
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 2.5 3 10 2 17.5
KETRAMPILAN KHUSUS Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) 3 11.5 2 20 4 40.5
Total 3 3 14 10 30 20 20 100