RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Informatika 2023/2024
Kode MatakuliahIUM6306
Nama MatakuliahDiscrete Structure
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
SIKAP Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) 1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual 2.5 2.5
Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually 5 5
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual 5 5
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual 5 5
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 2 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyusun pembuktian dari persoalan yang dihadapi dan menjelaskan penyelesaian masalah tersebut Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi 2.5 2.5
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan 5 5
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi 5 5
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree 5 5
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean 2.5
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 2 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif, sebab-akibat, dan analogi dalam menganalisis permasalahan nyata dan memilih solusi komputasi yang tepat Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika 5 5
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi 5 2.5
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi 2.5
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh 5 2.5

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Tugas Ujian Akhir Semester Ujian Tengah Semester
SIKAP Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) 17.5 17.5 35
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 17.5 17.5 2.5 37.5
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) 15 7.5 5 27.5
Total 50 25 25 100