Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Praktikum |
Quiz |
Tugas |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
SIKAP |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
| 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil. |
Mampu mengerjakan tugas tepat waktu dari soal Kalkulus dan Aljabar Linier |
|
|
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar. |
1 |
|
|
|
|
PENGETAHUAN |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
| 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan formula matematik dan teori informatika dalam sebuah program |
Mahasiswa mampu menjelaskan
bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer. |
|
0.5 |
1 |
|
3 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program. |
2 |
0.5 |
1 |
|
7 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe data string
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program. |
|
|
|
2 |
|
KETRAMPILAN UMUM |
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
| 2 |
Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai. |
Menulis ekspresi logika sesuai kebutuhan dan menerapkannya dalam program. |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mahasiswa merumuskan penyelesaian masalah secara algoritmik menggunakan struktur-struktur sekuensial, seleksi, dan perulangan. |
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana. |
1 |
1.5 |
3 |
|
3 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami logika
struktur percabangan dan menerapkannya dalam program. |
1 |
0.5 |
1 |
|
6 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami logika struktur perulangan dan menerapkannya dalam program. |
2 |
1 |
2 |
|
6 |
|
|
2 |
Mahasiswa menerapkan modularisasi algoritma menggunakan struktur-struktur fungsi, parameter, return-value, dan fungsi rekursif. |
Mahasiswa mampu merancang dan
menerapkan fungsi dalam program |
3 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe list
dan operasinya serta menerapkanya
dalam program. |
2 |
1 |
2 |
3 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe
dictionary dan operasinya serta
menerapkannya dalam program. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami Class dan
Objek serta menerapkanya dalam program komputer. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|
|
|
2 |
Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file. |
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file. |
2 |
1 |
2 |
4 |
|