RPS Assessment Map


Matakuliah
LandscapeKurikulum OBE 2021 Prodi Teknik Lingkungan
Kode MatakuliahIUK301
Nama MatakuliahTechnopreneurship
sks3.00

RPS Assessment Map
Capaian Pembelajaran (CP) terkait
Jenis No Expectted Leaning Outcomes Course Learning Outcomes Session Learning Outcomes Kriteria Penilaian (Indikator)
Presentasi 1 Presentasi 2 Presentasi 3 Presentasi 4 Quiz 1 Quiz 2 Quiz 3 Quiz 4 Quiz 5 Quiz 6 Quiz 8 Tugas 1 -a Tugas 2 Tugas 3 Tugas 4 Tugas 5 Tugas 6 Ujian Akhir Semester
PENGETAHUAN Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan 3 P7 Konsep umum, prinsip dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik; dan wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa lingkungan. J2.Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan melalui perkuliahan, penelitian, eksperimen, latihan dan penugasan. 5 2
KETRAMPILAN UMUM Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan 1 KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; e.Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.(KU-1) 6 1
1 KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. 6 6 6 2
Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya 2 KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, g.Mampu mengelola tugas didalam batasan-batasan yang ada.
2 KU 7 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; g.Mampu mengelola tugas didalam batasan-batasan yang ada. 6 3 5 4 1
Mampu mengelola tugas didalam batasan-batasan yang ada.
2 KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; f.1 Mampu berkomunikasi secara efektif 6 10 5 5 5 4 4 4
Mampu mengelola tugas didalam batasan-batasan yang ada
2 KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; g.Mampu mengelola tugas didalam batasan-batasan yang ada.
Mampu mengelola tugas didalam batasan-batasan yang ada.
KETRAMPILAN KHUSUS Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global 2 KK.2.C Mampu menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan, minimal pada aspek proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan; berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik dan kelestarian lingkungan b5.Mampu mendesain alternatif komponen dan proses dengan mempertimbangkan berbagai aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan, dan lingkungan berkelanjutan.
2 KK.4 4. Mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah lingkungan yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah. e.2 Mampu menerapkan metode dan piranti yang diperlukan untuk praktek keteknikan. 4

Assessment Composition


Jenis Elo Kriteria Penilaian (Indikator) Total
Presentasi 1 Presentasi 2 Presentasi 3 Presentasi 4 Quiz 1 Quiz 2 Quiz 3 Quiz 4 Quiz 5 Quiz 6 Quiz 8 Tugas 1 -a Tugas 2 Tugas 3 Tugas 4 Tugas 5 Tugas 6 Ujian Akhir Semester
PENGETAHUAN Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan 5 2 7
KETRAMPILAN UMUM Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan 6 6 6 6 3 27
Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya 6 6 3 10 5 5 5 5 4 4 4 5 62
KETRAMPILAN KHUSUS Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global 4 4
Total 6 6 3 10 6 6 5 5 5 5 5 6 6 4 4 4 4 10 100