RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum Informatika 2023/2024
Kode MatakuliahIUK6301
Nama MatakuliahTechnopreneurship
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Presentasi Quiz Tugas
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 2 Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan masalah yang “layak” dipecahkan, dan mendalami masalah tersebut untuk memahaminya lebih baik melalui prinsip-prinsip Design Thinking, menghasilkan ide-ide untuk memecahkan masalah tersebut menggunakan Brainstorming. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan masalah yang “layak” dipecahkan, dan mendalami masalah tersebut untuk memahaminya lebih baik melalui prinsip-prinsip Design Thinking, menghasilkan ide-ide untuk memecahkan masalah tersebut menggunakan Brainstorming. 9 12
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 3 CPMK 1 : Mampu menemukan sendiri jenis kewirausahaan mereka. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menemukan sendiri jenis kewirausahaan mereka. 5 4
3 CPMK 3 : Mampu mengembangkan Model Bisnis (Value Proposition Canvas dan Lean Canvas). Sub-CPMK 3.1 : Mampu mengembangkan Model Bisnis (Value Proposition Canvas dan Lean Canvas). 5 15 10
3 CPMK 4 : Mampu memvalidasi Model Bisnis, Strategi Blue Ocean dan membangun MVP. Sub-CPMK 4.1 : Mampu memvalidasi Model Bisnis, Strategi Blue Ocean dan membangun MVP. 9 7
3 CPMK 5 : Mampu menerapkan seluk-beluk Keuangan Wirausaha, pentingnya membangun tim yang efektif, dan beberapa teknik pemasaran dan penjualan untuk menjangkau pelanggan secara efektif. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menerapkan seluk-beluk Keuangan Wirausaha, pentingnya membangun tim yang efektif, dan beberapa teknik pemasaran dan penjualan untuk menjangkau pelanggan secara efektif. 8 12 4

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Presentasi Quiz Tugas
PENGETAHUAN Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) 9 12 21
KETRAMPILAN UMUM Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) 22 39 18 79
Total 22 48 30 100