Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Tugas Individu |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
SIKAP |
Mampu menunjukkan sikap satria, setia, sportif.
| 3 |
Mahasiswa mampu memecahkan masalah kehidupan nyata yang sederhana yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan memperhatikan aspek etika, efisiensi, dan keberlanjutan. |
Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu. |
14 |
7 |
7 |
PENGETAHUAN |
Mampu menguasai konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi.
| 1 |
Mahasiswa terampil memahami algoritma serta representasi data. |
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. |
1 |
|
2 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. |
4 |
|
6 |
|
|
|
Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. |
7 |
3 |
4 |
|
|
1 |
Mahasiswa mampu menerapkan analisis data sederhana. |
Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. |
3 |
3 |
|
|
Mampu menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem.
| 2 |
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam pemecahan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. |
Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. |
15 |
12 |
|
KETRAMPILAN UMUM |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan keahliannya, dan mengkomunikasikannya secara tertulis maupun lisan yang efektif.
| 3 |
Mahasiswa memahami konsep dasar Berpikir Komputasional dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. |
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. |
4 |
|
4 |
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. |
2 |
|
2 |