Jenis |
No |
Expectted Leaning Outcomes |
Course Learning Outcomes |
Session Learning Outcomes |
Kriteria Penilaian (Indikator) |
Tugas |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Tengah Semester |
SIKAP |
Dapat menunjukkan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (S.c)
| 3 |
Mahasiswa mampu mengembangkan aplikasi berbasis console |
|
PENGETAHUAN |
Pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dan teori informatika (P.a)
| 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan formula matematik dan teori informatika dalam sebuah program |
Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan berjalan di komputer |
1 |
|
1 |
|
|
|
Mahasiswa mampu menjalankan program python |
1 |
|
1.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program |
1 |
|
2 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami konsep tipe data dan menerapkannya dalam program |
1.5 |
|
3 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami string dan operasinya serta menerapkanya dalam program |
2 |
|
5 |
KETRAMPILAN UMUM |
Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan komputasi pada sebuah disiplin program (KU.b)
| 2 |
Mahasiswa mampu merancang algoritme menggunakan notasi standar dan mengimplementasikannya menjadi sebuah program |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi input, proses dan output dari suatu deskripsi problem |
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana |
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu menerapkan perintah I/O dalam program |
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami logika struktur seleksi if dan menerapkannya dalam program |
1 |
|
2.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem seleksi |
1 |
|
2.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami logika pengulangan while dan menerapkannya dalam program |
1 |
|
2.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem pengulangan |
1 |
|
2.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami logika pengulangan for dan menerapkannya dalam program
|
1 |
2 |
1.5 |
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem pengulangan |
3.5 |
2 |
6 |
|
|
|
Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan fungsi dalam program |
4 |
10 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe List dan operasinya serta menerapkanya dalam program |
2 |
5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami tipe Dictionary dan operasinya serta menerapkanya dalam program |
2 |
5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami File Input/Output dan operasinya serta menerapkanya dalam program |
2 |
5 |
|
|
|
|
Mahasiswa mampu memahami class & objek serta menerapkanya dalam program |
5 |
11 |
|